Yang paling menantang dari diet adalah perasaan cepat lapar saat belum waktunya makan. Rasa gatal ingin makan ini bisa menyudahi dietmu begitu saja walau dirimu sudah berusaha mempertahankan tekad. Karena itu, supaya dietmu tetap lancar, harus ada cara untuk mengatasi rasa gatal ingin makan.

Untungnya ada makanan-makanan enak di bawah ini yang nggak hanya bisa mengatasi rasa lapar, tapi juga gak bakal bikin badanmu melar. Berguna banget, ‘kan? Langsung cek yuk apa aja makanan-makanannya! Jadikan ini referensi untuk keberhasilan dietmu, ya 😀

1. Gak cuma nikmat dan seru dimakan, popcorn juga sangat berguna untuk mengatasi rasa lapar!

Kudapan yang juga teman setia untuk menonton film ini penuh dengan kandungan energi yang bisa mencegah rasa lapar. Selain itu, porsi popcorn yang selalu jumbo secara psikologis juga akan memuaskan rasa ingin makan dalam dirimu. Rasanya enak dan gampang banget dibuat, kamu tinggal menggunakan microwave saja. Yum!

Supaya tidak malah jadi bumerang, jangan gunakan terlalu banyak garam ketika membuat popcorn-mu. Bahkan kamu bisa tidak menggunakan garam sama sekali. Perkaya saja rasa popcorn-mu dengan dua sendok makan mentega cair. Voila, snack sehat nan enak yang mampu mengganjal perutmu!

2. Setangkup roti bakar selai kacang juga efektif melipur rasa lapar

Advertisement

Roti bakar + selai kacang via undressedskeletons.tumblr.com

Suka roti bakar? Kamu beruntung, karena setangkup roti bakar dengan sesendok selai kacang adalah kudapan sehat yang efektif mengganjal perut. Lemak sehat yang dikandung oleh sesendok selai kacang tidak akan pernah membuat badanmu melar, jadi gak perlu merasa bersalah deh saat memakannya. Akan lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan roti gandum, karena gandum – yang dikonsumsi tubuh perlahan-lahan – akan memberi rasa kenyang beberapa jam lebih lama dari roti tawar biasa.

3. Saat rasa lapar merajalela, sop adalah makanan penyelamat yang juga lezat

Sup ayam-makaroni via tango-mango.tumblr.com

Semangkuk sop (sop sayur, sop jagung, sop tomat atau sop berbahan apapun) bisa menyelamatkanmu dari rasa lapar, tanpa harus bikin badanmu melar. Menurut Beth Saltz, nutrisionis asal Amerika, semangkuk sop bisa membuat perutmu merasa kenyang berkat kandungan air dan seratnya yang tinggi. Selain itu, memakan sop sebagai pembuka atau appetizer juga bisa membuatmu makan lebih sedikit di akhir hari, lho. Tuh, nikmat makanan yang mana lagi yang kamu dustakan?

4. Mau yang praktis? Bikin saja irisan tomat, bawang merah, seledri plus jeruk nipis!

Irisan tomat via scratchfood.tumblr.com

Buah tomat adalah makanan sehat yang bisa mengenyangkan dengan kandungan air dan fibernya. Untuk pengganjal perut yang sehat dan enak, irislah satu buah tomat dan tambahkan bawang merah, selederi, serta air jeruk nipis sebagai penyedap rasa. Makanan ini, mau dihabiskan sebanyak apapun sih nggak bakal bikin badan gemuk! Dicobain, ya! 😀

5. Percaya atau nggak, diet adalah alasan untuk makan… dark chocolate!

Dark chocolate candy via mariebelle.com

Loh, diet kok makan cokelat? Dengar dulu penjelasannya. Cokelat di sini bukan cokelat sembarangan, tapi dark chocolate yang jauh lebih mengenyangkan dibanding cokelat susu. Selain enak dan bikin kenyang, dark chocolate juga berguna melindungi jantung dan menurunkan tensi darah. Asal tetap dalam porsi secukupnya — tidak sampai 250 gram sekali ngemil — dark chocolate nggak akan bikin berat badanmu bertambah, kok. Ada dasar ilmiahnya: menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrition & Diabetes, orang yang “jajan” dark chocolate akan mengkonsumsi 17% lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang tidak.

6. Potongan telur rebus juga bisa jadi kudapan sehat yang yummy

Telur rebus <3 via onehundreddollarsamonth.com

Siapa sih yang nggak suka telur? Siapa juga yang nggak bisa masak telur rebus? Tinggal cemplungkan di air mendidih dan tunggu sampai matang, selesai deh! Nggak hanya mudah dibuat, lho, potongan telur rebus juga bisa jadi pengganjal perut yang lezat. Rebus saja 2 telur dan potong-potong, lalu simpan dalam wadah plastik untuk dimakan ketika kamu lapar. Mau coba?

7. Belajarlah menyukai oatmeal. Kandungan sehatnya akan membuat tubuhmu berterima kasih saat sudah tua nanti

Oatmeal, makanan yang berserat tinggi. via silk.com

Banyak banget dari kita yang nggak suka oatmeal karena teksturnya yang aneh dan kasar, serta rasanya yang seperti belum matang. Tapi mulai sekarang, belajarlah untuk menyukai oatmeal. Pasalnya, oatmeal atau havermut mengandung serat yang mampu membuatmu kenyang 2-3 jam lebih lama daripada nasi biasa. Memasaknya mudah, kamu tinggal tambahkan susu hangat dan kismis saja. Madu atau selai kacang juga siap membantumu jatuh cinta sama oatmeal, lho. Gimana? Tergoda untuk mau mulai belajar mencintai oatmeal? 😉

8. Kalau udah kepepet banget dan gak ada apa-apa, minum air putih saja!

Air putih aja!

Mungkin kamu diet biar sekalian hemat juga. Karena itu, kamu pun gak bisa sembarangan menghabiskan uang untuk membeli kudapan pengganjal lapar. Kalau sudah begini, air putih bisa menjadi penyelamat lho. Bukannya pelit! Tapi, sindrom kelaparan dan dehidrasi itu mirip-mirip: kamu merasa lemas, susah konsentrasi, moody. Mungkin saja sebenarnya kamu tidak sedang lapar, tapi justru sedang kehausan. Di sinilah segelas air bisa sangat menyelamatkan.

Jadi kalau lain kali kamu pengen banget ngemil, coba deh untuk minum segelas air putih dulu. Lalu, tunggu 10 menit. Kemungkinan besar keinginan untuk ngemil itu akan pergi seiring tubuhmu kembali terhidrasi. Sudah murah, mudah, dietmu pun akan tetap terjaga! 🙂

Selalu lapar nggak harus jadi halanganmu meraih berat badan impian. Dengan bantuan makanan-makanan di atas, dietmu pasti bisa berjalan lancar. Semangat ya! 😀