Semua cowok ingin terlihat ganteng, tapi punya hidung mancung, rahang persegi, dan rambut yang keren gak cukup untuk bikin kamu disebut ganteng. Ganteng juga harus punya sisi luar-dalam. Ganteng butuh kegigihan, kesabaran, dan kecerdasan. Dalami lagi bagaimana caranya kamu bisa lebih ganteng tiap hari:

1. Cari Tukang Potong Rambut Yang Ngerti Kamu

Mencari barber yang cocok itu susah-susah gampang

Mencari barber yang cocok itu susah-susah gampang via backstage.tnp.sg

Punya potongan rambut yang oke penting buat menunjang kegantengan kamu. Ini hal yang paling dasar. Kalau toh kamu gagal menjalankan 29 tips lain yang ada di artikel ini, setidaknya kamu tetap punya potongan rambut menawan.

Mendapatkan tukang potong rambut yang cocok itu perlu waktu dan kesabaran. Kamu juga mungkin harus gagal beberapa kali sebelum menemukan salon potong rambut yang benar-benar cocok. Cara terbaik menemukannya adalah mengandalkan rekomendasi teman serta memiliki keberanian untuk menerapkan prinsip trial and error. 

Kapster salon yang handal nggak hanya harus paham soal teknik menggunting dan mencukur rambut. Dia juga harus mengerti sifat rambutmu, bentuk wajahmu, sampai cocok-enggaknya suatu model rambut dengan gaya hidupmu. Lebih oke lagi jika dia kerja dengan telaten, sambil sesekali melemparkan joke. Seorang kapster butuh minimal 20 menit untuk menghasilkan potongan rambut yang bagus.

2. Jaga Kebersihan Tempat Tinggal

Advertisement
Bersih dan pencahayaan yang bagus bikin kamu fresh

Kebersihan dan pencahayaan yang bagus bikin kamu merasa fresh via www.interiordesigny.com

Secara umum, kamu harus membentuk gaya hidup yang bersih. Percuma kalau kamu punya tampang tapi hidupmu jorok.

Bersihkan kamar, cuci motor/mobil dengan rutin, dan antarkan baju kotormu ke penatu. Jika kamu nggak sempat (baca: malas) bersih-bersih, cari seseorang yang bisa kamu bayar untuk melakukannya. Tempat tinggal yang bersih, minim kuman, dan punya pencahayaan yang cukup bakal bikin aura tubuhmu keluar.

3. Pakai Tabir Surya Sebelum Keluar Rumah

Smiling man applying face cream

Masalah klasik cowok Indonesia yang mengendarai motor: lengan mereka bakal berwarna lebih gelap dari bagian tubuh yang lain. Untuk mencegahnya, poleskan tabir surya ke tubuh dan lenganmu. Nggak usah khawatir; ini nggak serebek kedengerannya, kok.

Tabir surya berguna buat kamu untuk jangka pendek dan panjang.Penelitian Annals of Internal Medicine di tahun 2013 mengungkapkan bahwa tabir surya bisa memperlambat penuaan hingga 24% kalau digunakan setiap hari. Ayo, pilih pake tabir surya atau suntik botoks pas umur 40-an?

4. Pakai Pelembab

Salah satu produk pelembab

Salah satu produk pelembab via www.ernestsupplies.com

Pelembab mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi wajahmu. Di antaranya vitamin A dan E (yang memperlambat penuaan dini) serta Vitamin C (yang memperbaiki kerusakan sel-sel kulit). Selain itu, beberapa pelembab dilengkapi anti-oksidan yang bagus untuk mengurangi kerutan pada wajahmu. Gunakan pelembab setiap hari untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan menawan.

5. Rawat Kesehatan Mata

Gelap dan berkerut

Gelap dan berkerut via gbtimes.com

Kalau kamu pikir menggunakan pelembab wajah udah cukup untuk merawat kulit di sekitar matamu, kamu salah. Kulit di sekitar mata lebih lembut dan sensitif dibandingkan bagian wajah pada umumnya. Inilah pentingnya produk krim perawatan mata.

Kalau kamu nggak mau pakai krim, setidaknya lakukan usaha untuk merawat kesehatan matamu. Hindari mata yang sembab dengan membatasi konsumsi garam. Garam bikin air dalam tubuh kamu gak keluar lewat keringat. Sementara kalau kamu punya mata panda, usahakan tidur setidaknya 7 jam per hari. Jauhi juga hal-hal yang bisa mempengaruhi warna kelopak matamu, seperti misalnya merokok.

6. Cuci Muka Dengan Benar

Cuci dengan benar

Cuci dengan benar via www.wbht-biotech.com

Cuci mukamu dengan sungguh-sungguh. Jangan menggunakan sabun mandi buat cuci muka. Bahan sabun mandi akan menyumbat pori-pori wajah dan menyerap semua minyak yang ada, sehingga kulit kamu bakal kering. Jadi gunakan produk yang mengandung bahan khusus untuk wajah. Cuci wajahmu 2 kali sehari: pagi dan sore/malam setelah beraktivitas.

7. Boleh Brewokan, Asal…

Rapi dan dirawat

Rapi dan dirawat via wardrobelooks.com

Beberapa cewek tertarik dengan cowok yang brewokan, dan ada juga yang sebaliknya. Apapun itu, keputusannya ada pada kamu. Mau menumbuhkan janggut atau nggak, pilih yang bikin kamu merasa ganteng dan nyaman.

Kalau akhirnya kamu putuskan untuk menumbuhkan rambut di wajah, pastikan janggutmu bersih dan terawat. Layaknya rambut di kepala, janggut juga butuh produk perawatan dan harus dipotong jika udah mulai tumbuh gak karuan.

8. Cukuran Gaya Jadul

Lebih aman untuk kulit

Lebih aman untuk kulit via shop.mini-fab.com

Jika kamu akhirnya memilih untuk tampil bersih tanpa janggut, jangan sampai menanggung malu gara-gara luka atau goresan tiap kali bercukur. Bercukur adalah kegiatan rutin cowok; masa’ kamu mau pipimu luka-luka tiap minggu?

Penyebab utama luka saat cukuran biasanya adalah alat cukurnya. Alat cukur modern menggunakan tiga hingga lima mata pisau, yang walaupun efektif bisa mengeringkan kulit dan memudahkan timbulnya iritasi atau luka. Alternatifnya, gunakanlah alat cukur jadul yang biasa dipakai oleh ayah dan kakek kamu.

9. Sesekali, Perhatikan Alis Kamu

Alis itu juga bisa ditata

Alis itu juga bisa ditata via www.youtube.com

Alis melengkapi mata dalam menggambarkan perasaan. Bingung, kaget, senang atau marah menjadi kentara saat alis dan mata bereaksi atas suatu kondisi. Bayangin kalau kamu gak punya alis. Pasti wajahmu bakal terlihat hampir gak punya ekspresi.

Proporsional dan rapi: begitulah seharusnya penampilan alismu. Kalau bentuknya udah kayak antena serangga, sisir atau potong alismu secukupnya.

10. Rawat Tangan Dan Kakimu

Sekalian mani/pedi juga boleh

Sekalian mani/pedi juga boleh via www.youtube.com

Tangan penting untuk dirawat karena kontak pertama kamu dengan orang lain biasanya terjadi dengan tangan. Gak mau ‘kan kulit tanganmu berasa kayak sisik ikan? Selalu cuci tangan dengan air dan sabun, dan bersihkan kotoran yang bersarang di bawah kuku. Jangan lupa untuk memotong kuku dan gunakan lotion untuk melembabkan telapak tangan.

Selain tangan, telapak kaki juga harus dijaga kebersihannya. Apalagi kalau kamu suka pake sandal atau bertelanjang kaki. Gunakan batu apung untuk menggosok tumit yang biasanya pecah-pecah dan keriput. Oleskan krim kaki jika perlu.

11. Jangan Malu Kalau Ubanan

George Clooney: Tetap ganteng walau ubanan

George Clooney: Tetap ganteng walau ubanan via www.sueddeutsche.de

Siapa bilang orang ubanan gak boleh ganteng? Coba lihat George Clooney atau Robin van Persie. Namun yang pasti, orang ubanan harus memangkas rambut dengan rapi tiap bulan. Sampo yang bersifat melembabkan sangat baik untuk rambut beruban; sertakan pula kondisoner agar rambutmu tetap lembab.

Mengapa kelembaban begitu penting bagi rambut beruban? Karena kulit kepala yang kering dan terpaan sinar matahari bisa mengubah rambut yang tadinya putih jadi kekuningan.

12. Begitu Juga Kalau Kamu Membotak

Botak dan bangga. Photo: Jason Merritt/Getty Images

Botak dan bangga. Photo: Jason Merritt/Getty Images via JasonMerritt

Seiring usia, para cowok akan mengalami penipisan rambut dan akhirnya kebotakan. Yang paling mengerikan adalah jika kebotakan ini terjadi terlalu dini, seperti yang terjadi pada Wayne Rooney dan Pangeran Williams. Kalau Rooney melakukan transplantasi rambut (yang mahal banget), Pangeran Williams pede aja tuh dengan kepala membotak di tengah.

Kamu juga boleh pede seperti Pangeran Williams. Tapi jangan ngebiarin kepala botakmu begitu aja. Kepalamu itu juga tetap harus dirawat. Pilih sampo yang bisa menstimulasi kesuburan kulit kepala. Pertimbangkan juga untuk mengoleskan tonik dan vitamin pada kulit kepala kamu.

13. Kurangi Keringat

Berkeringat

Berkeringat via splatter.com

Berkeringat adalah proses alami dalam tubuh, jadi kamu gak bisa menghentikannya begitu saja. Tapi keringat berlebihan bisa dicegah. Batasi minuman alkohol dan kafein agar produksi keringatmu gak berlebih.

14. Jika Kamu Pengguna Kacamata…

Sesuai wajah

Sesuai wajah via myvespajourney.com

Pilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah kamu. Kalau kamu berwajah bulat, kenakan kacamata yang berbentuk menyerupai persegi. Jika rahang kamu yang persegi, pilih kacamata yang berbentuk bulat.

Ketika kamu memakai kacamata, alismu semestinya berada di atas frame. Ketika kamu tersenyum, pipimu juga gak boleh mendorong atau menggerakkan frame kacamatamu.

15. Miliki Jaket Yang Oke

Stockholm raincoat

Stockholm raincoat via www.vooberlin.com

Agar terlihat makin gagah, kamu butuh outerwear yang bagus: jas dan jaket ringan untuk acara formal, dan jaket kulit untuk kegiatan kasual. Sebagai cowok yang tinggal di Indonesia, kamu juga wajib punya jas hujan. Ingat: jangan pakai jas hujan plastik yang mirip barongsai. Belilah jas hujan dengan bahan yang lebih tebal dan awet.

16. Pastikan Aroma Tubuh Kamu Wangi

Menyemprotkan wewangian

Menyemprotkan wewangian via static3.businessinsider.com

Mandi pake sabun dengan rajin, gunakan deodoran, dan cuci bersih baju kamu: itu tiga langkah awal untuk menjadi cowok yang wangi. Selanjutnya, gunakan parfum dengan benar: semprotkan parfum di nadi pergelangan tangan (bukan di ketiak), serta di belakang telinga dan leher. Denyut nadi akan memompa aroma parfum kamu.

Jangan semprotkan parfum ke pakaianmu langsung. Cara yang tepat adalah menyemprot parfum ke udara yang jaraknya 10-20 cm di depan dada kamu. Kemudian melangkahlah ke arah udara yang sudah tersemprot parfum tersebut.

17. Bisa Masak

Setidaknya bisa neplok telor

Setidaknya bisa neplok telor via www.gq.com

Mampu memasak dan menghidangkan makanan ke atas meja akan menjadi nilai tambah bagi penampilanmu. Baik pacar maupun calon mertua akan terkesan dengan ketelatenan kamu meramu makanan. Setidaknya, kuasai satu resep masakan dan satu racikan minuman.

Gak bakat masak? Perkaya pengetahuanmu akan pilihan restoran, sehingga kamu selalu tahu mau makan dimana kalau lagi di jalan. Kalau kayak gini, gak bakal ada lagi cerita “Makan di mana ya?” pas lagi jalan bareng pacar.

18. Punya Hobi Yang Gak Berhubungan Sama Kerjaan

Gak biasa

Gak biasa via onlypositive.net

Penting bagi kamu untuk memiliki hobi unik yang bisa menyegarkan kembali pikiran dan raga kamu. Selain itu, cowok yang punya kegiatan unik itu bisa menarik perhatian calon pasangan. Dedikasi, kegigihan, dan pengorbanan untuk menjadi brilian itu adalah kualitas yang sulit dicari zaman sekarang.

19. Berpakaian Dengan Baik

Gosok baju sendiri

Gosok baju sendiri via obsoquasi.ch

Cari penjahit yang bagus, dan permak jins serta kemeja kamu sesuai dengan badan kamu. Pelajari cara menyetrika baju: baju yang kusut bikin penampilan kamu lusuh dan nggak siap.

Gak ada salahnya memiliki setelan jas. Pasti akan terpakai kok: buat kondangan, acara formal, atau mungkin rapat. Siapkan juga sepatu formal dan sneakers. Cewek seringkali perhatian dengan apa yang kamu pakai, dan bagaimana kamu memakainya.

20. Jangan Bungkuk!

Postur yang baik dan salah

Postur yang baik dan salah via properpillow.com

Pelajari bagaimana postur tubuh yang sehat dan benar dari artikel yang udah ditulis Hipwee. Punya postur yang bagus bikin kamu terlihat meyakinkan dan tambah menawan di mata yang memandang.

21. Kuasai Skill ‘Laki’ Ini

How to catch a snake

How to catch a snake via www.wikihow.com

Kuasai keahlian ini, karena belum tentu semua cowok di Indonesia tahu cara menguliti hewan buruan, menebang pohon dan menangkap ular. Cowok yang siap menghadapi banyak tantangan jadi daya tarik tersendiri bagi cewek.

22. Punya Tata Krama

Berbagi meja berbagi cerita

Berbagi meja berbagi cerita via www.flickr.com

Percuma berwajah ganteng kalau kamu gak punya sopan santun dan tata krama. Ketika makan semeja bersama orang yang penting bagi kamu (i.e. orang tua, pacar, camer, atau bos) pastikan kamu bukan orang yang menguasai pembicaraan. Berbagi meja berarti juga berbagi cerita. Orang akan bosan jika cuma dengar celotehanmu.

Kesopanan dan pandai menjalin komunikasi penting untuk meningkatkan level kegantengan kamu. Lebih lanjut, pelajari tips sebelum kamu melangkah ke restoran mewah bersama orang-orang yang penting bagi kamu.

23. Work Out

181196330_091389234a_b

Latihan via www.flickr.com

Olahraga bagus untuk kesehatan dan penampilan kamu. Selain itu, kegantenganmu juga bergantung pada normalnya aliran darah dalam tubuhmu. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik selama 30-60 menit per hari agar aliran darahmu meningkat. Aliran darah yang lancar akan membawa nutrisi yang diperlukan kulitmu. Kulitmu pun akan terlihat lebih cerah dan sehat.

24. Sikat Gigi Yang Benar

Sikat dengan benar

Sikat dengan benar via www.flickr.com

Gigi yang putih dan bersih adalah kunci dari senyuman menawan. Berdasarkan anjuran dokter gigi, semestinya kamu menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut. Lalu dilanjutkan dengan pembersihan dengan benang gigi. Kunjungi dokter gigi untuk minta dibersihkan tiap 6 bulan sekali, atau lebih sering jika menurut dokter gigi kamu perlu perawatan ekstra.

25. Pakai Pore Pack

Pore Pack

Pore Pack via www.flickr.com

Selain menyakitkan, facial sebulan sekali gak cukup memecahkan masalah komedo di wajah kamu. Kamu harus lebih rutin membersihkan pori-pori. Nah, daripada kesakitan sampai air mata keluar gara-gara dipencet sama mbak-mbak facial, mending kamu pakai pore pack. Murah dan praktis.

26. Bawa Buku, Buka Wawasan

Baca beneran

Baca beneran via www.flickr.com

Baca buku mungkin gak akan bikin kamu jadi lebih ganteng secara langsung. Tapi kamu bakal lebih pintar, atau paling nggak kelihatan pintar. Orang yang pintar (atau kelihatan pintar) pasti lebih menarik bagi para cewek. Lagipula apa salahnya jika kamu menambah sedikit wawasan?

27. Tinggalkan Gel Rambut, Gunakan Pomade

Pomade

Pomade via www.flickr.com

Gak seperti model klasiknya yang berminyak, tebal, dan berat, pomade kini dibuat dari bahan organik (buah atau butter). Lebih sedikit minyaknya dan lebih ringan. Sementara, gel rambut dari dulu sampai sekarang juga berminyak dan mengandung bahan-bahan kimia (seperti acids). Ini menyebabkannya sebenarnya gak terlalu bagus buat rambut dan kulit kepala kamu.

Selain itu, efek gel rambut akan tahan paling lama 8 jam. Pomade? Selama gak keramas, efeknya masih akan kelihatan.

28. Atasi Perut Buncit

Pakai warna gelap

Pakai warna gelap via www.koat.com

Olahraga ketat keras akan membantumu mengempiskan perut buncit. Tapi tentu ini butuh waktu. Sementara perutmu masih buncit, siasatilah dengan pakaian berwarna gelap atau berpola vertikal.

29. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup via www.koat.com

Tidur selama 7 jam sehari membuat tubuhmu lebih segar dan mood kamu lebih positif. Menjadi positif akan membantumu berinteraksi dengan orang lain, dan menambah rasa percaya dirimu. Masih banyak juga manfaat tidur yang harus kamu baca dari Hipwee.

30. Jadilah  Family Guy

Sayang orang tua

Sayang orang tua via ldsblogs.com

Jadilah cowok hangat yang cinta sama keluarga, walaupun kamu udah menyatakan diri belum siap berkeluarga. Hormat sama orang tua, sayang sama anak kecil, dan bersahabat pada saudara/sepupu adalah bukti bahwa kamu bisa menghargai keeratan dalam ikatan keluarga. Cewek yang bisa melihat sifat family guy pada seorang cowok akan tahu bahwa cowok itu pantas disebut ganteng.

Intinya, ganteng bukan hanya diukur dari perawakan fisik, namun juga dari kesehatan, mental, dan bagaimana cara dia menjalin hubungan dengan keluarga dan orang lain. Jadi, sekarang kamu udah ganteng belum?