Setiap orang pasti punya teman yang sering mendiamkan chat dan SMS. Nggak cuma 1-2 jam aja, tapi bisa sampai berhari-hari. Padahal kadang kamu sangat memerlukan balasannya dan butuh jawaban segera.

Pandu, bales dong. Charger laptopku di kamu kan ya? Mau dipake nih buat presentasi…

Kalau kayak gini, kamu harus gimana ya? Sebenarnya banyak cara bisa kamu terapkan. Nah, Hipwee udah siapkan nih 8 cara untuk kamu yang memiliki teman seperti dan bagaimana menyikapinya. Silakan disimak!

1. Kalau chat-nya via BBM, langsung aja PING! PING! PING! biar dia sadar

PING! PING! PING! via www.jimmysun.net

Duh, ini anak ke mana sih… ditanya gak nyaut-nyaut.

Advertisement

Enaknya menggunakan aplikasi BBM ini kalau teman dikirimi pesan tapi nggak dibalas-balas. Ada fitur PING! yang cukup mengganggu karena akan memberikan getar di ponselnya. Mengirimnya bebas, nggak terpatok pada batasan berapa PING! yang diperbolehkan. Semoga pesanmu cepat dibalas ya. PING! PING! PING!

2. Tapi kalau via Whatsapp atau LINE yang gak punya fitur PING! Coba kirim pesanmu lagi dengan awalan “Balas ya”

coba whatsapp lagi deh via www.familytimes.biz

*jam 20.00*

Bro, makalah gue udah kelar belum dilihatnya? Gue mau baca nih, besok pagi ujian.

*Jam 22.00*

*Masih belum dibalas juga*

Kalau kamu menghubungi teman menggunakan Whatsapp atau LINE yang nggak ada menu PING!-nya, jangan bete dulu sebelum mengirimkan pesan serupa. Kirim pesan yang sama, tapi kali ini awali kalimat “Bales ya”

Kenapa harus diawali “Bales ya”? Karena itulah kalimat yang akan dia baca di snippet notifikasi yang muncul di homepage HP-nya. Jadi walaupun dia tidak memencet chatmu (mungkin untuk menghindari centang biru), dia tetap tahu kalau kamu perlu banget chat-mu dibalas.

3. Cek akun Facebook atau Pathnya. Kalau dia belum balas pesan kamu tapi sempat update status, komentar di statusnya

ternyata dia malah sibuk dan langsung update ke medsosnya via momsmagazine.com

“Elah. Selfie mulu lo! WA gue dibaleees!”

Yang nggak tergiur untuk nggak update status dimedia sosial itu jarang banget. Rata-rata kalau udah megang ponsel pasti mengecek aktivitas media sosialnya. Entah buat kepoin status teman-teman atau kehidupan para selebriti. Makanya, jangan heran kalau teman kamu nggak balas-balas chat tapi malah update status, komentar aja di statusnya! Sambil bercanda ya, biar suasananya nggak canggung tiba-tiba.

4. Masih belum dibalas juga? Manfaatin fasilitas telepon gratis di aplikasi chatting untuk menghubunginya!

coba manfaatin menu free call deh via okepop.com

Dengan banyaknya aplikasi chatting sekarang ini, kamu bisa menggunakan dengan maksimal menu-menu yang tersedia lho. Ada menu telepon, voice note, dan video call. Kamu bisa menggunakan menu telepon karena nggak menghabiskan banyak kuota dibanding video call. Meskipun dia belum tentu mau mengangkat telepon via aplikasi chatting ini karena dapat mengurangi kuota internetnya juga, tapi nggak ada salahnya kamu coba.

5. Balasan dia lebih penting daripada agenda menghemat pulsa? Telepon dia aja.

yah, keluar pulsa sedikit gak apa-apa. siapa tahu dapat jawaban

Kadang, untuk mencapai apa yang kita inginkan diperlukan juga sebuah pengorbanan.

Pulsa berkurang sedikit nggak apa-apa. Yang penting kamu dapat kabar dari dia. *Tsaaahhh*

Menunggu itu memang melelahkan, apalagi menunggu untuk hal-hal yang nggak pasti. Kayak kamu yang misalnya menunggu balasan dari teman tapi sama dia nggak dibalas-balas. Belum lagi kamunya memang lagi butuh banget dan harus segera mendapat jawabannya, eh dia tetap belum balas chat kamu atau nggak bergeming mengangkat telepon via LINE. Mungkin dia malas membalas atau mengangkat karena akan menghabiskan kuota paket internetnya. Hmm… Yaudah kamu coba menghubunginya via telepon biasa ya. Kalau memang mengangkat, yah kamu tahulah berarti dia gimana sama paket internetnya itu ;p.

6. Lebih efektif lagi kalau kamu langsung hubungi orang yang sedang ada di dekatnya. Melalui mereka kamu bisa berkomunikasi dengannya

lo tau gak si Fred ke mana ya dihubungi susah banget. bisa gak lo bilangin dia kalau gue nyariin? via harrypotter.wikia.com

Menghubungi orang terdekat, misalnya orang tua, adik atau kakaknya, atau teman sekamarnya bisa menjadi alternatif lainnya yang kamu lakukan. Karena siapa tahu melalui mereka, dia mau membalas pesanmu atau menghubungimu kembali.

Tapi jangan lupa ya, saat menghubungi orang terdekatnya — terutama orangtua — gunakan nada suara yang enak didengar. Karena ‘kan kamu sedang meminta tolong pada mereka.

7. Untuk urusan super penting, samperin ke tempat tinggalnya. Dia gak mau ketemu juga? BYE aja!

kayaknya dia ada di dalam deh, coba masuk ah via travel.detik.com

Berbagai cara udah kamu lakukan untuk menghubunginya, namun tetap aja nggak ada respon sama sekali. Kamu bisa mecoba alternatif lainnya yaitu mendatangi rumah atau kost-nya. Tapi jangan bilang-bilang ya, karena siapa tahu dia bisa mengelak nggak ada di tempat. Kalau itu tetap nggak mempan, misalnya dia nggak ada di tempat atau kosannya pindah, yaudah say good bye aja dengannya, jangan berharap lebih.

8. Atau kamu bisa diemin aja, terutama kalau konteksnya kerjaan. Kalau dia gak balas, dia yang kurang profesional

Yang penting kamu udah usaha via favim.com

Hmm Yaudahlah biarin aja. Segala cara udah gue coba, tapi dianya tetap begitu. Biar orang kantor aja yang menilai, toh gue udah ingetin.

Kamu udah berusaha semaksimal mungkin untuk menghubunginya, sayangnya nggak mendapat tanggapan positif darinya. Kalau memang ini konteks kerjaan, itu tandanya dia yang kurang profesional.

Karena kamu adalah rekan kerja yang baik makanya kamu mau mengingatkan dia. Selebihnya terserah dia mau gimana, yang penting kamu udah mencoba menghubunginya.

Bukannya kamu suka mengganggu hidup orang lain, tapi ‘kan nggak ada orang yang hidup cuma buat dirinya sendiri aja. Entah menghubungi mereka karena kamu butuh atau sekedar mengingatkannya, misalnya tentang kerjaan kantor yang merupakan tanggung jawabnya. Lagipula, perbuatanmu itu juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab dan bagaimana sebenarnya komunikasi yang baik itu dibangun.

Selamat menerapkan cara-cara di atas. Semoga kamu gak perlu menunggu lagi, ya!