Anggota tubuh yang sering kita ukur dengan rutin biasanya hanya berat badan saja, terutama kamu yang memang sedang merasa insecure dengan berat badan berlebih. Yang mengakibatkan perut buncit atau betis besar.

Pasti makan sedikit sudah langsung mencari timbangan dan ternganga kalau angkanya sudah menyentuh kepala 5 atau bahkan 6. Buat kamu yang masih dalam masa pertumbuhan mungkin tinggi badan juga jadi hal yang cukup familiar untuk diukur secara rutin. Padahal berat dan tinggi bukan satu-satunya ukuran tubuh yang bisa kamu gunakan, lho!

Ada banyak ukuran tubuh lain yang bisa kamu gunakan untuk memprediksi atau menjelaskan sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu. Dan di sini, Hipwee Tips akan memberi tahumu dari mulai lingkar kepala sampai lingkar betis, bagaimana cara mengukurnya dan apa saja gunanya. Kalau harus tahu ini semua karena sangat banyak manfaatnya.

1. Sudah pernah mengukur lingkar kepalamu? Ternyata ada kaitannya dengan volume otak, lho!

Lingkar kepala via montefinohats.com

Lingkar kepala normal untuk perempuan dewasa adalah sekitar 53 cm, sedangkan lingkar kepala untuk laki-laki sekitar 58,5 cm.

Advertisement

Ukuran lingkar kepala digunakan untuk memprediksi volume otak. Pada anak-anak volume otak dan lingkar kepala sama-sama meningkat. Sementara, pada orang dewasa volume otak justru menurun tapi lingkar kepala tidak berubah. Namun jika dikelompokkan berdasarkan usia, lingkar kepala memang dapat digunakan untuk memprediksi volume otak.

2. Ukuran lingkar leher juga berkaitan dengan risiko penyakit jantung, terutama pada lingkar leher laki-laki

Lingkar leher via i1os.com

Pada anak-anak lingkar leher dapat digunakan untuk mengetahui apakah anak tersebut terkena obesitas atau tidak. Sementara pada orang dewasa, tepatnya pada pria, ukuran lingkar leher dapat melihat risiko penyakit jantung.

Kalau ukurannya terlalu besar berarti pria itu lebih berisiko terkena penyakit jantung. Ukuran lingkar leher pria normal adalah 38 cm.

Cek mulai sekarang ya! Nggak mau ‘kan kalau kisahmu jadi mirip Mike Mohede yang harus pergi di usia muda karena terserang penyakit jantung?

3. Ingin tahu sebagus apa tubuhmu? Ukuran pundak ternyata bisa menggambarkannya dengan baik

Ukuran pundak via usedsolodresses.com

Ukuran pundak ini digunakan untuk melihat struktur tubuh manusia dan biasanya terkait dengan lingkar pinggangmu. Dan konon, lebar pundak cewek juga berkaitan dengan sejauh mana cowok akan tertarik padanya. Sementara pada cowok lebar pundak akan menunjukkan seberapa atletis tubuhnya.

Ukuran idealnya lingkar pinggang untuk cewek 18 tahunan sekitar 35 cm, sementara cowok 39 cm.

4. Lingkar dada tak hanya digunakan untuk memprediksi ukuran BH, tapi fungsi paru-paru juga

Lingkar dada via youtube.com

Tidak ada ukuran ideal tertentu untuk lingkar dadamu dan belum ada penelitian yang mencatat seberapa ukuran lingkar dada yang normal. Yang ada malah bentuk dada yang beragam dan konon bisa menggambarkan kepribadian.

Lingkar dada dapat digunakan untuk mempreduksi fungsi paru-paru dengan cara mengukur perbedaan antara lingkar dada saat menarik nafas maksimal dengan saat menghembuskan nafas.

Perbedaan kedua ukuran itu harusnya sekitar 5,5 cm.

5. Buat kamu cewek-cewek, lingkar lengan atas (LILA) jadi penentuan yang sangat penting saat kamu hamil nanti

Lingkar lengan via reaganwilliams.com

LILA atau lingkar lengan atas pada ibu hamil dapat digunakan untuk mengetahui status gizi ibu hamil. Selain itu, ini juga berkaitan dengan berat badan ibu hamil.

Jika lingkar LILA kurang dari 23,5 cm artinya status gizi ibu hamil kurang dan berisiko tinggi untuk melahirkan.

Nggak cuma buat ibu hamil, pengukuran LILA juga biasa dilakukan pada wanita usia subur (15-45 tahun) untuk memprediksi adanya kekurangan energi dan protein yang bersifat kronis.

Ingin tahu lebih banyak persiapan yang bisa kamu lakukan agar bisa hamil dengan sehat dan nyaman? Kamu bisa baca persiapan khusus Ibu-ibu muda demi trimester pertama yang aman di sini.

6. Ini bukan rahasia, lingkar pinggang dapat mendeteksi kesehatanmu lebih akurat dari lainnya

Lingkar pinggang via reference.com

Berat badan saja tidak akan cukup untuk memprediksi kesehatanmu. Ukuran lingkar pinggang justru lebih akurat untuk digunakan.

Jika lingkar pinggang cewek lebih dari 80 dan cowok lebih dari 90 artinya kesehatan kamu sedang berada dalam keadaan “hati-hati atau lampu kuning”. Karena artinya ada penumpukan lemak dan juga risiko diabetes.

7. Kamu mungkin sudah tahu, lingkar pinggul seringkali dikaitkan dengan mudah tidaknya nanti saat kamu melahirkan

Lingkar panggul via bradstreet-clothingcom

Pasti kamu sudah sering dengar kan kalau wanita dengan lingkar pinggul yang besar akan lebih mudah prosesnya saat melahirkan. Tapi tenang saja, kamu yang pinggulnya tidak besar tapi cukup normal tetap bisa melahirkan dengan normal asalkan kekuatan ibu, jalan lahir, dan bayinya aman.

8. Kalau lingkar paha dan betis sih yang penting jangan terlalu besar saja, karena ada lemak juga disana!

Lingkar paha via youtube.com

Belum ada penelitian yang mengaitkan lingkar paha atau lingkar betis dengan kondisi kesehatan tertentu. Tapi sebaiknya sih tetap jangan besar-besar ya, bagaimanapun di bagian tubuh tertentu juga menyimpan lemak yang kemungkinan besar menimbulkan penyakit.

Banyak ‘kan ternyata anggota tubuh yang bisa digunakan untuk memprediksi kesehatan selain tinggi dan berat badan? Yuk langsung ukur anggota-anggota tubuhmu yang sudah Hipwee Tips sebutkan tadi!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!