Kadang mencari masker instan yang cocok buat kulitmu itu emang gampang-gampang susah. Beberapa malah ada yang menimbulkan jerawat atau membuat kulit iritasi. Duh, mau perawatan kok malah jerawatan! Mungkin karena efek samping dari bahan baku masker yang gak cocok dengan kulit atau justru karena masker instan mengandung bahan kimia.

Daripada beli masker instan yang berbahan kimia tinggi, kenapa gak coba bikin masker dari bahan alami? Tenang, gak perlu takut repot! Dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah sendiri, kamu bisa kok bikin masker supaya kulit muka makin ternutrisi.

1. Campurkan yogurt dengan lemon, pisang, dan madu. Voila! Jadi deh senjata ampuh penghilang jerawat di mukamu.

masker yogurt

Kamu perlu tahu bahwa lemon yang mengandung vitamin C tinggi yang juga bersifat sebagai anti oksidan dan berperan sebagai penyembuh. Di sisi lain madu bekerja sebagai pelembab dan pembersih alami. Cara bikinnya simple banget loh. Bahan-bahannya juga mudah di dapat di swalayan. Kamu cuma perlu menyiapkan:

  • 1 sdm yogurt tawar
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt perasan jeruk lemon
  • 1/4 bagian pisang (dihaluskan)

Campurkan semua bahan dalam mangkuk kecil. Lalu ratakan pada wajah (kecuali area mata) yang sudah bersih dengan menggunakan kuas atau jari. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Advertisement

Ps: perhatikan juga produk yogurt mana yang cocok untuk dibikin masker. Karena ada beberapa produk yogurt yang sebaiknya dihindari.

2. Kandungan vitamin C pada lemon bekerja sebagai anti oksidan. Jerawat dan flek hitam dijamin bakal cepat hilang.

Masker lemon

Masker lemon via deavita.com

Untuk bikin masker ini, kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon. Caranya, iris lemon menjadi beberapa bagian. Lalu sapukan irisan lemon tadi langsung ke wajahmu. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas setelahnya. Khusus untuk kulit yang sensitif, kamu bisa memasukkan perasan lemon ke dalam botol semprot yang sudah dibersihkan. Lalu campur dengan air yang konsentrasinya kurang lebih sama dengan perasan lemon tadi. Selanjutnya kocok campuran air dan perasan lemon tadi. Nah, kalau sudah siap tinggal semprotkan ke wajahmu yang sudah dibersihkan terlebih dulu sebelumnya.

Masker lemon ini bermanfaat banget untuk membantu menghilangkan flek-flek hitam di wajahmu, mencerahkan, dan membantu mempercepat proses pengeringan jerawat. Untuk hasil terbaik, gunakan masker ini secara rutin ya!

3. Pingin punya kulit halus dan kencang seperti artis layar kaca? Cukup gunakan mentimun dan madu sebagai masker secara berkala.

Masker mentimun

Masker mentimun via www.youtube.com

Seberapa sering kamu menemukan timun di lalapan? Well, buah satu ini sebenarnya gak cuma berfungsi sebagai lalapan aja lho. Buah segar ini mengandung beta karoten yang juga bersifat anti oksidan. Selain itu timun juga bisa membersihkan noda di wajah dan membantu mengencangkan kulit. Untuk membuat masker yang menutrisi kulit muka, kamu bisa mencampurnya dengan madu yang bekerja sebagai pelembap sekaligus penyembuh alami.

Siapkan 1 buah mentimun yang sudah dikupas kulitnya dan 1 sendok teh madu. Blender mentimun hingga halus lalu campurkan dengan madu. Aplikasikan pada seluruh area wajah, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih. Selamat mencoba!

4. Gak usah ngedit hasil foto biar tampak lebih cerah. Gunakan saja masker bengkoang untuk memutihkan kulit wajah.

Masker bengkoang

Masker bengkoang via poradu.pp.ua

Khasiat bengkoang untuk memutihkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat memang sudah tersohor dari zaman dulu. Gak heran buah satu ini sering dijadikan bahan baku utama untuk pembuatan masker instan, milk cleanser, hingga toner. Gak perlu beli, untuk membuat masker ini caranya gampang banget kok! Bahkan, kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah bengkoang berukuran sedang.

Langkah pembuatan :

  • Kupas kulit bengkoang lalu cuci bersih
  • Potong bengkoang menjadi dua bagian, parut
  • Peras hasil parutan bengkoang dan tempatkan di mangkuk
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai muncul endapan berwarna putih menyerupai tepung
  • Nah, tepung putih inilah yang kamu ambil untuk dipakai sebagai masker
  • Sapukan masker bengkoang tadi pada wajah (kecuali area mata) dan diamkan selama 10-15 menit hingga kering.
  • Terakhir, bilas wajah dengan air hangat.

5. Oatmeal gak melulu jadi menu sarapan di pagi hari, tapi juga bisa jadi bahan masker yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

Oatmeal

Oatmeal via www.imujer.com

Bahan-bahan yang wajib disiapkan:

  • 1 kuning telur
  • 1 sdm madu
  • oatmeal secukupnya.

Cara membuat:

  • Campur kuning telur dan madu dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan oatmeal secukupnya, aduk perlahan hingga membentuk pasta yang kental.
  • Sapukan pada wajah (kecuali area mata) dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajahmu dengan air hangat.

Oatmeal bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga wajahmu jadi lebih cerah. Dijamin gak bakal ada lagi tumpukan sel kulit mati yang menyumbat dan jadi jerawat. Lakukan ritual ini sesering mungkin ya untuk hasil yang maksimal!

6. Campur alpukat dan minyak zaitun untuk membuat masker rumahan ini. Dijamin wajahmu bakal terlihat muda karena selalu ternutrisi.

Masker alpukat via www.elisbodyshop.com

Masker alpukat via www.elisbodyshop.com

Kandungan minyak nabati dalam alpukat membantu menambah kolagen sehingga menghambat penuaan dini. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak vitamin E yang bisa menutrisi. Supaya masker wajah ini bisa bekerja maksimal, kamu bisa menambahkan minyak zaitun yang bisa menyembuhkan peradangan secara alami.

Bahan yang perlu disiapkan :

  • 1/2 bagian buah alpukat
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara membuat :

  • Kupas alpukat lalu masukkan dalam mangkuk kecil, haluskan
  • Tambahkan minyak zaitun, aduk hingga rata.
  • Sapukan campuran bahan-bahan tadi pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

7. Punya kulit muka yang sensitif sekali? Masker pepaya dan putih telur bisa jadi solusinya!

Masker pepaya

Masker pepaya via www.yasmina.com

Bahan-bahan yang wajib disiapkan :

  • 1/4 bagian pepaya
  • 1 putih telur

Cara membuatnya sangat mudah kok. Pertama blender pepaya hingga berbentuk puree. Dalam mangkuk terpisah, kocok putih telur hingga berbusa. Lalu campurkan buah pepaya dengan kocokan putih telur tadi. Balurkan ramuan ajaib ini ke seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

8. Cokelat gak cuma bisa jadi minuman hangat atau kudapan nikmat. Campurkan dengan minyak kelapa untuk membuat kulitmu tetap terawat.

Masker cokelat

Masker cokelat via www.youtube.com

Cokelat memang salah satu kudapan yang sudah biasa ditemui. Padahal selain berfungsi sebagai camilan dan minuman hangat, cokelat bisa dijadikan bahan utama membuat masker muka. Gak cuma menutrisi, cokelat juga bisa melembabkan, mencerahkan, sekaligus menyehatkan. Kamu bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi untuk memerangi bekas jerawat.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm minyak kelapa
  • 2 sdm dark cocoa bubuk (cocoa murni – yang 100% tanpa gula)

Cara membuat:

  • Taruh minyak kelapa dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan cocoa bubuk, aduk hingga terbentuk konsistensi seperti masker (atau bisa menambahkan lagi minyak kelapa/bubuk cocoa sesuai konsistensi yang kamu inginkan).
  • Balurkan pada permukaan wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
  • Terakhir, bilas dengan air hangat.

Nah, gampang kan bikin masker sendiri di rumah? Kini, kamu ga perlu khawatir lagi soal efek samping maskermu ini!