Buatmu yang sedang berjuang melakukan penghematan Hipweedan Smarfren 4G LTE mempersembahkan artikel ini.

Makin ke sini menabung jadi makin penting, tapi juga lebih susah dilakoni. Kebutuhan hidup yang makin bertambah dari hari ke hari membuat perjuangan menyisihkan uang tidak lagi semudah itu dijalani. Godaan teman untuk nongkrong di mall, nonton di bioskop setiap ada film baru, sampai menjajal kafe yang kekinian sering jadi penyebabnya.

Tapi dengan sedikit usaha, penghematan tetap bisa kamu lakukan. Kali ini Hipweedan Smartfren akan menyampaikan berbagai langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa berhemat sampai 1 juta setiap bulan.

1. Membatasi makan hedondi luar sebulan 1 kali (percaya atau tidak) bisa meringkas pengeluaranmu selama ini

Kue cubit green tea yang kekinian. Tapi bikin bokek via anadanani.wordpress.com

Kebiasaan anak muda macam kita ini memang kadang kurang tahu diri. Gaji belum seberapa sudah merasa layak masuk resto mahal dengan dalih ‘reward’ atas kerja keras selama ini. Sebutlah makan sushi atau premium steak. Sekali makan kamu bisa menghabiskan sekian ratus ribu. Belum lagi kalau gak cuma dilakukan sekali…

Minggu ini, makan steak = Rp 250.000,00

Jajan kue cubit = Rp 35.000,00

Beli milk tea= Rp 30.000,00

Merasa layak jajan sushi = Rp 150.00,00

TOTAL: 465.000,00

Kalikan sequence ini dengan 4 minggu selama sebulan. Kamu sudah menghabiskan 1,8 jutaan buat jajan! Mengurangi kebiasaan macam ini sudah bisa membuatmu bisa menghemat sampai 1,4 jutaan.

2. Buat kamu yang kerja sampai malam atau jarang di kost-an, pindah saja dari kost mahal ke kost sederhana di pinggiran

Demi penghematan, pindah saja ke kos sederhana via desainrumahid.com

Harga kamar kost ber-AC dengan fasilitas lengkap bisa dibanderol seharga 750.000-1.500.000 juta rupiah tiap bulannya, tergantung lokasi kota. Sebenarnya ini adalah sweet spot tempatmu bisa melakukan penghematan. Memangkas pengeluaran untuk kost bisa membantumu mengurangi jumlah pengeluaran.

Nah buatmu yang jarang di kost karena sibuk atau selalu pulang malam pertimbangkan untuk pindah dari kost ber-AC ke kost biasa saja di pinggiran. Asal masih terjangkau dan tidak membengkakkan biaya transportasi hal ini sangat bijak dilakukan.

3. Kalau harus beli makan prioritaskan lauk yang kamu pilih adalah…olahan kedelai dan sayuran!

Nasi sayur andalanmu! via www.hipwee.com

Buatmu yang tidak tinggal di rumah dan harus membeli makanan, pintar-pintar saja memilih lauk yang tetap menyehatkan tapi murah. Sayuran, jadi opsi penyelamat yang paling bisa diandalkan. Semisal nih ya…

Nasi + ayam + lauk = Rp 20.000,00

Nasi + sayur + tempe = Rp 10.000,00

Mengganti menu dengan olahan sayuran dan olahan kedelai macam tempe dan tahu bisa menghemat minimal Rp 900.000,00 pengeluaranmu. Ditambah sedikit penghematan lain berhemat 1 juta tiap bulannya gak musathil lagi kamu capai.

4. Beranikan diri buat bilang “Tidak” untuk ajakan teman-teman. Terutama kalau itu mengancam dompetmu

Daripada hedon, tidur aja… via s1206.photobucket.com

Nonton yuk ntar malem?

Yuuuk…

Nongkrong yuk? Ngopi-ngopi lucu kita…

Yuuuuk….

Nah, kegagalan menolak ajakan teman untuk bersenang-senang juga bisa jadi biang kerok segala pemborosan. Gak berani menolak ajakan teman berarti kehilangan Rp 200.000,00 setiap kalinya. Bayangkan jika ini kamu lakukan dengan rutin. Berapa banyak penghematan yang sudah bisa kamu lakukan?

5.Sadar atau tidak, kamu sering kalap karena belanja online yang mudah itu. Makanya instal aplikasi pengatur keuangan di ponselmu

Instal aplikasi pengatur keuangan di ponselmu agar tahu uang selalu lari ke mana via love1d.blogfa.com

*buka online shop*

*lapar mata*

*buka mobile banking, transfer*

*yha. duit habis sebelum akhir bulan*

Belanja online memang memudahkan. Gak perlu jalan jauh-jauh menembus kemacetan atau muter-muter ke banyak merchant berbagai kebutuhan sudah bisa didapatkan. Tapi…belanja online juga punya kekurangan. Salah satunya adalah membuatmu cepat kehabisan uang tanpa sadar.

Tapi sebenarnya ada cara yang bisa dilakoni, kok. Contohnya saja, kamu bisa download aplikasi pengatur keuangan di ponselmu demi memudahkanmu tracking pengeluaran. Gak ada lagi deh ceritanya di tengah bulan udah kehabisan uang. Kan semua sudah tercatat….

6. Buat cewek-cewek belanja baju dan sepatu memang kadang menggoyahkan imanmu. Setiap belanja ajak orang yang bisa jadi pengingatmu

Ajak teman yang bisa jadi pengingatmu via www.hipwee.com

Setiap lihat baju atau sepatu lucu memang sering membuat hati cewek-cewek menjerit. Rasanya harus punya saat itu juga. Kalau enggak, bisa kepikiran deh sampai berhari-hari setelahnya.

Agenda belanja baju dan sepatu hanya karena alasan ‘lucu’ bisa jadi alasan utama kempesnya dompetmu. Demi menghindari hal ini terjadi ada baiknya kamu mengajak dia yang punya pendapat dan saran yang kejam plus rasional. Sebut saja pacarmu, temanmu yang paling gemas lihat kamu belanja banyak, sampai Ibumu yang selalu bilang kalau barang pilihanmu gak sebagus itu.

Karena kadang kamu perlu sedikit ditampar di muka agar bisa sadar kalau barang-barang itu gak perlu dibeli saat itu juga…

7. Buat urusan gadget,cari aja gadget yang setara soal harga dan kualitas. Gengsi dalam hal ini harus dilibas

Gengsi soal gadget harus dilibas via haaime-el-mayordomo.tumblr.com

Kalau dipikir ulang ngapain sih kita mengeluarkan uang jutaan bahkan hampir puluhan juta buat beli gadget? Toh dalam 1-2 tahun ke depan juga akan muncul trend baru yang bikin gadget itu makin ketinggalan jaman. Harus ganti lagi deh biar gak ketinggalan

Sebenarnya membeligadget super mahal adalah pemborosan yang tidak masuk akal. Toh banyak pilihan gadget lain yang apik dari segi kualitas tapi harganya masih masuk akal. Sebut saja Smartfren Es dan Smartfren Ec yang tadinya dibanderol dengan harga Rp 999.000,00 saja, kini turun harga khusus buatmu menjadi Rp 799.000,00 saja.

Dengan harga yang masuk akal, kamu sudah mendapatkan fitur berkualitas macam RAM 1GB sampai kamera 5 MP.Dan kamu tahu sendiri kan gimana bisa diandalkannya koneksi 4G dari Smartfren? HP yang terjangkau ini gak bakal bikin koneksimu galau. Plus ditambah paket TRUE UNLIMITED yaitu paket UNLIMITED 4G LTE buat internetan cepat tanpa FUP (Fair Usage Policy) yang bisa kamu nikmati cukup dengan Rp 75.000,00 saja. Untuk tahu lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Gak perlu lagi dong ‘buang-buang’ uang 2-3 juta cuma untuk beli HP saja?

8. Kalau memang kamu boros sekali — please tahu diri. Apply saja automaticdebet agar kamu terpaksa menabung tiap bulan

Sadar diri lah kalau memang kamu boros sekali…. via interestnfunny.com

Ada beberapa orang yang memang susah mengendalikan hasrat mereka dalam mengeluarkan uang. Mau berhemat sekeras apapun, kantung akan tetap ‘jebol’ selama ada uang di sana.

Buatmu yang merasa sulit sekali berhema tapi tetap ingin menabung 1 juta per bulan udahlah..tahu diri aja. Daftarkan diri ke program tabungan berencana yang secara otomatis menarik uangmu tiap tanggal tertentu. Dengan begini, mau gak mau kamu akan menabung dan gak membelanjakan uang sesukamu.

Dari 8 cara ini, menurutmu mana yang paling layak dicoba? Udah siap berhemat sampai 1 juta tiap bulannya? Masih gak yakin? Bisa kok….bisaaaa….

Kredit gambar andalan: Karina Anggraeni