Punya pakaian, laptop, dan barang-barang sehari-hari lain yang selalu terawat dan tampak baru memang menyenangkan. Barang yang awet membuatmu tidak boros, dan barang yang tampak baru membuat penampilanmu tetap keren dari waktu ke waktu. Tapi, menjaga barang agar tetap awet tidaklah mudah. Kadang ada saja macam-macam kotoran dan noda yang merusak barang kita. Sudah begitu, kotoran itu bandel dan hinggap pada barang-barang kesayangan, sampai mencuci dengan sabun atau deterjen sudah tak mempan lagi.

Apa yang harus kita lakukan kalau begini? Nah, sebelum kamu frustrasi, simak dulu yuk tips-tips membersihkan barang kesayanganmu berikut!

1. Baju atau tas kesayanganmu terkena cat yang sudah menempel?

Cat akrilik di baju? Siapa takut? via pad2.whstatic.com

Gak usah nangis! Untuk masalah seperti itu, kamu hanya memerlukan alkohol. Tuangkan saja alkohol pada bagian bajumu yang terkena noda. Gosoklah hingga nodanya menghilang. Taraaa! Bajumu bersih lagi!

2. Di-bully teman gara-gara noda baju di ketiakmu? Coba cara ini untuk menghilangkannya.

Basket (basah ketek). via i.huffpost.com

Advertisement

Aktivitas yang bejibun dan sering berada di bawah terik matahari, kerap membuat kamu berkeringat di bagian ketiak. Meski kamu sudah mengenakan deodoran, tetap saja noda pada bagian ketiak baju tak terhindarkan. Kadang malah ada yang bilang kalau noda tersebut disebabkan oleh deodoran itu sendiri. Kalau ketahuan, malu-maluin ‘kan? Solusinya, ambil satu sendok teh deterjen pencuci piring, 3-4 sendok makan hidrogen peroksida, dan beberapa sendok makan baking soda. Kemudian gosokkan semuanya ke bagian ketiak bajumu hingga noda kuningnya menghilang.

3. Menikmati kopi memang ibarat surga. Tapi nodanya? Minta ampuuunn…

Noda di mana-mana. via goomoojoo.com

Buat kamu yang sering menikmati secangkir kopi, barangkali kamu sering menemui noda di bagian bawah cangkir atau mug-mu. Agar cangkirmu lebih sedap dipandang ketika kamu memakainya lagi, bersahabatlah dengan baking soda. Taburkan saja bubuk ini di bagian dalam cangkir yang bernoda. Lalu, tuangkan air hangat dan biarkan 5-10 menit. Kemudian ambil kain bersih yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air hangat dan diperas airnya. Gunakan kain tersebut untuk membersihkan jejak baking soda di gelas. Tara, gelasmu jadi bersih lagi, deh!

4. Deretan kerak dan jelaga betah bersemayam di panci. Mau dipakai, kok jijik ya?

Uh, jijik! via img.okezone.com

Untuk menyingkirkannya, cukup isi pancimu dengan air. Tidak usah terlalu banyak, paling tidak bisa menutupi bagian dasarnya. Kemudian tambahkan secangkir cuka putih ke dalam panci, lalu didihkan campuran dan air tersebut. Setelah mendidih, kamu bisa menambahkan dua sendok makan baking soda ke dalamnya. Kosongkan panci dan gosoklah dengan spons untuk menuntaskannya hingga benar-benar bersih.

5. Saat kencan, kamu tak pernah lupa berterimakasih pada catok pengeriting. Tapi catokmu mulai berbintik seperti karat. Apakah harus beli baru?

Rahasia cantik setiap kencan dan acara formal: catok pengeriting. via static.sites.yp.com

Tunggu dulu! Jangan buru-buru membeli catok yang baru. Lebih baik uangnya disimpan saja buat tabungan. Soal catok, gosokkan wol baja (sabut cuci baja yang biasa digunakan untuk mencuci panci) ke logam catokmu. Hilang deh bintik-bintik karat di catokan!

6. Talenan si Emak mulai menguning karena sering dipakai. Sabun cuci piring gak mempan menghilangkannya. Ada ide?

Kalo kotor kan ga enak buat hiasan? via bygaga.com.ua

Sabun cuci piringmu mungkin manjur untuk piring belingmu. Tapi untuk bahan-bahan yang terbuat dari bambu dan kayu, serahkan pada lemon dan garam. Gosok talenan dengan bagian buah lemon (bukan pada bagian kulitnya). Lalu balurkan garam yang teksturnya kasar ke talenan tadi. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air saja dan tanpa sabun.

7. Nah, kalau talenan di dapur dari plastik, gimana?

Yang tadinya kuning jadi kayak baru lagi. via chinaplasticproducts.com

Cukup siapkan cairan pemutih baju dan air. Rendam talenan dalam campuran kedua larutan tersebut. Biarkan selama satu jam. Talenanmu akan berubah seperti baru.

8. Telinga kita seringkali kotor. Bagaimana dengan earphone yang kita masukkan ke telinga? Pasti ikut kotor!

Telinganya aja kotor. Apalagi earphone. via ailovei.com

Sediakan alkohol dan teteskan sedikit saja ke cotton bud. Usapkan cotton bud tersebut ke permukaan earphone. Ingat! Gunakan alkohol sedikit saja karena barang elektronik kita dapat rusak jika terpapar cairan berlebih.

9. Cincin pertunanganmu adalah benda paling berharga. Jangan sampai kotor dan rusak dulu sebelum kamu menikah!

Aduh, jangan sampai kotor. via img01.cp.aliimg.com

Cukup tuangkan baking soda ke dalam sebuah mangkuk. Campurkan dengan air hangat sampai terbentuk seperti pasta yang lembut. Gunakan jarimu untuk menggosok pasta pada cincinnya. Bilas cincinnya dalam air hangat dan keringkan dengan kain bebas serat.

10. Lagi enak-enak makan Nasi Padang, kuahnya tumpah ke baju. Bajunya putih, lagi.

Kapur di atas noda minyak. via pad2.whstatic.com

Tenang! Kamu tinggal beli saja sekotak kapur tulis dari toko alat tulis. Ambil sebatang, dan gosokkan kapur tersebut ke atas noda lemak di baju. Dengan ini, bajumu akan bersih kembali karena kapur punya kualitas penyerapan minyak yang kuat.

12. Sisirmu dipenuhi rambut kusut dan noda-noda berwarna putih. Deterjen bisa jadi sahabatmu untuk sementara.

Rambutnya rontok dan kusut di sisir. via 1.bp.blogspot.com

Cewek-cewek apalagi yang berambut panjang pasti sering mengalaminya. Ketika menyisir, beberapa helai rambut rontok dan bersarang dalam sisir. Selain itu ada pula ketombe dan kotoran lain berwarna putih. Meski sudah seperti itu, kamu tetap saja malas untuk membersihkannya. “Malas nyabutin satu-satu dan ribet,” begitu katamu. Kalau kamu tahu, sebenarnya mudah lho membersihkannya.

Siapkan mangkuk berisi air panas dan tambahkan beberapa tetes shampo. Celupkan sisirmu dalam mangkuk dan angkat. Ambil helai-helai rambut yang masih mungkin kamu capai. Kemudian siapkan sikat gigi bekas yang dilumuri shampo. Sikat sisirmu selama 5 menit untuk masing-masing sudut, terlebih banyak sudut yang sulit dijangkau. Jika dirasa cukup bersih, rendam kembali dalam mangkuk selama 10 menit. Setelahnya, keringkan sisir.

13. Kamu kehujanan dan celana jeansmu luntur di tasmu? Oh, tasmu jadi jelek!

Tasmu jadi seperti gaun yang sempat populer itu. Warnanya biru atau kuning ya? via www.buzzfeed.com

Tahu tisu basah? Oleskan saja tisu basah bebas alkoholmu ke tempat yang luntur.

14. Kalau nonton sinetron, noda lipstik di baju pria diartikan selingkuh. Tapi kamu yang wanita pun pasti pernah mengalaminya.

Yah, baju putihku! via 2.bp.blogspot.com

Semprotkan hairspray ke noda lipstik di bajumu. Biarkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, lap bagian tersebut dengan kain basah. Lalu kamu dapat mencucinya seperti biasa.

Bagaimana? Mudah ‘kan membersihkan koleksi barang-barang kesayanganmu? Kamu pun bisa melakukannya sering-sering dan tidak perlu takut apabila keadaan gawat darurat mendera. Yang kamu perlukan hanya sedikit waktu dan ketelatenan. Untuk barang kesayanganmu, apa sih yang nggak? Daripada kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli, lebih baik merawat yang sudah ada, bukan?