Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai. Namun, sekadar bersantai saja terkadang terasa membosankan. Mungkin bagi mereka yang setiap harinya menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, weekend akan dijadikan sebagai hari gegoleran sedunia, untuk mengembalikan tenaga yang tinggal sisa-sisa. Nah, buatmu yang suka jalan-jalan dan ingin punya akhir pekan menyenangkan, camping menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu luang.

Pertanyaannya sekarang, camping di mana, ya? Kebanyakan orang menjadikan gunung dan pantai sebagai spot camping, sembari mendaki atau menyusuri satu pantai ke pantai lainnya. Padahal masih banyak spot lain yang nggak kalah keren dan lain dari biasanya. Dan yang pasti, kamu nggak perlu banyak perjuangan untuk mencapai tujuan ke sana.

1. Spot pertama yang sensasinya juara adalah di pinggir situ atau danau, apalagi jika diperbolehkan untuk memancing ikan. Wiiihiiii!

pemandangan pinggir danau via www.youtube.com

Jika lokasi danau atau situ ini terlalu jauh dari domisilimu, atau mengharuskanmu ke luar kota. Cobalah untuk mencari waduk terdekat. Beberapa waduk tertentu menyewakan spot untuk camping juga, kok. Keuntungan lainnya, kamu bisa meluangkan waktu untuk memancing ikan juga di sana, tentu saja jika diperbolehkan oleh pengelolanya.

Pilihlah spot yang kering untuk menghindari lintah yang biasanya banyak ditemukan di tepi perairan tawar yang becek.

2. Yang nggak kalah keren pemandangannya, menjadikan hutan pinus sebagai spot camping. Atau, taman hutan raya sebagai penggantinya

Advertisement

keren, ya! via travel.grivy.com

Kamu yang tinggal di daerah sejuk, biasanya terdapat hutan pinus atau setidaknya taman hutan raya di sekitarmu. Manfaatkan spot tersebut untuk sekadar bersantai sejenak, mendirikan tenda sembari menikmati udara sejuk. Pastikan hutan tersebut aman untuk disinggahi, dan memang dipergunakan untuk tempat wisata, ya. Nggak lucu ‘kan kalau tiba-tiba kamu didatangi beruang. Haha…

3. Buatmu yang nggak kuat mendaki gunung hingga puncak, cukup berhenti di lereng gunung dan dirikan tenda di sana

nggak perlu sampai puncak via mantostrip.wordpress.com

Ah, kenapa harus mendaki puncak gunung jika di lerengpun menyajikan pemandangan yang luar biasa? Nah, kebetulan sekali. Kamu yang nggak punya passion untuk repot-repot mendaki gunung hingga puncak, atau memang nggak yakin fisikmu kuat untuk itu, jangan kuatir dulu. Kamu bisa kok, berhenti di lereng gunung yang landai, lalu membangun tendamu di sana. Cari yang view-nya oke juga, ya!

4. Pantai berbukit adalah tempat yang membuat nuansa camping-mu serasa ada di dua alam; pegunungan dan pantai

lihat pantai dari atas bukit via sitiumairoh24.blogspot.co.id

Camping di tepi pantai terlalu mainstream. Masalahnya, kamu ngotot ingin pemandangan dan suasana pantai dengan semilir anginnya itu. Hmm, mungkin kamu harus cari pantai berbukit. Pantai di mana terdapat perbukitan kecil di sekitarnya. Nggak perlu terlalu tinggi, asalkan ada trek yang bisa digunakan untuk membawamu berjalan mendaki puncaknya. Nah, carilah dataran landai di puncaknya yang bisa kamu bangun tenda.

Voila! Spot tendamu bakal Instagram-able banget. Serasa di puncak gunung sementara bagian belakangmu nampak pantai yang indah menawan.

5. Bumi perkemahan tersedia setiap saat untukmu yang nggak mau ribet, lahan khusus ini biasanya juga punya fasilitas lengkap

bumi perkemahan nggak ribet via www.nationalparks.nsw.gov.au

Spot yang satu ini nggak bakal bikin kamu kewalahan. Hampir di setiap daerah punya bumi perkemahan yang memang disediakan oleh pengelolanya untuk camping. Biasanya lokasinya dekat dengan obyek wisata pegunungan. Kamu hanya akan dimintai uang retribusi untuk kebersihan dan keamanan. Selebihnya, soal perbekalan bias kamu siapkan sendiri dari rumah.

Atau, jika kamu nggak mau repot juga, biasanya di sana akan ada warung yang menyediakan makanan minuman khusus para pengunjung bumi perkemahan. Mudah, bukan?

6. Di beberapa tempat, bukit golf bisa dijadikan spot camping. Di sini kamu bakal merasakan atmosfer yang nggak kalah seru

luas banget nih via cibodastour.com

Siapa bilang bukit golf cuma digunakan untuk bermain golf?

Di beberapa tempat, mereka menyewakan lahan bukit golf untuk camping juga, lho! Jika kamu jeli dan mau mencari informasi, rencana untuk camping di spot ini bakal terealisasi. Nggak hanya itu, bukit golf yang terkenal dengan lahannya yang luas ini juga bisa digunakan untuk mendirikan panggung hiburan yang besar sekalipun. Ajaklah sanak saudara atau komunitasmu untuk bersantai ria camping di bukit golf, ya!

7. Hampir sama dengan bukit golf, daerah pelataran candi juga menarik untuk disinggahi. Mirip bukit Teletubies!

cukup luas kan? via diengadventure.com

Jangan dulu remehkan kawasan candi. Selain bisa berwisata sejarah, pelataran candi juga ideal untuk dijadikan spot camping. Perhatikan saja, pelataran luas yang ditumbuhi rerumputan hijau sejauh mata memandang. Jika sang pengelola memperbolehkan, kenapa nggak kamu coba dirikan tendamu di sana?

Tapi ingat, jangan mengotori apalagi merusak spot ini kalau kamu nggak mau dimaki pengunjung candi lainnya.

8. Mentok? Nggak usah bingung, tanyakan teman-temanmu barangkali mereka punya halaman belakang rumah yang luas

sambil ngopi-ngopi via www.wweek.com

Duh, bingung nih mau ke mana, nggak ada ide, malas pergi jauh pula. Kalau begini ceritanya, coba kamu tanyakan ke teman-temanmu, siapa diantara mereka yang punya halaman belakang rumah yang luas. Selain aman, nggak repot, kamu juga jadi lebih enak izin ke orang tua. Untuk kegiatannya, siapkan saja bebakaran untuk kalian bisa nikmati bersama.

Camping itu nggak harus lelah mendaki gunung atau repot menyusuri pantai. Asal kamu berani bereksperimen, maka kamu bakal menemukan spot lain yang nggak kalah serunya dibanding puncak gunung atau di tepi pantai. Kira-kira, di mana lagi ya spot yang unik dan seru untuk mendirikan tenda? Tuangkan idemu di kolom komentar!