Selain akad nikah dan resepsi pernikahan, hari lamaran tentu menjadi momen yang juga sangat kamu dan dia tunggu. Hari lamaran biasanya menjadi ajang pertemuan antara keluarga besarmu dan keluarga besar pasanganmu. Tahap pengenalan juga tak lagi antara keluarga intimu dan dia, namun sudah melibatkan anggota keluarga besar lainnya. Seperti paman, om, tante, keponakan, sepupu, kakek, nenek, dan masih banyak lainnya.

Karena momen hari lamaran yang tak kalah penting dan spesial dengan hari pernikahan, maka kamu wajib tampil maksimal. Beberapa ide kebaya yang Hipwee berikan ini semoga bisa mencoba menjadi inspirasimu dalam mempersiapkan hari lamaran nanti.

1. Kebaya brokat kuning dengan dalaman senada akan membuatmu tampil lebih cerah dan bersinar di hari lamaranmu

bisa jadi cerah kayak Dian Sastro via busanamuslimodern.com

Penampilanmu di hari lamaran akan semakin cerah dan bersinar dengan memakai kebaya warna kuning ala Dian Sastro ini. Dalaman dengan warna senada juga tidak akan membuatmu terlihat norak. Sementara warna kuning biasanya memang cocok dipadukan dengan warna coklat, jadi kamu bisa memadukan kebaya warna kuningmu ini dengan kain jarik warna coklat.

Warna kuning yang sudah cukup mencolok ini, membuatmu tak perlu lagi menggunakan banyak aksesoris. Sedangkan untuk pilihan sandal, kamu bisa menggunakan sandal yang berwarna senada dengan kain jarik atau bisa mengenakan sandal warna silver yang cenderung netral.

2. Kebaya berlengan pendek tetap bisa menunjukkan sisi keanggunanmu.

Advertisement

kebaya lengan pendek tetap bisa anggun via anditrydotcom.files.wordpress.com

Kebaya memang selalu identik dengan model lengan panjang. Namun saat ini tak sedikit pula kebaya modern yang dimodif menjadi model lengan pendek. Ternyata hasilnya tak kalah cantik dengan kebaya lengan panjang kok. Sisi keanggunanmu tetap dapat ditonjolkan jika kamu menggunakan kebaya berlengan pendek ini.

Sebagai tips tambahan, jika lenganmu berukuran agak besar namun tetap ingin mengenakan kebaya model lengan pendek ini, usahakan jangan mengenakan kebaya dengan ukurang lengan yang terlalu pendek. Minimal sepanjang siku tanganmu, tujuannya agar lenganmu bisa sedikit tertutupi. Jadi ngga perlu diet ketat kok untuk bisa memakai kebaya model lengan pendek ini, tinggal sesuaikan saja dengan bentuk tubuhmu. Dijamin makin cantik!

3. Perpaduan antara kebaya warna baby blue dengan aksen pita warna baby pink ini akan mempermanis penampilanmu.

tabrak warna biru dan pink bikin kamu makin manis via thebridedept.com

Tabrak warna tak selalu menjadi kecelakaan fashion kok. Jika memadukan dengan tepat, penampilanmu sudah jelas makin menawan. Salah satu inspirasi tabrak warna yang bisa ditiru adalah kebaya dengan brokat warna baby blue dan dipadukan dengan pita warna baby pink di bagian depan.

Ukuran pitanya juga jangan terlalu besar ya, jika kamu tak ingin terlihat seperti kado, hehehe.. Atau jika ingin terlihat lebih langsing, kamu bisa memutar lokasi pita menjadi di bagian belakang. Agar tak terlalu ramai warna, aksesoris rambut yang kamu gunakan usahakan senada dengan kebayamu.

4. Atau jika kamu ingin model kebaya yang berbeda di hari lamaran, kamu bisa coba model kebaya gaun ini.

saat lamaran bisa juga pakai gaun via lh3.googleusercontent.com

Meski gaun memang lebih banyak digunakan saat resepsi pernikahan, tapi tetap tak ada salahnya mengenakan kebaya model gaun ini di hari lamaranmu. Model kebaya gaun bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memang tidak terlalu suka memakai kain jarik yang membuatmu tidak bebas bergerak. Dengan rok lebar potongan a-line ala gaun, kamu pun bisa bergerak dan berjalan dengan lebih leluasa.

Tapi kamu tetap belum perlu ya menambahkan banyak aksen di kebaya gaunmu yang kamu kenakan saat hari lamaran. Dengan model sederhana cukup membuatmu tampil cantik kok di hari lamaran. Sebab jika terlalu banyak aksen, nantinya malah akan menyerupai gaun pengantinmu.

5. Meski berpotongan sederhana, kebaya warna hijau ini tak akan gagal membuatmu menjadi pusat perhatian.

warna hijaunya bikin jadi pusat perhatian via cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Pilihan brokat warna hijau cocok untuk kamu yang memiliki kulit cenderung kuning langsat. Warna hijau juga dipercaya dapat menambah aura kesegaran pada dirimu. Jadi meskipun kebaya yang kamu gunakan hanya berpotongan sederhana tanpa banyak aksen, warna hijau membuatmu selalu menjadi pusat perhatian di hari lamaranmu.

6. Kebaya kutu baru bisa dicoba untuk kamu yang suka model kebaya kuno.

kebaya kutu baru yang ngetrend lagi via 4.bp.blogspot.com

Akhir-akhir ini kebaya kutu baru memang sedang kembali banyak digemari. Jadi kamu tak perlu takut terlihat tua jika mengenakan kebaya kutu baru ini di hari lamaranmu, meski kebaya ini sudah ada sejak zaman ibu atau nenekmu. Motif kain bunga dengan warna cerah, bisa membantu tampilan terlihat lebih fresh dan tidak terlihat tua. Agar lebih menarik, padukan kebaya kutu barumu dengan jarik model kuno.

7. Kebaya encim ini juga bisa menjadi pilihan agar penampilanmu nggak ribet.

kebaya encim yang simpel via 41.media.tumblr.com

Sementara untuk kamu yang tidak suka ribet dan cenderung ingin lebih simpel, mengenakan kebaya encim bisa menjadi pilihan. Kebaya encim sendiri biasanya dibuat dari kain katun polos yang bahannya nyaman dan menyerap keringat. Dengan begitu kamu tidak perlu repot mengenakan dalaman kebaya yang seringkali membuatmu sulit bernafas karena saking ketatnya.

Selain itu, kebaya encim juga identik dengan sulaman motif bunga di bagian depan. Sulaman bunga yang biasanya dengan cara hand made ini menambah kesan mewah pada kebaya encim yang kamu kenakan saat hari lamaran.

8. Brokat full body ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang berhijab.

ngga perlu pake manset kalau pake brokat full body via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Buat kamu yang berhijab, tak perlu khawatir jika ingin tetap mengenakan kebaya dari brokat. Kain brokat yang tersedia di pasaran memang lebih banyak bermodel transparan. Tapi bagi kamu yang berhijab, tak perlu khawatir harus repot menggunakan manset jika ingin mengenakan kebaya brokat. Kamu bisa membuat kebaya brokatmu ini dengan dalaman full body yang menempel pada kain brokat. Tapi warna kain dalamannya harus senada dengan warna kain brokatmu ya, agar bisa terlihat serasi.

9. Kebaya peplum tops yang dipadukan dengan kain tradisional ini bisa membuatmu tubuhmu sedikit berisi.

peplum bikin tubuh berisi via 1.bp.blogspot.com

Jika kamu ingin mengeksplor kain khas Indonesia yang beragam selain brokat untuk dibuat kebaya, maka kain songket bisa menjadi pilihan lain. Kamu bisa terlihat makin cantik dengan kain songket yang dijahit dengan model kebaya bentuk peplum ini. Karena modelnya yang mengembang di bagian pinggul, maka model ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh dengan pinggul kecil.

Aksen peplum yang mengembang di bagian pinggul ini dijamin akan menambah kesan berisi pada dirimu. Untuk bawahannya, kamu bisa mengenakan sarung yang modelnya dililit ini ya. Penampilanmu akan semakin unik di hari lamaran.

Pilihan ide kebaya Hipwee untuk hari lamaran semoga bisa kasih inspirasi yaaa.