Bicara soal mimpi, pasti banyak diantara kamu yang pernah mendengar tentang mitos terkait arti mimpi-mimpi tertentu. Misalnya, mimpi gigimu lepas yang ‘katanya’ berarti ada keluarga atau saudaramu yang meninggal. Atau, makna arti mimpi yang dipercaya berkebalikan dengan mimpi itu sendiri. Hmm, benar nggak, ya, sebenarnya?

Ian Wallace, seorang ahli psikologi dan pengamat mimpi yang telah berdedikasi selama 30 tahun, yakin bahwa mimpi merupakan simbolisasi dari peristiwa tertentu yang kita alami, khususnya seharian sebelum tidur.

Berdasarkan penelitiannya yang dilansir dari laman Independent, dia kemudian mengurutkan delapan jenis mimpi yang paling banyak dialami manusia, beserta arti serta sikap apa yang perlu diambil ketika bangun dari mimpi tersebut. Daripada penasaran, simak penjelasan dari Hipwee Tips berikut.

1. Jika kamu mimpi dikejar-kejar, artinya kamu sedang punya masalah tapi nggak tahu bagaimana cara menghadapinya

mimpi dikejar via giphy.com

Coba kamu ingat-ingat lagi, mungkin belakangan hari kamu sedang bingung menghadapi masalah yang kamu alami. Saking bingung dan kepikiran terus-menerus, pengalamanmu berkutat dengan masalah sampai terbawa mimpi dan tersimbolisasi dengan adegan dikejar-kejar.

Advertisement

Cara menyikapinya: Kamu nggak perlu ragu, hadapi masalahmu dengan mantap hati. Masalah seringkali adalah pintu bagimu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Adanya masalah juga akan mendewasakanmu.

2. Kamu terjatuh dalam mimpi? Barangkali kamu terlalu fokus dan serius menanggapi sesuatu hal

terjatuh via imgur.com

Mimpi terjatuh menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan terlalu banyak menaruh perhatian terhadap sesuatu hal. Mungkin, kamu terlalu fokus dengan skripsi, berkutat terlalu lama sepanjang hari sampai lupa waktu.

Cara menyikapinya: Santailah sejenak, jangan terlalu fokus dan memegang kendali. Terkadang kamu hanya perlu percaya pada kemampuanmu sendiri, percaya pada orang lain, percaya pada kuasa Tuhan, dan biarkan segala hal mengalir apa adanya. Let it flow!

3. Nah, yang ini pasti bikin kamu penasaran; mimpi gigimu lepas! Menurut Wallace, berarti kamu sedang mengalami krisis percaya diri

gigi lepas via www.bbc.com

Jika menurut mitos yang banyak beredar mimpi gigi lepas berarti ada keluarga atau saudara yang meninggal, maka berbeda dengan arti menurut psikologis. Gigi adalah simbol kepercayaan dan kekuatan diri. Maka mimpi gigi lepas bisa jadi kamu sedang berada dalam situasi yang menyebabkan kepercayaan dirimu goyah, atau bahkan kehilangan kepercayaan diri.

Cara menyikapi: Jangan lantas terpuruk hanya karena keadaan. Kamu perlu berpikir tenang dan menghadapi situasi sulit tersebut. Anggap saja apa yang sedang kamu hadapi sebagai tantangan.

4. Sedangkan mimpi terbang merupakan kebalikan dari mimpi terjatuh, berarti kamu sudah dalam tahap mengikhlaskan atau justru telah berhasil menghadapi sesuatu hal

terbang via id.pinterest.com

Jika mimpi terjatuh berarti kamu terlalu serius menghadapi sesuatu hal, maka mimpi terbang berarti kamu telah ikhlas untuk melepaskan diri dari keadaan yang memberatkanmu selama ini. Atau, kamu telah berhasil menghadapi keadaaan tersebut.

Cara menyikapinya: Kamu hanya perlu bersyukur atas pencapaian yang kamu dapatkan dengan membuat keputusan besar. Jangan sombong, tetap rendah hati, ya!

5. Pernah mimpi telanjang di depan umum? Artinya kamu sedang merasa gugup atau malu karena diekspos terlalu berlebihan

telanjang di depan umum via en.tengrinews.kz

Apa yang kamu bayangkan jika kamu sedang telanjang di depan umum? Malu, bukan? Inilah yang diprediksi oleh para psikolog. Bahwa mimi telanjang di depan umum adalah simbolisasi diri yang sedang merasa gugup atau malu karena sedang diekspos. Mungkin kamu baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang.

Cara menyikapainya: Meski berpotensi memalukan, terkadang kamu harus terbuka dengan orang lain untuk melatih kepercayaan diri sehingga kamu dapat melihat bakatmu yang sesungguhnya.

6. Mimpi menemukan ruang yang nggak terpakai, mencerminkan bahwa kamu menemukan bakat terpendam yang selama ini nggak kamu sadari

Ruangan yang nggak terpakai di dalam mimpi merupaka simbol dari karakter diri seseorang. Menurut psikolog, kamu tengah menemukan bakat terpendam yang selama ini nggak kamu sadari sebelumnya.

Cara menyikapinya: Jangan cepat puas. Teruslah mengeksplorasi bakatmu lewat kemampuan yang kamu miliki. Semakin banyak kamu menghabiskan waktu mengeksplorasi bakatmu, maka akan semakin banyak peluang yang terbuka dalam hidupmu.

7. Jika di dalam mimpi kamu nggak bisa mengendalikan kendaraan, itu pertanda kamu sedang mengalami kesulitan untuk menjadi orang yang konsisten

naik kendaraan via pexels.com

Kendaraan mencerminkan kemampuan untuk membuat langkah konsisten terhadap sesuatu hal yang sifatmya spesifik. Jika kamu mengalami mimpi di mana kamu nggak bisa mengendalikan kendaraan yang membuatmu panik, bisa jadi kamu sedang mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi atau memegang kendali terhadap sesuatu hal.

Cara menyikapinya: Daripada mencoba mengontrol situasi, kamu menyarankan untuk bersantai dan menggunakan instingmuu untuk mencari jalan terbaik yang akan ditempuh.

8. Kamu bermimpi sedang nggak siap menjalani evaluasi atau ujian? Artinya, kamu sedang dilanda ketidakpuasan diri

Ujian diibaratkan sebagai penilaian kemampuan atas performamu sendiri. Jika kamu bermimpi di mana kamu sedang nggak siap untuk menjalani ujian, artinya kamu terlalu menyalahkan diri atas kegagalan yang kamu alami.

Cara menyikapinya: Daripada terus mengkritik diri atas pencapaian dalam hidupmu, baiknya kamu perlu menerima bakat dan pengetahuan yang kamu punya sekarang.

9. Terakhir, jangan berprasangka buruk dulu jika mimpi pasanganmu selingkuh. Begini maknanya…

pasanganmu selingkuh via www.riskology.co

Jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Atau mungkin karena hubungan kalian nggak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain.

Cara menghadapinya: Evaluasi itu penting. Cobalah untuk membuka diri, beri waktu kalian untuk saling mengobrol, bicarakan tentang keluh kesah yang kalian hadapi, saling jujur pada perasaan masing-masing. Sekali waktu sempatkan untuk keluar dan menikmati waktu bersama, piknik atau sekadar minum kopi, mungkin.

Nah, sudah nggak penasaran lagi, ‘kan? Kamu pun nggak harus percaya 100% dengan arti atau tafsir mimpi, karena semuanya kembali lagi ke individu masing-masing. Stay positive dan sikapi mimpimu dengan bijak ya, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya