Masa depan memang perlu disiapkan dari sekarang. Mungkin kamu udah rencakan seperti apa masa depan sejak sekolah, tapi nggak jarang pas kuliah atau (bahkan) baru memulainya pas kerja. Ibarat lagi mulai hidup baru yang lebih mandiri – tentu terlepas dari orangtua, kamu belajar sungguh-sungguh agar bisa survive jalani hidup di kemudian hari. Hal itupun nggak terlepas dari kondisi keuangan – memungkinkan atau tidak buat realisasikan cita-citamu. Oleh karena itu, sudah saatnya kamu atur keuangan dengan baik supaya sah jadi sosok dewasa nan bijaksana.

Hipwee Tips pun sudah menyiapkan cara-cara jitu buatmu yang pengen irit saat sedang belanja, baik di mal atau swalayan. Biar keluhan-keluhan di masa mendatang berkurang, yuk simak 8 tips hemat yang udah Hipwee Tips rangkum berikut ini.

1. JANGAN PERNAH pakai trolley bag buat ambil barang-barang. Cukup keranjang tangan saja biar nggak makin banyak yang dibeli

jangan pakai troli via weareobserving.blogspot.co.id

Percaya atau tidak, kalau kamu pakai trolley bag pas lagi belanja di supermarket, pasti deh barang-barang nggak penting bakal kamu beli. Seperti pada awalnya kamu cuma fokus beli perlengkapan mandi, eh karena letaknya berdekatan sama peralatan kecantikan, malah jadi kamu beli juga.

Lagipula, mau seberat apapun belanjaannmu, kalau pakai trolley bag nggak bakal ngaruh. Beda ceritanya kalau gunakan keranjang tangan – karena pasti kamu jadi ogah beli tambahan barang lainnya yang nggak dibutuhkan banget.

Advertisement

Kesannya, keranjang tangan akan lebih cepat penuh dibanding trolley.

2. Cuekin tawaran kasir seperti “isi pulsanya sekalian kakak?” atau “ada promo beli dua dapat satu”, padahal kamu lagi nggak butuh

isi pulsanya sekalian kakak? via thoughtcatalog.com

Karena yang namanya pedagang selalu tawarkan berbagai barang dagangannya, kamu pasti hafal ucapan mereka saat lagi mau bayar. Di pasar modern atau tradisional, kamu sering ditawarkan untuk beli barang lainnya selain yang udah dibeli. Mulai ditawarkan isi pulsa hingga adanya promo barang jualan lainnya bikin kamu tergiur.

Padahal kalau dipikir-pikir, kamu nggak butuh banget dan jadi mubazir beli sekarang. Oleh karena itu, tawaran kasir atau penjual mending kamu cuekin saja deh. ‘Kan lumayan uangmu bisa disimpan buat keperluan lain yang mendesak sewaktu-waktu.

3. Sebiasa mungkin belanja di pasar atau supermarket grosir yang harganya jauh lebih murah dibanding minimarket 24 jam!

jeli memilih tempat belanja via huffingtonpost.com

Banyak aktivitas yang digeluti bikin kamu cari kebutuhan apapun di minimarket 24 jam. Tempatnya yang mudah ditemui dan cukup lengkap ini adalah alasan kenapa kamu suka ke sana. Padahal, kalau dipikir-pikir lagi harga barangnya masih lebih mahal dibanding pasar tradisional atau swalayan besar. Walau cuma beda beberapa ribu, lumayan lah bisa disimpan buat kebutuhan lainnya.

4. Bawa uang pas sesuai kebutuhan. Kalau bawa uang lebih, godaan buat beli barang lainnya akan semakin besar!

bawa seperlunya saja via youqueen.com

Kalau kamu bawa uang berlebih saat belanja, percaya deh akan ada banyak barang yang nggak dibutuhin, malah akhirnya kamu beli. Bukannya melarang sih, tapi percuma saja jadi perempuan jika nggak pintar-pintarnya mengatur keuangan. Oleh karena itu, cukup bawa uang seperlunya saja, ya!

5. Kalau di dompet masih ada cukup uang, minimalisir pengambilan uang di ATM kalau mau belanja. Mental boros dan sok kaya akan terbentuk dari sini

jangan barengan ambil uangnya via www.safebee.com

Kebiasaan kamu yang anak kost, kalau mau keluar beli sesuatu pasti maunya serba “sekalian”. Sekalian ambil uang di ATM lah, sekalian beli makan lah, atau sekalian beli perlengkapan mandi lah, pasti begitu. Padahal, kalau pakai paham serba sekalian ini, bikin kamu jadi lebih boros saat belanja. Karena kamu bakalan tergiur buat belanja banyak barang yang di luar prioritas, dan tanpa disadari uangmu yang diambil dari ATM habis – dan kamu merasa nggak masalah karena itu. Karena kamu bakal berpikir:

Ah, bisa ambil uang lagi ini. Tuh ATM-nya ada, tinggal ambil. Huft.

6. Jika dirasa cukup menguntungkan, ikutlah program member card di swalayan langganan

katanya sih dapet diskon via www.shell.us

Tolak tawaran lain sih boleh, tapi jangan coba tolak tawaran bikin member card, ya. Biasanya sih yang ikutan member card suatu swalayan bikin kamu dapat diskon walau nggak gede. Misalnya dapat 5 atau 10 persen cukup lumayan lah, daripada nggak sama sekali. Tapi, saat mau ikutan pun kamu harus tanyakan ke mereka tentang apa saja keuntungan yang kamu dapat dari member card.

Kalau cuma suatu saat dapat undian doang sih mendingan jangan. Karena biasanya undian itu PHP doang dan yang menang cuma untung-untungan.

7. Daripada boros ke mall atau butik buat beli satu baju tapi harganya ratusan ribu, mending cari informasi garage sale deh biar dompetmu nggak kelabu!

garage sale via www.safebee.com

Barang-barang murah umumnya dijual saat garage sale, lho. Oleh karena itu, usahakan deh kamu datangi tempat-tempat yang lagi adakan garage sale. Biasanya harga barang yang dijual lebih murah dari harga semula. Namun, kamu pun jangan mudah khilaf saat belanja nanti.

Perhatikan kualitas barangnya juga, kalau sudah jelek dan harganya masih cukup mahal mendingan nggak usah beli.

8. Jangan sendirian belanja. Supaya ada yang ngingetin kalau kamu sudah kelewatan ngeluarin uangnya

ada yang nemenin via freepik.com

Bukannya kamu manja nggak bisa belanja sendirian. Tapi, kalau ada yang menemani, setidaknya kamu jadi risih sendiri kalau mengeluarkan uang terlalu banyak. Bukan harus pacar, teman atau adikmu juga bisa kok dijadikan satpam. Haha!

So, sudah siap jadi cewek yang lebih irit sekarang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya