Shopping mall atau akrab disebut mall belakangan ini semakin banyak saja jumlahnya. Tidak bisa dipungkiri keberadaan mall bagi banyak orang menjadi daya tarik tersendiri. Khusunya bagi anak-anak muda, kebutuhan untuk jalan-jalan ke mall kini sudah jadi gaya hidup. Karena sepulang dari hangout di mall, kita bisa pulang dengan hati yang terhibur dan senang.

Namanya juga pusat perbelanjaan, siapa sih yang bisa kuat menahan godaan untuk belanja atau membeli barang-barang yang dipajang di sana? Kadang, keinginan untuk membeli barang pun hanya berdasar nafsu semata, dan bukan berdasarkan kebutuhan. Jika kondisinya seperti ini, pergi ke mall dianggap jadi aktivitas yang mengerikan karena bisa jadi menguras isi dompet dan tabungan.

Tapi barangkali anggapan yang mengatakan bahwa pergi ke mall selalu identik dengan berbelanja dan menghabiskan uang perlu dikoreksi lagi. Sebab mall bisa memberikanmu banyak kesenangan selain berbelanja. Mau tahu apa saja? Yuk, simak!

1. Mall bisa jadi meeting point pilihan ketika kamu ingin bertemu dan kumpul dengan teman

Foto di depan toko, tapi ga belanja hihi… via s216.photobucket.com

Mengobrol memang kegiatan yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu dan menghalau rasa bosan. Apalagi jika teman ngobrolmu adalah sahabat-sahabat terdekatmu. Nah, salah satu alternatif terbaik sebagai meeting pointnya adalah di mall.

Advertisement

Meski merupakan tempat berbelanja, sudah banyak mall yang kini punya spot-spot asyik untuk sekedar duduk dan berbincang. Entah spot itu berupa food court dengan meja dan kursi atau sekadar area lapang yang bebas disinggahi. Yang pasti, momen bertemu dan kumpul dengan teman akan terasa lebih nyaman di tempat ini.

2. Mall adalah pusatnya informasi. Harga bahan pokok terkini hingga berbagai ide bisnis bisa kamu temukan di sini

Mak, susu sekarang naik drastis. via www.ceritadinding.com

Window shopping atau sekadar melihat-lihat tanpa berbelanja bukanlah aktivitas yang sia-sia. Kamu tidak melulu akan tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Asalkan, kamu sudah punya niat yang jelas dan tekad yang kuat selama aktivitas window shopping-mu.

Misalnya, kamu punya tujuan untuk membantu ibumu di rumah dengan men-survey harga perlengkapan rumah tangga atau sembako terkini. Buat kamu yang berbisnis, bisa juga lho mencari inspirasi soal bisnismu di tempat ini. Kamu bisa berkeliling di supermarket dan mencari tahu perihal jenis makanan-makanan apa saja yang sedang tren. Jika kamu menjalani bisnis pakaian, kamu pun bisa berkeliling mall dan melihat-lihat model baju seperti apa yang sedang diminati.

3. Kuota modem yang menipis bisa diatasi dengan nongkrong di mall dan berburu sinyal wi-fi

Harus jeli wifi di sudut mana. via terraoko.com

Saat ini, hampir semua shopping mall sudah menyediakan fasilitas wi-fi. Buat mahasiswa apalagi anak kost, wi-fi gratis ibarat angin segar bagi kondisi keuangan menjelang akhir bulan. Ketika kuota modem habis dan uang bulanan sudah menipis, pergi ke mall dan berburu sinyal wi-fi gratis adalah solusi. Tak apa jika sinyal wi-fi hanya tersedia di tempat-tempat tertentu saja, misalnya restoran atau kafe. Tenang, kamu bisa kok beli segelas minuman saja demi mendapat password wi-fi dan berlama-lama di sana.

4. Bagi kamu yang hobi fotografi, mall bisa jadi tempat hunting foto yang layak disambangi

Potret bangunan mall. via photos.kay.com.vn

Bagi penggemar fotografi, mall ibarat surga karena di sinilah terdapat banyak spot-spot menarik. Lalu lalang orang-orang di mall dengan beragam aktivitasnya pun bisa jadi obyek unik yang layak diabadikan dengan kamera. Model bangunan mall yang biasanya simetris dan mewah juga tak kalah menarik dijadikan latar selfie-mu.

5. Walaupun harus menyisihkan sedikit uang, mampir ke game center di mall akan memberimu keseruan yang tak terbantahkan

Main Dance Dance Revolution supaya punya koordinasi yang baik dengan teman atau pacar. via d.wiadomosci24.pl

Dance Dance Revolution”, bola basket, atau “Air Hockey” pasti sudah akrab bagi kamu yang sering mampir ke game center di mall. Ketiga game tersebut merupakan alternatif buat kamu dan kawanmu untuk bersenang-senang. Selain itu, permainan jenis ini juga dapat melatih koordinasi dan kebugaran tubuhmu. Sekalipun terlihat mudah, permainan ini juga bisa meningkatkan intelijensiamu, lho!

6. Agar hasrat belanjamu tak semakin membara, acara jalan-jalan dan ‘cuci mata” di mall sebaiknya dilakukan saat malam hari atau ketika menjelang tutup

Diskon 50-&0%, beneran nih? via img1.beritasatu.com

Jalan-jalan di mall memang menyenangkan. Kamu bisa menyegarkan matamu dengan pemandangan baju-baju cantik atau pernak-pernik lucu. Namun, salah satu yang bisa jadi ancaman saat di mall adalah banyaknya banner sale yang dipasang. Biasanya, kamu akan mulai gatal untuk menyasar toko-toko yang tengah menggelar sale dan ingin berbelanja. Tapi, bukankah keinginanmu adalah sekadar cari hiburan gratis?

Jadi, sebaiknya datanglah ke mall saat malam hari atau menjelang mall tutup. Cara ini dijamin bisa meminimalisir keinginanmu untuk berbelanja. Waktu yang sempit membuatmu tak sempat mampir ke gerai-gerai yang tengah sale dan memilih-milih barang.

7. Modus “menemani ibu belanja” bisa jadi andalan ketika kamu ingin jalan-jalan dan belanja, tapi nggak punya uang!

Mau apa Nak? Itu mah bajunya mama via www.texasemployerhandbook.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau jalan-jalan ke mall sama orang tua itu bisa menyelamatkan kantongmu. Yup, kamu bisa pakai metode “menemani ibu belanja” demi mendapat hiburan di mall. Setelahnya, kamu pun bisa mulai merajuk pada ibumu agar dibelikan baju atau sepatu baru. Hehehe ibu yang baik bisa mengerti kebutuhan anaknya kok! 😀

8. Saat rutinitas pekerjaan membuatmu malas-malasan, menyambangi toko furnitur justru akan menambah semangatmu untuk segera menata masa depan

Nyaman sih, tapi ga nyaman di kantong. via ak.picdn.net

Mall tidak selamanya berisi baju atau perlengkapan fashion lainnya. Ada juga toko-toko yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah berumah tangga. Misalnya toko furnitur, perlengkapan rumah tangga, atau perlengkapan dapur. Kamu yang masih belum berumah tangga apalagi jomblo, apa salahnya mampir? Percaya deh begitu masuk ke toko seperti ini, kamu langsung terpikir untuk melakukan perencanaan tentang masa depan.

“Kalau nanti menikah, kamarku mau didesain seperti apa, ya?”

“Kalau mau dapur dengan meja bar seperti ini butuh bujet berapa, ya?”

“Duh, lemarinya cantik tapi mahal banget, harus nabung dulu nih!”

9. Di hari-hari tertentu, mall kerap kali menggelar berbagai acara hiburan. Mulai dari pameran, seminar, konser, hingga bagi-bagi hadiah gratis!

panggung hiburan, siapa tahu kecipratan rejeki. via 1.bp.blogspot.com

Jika bertepatan dengan hari-hari spesial, mall-mall kerap kali mengadakan event hiburan. Bisa berupa pameran, konser, hingga acara-acara berhadiah yang bisa diikuti seluruh pengunjung mall dengan gratis. Kamu tentu senang jika dimanjakan dengan pameran buku-buku berkualitas nan murah, menonton penampilan musisi atau band secara cuma-cuma, hingga punya kesempatan membawa pulang hadiah atau doorprize.

Nah, gimana? Setuju ‘kan kalau jalan-jalan ke mall memang tak melulu harus keluar uang? Jika akhir pekan ini kamu tak tahu harus mengisi waktu dengan kegiatan apa, bisa kok menjajal jalan-jalan ke mall tanpa biaya. Selamat mencoba, ya! 🙂