Karena pernikahan adalah momen yang dinanti-nanti, kamu calon pengantin harus mempersiapkannya dengan matang. Dari seserahan, kebaya lamaran, hingga katering resepsi, setiap detil acara harus disiapkan dengan detil. Tak terkecuali bagian dokumentasi. Lewat kamera atau video, kamu akan merekam momen-momen sakral dari upacara pernikahanmu agar kamu dan pasangan bisa terus mengenangnya dengan manis.

Momen-momen apa saja sih yang pantas diabadikan dari upacara pernikahanmu? Kita lihat di bawah ini yuk!

1. Ketika kamu memejamkan mata untuk didandani, persilakan fotografer mengabadikan busana yang akan kamu pakai nanti

Foto busana pernikahanmu via www.theuppermost.com

Hari pernikahan adalah hari istimewa yang diharapkan terjadi sekali saja sepanjang usia. Jadi kamu akan tampil maksimal bak raja dan ratu seharian. Selain dirimu sendiri, pakaian khusus yang kamu persiapkan akan menjadi saksi bisu betapa bahagia kamu hari itu. Nah, agar keistimewaan hari pernikahan akan terkenang selamanya, maka kamu wajib memotret busana yang kamu kenakan dengan kamera.

Jangan hanya memotretnya saat pakaian itu “diangin-angin” di jendela. Jadikan saja pakaianmu sebagai latar saat berdandan.  Raut muka yang tegang nan khusyuk saat di poles akan lebih mengesankan saat kamu menjadikan bajumu sebagai background. Dengan gambar seperti ini, anak cucumu nanti pasti bisa merasakan bertapa tegang dan berdebarnya hatimu menjelang pernikahan.

2. Album pernikahan tidak lengkap, kalau belum ada potret para bridesmaids yang selalu setia mendampingi hingga kamu menjadi istri.

Advertisement

Berpose bersama pendamping wanita via www.buzzfeed.com

Ketegangan menjelang pernikahan seringkali membuatmu harus mendapatkan pendampingan. Jadi kamu akan mengundang teman-teman atau saudara terdekat untuk mendampingimu selama pernikahan. Dari mulai pagi, sebelum dandan hingga kamu sah menjadi istri orang. Tentu saja, mereka adalah orang-orang yang tak boleh kamu lupakan untuk direkam.

Agar hari pernikahanmu selalu terkenang, cobalah berfoto dengan gaya yang unik. Kamu bisa dandan cantik lalu berposelah sembari mengangkat cermin dan posisikan pendamping wanita berbaris di depanmu. Lalu ambilah angle foto tepat saat para bridesmaids masuk dalam cermin. Nah, menarik ‘kan? Tak hanya berjajar bersama dipelaminan, pose ini pasti akan membuat momen pernikahanmu lebih ceria.

3. Keteganganmu sebelum mengucap janji setia bisa berkurang berkat groomsmen yang selalu menghibur. Gak ada salahnya kamu rekam tingkah konyol mereka.

Berpose lucu dengan para pendamping pria via funny-pictures.picphotos.net

Mengucapkan janji setiap sepanjang masa bukanlah hal yang mudah. Gak jarang kamu para pria akan mengumpulkan sahabat dan saudara terdekat untuk menemani menunggu momen-momen sakral. Alih-alih membiarkanmu terlarut dengan ketegangan, mereka justru suka menghiburmu dengan guyonan-guyunan lucu. Maka, bisa dibilang mereka juga berpengaruh penting pada pernikahanmu.

Agar hal-hal lucu dalam pernikahan tak lewat begitu saja, potretlah para groomsmen dalam tingkah konyol mereka. Sebelum tampil di depan banyak orang dengan setelan jas lengkap, cobalah gunakan sarung sebagai penggantinya. Lalu ditambahkan beberapa aksesori tambahan. Nah, potret foto seperti ini akan membuat pernikahanmu menjadi lebih asyik. Selain itu, raut mukamu yang tegang sebelum ke pelaminan menjadi lebih segar dan gembira.

4. Wajahmu yang cantik dan tampan saat hari pernikahan harus kamu rekam dalam foto portrait yang dramatis.

Foto portrait yang dramatis via www.axioo.com

Untuk melewati momen bahagia, kamu akan berdandan maksimal agar terlihat bak raja dan ratu di kehidupan nyata. Penampilan dengan baju terbaik, make up yang apik, dan suasana hati yang sedang bahagia, gak ada salahnya kamu gunakan untuk membuat foto portrait (foto wajah) yang dramatis.

Kamu bisa tampil syahdu di depan jendela seolah-oleh menunggu mempelai datang menjemputmu. Atau mungkin kamu bisa menundukan kepala sembari menghafal kalimat ijab kabul yang akan kamu ucapkan. Dan jangan lupa bidik kamera pada kamu seorang. Lalu atur warna menjadi sedikit gelap agar terlihat lebih magis. Gambar seperti ini bukan hanya memperlihatkan betapa hikmatnya kamu menunggu momen janji sakral, foto portrait seperti ini juga apik untuk dipajang di rumah baru nanti.

5. Janji yang kamu ucapkan akan membuat hatimu bergetar. Pastikan kamu simpan ekspresi rona bahagia bercampur haru yang terbaca dari wajahmu.

Foto keharuan saat pernikahan via www.theuppermost.com

Pernikahan adalah momen penting dalam perjalanan setiap orang. Karena janji setia dihadapan Tuhan adalah hal yang sakral dan penuh tanggung jawab. Hingga kadang kamu dirundung rasa bahagia, haru, tegang, dan syukur yang campur aduk jadi satu. Nah, tanpa mengurangi kesakralan pernikahanmu, gak ada salahnya kamu suruh fotografermu untuk memotret candid raut wajahmu saat ijab kabul.

Tanpa perlu pose dibuat-buat, kamu bisa bersikap secara natural dan pasrahkan saja pada fotografermu yang handal. Gak sedikit para pria dan wanita yang menetaskan air mata saking bahagia. Maka rasa cintamu akan tumbuh lebih besar setiap kali kamu melihat raut muka yang “khidmat” saat mengucapkan janji setia.

6. Wajah terkejut nan bahagia saat calon suami pertama kali melihat istrinya dalam gaun atau kebaya haruslah kalian kenang sampai tua.

Momen saat kalian pertama jumpa sebagai sepasang suami istri via id.pinterest.com

Salah satu momen pernikahan yang harus kamu rekam dalam jepretan kamera adalah ketika pertama melihat pasangan yang tampil menawan dalam gaun atau kebaya. Beberapa pasangan akan berjumpa sebelum mengucapkan janji setia. Sebagian lagi ada yang baru dipertemukan saat ijab kabul telah terucap. Rasa syukur, harus, dan bahagia akan merasuki dirimu yang baru punya pendamping hidup. Gak jarang kamu akan tersenyum cerah, semringah, hingga menitikkan air mata saking bahagianya.

Ekspresi perjumpaan pertama setelah sah menjadi sepasang suami istri wajib kamu simpan dalam album kenangan. Sehingga kamu bisa mengenang momen lega dan bahagia sampai tua. Gak jarang cinta kalian akan selalu muda kembali saat melihat foto kenangan ini lagi.

7. Pernikahan itu artinya kalian akan mengarungi kapal berdua saja. Maka perpisahan dengan orangtua dalam momen sungkeman menjadi hal yang paling membuatmu sedih.

Foto saat sungkeman via www.theuppermost.com

Pernikahan itu artinya kamu akan punya keluarga baru. Kalian akan mengandarai kapal baru berdua saja. Hal ini membuatmu  harus pamitan “perpisahan” dengan orangtua. Maka sungkeman ceremonial  menjadi hal yang kudu kamu lakukan di hari pernikahan.

Momen sungkem seringkali membuatmu tak kuat menahan haru. Perpisahan dengan orang yang telah membersamaimu sejak kecil akan membuatmu menitikkan air mata. Nah, agar keharuan pernikahan tak lenyap dari kenangan, maka sarankan pada fotografermu untuk membidikkan kameranya secara candid pada momen sungkeman. Dengan begitu, album foto pernikahanmu jadi lebih lengkap dan punya banyak rasa

8. Agar perpisahan dengan keluarga terdekat bisa terekam indah, buatlah foto unik dengan pose yang menarik.

Foto bareng keluarga dengan pose yang unik via www.jeremybeasley.com.au

Foto bersama bersama orangtua saat pernikahan wajib hukumnya. Tak melulu hanya berjajar rapi diatas pelaminan, sekarang kamu bisa buat foto yang menarik dengan gaya yang unik. Caranya, pisahkan keluargamu dalam dua kubu yang berbeda. Sembari berandengan tangan dengan pasangan, kalian cium ibu dengan penuh rasa kasih sayang. Nah, dengan pose begini, foto pernikahan kalian pasti lebih menarik saat dipajang dirumah nanti.

9. [Opsional] Selain foto bersama sahabat dan keluarga, foto bareng mantan juga tak boleh kamu lewatkan. Dengan begitu dia pasti “bahagia” melihatmu akhirnya di pelaminan.

Foto bareng mantan di pelaminan via fc05.deviantart.net

Orang-orang penting dalam hidup tak boleh dilupakan untuk ikut serta dalam bahagia pernikahan yang kamu gelar. Selain sahabat dekat dan keluarga, mungkin ada seorang mantan yang pernah mengisi hatimu begitu lama. Nah, tanpa harus pilih-pilih kasih, kamu bisa mengajaknya berfoto bersama di pelaminan. Kalau kamu tak ingin pasanganmu terbakar cemburu, pasanglah pose yang ceria dan biasa saja. Hindari gandengan tangan dan pura-pura bermesraan. Dengan begitu, orang-orang penting dalam hidupmu bisa terekam dengan indah di album pernikahan.

Hari pernikahan adalah hari yang diharapkan terjadi sekali saja sepanjang usia. Agar semua rasa dan sensasi indahnya pernikahan bisa terekam sempurna di album pernikahan, maka kamu wajib punya 9 pose foto ini. Selamat berbahagia ya!