Meskipun teknologi sudah berkembang pesat, buku agenda tetaplah menjadi barang yang banyak dimiliki orang, mulai dari anak sekolah sampai traveler. Karena popularitasnya yang terus bertahan inilah, saat ini sudah banyak produsen yang membuat desain buku agenda yang unik. Tapi buku agenda yang unik itu harganya selangit, sementara kita masih punya kebutuhan lain yang harus dicukupi. Kita pun harus pikir-pikir lagi sebelum membeli.

Tenanglah, sebenarnya buku agenda yang unik itu bisa dibikin sendiri kok. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, kamu bisa menghias buku agendamu dari barang-barang sederhana yang kamu punya. Nah, mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini Hipwee bagikan tipsnya!

1. Dengan bantuan lakban, segitiga unik ini bisa jadi sampul bukumu

Sampul buku unik dari sketsa via www.abeautifulmess.com

Pengen bikin cover buku yang menarik tapi nggak punya bakat menggambar Tenang saja, meski biasanya gambaranmu tak enak dipandang, hanya dengan bantuan lakban coretanmu bisa dipajang di sampul depan. Caranya mudah kok, pertama-tama gunakan lakban atau selotip untuk membuat sebuah segitiga di bagian sampul depan. Lalu, buatlah garis membujur dan melintang tanpa penggaris dalam segitiga lakban. Nah, jika garismu sudah cukup rata, kamu bisa melepaskan lakbanmu satu-persatu. Simsalabim, jadi deh. Meski kamu gak jago gambar, coretanmu kali ini akan membuat bukumu makin cantik.

2. Buku dengan sampul celana jeans bukan hanya membuat bukumu tampak menarik, tapi juga lebih praktis.

Sampul buku dari celana jeans jug bisa bikin agedamu makin menarik via www.duitang.com

Advertisement

Kali ini, bahan jeans bukan hanya cocok dipakai kemana saja, tapi juga bisa dibuat apa saja. Sampul buku misalnya. Tanpa harus mengeluarkan ratusan ribu untuk mendapatkan buku lucu, sekarang kamu bisa memanfaatkan celana jeans lamamu. Cara mudah kok, pertama-tama kamu cari celana jeans yang bagian pantat masih terdapat saku. Lalu gunting sesuai ukuran buku dan tempelkan menjadi sampul depan dengan lem sepatu. Untuk bagian belakang buku, kamu bisa mengambil kain dari berbagai bagian celana tanpa ada saku dan tempelkan.

Kemudian, kamu tunggu hingga kering sempurna, lalu simpan pulpen dan pensilmu pada bagian “saku” buku. Jadi deh, menarik ‘kan? Cara ini tak hanya membuat bukumu semakin menarik, tapi juga lebih banyak guna karena bisa untuk mengantongi alat tulis.

3. Tanpa harus beli yang mahal, sampul buku dengan lukisan dari benang juga bisa bikin kamu tambah semangat untuk menulis.

Hiasan buku dari cap benang via indulgy.com

Selama ini kita selalu terpaku pada pikiran “Buku agenda yang unik, pasti harganya mahal”. Mungkin itu dulu, karena sekarang kamu bisa buat sendiri tanpa perlu banyak uang. Caranya gampang kok.

Jika bukumu banyak tulisan atau gambar-gambar, kamu bisa sampuli terlebih dahulu dengan menggunakan kertas tanggalan yang putih polos. Setelah itu, buat kuas cat dengan melilitkan benang wool pada balok kotak. Lalu encerkan cat lukis dalam tempat yang datar. Nah, untuk membuat pola, kamu cukup menutup setengah bagian buku. Kemudian celupkan kuas benang wool dan tempelkan pada permukaan kertas sampul yang sudah dipasang.

Agar lebih menarik, kamu bisa menggunakan beberapa warna yang berbeda di sisi lain balok, serta menempel huruf-huruf yang terbuat dari bagian dalam kardus. Nah, dengan cara ini dijamin bukumu tidak ada yang menyamai.

4. Agar semangat mengunjungi tempat impian selalu ada, sampuli buku harianmu dengan peta dunia

Sampul buku unik dengan peta dunia via www.etsy.com

Gak sedikit orang yang punya cita-cita untuk keliling dunia. Jika kamu salah satunya, maka kamu wajib punya buku agenda dengan tema traveler. Tanpa harus beli  mahal-mahal, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah kok, kamu hanya butuh menggati cover bukumu dengan peta kota impian. Langkah untuk memasangnya juga gampang, kamu cukup ikuti langkah berikut ini. Nah, mudah ‘kan? Dengan buku agenda seperti ini, semangatmu untuk keliling dunia tidak akan luntur seketika.

5. Buku agenda unik bisa kamu dapatkan hanya dengan menempelkan kata-kata motivasi atau syair lagu kesayangan.

Sampul buku unik biar tetap semangat via www.pinterest.com

Buku agenda seringkali digunakan untuk mencatat hal-hal penting dan curhatan pribadi. Maka punya agenda yang tidak ada duanya adalah cara agar curhatanmu lebih privasi. Nah, cara untuk mendapatkannya adalah dengan membuatnya dengan kreasi sendiri. Tak perlu langkah rumit seperti membuat scrapbook, kamu bisa menciptakan buku unik dengan langkah yang praktis.

Kamu bisa memotong beberapa kalimat motivasi dari koran, atau lirik lagu yang kamu cetak sendiri. Lalu tempelkan secara acark pada sampul buku polosmu. Agar lebih rapi, pastikan lem tertempel secara sempurna di permukaan kertas ya jadi gak mudah lepas. Dengan buku seperti  ini, dijamin semangat hidupmu akan selalu menyala dan lebih ceria. Kenapa? Karena ada kalimat-kalimat positif di sampul yang selalu mengingatkanmu.

6. Bukan hanya kain yang bisa dijahit. Sampul buku harianmu juga bisa dihias dengan oleh tangan jarum dan benang.

Sampul buku dari jahitan benang via www.etsy.com

Benang dan jarum tak hanya bisa digunakan untuk menyatukan kain, karena sekarang kamu bisa juga menjahit di atas di bukumu agar terlihat lebih indah. Tak perlu teknik khusus, kamu bisa membuat hiasan dengan cara menjahit seperti pada kain. Pertama-tama, kamu tentukan pola gambar dengan membuat lubang yang agak besar dengan menggunakan pensil. Lalu gunakan benang dan jarummu untuk menghubungkan setiap lubang. Nah, jika semua lubang sudah terhubung, kamu ikat benang di bagian dalam buku. Simsalabim, buku agendamu akan terlihat menarik dengan sulaman indah seperti ini. Dijamin, orang-orang akan mengira kamu membelinya dengan harga mahal.

7.  Bosan dengan sampul buku yang hanya polos begitu saja? Ceriakanlah dengan selotip bergambar yang mudah dipasang.

Sampul buku dengan selotip warna warni via bywilma.com

Mencari buku agenda yang unik itu susah-susah gampang, karena yang banyak beredar di pasaran adalah buku agenda dengan cover  yang polos begitu saja. Nah, agar bukumu tampak berbeda dari biasanya, kamu bisa menceriakannya dengan selotip bergambar. Gunakanlah selotip dengan berbagai motif, lalu rekatkan di permukaan sampul secara membujur dan selang seling. Agar lebih rapi, kamu bisa tambahkan selotip secara melintang di bagian tepi. Dan, jadi deh! Sampul buku menggunakan selotip warna-warni bukan hanya membuat buku jadi lebih cantik, tapi juga sampulmu terlihat lebih rapi tak tak mudah sobek. Kamu berani coba?

8. Hanya menyemprotkan cat dengan bantuan renda bunga, lukisan indah di sampul agenda bisa kamu buat.

Lukisan indah dengan renda sebagai sampul buku via indulgy.com

Tidak bisa melukis bukan berarti kamu tak bisa membuat hiasan indah. Karena sekarang, kamu bisa mengandalkan metode jiplak. Hal ini  juga bisa kamu aplikasikan agar buku agenda polosmu terlihat lebih indah. Caranya cukup sederhana, pertama-tama kamu siapkan renda yang berpola bunga-bunga. Lalu letakkan pada sampul depan dengan menggunakan selotip. Kemudian semprotkan cat kain semprot atau cat semprot biasa dengan jarak kurang lebih 25 cm secara merata. Setelah itu, kamu buka renda, dan voila, lukisan bunga-bunga bisa kamu ciptakan. Gampang ‘kan? Sampul seperti ini pasti tidak ada duanya di manapun!

Buku agenda adalah barang penting yang harus kamu miliki. Nah, agar buku ini lebih unik dan privat, pastikan cover bukumu berbeda dari orang-orang ya. Tak perlu beli mahal-mahal, 8 cara ini bisa kamu lakukan untuk membuat cover buku yang tak biasa.

Selamat mencoba, semoga berhasil!