Apa yang ada di pikiran kamu saat mendengar kata ‘hewan peliharaan’? Pasti yang terbersit adalah sahabat kecilmu yang lucu, imut, dan berbulu lembut yang sangat kamu sayangi. Saking gemasnya dengan mereka, ingin sekali rasanya mengabadikan setiap momen di mana mereka bertingkah lucu. Koleksi foto mereka di HP dan Instagrammu adalah bukti rasa sayang terhadap sahabat kecilmu itu.

Tapi seringkali ketika kamu mencoba mengabadikan mereka melalui jepretan kamera, hasilnya nggak begitu memuaskan. Jangan menyerah dulu, kamu juga bisa lho menghasilkan foto-foto indah hewan kesayanganmu yang bisa kamu bagikan kepada teman-temanmu. Yuk, kita simak tips dari Hipwee!

1. Jadwalkan waktu khusus dengan hewan peliharaanmu untuk melakukan sesi pemotretan

Kami kapan mau difoto? via www.flickr.com

Melakukan sesi pemotretan bersama hewan bisa memakan waktu lama dalam setiap prosesnya. Soalnya, kamu tahu ‘kan kalau mereka cenderung sangat susah diatur dan nggak bisa fokus? Hehe. Maka dari itu, pastikan kamu punya waktu yang senggang yang cukup untuk melaksanakan agenda foto-foto ini, ya.

2. Sebelum melakukan pemotretan, mandikan dulu hewan peliharaanmu agar kece saat difoto

Noooooo via kefcheto.info

Advertisement

Jika kamu sudah menemukan waktu yang tepat, inilah saatnya kamu memandikan dulu si kecil kesayanganmu agar terlihat bersih dan segar saat di foto. Nggak mau ‘kan hasil fotonya memperlihatkan gimbal pada ujung ekor kucing kesayanganmu? Atau kotoran mata pada tatapan tajam anjing husky-mu? Sayang banget kalau itu sampai terjadi. Jangan lupa juga menyisir bulu-bulunya agar terlihat mengembang dan indah di kamera. Setelah mereka ganteng dan cantik, apalagi yang ditunggu selain memulai jepretan kameramu!

3. Pilihlah tema pemotretan dan spot yang bagus dan rapi. Entah di dalam rumah, atau outdoor sesuai kemauanmu

Ruangan yang rapi via funny-pictures.picphotos.net

Jika kamu ingin menghasilkan foto yang lebih unik, kamu bisa menentukan tema dari foto yang ingin diambil. Misalnya Valentine, Halloween, tema tim sepakbola, dan lain sebagainya. Tentunya jika kamu ingin mewujudkan tema tersebut, kamu juga harus menyiapkan aksesoris yang mendukung untuk mendandani hewan kesayanganmu. Misalnya, bantal-bantal yang diletakkan di sekelilingnya atau baju sesuai tema yang dikenakan di badannya.

Jika kamu menginginkan foto yang tak bertema alias yang biasa saja, pastikan saja tempatmu rapi dan sekiranya bagus untuk menampilkan sahabat kecilmu di foto. Bisa saja kamu tempatkan dia di lantai dengan latar belakang tembok yang dihiasi wallpaper, atau sekadar tembok putih bersih agar hewan peliharaanmu terlihat lebih dominan di foto. Di sini kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti selimut, bantal, mainan, ataupun sepatu yang bisa dia mainkan sesuka hati.

4. Mau memfoto indoor atau outdoor, usahakan pakai cahaya natural dan matikan flashlight

Gunakan cahaya yang natural. Backlight nggak masalah via www.hdwallpapersos.com

Nggak harus dibawah cahaya langsung via www.hipwee.com

Jika memungkinkan, usahakan selalu memakai cahaya natural dalam melakukan pemotretan hewan kesayangan. Soalnya, pemakaian lampu flash bisa menimbulkan efek red-eye serta membuat hewan kesayanganmu ketakutan. Jadi, matikan saja lampu flash pada setingan kameramu. Oh ya, kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan kamera apa saja, ya. Bisa kamera ponsel, kamera digital, atau kamera DSLR milikmu.

5. Ambillah foto dari sudut yang sejajar dengan matanya, agar menghasilkan sudut pandang foto yang lebih indah

Melihat dunia dari sudut pandangnya via www.murphydogstudios.com

Pasti kita sudah sering melihat hewan peliharaan kita dari atas sisi tubuhnya. Nggak jarang kita pun memfoto dari sudut pandang ini, dan hasilnya? Biasa saja, nggak menampilkan karakter hewan peliharaanmu dengan tepat. Daripada memfoto dari atas, cobalah dari sudut pandang yang sejajar dengan wajah hewan peliharaanmu. Hal ini akan mengasilkan efek yang lebih hidup dan berkarakter di setiap fotonya. Selain itu, pastikan kamu nggak melupakan setiap detail kecil seperti matanya, hidungnya, maupun kaki atau paws-nya yang lucu.

6. Coba terus curi perhatiannya dengan mainan atau suara-suara agar kamu dapat mengatur kemana si manis harus menghadapkan wajahnya

Liat sinii via funnyinternetmemes.com

Bagian yang paling susah dari pemotretan pada hewan peliharaan adalah mengaturnya untuk mau berpose dan memperlihatkan wajahnya ke kamera. Lakukanlah berbagai hal yang bisa mengalihkan perhatiannya sesuai kemauanmu. Misalnya dengan menggerak-gerakkan mainan diatas tubuhnya agar ia mau mengangkat kaki depannya untuk menangkap mainan itu ke atasnya. Minta bantuan dari orang lain jika perlu agar ia membantumu melakukannya selagi kamu membidik tingkah lucu hewan peliharaanmu.

7. Tangkap setiap momen yang benar-benar menggambarkan karakter dari hewan kesayanganmu

Menangkap ekspresi via www.mrwallpaper.com

Kamu merupakan orang yang paling mengenal karakter hewan peliharaanmu. Kamu tau segala kebiasaannya, kebaikannya, kenakalannya, dan kamu yang paling tau kalau dia mulai mengeluarkan ekspresi yang khas darinya. Cobalah menangkap momen itu sesuai karakternya. Misalnya dia pemalas, fotolah dia saat dia menguap. Atau jika dia seekor pemburu yang tangguh, tangkap karakternya saat dia memasang muka sangar ketika melihat mainan yang ia anggap mangsa. Foto makro ekspresi wajahnya pun sangat bisa menggambarkan karakternya sekaligus menghasilkan foto yang artistik, lho.

8. Dari sekian proses yang dilewati, intinya adalah kamu harus S A B A R

Ya, memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra demi terciptanya kesuksesan dari sebuah pengambilan foto hewan. Mereka cenderung tidak bisa dipaksa untuk melakukan sesuatu, dan akan melakukan semuanya sesuka hati mereka. Kehilangan momen-momen bagus saat mencoba memfoto mereka kadang membuat kita frustrasi dan semakin lama juga mereka akan merasa bosan dengan segala jeprat-jepret yang kamu lakukan padanya. Jika kelelahan sudah melanda kamu dan si kecil manis, ada baiknya kamu menyudahi pemotretannya dan mulai lagi jika kamu dan dia sudah dalam mood yang baik.

9. Lakukanlah eksperimen dengan berbagai teknik, sudut pandang, tempat, dan pencahayaan untuk menghasilkan foto-foto yang variatif

Momen yang nggak terduga via www.hipwee.com

Nikmati setiap waktu dalam pemotretan, lakukan eksperimen dengan pendekatan yang berbeda, sudut pengambilan foto, dan komposisi yang digunakan. Jangan dulu iseng melihat seperti apa hasilnya, foto saja sebanyak-banyaknya agar kamu tak kehilangan setiap momen lucu yang dilakukan hewan kesayanganmu.

Nah, sudah tahu ‘kan bagaimana cara melakukan pemotretan pada hewan peliharaan? Mau langsung mencoba? Boleh banget. Kamu pun bisa membagikannya pada teman-temanmu agar mereka terpana pada lucunya hewan kesayanganmu.