Telur menjadi pilihan menu makanan yang praktis untuk dikonsumsi setiap saat. Selain punya nutrisi yang lengkap, telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Bahkan kandungan asam amino esensial di dalamnya membuat protein telur termasuk kategori kualitas tinggi.

Dengan semua zat gizi baik yang terkandung di dalam telur, beberapa penelitian menyebutkan bahwa porsi ideal mengonsumsi telur adalah sebanyak 2 hingga 3 butir setiap harinya. Nah, jika hal ini rutin kamu lakukan, maka beberapa manfaat ini akan kamu dapatkan. Yuk, disimak!

1. Otak tercukupi nutrisinya sehingga akan terjaga kesehatan dan meningkat kecerdasannya

Otak ternutrisi via thoughtcatalog.com

Telur kaya akan kolin, zat gizi yang secara kimia sangat mirip dengan vitamin B dan dibutuhkan oleh otak sebagai asupan nutrisi. Kolin bisa digunakan dalam pembentukan phosphatidylcholine dan juga sphingomyelin. Kedua molekul tersebut berfungsi sebagai penghantar sirkuit di jaringan syaraf. Selain itu, kolin juga dibutuhkan dalam pembentukan membran sel otak yang penting untuk kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan. Semakin banyak membran sel otak yang terbentuk, maka fungsi otak akan semakin sempurna.

2. Penglihatan terpelihara kesehatannya berkat kandungan lutein dalam kuning telur

Penglihatan terjaga via toework.in

Advertisement

Kuning telur ayam mengandung lutein, senyawa yang tergabung ke dalam kelompok karotenoid. Pada mata, terdapat lutein alami yang disebut dengan makula. Senyawa ini memiliki tugas melindungi mata dari stres oksidatif dan juga paparan sinar matahari. Lutein juga berperan besar sebagai antioksidan alami yang menangkal radikal bebas sehingga menjaga penglihatan tetap jernih dan tajam. Lebih jauh, lutein juga menjaga mata agar terhindar dari penyakit katarak.

3. Tulang dan gigi yang lebih kuat karena kebutuhan vitamin D yang terpenuhi

Tulang dan gigi lebih kuat via awesomwallpaper.com

Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu vitamin B6, B12, A, D, E, dan K. Vitamin D nggak hanya membantu tubuh kita agar bisa menyerap kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, tapi juga dibutuhkan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Peradangan yang menjadi kronis bisa menyebabkan penyakit yang berat, seperti jantung, artritis, dan kanker.

4. Kulit kencang, rambut lebat dan hati yang aktif dan sehat oleh karena vitamin B kompleksnya

Kesehatan kulit dan rambut via sublime-beauty.net

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam kuning telur berfungsi untuk melindungi kulit, rambut, dan hati. Biotin, vitamin B12, dan protein bergizi berkontribusi pada pengencangan kulit dan penguatan rambut. Sedangkan fosfolipidnya membantu menghilangkan racun yang tertimbun di hati.

5. Tubuh terlindungi dari penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke

Terhindar dari penyakit kardiovaskular via khoobsurati.com

Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol alami yang berasal dari telur setara dengan fosfatida, yang berarti nggak berbahaya bagi kesehatan. Kandungan fosfatida ini justru menghambat produksi kolesterol tubuh sendiri. Selain itu, telur juga mengandung asam omega 3 yang bermanfaat mengurangi kadar trigliserida, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Buatmu para pegiat diet, mengonsumsi telur akan menurunkan berat badan secara signifikan

Menurunkan berat badan via ayoti.in

Jika kamu menggabungkan diet rendah kalori dengan mengonsumsi telur ayam untuk sarapan pagi, hasilnya berat badan akan turun dua kali lebih cepat. Sarapan telur akan membuatmu cepat kenyang karena kecukupan kalori, sehingga membuatmu nggak cepat lapar pada siang harinya.

7. Selain berfungsi untuk otak, kolin yang terkandung dalam telur juga mengurangi risiko kanker lho

Mengurangi risiko kanker via health.spectator.co.uk

Kolin yang dikenal sebagai nutrisi otak ternyata juga mampu mengurangi risiko kanker. Menurut hasil sebuah penelitian, bagi cewek yang memasukkan menu telur dalam diet hariannya, terbukti menurunkan risiko terkena kanker payudara sebesar 18% lho.

8. Ingin cepat punya anak? Ya, konsumsi telur teratur adalah salah satu solusinya

Meningkatkan kesuburan via health.usnews.com

Vitamin B yang terkandung dalam telur juga berperan dalam pembentukan hormon seks. Bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan, vitamin B9 yang memiliki nama lain asam folat membantu sel darah merah dan tabung saraf janin terbentuk dan mengurangi risiko down syndrom pada anak. Inilah sebabnya mengapa vitamin B9 sangat dibutuhkan cewek saat hamil.

9. Kulit lebih sehat, kenyal dan awet muda. Termasuk kerutan dan bintik-bintik penuaan yang perlahan menghilang

Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Belanda yang dilakukan pada 87% wanita berusia 35 sampai 40 tahun, bintik-bintik penuaan menghilang dan kulit terangkat usai rutin mengonsumsi telur 2 butir setiap harinya. Sedangkan pada pria, keriput di sekitar mata menghilang perlahan.

Jadi bagaimana, masih ragu makan telur 2 butir tiap harinya secara rutin?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya