Menurut sebuah survey, salah satu penyebab utama kematian terbesar di dunia saat ini adalah karena penyakit jantung. Kasus kematian mendadak akibat serangan jantung semakin sering terjadi, bahkan menimpa mereka yang usianya masih tergolong muda. Miris, ya.

Penyakit jantung disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah menuju jantung, yang mengakibatkan proses oksigenisasi otot jantung menjadi jauh berkurang. Jika kondisi ini dibiarkan, lama-kelamaan otot jantung menjadi rusak. Sakit yang diderita berupa serangan mendadak pada jantung yang dapat mematikan penderitanya dengan seketika,

Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, SpJP, dari FKUI.

Kali ini, Hipwee Tips bakal mengajak kamu untuk melakukan pencegahan dini supaya jantungmu sehat terus sejak di usia muda. Buat kalian yang masih sayang umur dan badan, yuk baca!

1. Jaga berat badan agar tetap ideal. Bukan karena tuntutan penampilan, tapi semata-mata demi kesehatan

jaga berat badan ideal via www.google.co.id

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena kelebihan lemak dalam tubuh. Kelebihan berat badan berarti jumlah lemak dalam tubuhmu terlalu banyak dan dapat membahayakan kesehatan jantung, terutama lemak di sekitar perut. Kendalikan berat badanmu dengan selektif mengkonsumsi makanan serta berolahraga rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Junk Food is BIG NO! Hindari konsumsi lemak dan perbanyak makanan yang mengandung serat

Advertisement

Kiat yang satu ini memang agak sulit untuk dijalani. Karena betapa banyak makanan nggak sehat yang justru enak dan sayang jika dilewatkan. Seperti junk food misalnya, makanan ini akan membuat kadar kolesterol di dalam darah melaju tinggi, kolesterol merupakan lemak jahat yang menjadi salah satu penyebab utama seseorang sampai menderita penyakit jantung.

Ayo deh, jangan malas makan sayuran. Sayuran adalah salah satu suplai serat yang ketersediaannya melimpah untuk kita. Selain itu, baiknya kamu mengkonsumsi sereal berserat tinggi yang terbukti ampuh mencegah penyakit jantung.

3. Kondisikan pikiranmu agar terhindar dari stress. Selain tubuh, pikiran juga perlu diistirahatkan

Stress akan mengakibatkan hormon kortisol menjadi berlebihan. Akibatnya, pembuluh darah menjadi kaku. Jika kamu terlalu sering stress maka dampaknya nggak bagus untuk kesehatan jantungmu. Kamu bisa mengatasinya dengan istirahat cukup, kurangi aktivitas berlebih yang membutuhkan tenaga ekstra seperti lembur, melakukan hobi, traveling atau mengunjungi tempat wisata, dan selalu dekat dengan orang-orang yang kita sayangi.

4. Jangan sepelekan permasalahan gigi dan mulutmu yang ternyata punya dampak negatif untuk kesehatan jantung

kalau udah begini, buruan ke dokter deh.. via deltadentalwablog.com

Kebanyakan orang nggak mengetahui bahwa permasalahan gigi dan mulut bisa jadi salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut maka akan mencegah timbulnya radang arteri yang dapat mengganggu aliran darah menuju jantung dan kesehatan reproduksi.

Permasalahan seperti gigi berlubang, bau mulut, plak, gusi berdarah, dan lain sebagainya, baiknya atasi secepatnya sebelum kamu menyesal.

5. Olahraga, solusi dari segala permasalahan kesehatan. Kapan mau kamu lakukan?

jangan malas olahraga via i.huffpost.com

Olahraga berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Apalagi, jika aktivitasmu sehari-hari mengharuskan untuk duduk di belakang meja selama berjam-jam. Hal ini tentu dapat menyebabkan munculnya lapisan lemak berlebih di tubuh. Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jantung.

6. Kontrol tekanan darahmu secara teratur untuk mengantisipasi adanya sinyal yang nggak bagus terkait kesehatan jantung

ukur tekanan darahmu secara rutin via netdoctor.cdnds.net

Untuk mengontrol tekanan darah, periksalah diri sebulan sekali atau dengan membeli alat pengukur tekanan darah yang setiap saat dapat kamu kontrol. Kondisi normal tekanan darah sistolik (mmHg) berada di angka kurang dari (<130) artinya antara 121 – 129, sedangkan untuk tekanan darah diastolik (mmHg) berada di angka 81 – 84.

Kamu perlu waspada jika tekanan darahmu lebih tinggi dari yang disebutkan di atas, sedapat mungkin berusahalah untuk menurunkan tekanan darah tersebut, jika dibiarkan ini akan jadi pertanda nggak baik dengan kemungkinan buruk terserang penyakit jantung.

7. Diet sehat bukan berarti membatasi kamu untuk ngemil, banyak lho camilan yang sehat untuk jantung. Makanan-makanan ini misalnya

ngemil kacang-kacangan aja via panduanhidupsehat.com

Cokelat hitam, kacang-kacangan, teh, dan buah-buahan yang mengandung antioksidan ampuh memerangi penyakit jantung.

Cokelat hitam memiliki kandungan flavonoid yang mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang terdapat pada cokelat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat. Kacang-kacangan, mengandung folat yang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 13 persen.

Teh juga bagus untuk memelihara jantung. Mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Nggak ketinggalan, buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti jeruk, apel, alpokat, strawberry, blewah, lidah buaya, wortel, mentimun, sirsak, kiwi, kulit manggis, delima dan anggur.

8. Tinggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol ya, please..

tinggalkan merokok via guardianlv.com

Baik merokok maupun minuman alkohol dapat menimbulkan kerusakan pada organ jantung dan pembuluh darah yang mengarah pada penyempitan arteri. Kedua perbuatan ini akan memicu kinerja jantung semakin keras dan ekstra. Jika dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, masalah kesehatan lainnya seperti kanker paru, nesofaring, jantung koroner pun akan mengintaimu.

9. Keliru dalam mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga memicu kinerja jantung, lebih waspada, ya!

kalau bisa sih nggak usah sampai minum obat via media3.popsugar-assets.com

Mengkonsumsi obat akan membuat masalah kesehatan dalam waktu tertentu terutama dengan kesehatan jantung. Meski dengan resep dokter atau orang-orang yang berwenang.

Misalnya saja, jika pikiran terganggu dan kondisi jiwa tertekan, mengkonsumsi obat penenang adalah jawaban bagi sebagian orang. Memang saat itu juga kondisi tubuhmu menjadi tenang tetapi hal ini nggak baik untuk kesehatan jantung karena membuat iramanya menjadi berubah. Jadi, lebih bijak lagi untuk mengkonsumsi obat-obatan, ya.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung mampir ke tubuhmu. Sebelum terlambat, mending terapkan dari sekarang. Semoga selalu sehat, ya 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!