Mahar atau mas kawin menjadi barang wajib yang tidak boleh terlewatkan di setiap proses pernikahan Indonesia. Bahkan dalam beberapa agama, tanpa adanya mahar pernikahanmu akan dianggap tidak sah. Mahar sendiri menjadi simbol pemberian harta suami kepada istrinya. Karena keistimewaan inilah, bentuk mahar di setiap pernikahan selalu dibuat secara menarik.

Diantara sekian banyak bentuk tatanan mahar yang selama ini ada, beberapa tema yang Hipwee hadirkan kali ini semoga bisa memberimu inspirasi.

1. Uang kertas + koin yang dibentuk menjadi bunga ini membuat mahar pernikahanmu lebih berwarna.

Padunan antara uang kertas, uang koin, dan bunga kertas yang dibentuk seperti kelopak bunga ini memang terlihat sederhana. Tapi bukan berarti mengurangi maknanya sebagai sebuah mahar di hari pernikahanmu.

Bunga kertas dengan beragam warnanya juga mampu membuat mahar pernikahan kamu dan pasangan ini lebih berwarna. Cara membuatnya pun simpel. Di atas papan atau kertas tebal pipih, lipat uang kertasmu menyerupai kelopak bunga yang melingkar. Lalu, tempelkan uang koin dengan lem di bagian tengah lingkaran. Hiasi sisi-sisi kertas dengan bunga plastik. Selesai!

2. Masih dengan tema bunga, mahar yang dibentuk seperti bucket bunga ini tidak akan ada duanya.

Mahar yang dibentuk seperti bunga dalam pot ini salah satu ide mahar pernikahan unik yang patut dicoba. Kamu bisa membuat sendiri bentuk mahar ini karena bentuknya yang simpel dan tidak terlalu rumit. Sehingga kamu tidak perlu bantuan jasa pembungkus mahar dan pastinya budget pernikahanmu bisa lebih ditekan.

3. Siapa bilang scrapbook hanya bisa diaplikasikan untuk kartu ucapan? Untuk mahar pernikahan juga bisa kok.

Advertisement

Scrapbook sendiri adalah seni menempelkan kertas yang dibentuk bermacam-macam seperti bentuk bunga, hewan, atau hati pada sebuah media yang biasanya berupa kertas. Scrapbook saat ini memang lebih marak digunakan untuk sebuah kartu ucapan. Namun tak ada salahnya mengaplikasikan seni scrapbook ini pada mahar pernikahanmu. Mahar pernikahanmu dijamin unik dan akan berbeda dari yang lainnya.

Dengan mahar yang dibentuk menjadi scrapbook ini, kamu juga bisa mengerahkan jiwa senimu untuk menghias maharmu menjadi seunik mungkin. Foto kalian berdua yang ditempelkan pada mahar scrapbookmu juga akan membuatnya lebih bermakna bagi kamu dan dia.

4. Mahar pernikahan yang dihiasi foto kamu dan pasangan, bisa menjadi sekaligus pajangan dinding yang tak biasa.

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa jadikan mahar pernikahanmu sekaligus menjadi foto pernikahanmu. Caranya, tinggal aplikasikan foto kamu dan dia di atas susunan uang kertas yang menjadi mahar pernikahanmu. Maharmu akan sekaligus menjadi foto pernikahan yang tak biasa.

5. Mahar yang dibentuk kapal ini bisa menjadi simbol kamu dan dia telah siap mengarungi bahtera rumah tangga.

Mahar pernikahan yang dibentuk layaknya perahu yang sedang berlayar ini menjadi simbol bahwa kamu dan pasangan sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga. Meski ombak yang akan mendera bahtera rumah tangga kalian berdua tak selamanya landai, namun kamu dan dia selalu bergotong royong agar bahtera kalian tak sampai tenggelam.

6. Uang mahar pernikahan yang dibentuk seperti bunga mawar ini cukup manis untuk dicoba.

Jika kamu penggemar hiasan bunga, maka uang mahar pernikahan yang dibentuk layaknya bunga mawar ini patut dicoba! Dijamin hatimu akan semakin berbunga-bungan mendapat mahar pernikahanmu ini dari calon suamimu.

7. Mau mahar pernikahan yang lebih tak biasa? Bentuk saja uang maharmu layaknya wedding cake.

“Lho kok wedding cakenya ngga bisa dimakan ya,”

“Iyalaah, itu bukan wedding cake beneran kali. Itu mahar pernikahannya,”

“Ih lucu yaa. Unik gitu!”

Kurang lebih komen seperti itulah yang akan kamu dapatkan jika kamu dan pasangan menata mahar pernikahan kalian menjadi bentuk-bentuk yang tak biasa. Seperti misalnya mahar pernikahan yang dibentuk seperti wedding cake ini. Selanjutnya, dijamin kamu dan pasangan akan menjadi trendsetter yang mengenalkan bentuk baru mahar pernikahan.

8. Inisial nama kamu dan pasangan dalam mahar akan membuat pernikahan kalian semakin bermakna.

Tak ada yang lebih indah dibandingkan inisial nama kamu dan dia yang diabadikan dalam sebuah mahar pernikahan. Meski tak banyak ornamen yang menghiasi mahar pernikahan dengan inisial nama kalian ini, namun kesederhanaannya tak pernah mengurangi syahdunya prosesi pernikahan kalian.

Semoga kamu dan pasangan bisa menemukan mahar yang bermakna dalam pernikahan kalian ya. Selamat hunting mahar pernikahan!