Kamu: Mau ada yang nitip nggak? Aku mau beli roti nih di Circle K?

Teman Si A: Hah, kamu udah lapar lagi, Nis? Baru aja sejam yang lalu selesai makan Bibimbab!

Temen Si B: Kamu makan mulu, tapi badan nggak gemuk-gemuk.

Kamu: (ketawa kalem aja)

Badan kamu emang nggak terlalu berisi, tapi jangan salah jatah makanmu bisa lebih dari 3 kali dalam sehari. Belum lagi cemilan-cemilan yang lain. Duh, wajar aja kalau akhirnya ada orang yang bilang, jangan-jangan kamu cacingan, abis makan banyak badannya segitu-segitu aja . Atau malah ada yang bilang, Enak banget sih, makan banyak tapi nggak bisa gendut. Nah aku makan dikit aja tetep lebar-lebar juga .

Hayo, siapa yang pengen kayak si doyan makan yang badannya tetap langsing? Emang udah dari sananya, cewek itu ribet sama urusan berat badan. Kurus salah, gemuk apalagi makin salah. Buat kamu yang penasaran, bagaimana kiat-kiat makan banyak tapi berat badan bisa tetap dijaga, mending langsung simak uraian di bawah ini ya!

1. Makan berkali-kali sah-sah aja, tapi perhatikan yang masuk ke mulut dan pencernaan kamu itu apa

diperhatikan apa yang dimakan via amandacaballero.com

Abis makan ayam goreng, sekarang makan tahu isi goreng, nanti setengah atau saat jam lagi ada kemungkinan makan yang bau-baunya gorengan juga. Pantas aja berat badanmu naik tak terkira, kamu aja nggak memperhatikan apa yang dimakan. Nah, mengingat kamu ingin punya tubuh yang ideal, kebiasaan makan kamu yang berkali-kali sah-sah aja. Asalkan, apa yang kamu makan itu tetap diperhatikan.

Advertisement

Jadi, kamu gak boleh makan ayam goreng berkali-kali, tapi tentu boleh makan brokoli berkali-kali.

2. Biar beratmu juga nggak terus menambah, pastikan habis makan jangan langsung tidur. Paling tidak tunggu sampai 1 atau 2 jam

jangan langasung tidur abis makan via www.sofeminine.co.uk

Penyakit kekenyangan yang paling sulit dihindari itu emang ngantuk. Mengingat menahan kantuk itu hal yang cukup sulit. Saat kantuk menyerang tapi nggak diturutin, kamu bisa aja pusing, atau malah suasana hati jadi kurang baik alias agak sensi.

Tapi, kalau kamu yang abis makan satu porsi gado-gado itu ngantuk dan lalu tidur, otomatis proses pencernaan si gado-gado bakal terganggu, karena metabolisme tubuh orang tidur sama orang yang beraktivitas itu sudah pasti berbeda. Penyerapan nutrisinya bisa nggak maksimal.

Pantas aja ada anjuran, berhentilah makan sebelum kamu kekenyangan.

3. Dan jangan kebanyakan begadang, karena selain membuat cadangan lemak kamu semakin bertambah, kurang tidur juga mengurangi kadar insulin dalam darah

nggak bisa tidur via www.mynewbed.co.za

Langsung makan terus tidur emang nggak boleh. Dan kebanyakan begadang pun nggak boleh. Kurang jam tidur selain nggak bagus buat metabolisme tubuh salah satunya metabolisme lemak, juga menyebabkan pengurangan hormon insulin dalam darah kamu. Kamu tahu kan, itu artinya apa?

Begadang nggak cuma bisa membuat cadangan lemakmu bertambah, tapi juga bisa membuat kadar insulin darahmu berkurang. Dengan kata lain kamu punya resiko tinggi terkerang kolestrol dan diabetes bersamaan. Wah seram juga ya. Makanya ingat nasehat kakek Hj. Roma Irama ya,

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.

4. Jadikan semua makanan yang masuk ke tubuhmu itu energi untuk terus aktif melakukan banyak kegiatan. Jangan cuma duduk manis aja

abis makan naik sepeda via justraveling.wordpress.com

Mau tahu alasan kenapa ada orang yang doyan makan tapi nggak gemuk-gemuk? Itu karena, dia memanfaatkan makanan yang masuk ke tubuhnya sebagai energi dengan baik. Banyaknya makanan yang dimakan sama aktifitasnya berbanding lurus. Sedangkan kamu sendiri, makan banyak tapi kerjaannya duduk manis terus.

Hihihi makanya ayo gerak, cari banyak kegiatan yang pastinya bermanfaat juga ya. Oh iya, mikir juga membutuhkan energi loh.

5. Untuk bantu membakar lemak-lemak jahat dari cemilanmu, konsumsi teh hijau paling tidak sehari dua kali

minum green tea via www.kenkotea.com.au

Membakar lemak nggak cuma dilakukan melalui latihan fisik aja, tapi juga bisa diakali dengan megkonsumsi te hijau. Jadi, kandungan Epilgallocatechin Gallate (ECGC) dalam teh hijau ini mampu membakar lemak di dalam tubuh. Bahkan, menurut penelitian, mengonsumsi 2 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari bisa membakar 50 kalori di dalam tubuh.

Gimana, mau coba, gais? Paling tidak sehari kamu minum dua cangkir sudah cukup lah ya.

6. Menjaga berat badan bukan berarti nggak sarapan, salah-salah metabolisme tubuhmu malah jadi lambat mengolah energi.

jangan lupa apalagi sengaja nggak sarapan via favim.com

Siapa bilang nggak sarapan bisa mengurangi asupan kolori dan menjaga berat badan kamu? Justru kalau kamu melewatkan sarapan pagi, nafsu makanmu seharian itu bisa lebih besar, dan yang lebih parah metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi pun jadi lambat. Belum lagi, melewatkan waktu sarapan juga berisiko merusak sel-sel otakmu perlahan-lahan.

Duh, jangan sampai ya. Atau, lebih baik lagi sarapan kamu itu dengan menu sehat, seperti oat, sayuran atau buah.

7. Kalau emang mulutmu sulit untuk berhenti mengunyah barang 1 atau 2 jam, coba deh ganti camilan kamu dengan buah-buahan yang kaya serat

makan buah via favim.com

Lagi nonton film nyamil. Lagi baca buku nyamil. lagi main handphone nyamil. Lagi kerja nyamil. Lagi ngobrol kadang disambi nyambil juga. Apalagi pas lagi nggak ada kerjaan dan bingung mau ngapain pasti, lagi-lagi yan nyamil. Pokoknya mulut kamu ini entah kenapa susah banget diajak berhenti ngunyah barang 1 atau 2 jam, meski sebenarnya perutmu nggak lapar.

Nah, bagamana kalau cemilan kamu yang semacam crackers, biscuit, keripik atau roti itu diganti sama buah-buahan yang kaya serat? Dijamin, bukan cuma menjaga perutmu tetap kenyang, tapi kondisi tubuhmu lebih segar.

8. Atau kalau kamu ingin menekan nafsu makanmu, perbanyak konsumsi air putih ya

Air putih manfaatnya emang segudang, selain untuk kencantikan dan kesehatan yang lain-lain. Air putih juga bisa kamu gunakan untuk mengendalikan nafsu makan. Kan kalau nasfu makanmu terkendali, otomatis berat badanmu juga nggak akan naik tiba-tiba. Toh, air putih juga bisa membantu melarutkan berbagai macam zat di tubuh kamu, termasuk lemak juga pastinya.

9. Jangan minum manis, jangan makan manis. Jangan lupa juga potong konsumsi nasi jadi setengah, supaya kamu pun terhindar dari diabetes

hati-hati dengan minuman manis via chiropractoreagan-thejoint.com

Kelebihan gula juga bisa membuat badan kamu membengkak. Belum lagi, risiko diabetes yang udah pasti bisa membayangimu di usia semuda apapun. Makannya dikurangin ya minuman dan makanan manisnya. Apalagi kalau kamunya juga udah manis #eh

Jangan lupa juga potong konsumsi nasi jadi setengah. Ingat kabohidrat juga sumber utama glukosa untuk tubuh. Ingat juga kebanyakan makan nasi bisa sering buat kamu ngantuk.

Nggak susah kan kiat-kiat jadi seperti si doyan makan yang berat badannya tetap ideal? Selamat mencoba ya!