Selain memudahkanmu keluar masuk rumah dan ruangan, pintu juga jadi properti terdepan yang menunjukan identitas pemiliknya. Gak jarang orang menilai isi rumah atau kamar dari pintunya terlebih dulu. Sebab itu, sebenarnya penampilan pintu layak diperhatikan sedemikian rupa.

Nah, agar rumah ata kamar kosan terkesan lebih menyenangkan, buat saja hiasan pintu yang indah. Tak perlu jasa interior designer kok, bahkan kamu juga bisa mendekornya sendiri dengan barang-barang yang tak terlalu mahal. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini 9 tutorialnya.

1. Hanya menggunakan plester hitam yang ditempelkan secara berpola, pintu kamarmu bisa terlihat lebih seru.

Dekorasi pintu dengan plester biar lebih bagus via www.magalie.org

Memdekorasi pintu itu gak harus memanggil jasa interior designer kok. Bahkan hanya mengandalkan plester hitam, pintu kamar bisa terkesan lebih seru. Pertama-tama, kamu buat dulu pola gambar pada daun pintu sesukamu secara horisontal. Misalnya, kotak-kotak, anak tangga, ata segitiga yang berjajar seperti pada contoh di atas. Lalu tempelkan plester hitam sesuai pola. Tapi pastikan pintu kamarmu sudah kamu cat dengan warna putih ya agar lebih kontras. Nah, mudah ‘kan? Sekarang kamarmu bisa terlihat lebih seru lagi.

2. Daripada payungmu nganggur, manfaatkan saja jadi penghias pintu rumah dengan menambahkan bunga agar terlihat lebih indah.

Dekorasi pintu rumah dengan bunga dan payung via diyandcraftsideas.com

Advertisement

Musim penghujan yang sudah hampir berlalu bikin kamu tak butuh payung. Selain itu, terlalu sering berkendara motor juga bikin kamu lupa membawanya. Nah daripada nganggur,  manfaatkan saja payungmu sebagai penghias pintu rumah. Cukup pasang pintu di daun pintu, lalu gantung payungmu di sana dengan posisi agak terbuka. Agar lebih rapi kamu ikat dengan pita pada bagian 1/3 ujungnya. Setelah itu, masukkan beberapa tangkai bunga asli atau palsu sebagai pemanisnya. Dengan hiasan seperti ini, siapa sih yang enggan mampir?

3. Selain ikut menyelamatkan lingkungan, hiasan pintu dari koran bekas juga bisa menciptakan kesan yang berbeda.

Manfaatkan koran untuk hiasan pintu rumah via lestissuscolbert.blogspot.de

Koran bekas adalah sampah yang hampir dimiliki setiap rumah. Daripada tergeletak begitu saja dan malah bikin rumah berantakan, kreasikan saja jadi hiasan. Cara membuatnya mudah kok, Pertama-tama buatlah kerangka lingkaran dengan serabut kayu, atau kamu sudah bisa membelinya yang sudah siap pakai.

Lalu kamu gunting kertas koran dengan lebar 10-20 cm dan jangan lupa gunting 3/4 bagian lebar kertas agar membentuk rumbai-rumbai. Setelah itu, lilitkan pada kerangka serat kayu menggunakan lem yang kuat. Agar terlihat lebih indah, kamu bisa tambahkan beberapa hiasan seperti patung burung atau lonceng rumah. Lalu gantung di daun pintu rumah menggunakan tali rotan yang kuat. Nah, mudah ‘kan? Pintu rumahmu pasti jadi tampak berbeda dari yang lainnya.

4. Kamu bosan dengan pintu kamar yang polos? Hiasi saja dengan kain perca yang warna-warni.

Dekorasi pintu kamar biar lebih menarik via www.babylifestyles.com

Kamu merasa bosan dengan pintu kamar yang hanya polos begitu saja? Dekorasi saja dengan gantungan pintu warna-warni dari kain perca. Caranya membuatnya juga gampang. Kamu gunting kain perca warna-warni yang kamu punya secara memanjang berukuran 3 cm x 30 cm. Lalu ikat pada tali rotan. Setelah itu, pasang pada daun pintu dengan 2 biji paku. Simsalabim, pintu polosmu bisa berubah jadi warna-warni tanpa perlu mengecatnya lag.i

.

5. Suasana asri tak akan lari, kalau kamu menghiasai pintu rumah dengan bunga-bunga asli.

Hiasan pintu yang cantik dan unik via apopofpretty.com

Bunga di taman atau bunga yang kamu dapatkan dari pacar seringkali dibiarkan kering begitu saja tanpa dimanfaatkan. Padahal kamu bisa menggunakannya untuk membuat rumahmu makin tampak indah. Misalnya dengan memanfaatkannya jadi hiasan pintu. Pilihlah bunga-bunga yang bertangkai panjang dan kecil, lalu tempatkan pada keranjang rotan yang di paku di daun pintu. Tak lupa tambahkan pita sebagai pemanis. Simple  ‘kan? Dengan dekorasi seperti ini, rumahmu pasti jadi lebih menarik.

6. Rumah dengan nuansa alam bisa tercipta hanya dengan memasang tanaman di seluruh tepian pintu depan.

Dekorasi pintu rumah yang indah via www.streetstrut.com

Kamu gak telaten bikin taman tapi ingin bikin kesan ecogreen? Tenang, kamu bisa menciptakannya dengan dekorasi pintu rumah dari hiasan daun. Beli saja dedauan palsu yang bentuknya memanjang. Setelah itu rangkai dalam kawat dengan tali atau lem yang kuat. Lalu pasang di tepian daun pintu rumah depan. Nah, tanpa repot-repot bikin tanam, suasana hutan bisa kamu ciptakan dengan hiasan yang mudah dibuat.

7.  Siapa sih yang enggan menilik rumahmu saat kamu memasang selang air dan  bunga palsu sebagai hiasan pintu?

Dekorasi pintu yang indah dari selang via www.createcraftlove.com

Selan air gak hanya bisa dipakai untuk menyiram tanaman atau mencuci mobil, sekarang kamu bisa memanfaatkan ini agar rumahmu makin unik. Misalnya dengan memasangnya jadi hiasan pintu rumah. Caranya, pertama-tama kamu pilih selang yang berwarna cerah sekitar 2 meter. Lalu gulung dan ikat dengan rafia. Lalu tambahkan bunga-bunga palsu dan sarung tangan warna-warni sebagai hiasan. Jangan lupa kamu ikat dengan pita agar lebih manis ya. Dengan hiasan seperti ini, siapa sih yang menolak untuk mampir ke rumahmu sekarang?

8. Wallpaper sticker tak melulu kudu dipasang di tembok kamar, dipajang di daun pintu justru tak kalah menawan

Dekorasi pintu rumah yang indah dari sticker via www.createcraftlove.com

Wallpaper sticker adalah bahan yang pas dan praktis untuk bikin rumahmu jadi indah. Tak melulu kudu dipasang di tembok kamar, sekarang sudah saatnya kamu buat jadi hiasan pintu saja. Pilih pola gambar eye catching, “bicara” dan tak terlalu lebar. Nah, tanpa banyak usaha, pintu kamarmu sudah bisa terlihat menarik dari yang lain.

9. Kamu ingin dekorasi yang anti mainstream? Pasangi saja tissu gulung atau kain kasa agar pintumu serasa sedang dibebat lukanya 😉

Dekorasi pintu rumah yang indah berperban via versehead.com

Kamu suka hal-hal yang anti mainstream? Tanpa perlu bingung-bingung mencari inspirasi, kamu bisa mendekorasi pintu dengan tissu gulung atau kain kasa. Tempelkan dengan lem atau selotip. Lalu buatlah pola yang agak berantakan. Setelah itu, tempelkan karton hitam sebagai mata palsu. Dengan hiasan ini, pintumu pasti bakal menarik. Semua orang pasti menyangka pintu sedang sakit karena diperban seperti ini. Menarik ‘kan?

Mendekorasi rumah agar terlihat itu gak susah kok, salah satunya dengan menghiasai pintu rumah agar tampak menarik. Nah, tanpa harus menyewa tenaga profesional, 9 tips dan trik menghiasai pintu ini bisa kamu ikuti.

Selamat mencoba.