Tahu adalah salah satu jenis makanan yang pasti sudah sering kamu temui sehari-hari. Saking seringnya, bisa jadi kamu juga sudah bosan untuk menyantapnya. Gimana nggak? Mungkin Ibumu atau Mbak yang bantu-bantu di rumah terbiasa memasak tahu dengan cara digoreng atau ditumis saja.

Padahal, kamu terbilang rugi lho kalau nggak mau makan tahu. Pasalnya, tahu adalah hasil olahan kedelai yang banyak mengandung protein. Selain mengurangi resiko kolesterol dan diabetes, tahu kabarnya juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang.

Nah, gimana caranya supaya makan tahu tak lagi membosankan? Yuk, simak resep-resep masakan berbahan dasar tahu yang bisa kamu coba berikut ini!

1. Tahu nggak melulu harus digoreng kok. Diolah menjadi miso sup tahu dan jamur pun tak kalah lezat.

sup miso tahu jamur via www.misoandeasy.com

Kita mungkin sudah terbiasa memasak tahu dengan cara digoreng. Renyah dan enak juga sih. Tapi, kalau keseringan makan tahu goreng, kamu tentu akan merasa bosan. Kenapa nggak sekali-kali menjajal menu sup tahu berikut ini? Nggak sulit kok.

Advertisement

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 240 gr tahu
  • 125 gr jamur kuping
  • 100 gr sawi
  • 2 batang daun bawang
  • 1 butir telur
  • 900 ml air
  • 4 sdm bumbu miso instan

Cara membuatnya:

  • Didihkan air dalam panci. Lalu masukkan tahu, jamur kuping, dan sayuran.
  • Kemudian tambahkan telur yang sudah dikocok lepas dan masak selama 2 menit.
  • Cairkan bumbu miso dalam mangkuk, lalu tambahkan semua bahan rebusan dan kuahnya.
  • Sajikan dengan taburan daun bawang di atasnya.

Miso adalah bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai dan beras. Meski asalnya dari negara lain, miso instan sudah banyak dijual disupermarket sehingga kamu nggak akan kerepotan membelinya. Menu sup tahu yang satu ini pastinya bisa jadi variasi olahan tahu di rumahmu. Sajikan saat pagi atau sore hari sebagai makanan pembuka yang menggugah selera.

2. Kumpul bareng teman jadi lebih istimewa jika kamu menyajikan kebab tahu sebagai teman bercerita.

kebab tahu via oaklandveg.com

Bingung menyiapkan suguhan saat teman-teman akan bertandang ke rumah? Duh, nggak perlu repot atau kebingungan, deh. Sajikan saja menu tahu kebab sebagai camilan kamu dan teman-temanmu. Supaya lebih seru, gimana kalau ajak teman-temanmu untuk membuatnya?

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 5 buah bawang bombay
  • 8 buah kentang
  • 2 buah paprika merah
  • 300 gr tahu
  • 100 gr nanas

Bahan olesan:

  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm bumbu barbeque instan
  • 1 sdm olive oil
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm mustard

Cara membuatnya:

  • Kupas bawang bombay lalu rendam dalam air panas selama kurang lebih 5 menit. Sisihkan.
  • Rebus kentang dalam air mendidih kurang lebih 7 menit. Tiriskan.
  • Potong-potong bawang bombay, kentang, paprika merah, nanas, dan tahu sesuai selera.
  • Campurkan semua bahan olesan lalu lumurkan ke potongan-potongan tahu dan bahan-bahan lainnya.
  • Diamkan selama 10 menit lalu gunakan tusukan dan buat menyerupai sate.
  • Bakar dengan arang selama kurang lebih 3 menit dan sajikan selagi hangat.

Nah, gimana? Seru banget ‘kan kalau bisa memasak menu ini bersama teman-temanmu. Cukup siapkan semua bahan-bahannya sebelum mereka datang. Setelah itu, ajak mereka masak dan memanggang tahu kebab bersama-sama. Dijamin deh, ajari kumpul bersama jadi lebih berkesan.

3. Supaya menu tahu goreng jadi lebih spesial, gunakan udang giling sebagai isiannya.

tahu isi udang via resepmasakanrumahan.info

Tahu goreng memang mudah dibuat bahkan dijual dimana-mana. Tapi, kamu juga bisa kok menjadikan menu tahu goreng ini jadi lebih spesial? Gimana caranya? Gampang saja. Gunakan udang giling sebagai isiannya. Dijamin deh tahu goreng buatanmu bakal terasa istimewa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 20 buah tahu pong goreng dan keluarkan isinya
  • 150 gr udang giling
  • 2 siung bawang putih
  • 4 sdm tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang

Bahan celupan:

  • 150 gr tepung beras
  • 200 ml air
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk

Cara membuatnya:

  • Haluskan isi tahu pong yang sudah disisihkan.
  • Campurkan isi tahu, udang, bawang putih, telur, tepung sagu, garam, merica bubuk, dan daun bawang. Aduk-aduk hingga rata lalu masukkan kembali ke dalam kulit tahu.
  • Celupkan tahu ke bahan pencelup, lalu goreng di atas api sedang.

Hmmm…kebayang nggak sih gurih dan renyahnya tahu goreng yang satu ini? Jika disajikan saat kumpul keluarga atau ketika nonton TV bersama, tahu goreng isi udang buatanmu ini dijamin bikin keluargamu bahagia. Hehehe.

4. Pengen burger tapi nggak mau makan daging? Kenapa nggak bikin burger tahu saja?

resep burger tahu via amalkitchen.blogspot.com

Burger adalah jenis kudapan yang umumnya terbuat dari daging. Tapi khusus buat kamu yang bosen makan daging atau memang tidak mau makan daging, bisa lho membuat burger berbahan tahu. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Burger buns (roti) yang bisa kamu beli di supermarket

Bahan patty (nugget tahu):

  • 250 gr tahu rebus dengan air garam
  • 2 buah wortel serut halus
  • 100 gr kentang rebus serut halus
  • 2 butir telur
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung roti
  • 1/2 sdt kaldu instan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/4 sdt pala bubuk

Bahan pelapis:

  • 2 butir telur kocok lepas
  • tepung panir secukupnya

Cara membuatnya:

  • Campurkan semua bahan-bahan dan bumbu halus. Aduk rata dan tambahkan terigu secukupnya jika adonan masih terlalu cair.
  • Siapkan loyang dan alasi dengan plastik tebal. Tuangkan adonan, lalu kukus selama 20 menit.
  • Setelah matang, keluarkan adonan dari loyang, diinginkan, dan potong-potong sesuai selera.
  • Celupkan potongan nugget dalam telur, lalu gulingkan di atas tepung panir.
  • Diamkan kurang lebih selama 10 menit kemudian goreng dengan api sedang.
  • Lanjutkan dengan menggabungkan burger buns, nugget tahu, dan pelengkap lainnya.

Gimana? Mirip dengan burger daging yang biasa kamu beli di restoran cepat saji ‘kan? Yang pasti, burger jenis ini jelas lebih sehat untuk dikonsumsi. Tidak seperti daging yang juga mengandung lemak jahat, kandungan lemak baik dalam tahu dijamin bermanfaat bagi tubuhmu.

5. Tahu atau tofu juga bisa diolah jadi kudapan manis lho. Nggak percaya? Resep puding tofu ini wajib kamu coba!

Siapa bilang tahu hanya bisa dibuat jadi makanan bercita rasa gurih? Asal tahu saja, bahan makanan tahu juga dapat diolah menjadi menu makanan yang bercita rasa manis. Nah lho, gimana resepnya? Simak nih resep puding tofu yang lezat dan legit di mulut!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 75 gr gula pasir
  • 700 ml air
  • 1 butir kuning telur
  • 50 ml putih telur
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 100 gram tofu
  • 1/2 sdt garam

Bahan untuk saus:

  • 200 ml santan kental
  • 50 gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuatnya:

  • Panaskan air dan agar-agar bubuk hingga mendidih.
  • Kocok kuning telur dan susu kental manis hingga merata, lalu campurkan sebagian agar-agar yang sudah mendidih dan kocok hingga tercampur sempurna.
  • Masukkan campuran telur, susu, dan agar-agar ke dalam panci sambil tambahkan tofu potong.
  • Setelah kembali mendidih, tuang agar-agar ke dalam wadah dan dinginkan.
  • Untuk sausnya, rebus semua bahan saus hingga mendidih lalu sajikan bersama puding tahu yang sudah dingin.

Yup, di resep kali ini kita memang menggunakan tofu dan bukannya tahu. Sebenarnya, apa sih bedanya? Sama saja kok. Tofu adalah jenis tahu sutera yang secara tekstur memang lebih lembut dan halus. Mau pilih tahu atau tofu? Dua-duanya bisa lho digunakan dalam resep ini.

6. Saat matahari sedang terik-teriknya, membuat strawberry tofu dan yogurt bakal bikin harimu lebih ceria.

strawberry tofu dan yogurt via rasamalaysia.com

Selain diolah jadi puding yang manis dan legit, tahu atau tofu juga bisa diolah jadi minuman segar lho! Nah, unik ‘kan? Namanya adalah strawberry tofu dan yogurt. Ketiganya menjadi bahan dasar dalam membuat minuman segar nan kaya akan vitamin ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 100 ml jus buah strawberry
  • 200 ml susu kedelai tawar
  • 3 sdm yogurt vanila
  • 50 gr tofu
  • 75 gr buah strawberry
  • 2 sdm oats

Cara membuatnya:

  • Campurkan semua bahan jadi satu, lalu blender dengan kecepatan sedang dan biarkan tercampur sempurna.
  • Pastikan teksturnya cukup lembut dan lanjutkan memblender jika dirasa belum terasa lembut.
  • Tambahkan es batu sesuai selera untuk memberikan rasa segar pada minuman ini.

Minuman ini sangat pas dijadikan santapan sehari-hari. Saat pagi dan sore, atau ketika siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Selain menyegarkan, kandungan vitamin dalam buah strawberry dan protein dalam tofu dijamin bermanfaat bagi tubuhmu.

7. Sebelum beraktivitas, menyantap scrambled tahu bisa jadi suntikan tenaga bagi tubuhmu.

scrambled tahu via veganyumminess.com

Banyak dari kita yang seringkali mengabaikan makan pagi. Alasan tak punya waktu dan terburu-buru membuat kita memilih untuk tidak sarapan dan langsung beraktivitas. Padahal, tubuh tentu butuh asupan tenaga demi bisa seharian bekerja. Menu scrambled tahu yang praktis ini bisa jadi solusi lho!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah paprika merah
  • 1 butir telur
  • 200 gram tahu
  • 2 sdt olive oil
  • 1/4 sdt bubuk ketumbar
  • 1/2 sdt garam

Cara membuatnya:

  • Hancurkan tahu dalam mangkuk. Jangan sampai terlalu halus agar tekstur tahu tetap terasa.
  • Bumbui dengan garam dan ketumbar bubuk, lalu tambahkan 1 sendok teh olive oil. Sisihkan
  • Panaskan olive oil lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan paprika merah yang sudah dipotong-potong.
  • Tambahkan telur lalu goreng dengan cara diorak-arik.
  • Kemudian tambahkan pula tahu yang sudah dibumbui sebelumnya.
  • Masak hingga sayuran, tahu, dan telur matang.

Selain praktis dan sangat mudah dibuat, masakan yang satu ini memang pas dijadikan menu sarapan. Selain mengandung protein tinggi yang jadi sumber tenaga bagi tubuh, menu scrambled tahu ini juga tidak terlalu mengenyangkan sehingga aktivitasmu tidak akan terganggu.

8. Lembutnya tofu berpadu dengan legitnya cokelat dalam sajian tofu mousse cokelat.

tofu mousse cokelat via veganyumminess.com

Hampir mirip dengan puding, mousse biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Mousse adalah jenis makanan asal Perancis yang menggabungkan antara krim dan telur. Tapi, mousse yang akan kamu bikin kali ini lebih spesial lantaran menggunakan tofu sebagai bahan utamanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gr tofu
  • 100 gr buah pisang
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 100 gr cokelat batangan
  • 2 sdt madu
  • 2 sdt vanili

Cara membuatnya:

  • Blender tofu dan pisang hingga benar-benar lembut.
  • Lelehkan cokelat batangan lalu campurkan dalam adonan tofu dan pisang.
  • Tambahkan cokelat bubuk, madu dan vanili lalu proses hingga tercampur rata.
  • Sajikan dingin agar lebih nikmat disantap.

Nggak harus beli di restoran atau toko roti mahal, mousse tofu bikinanmu kali ini juga nggak kalah lezat kok. Sajikan panganan ini saat ada teman atau keluarga yang berkunjung. Bisa juga kamu buat khusus untuk pasangan yang sedang berulang tahun lho.

Nah, gimana? Percaya ‘kan kalau tahu atau tofu nggak hanya bisa diolah jadi menu yang itu-itu saja? Selamat mencoba semua resepnya, ya! Oh iya, kalau sudah berhasil mencoba, jangan lupa bagi-bagi ke Hipwee, ya. 🙂