Untukmu yang hobi membaca, suasana ruang baca yang nyaman bisa membuatmu tambah betah menghabiskan waktu berjam-jam untuk ‘melahap’ buku. Nah, suasana ruang baca yang nyaman bisa kamu ciptakan dengan menaruh rak buku cantik nan manis. Dari mulai rak buku bentuk cangkir, kotak pos, bahkan yang sekadar digantung saja.

Rak buku yang cantik nan unik ini juga akan membuatmu buku-bukumu terlihat rapi dan ngga berantakan lagi. Hipwee pun merangkum design rak buku yang dijamin bakal bikin kamu tambah senang membaca. Yuk, langsung aja kita intip!

1. Ngga perlu repot ngambil buku di rak yang tinggi, rak buku yang menyatu dengan bangku dijamin bikin waktu bacamu tambah seru!

Rak buku yang menyatu dengan bangku, bisa banget lho. via www.buzzfeed.com

Rak buku yang satu ini bisa kamu taruh di ruang yang tidak terlalu luas. Karena rak buku ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai bangku juga. Sehingga ngga bakal banyak makan tempat. Dan ruangan bacamu nggak akan terasa sumpek.

Kamu ga perlu repot mengambil buku di rak yang tinggi, karena kamu hanya perlu menjulurkan tangan ke bawah untuk menjangkau bukumu. Tempatkan juga rak ini di dekat jendela, supaya aktivitas membaca jadi lebih menyenangkan dengan memandang ke arah luar.

2. Udah pernah kepikiran belum buat bikin perpustakaan terbuka kaya begini? Bisa lho kamu pajang di teras rumah. Agar siapa pun bisa ambil baca.

Advertisement

Perpustakaan kecil yang bebas untuk siapa saja. via sustainabilityatspu.wordpress.com

Kamu bisa lho mencoba ide untuk membuat perpustakaan outdoor di teras rumahmu. Agar siapa pun bisa mengambil membaca bukumu. Untuk design raknya kamu bisa pilih bentuk rumah mungil yang satu ini. Supaya kesan outdoornya lebih terasa, kamu bisa pilih cat hijau sebagai dominasi warnanya. Karena warna hijau menyatu dengan tanaman di sekelilingnya.

3. Bikin gantung bukumu sesimpel ini! Selain menghemat space, ruang bacamu pun bakal terlihat beda. Ngga percaya? Ini buktinya!

Gantung bukumu dengan cara ini, supaya ruang bacamu tampak beda. via www.buzzfeed.com

Rak buku gantung seperti ini bisa menciptakan kesan beda pada ruang bacamu. Selain itu rak seperti ini bisa menghemat space lho. Cocok banget untuk ditaruh di kosanmu yang luasnya ngga seberapa. Bentuknya yang simple juga cocok dipajang di dindingmu yang juga berwarna netral, seperti putih.

4. Kesan artistik bisa kamu munculkan dengan design rak buku bentuk ranting pohon ini.

Kesan artistik bisa kamu munculkan dengan rak buku bentuk ranting ini. via splashofsomething.com

Kamu yang ingin menghadirkan suasana artistik, bisa lho mencoba rak bentuk ranting ini. Kamu bisa menaruh rak yang satu ini di sudut ruang bacamu. Kamu tidak perlu ruang yang luas untuk menaruk rak yang satu ini. Karena bentuknya yang hemat ruang. Warna hijaunya pun nampak segar di dindingmu yang berwarna netral.

5. Rak buku bentuk oval ini unyu banget ya. Tempat yang pas untuk menampung buku-bukumu.

Rak unyu bentuk obat nyamuk. Mempercantik dindingmu. via sunriseboxes.com

Rak buku unyu bentuk oval ini memang tempat yang pas untuk menampung koleksi bukumu. Dijamin dindingmu bakal tambah kece. Lagi, warna kayunya menciptakan kesan hangat pada ruang bacamu. Selain buku, kamu juga bisa menaruh pajangan pada rak ini, agar ngga monoton.

6. Aktivitas membaca kadang identik dengan secangkir kopi atau teh hangat. Karenanya rak buku yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.

Rak buku bentuk cangkir kopi ini sayang untuk kamu lewatkan ya. via httpwww.buzzfeed.com

Rak buku bentuk cangkir ini sayang untuk kamu lewatkan lho. Bentuknya unik, bikin kamu segera mendekat untuk mengambil beberapa buku dan membacanya. Warna dasarnya yang putih, menyatu dengan kombinasi warna cerah lainnya, seperti hijau muda, pink, kuning, dan biru muda. Rak bentuk cangkir ini memang pas untuk menemani aktivitas membacamu. Karena membaca identik dengan secangkir kopi atau teh. Seperti layaknya rak yang satu ini. Sayang untuk dilewatkan.

7. Mau bikin konsep ruang baca ala taman rahasia? Design rak buku bentuk rumah pohon yang satu ini memang yang paling pas!

Mau ruang baca ala secret garden? Bisa design rak bentuk kotak pos ini emang yang paling pas. via www.eskimeyenkitaplar.com

Punya taman baca rahasia? Kamu mungkin bisa memilih design rak berbentuk rumah pohon yang satu ini. Taruh rak ini taman berumput belakang rumahmu. Bentuknya yang mungil dan lucu, punya daya tarik tersendiri untukmu mengambil salah satu buku di dalamnya. Kamu bisa rebahan di rumput sambil baca buku. Berasa Alice in Wonderland ngga sih? 😉

8. Penuhi dindingmu dengan tumpukan buku ini. Ambalan bisa menjadi pengganti rak bukumu.

Ambalan ternyata bisa jadi pengganti rak buku. via www.buzzfeed.com

Kamu bisa lho mengganti rak buku bentuk konvensional dengan ambalan. Kamu bisa menaruh bukumu di atas ambalan yang dipajang di dindingmu. Dindingmu jadi ramai dengan tumpukan buku yang terpajang di atas ambalan. Walaupun saat mengambil bukunya kamu perlu bantuan tangga, model rak seperti ini punya kelebihan. Yakni dapat menghemat space.

Dari model rak dengan ambalan hingga rak bentuk rumah pohon, udah Hipwee coba rangkum ya. Semoga ragam referensi design rak buku di atas bisa membuatmu semakin betah membaca ya. 🙂

Kredit Featured Image: http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Kabar/Review-Product/Rak-Buku-Unik-Baca-Pun-Makin-Asik