Punya lipatan-lipatan unyu di perut yang susah hilang? Lipatan lemak ini terus bertahan karena pola makanmu yang belum teratur dan sesi olahraga yang belum rutin.

Memang sih, punya perut buncit itu unyel-able dan menggemaskan. Tapi nggak bisa dipungkiri juga kalau mengecilkannya akan menguntungkanmu dari segi kesehatan.

Nah, apakah kamu salah satu orang yang mulai perhatian dengan ini? Ada cara yang “instan” sih untuk mengubah bentuk perut ke semula, tapi cara yang alami punya efek yang lebih tahan lama. Seperti yang udah Hipwee rangkum nih buat kamu, para pemiliki belly fat. Langsung aja disimak yuk!

1. Untuk melatih otot perut, sit up memang paling bagus.Coba deh sit up 2 set pagi dan sore.sit up

sit up

“Gue males nih nge-gym gitu. Mager ke luarnya.”

“Cuma mau mengurangi gelambir di perut kan? Yahilah sit up di rumah sih itu juga bisa.”

Advertisement

Olahraga yang praktis dan efektif buat mengurangi lipatan-lipatan unyu di perut ya apalagi kalau bukan sit up? Lagipula, sit up ini mudah dilakukan karena dapat kamu praktikkan di manapun dan tanpa mengenal waktu.

Sit up baik kamu lakukan dengan rutin pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Nah, berapa kali sit up nih yang baik untuk kesehatanmu? Sebenarnya jumlahnya menyesuaikan. Kamu bisa memulai dengan latihan 2 set berisi 9 sit up setiap pagi dan sore.

2. Olahraga mudah lainnya yang bisa kamu terapkan yaitu lari. Tak usah maraton, jogging saja 20 menit, seminggu 3 kali

lari yuk

lari yuk via tumblr.com

Selain sit up, alternatif olahraga yang mudah dilakukan lainnya yaitu lari. Nggak mesti lari maraton, kamu cukup jogging selama 20 menit serutin 3 kali seminggu.

Satu catatan: seiring waktu kamu harus menambah kecepatanmu berlari agar kalori tetap cepat terbakar. Karena ketika tubuhmu sudah terbiasa berlari dengan kecepatan yang itu-itu saja, ia semakin lambat membakar lemak.

3. Gak cuma baik untuk pernapasan, berenang juga bagus untuk mengencangkan otot perut.

tuh perutnya jadi kencang ;D

tuh perutnya jadi kencang ;D via swimmunity.wordpress.com

Berenang memang mengharuskanmu ke luar rumah dulu dan membayar uang masuk ke kolam renang (ehem, yang anak kosan pasti mikir dua kali). Tapi, nggak ada salahnya kok mengeluarkan uang untuk suatu hal yang bermanfaat buat kesehatanmu. Nggak hanya dapat membakar lemak, tapi gerakan berenang juga bisa mengencangkan otot perut.

Untuk membakar lemakmu, kamu bisa mencoba workout pemula ini. Berenanglah mengelilingi 4 sisi kolam renang dengan santai. Setelah selesai satu putaran, istirahat selama 30 detik. Ulangi 5-10 kali.

Lakukan workout ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk 2 minggu pertama. Setelahnya, kamu bisa rutin melakukannya setiap hari.

4. Tak hanya olahraga, kamu juga harus mengatur apa yang kamu makan. Kalau udah malam, coba deh makan buah-buahan.

Wadaw

Waduh, makannya… via www.bacatulisan.com

Katanya mau lipatan perut hilang, kok masih makan nasi aja? Padahal ‘kan udah mau tidur~

Kamu pasti sering kan mendapat ucapan seperti percakapan di atas? Nah, kalau dulu sering menghiraukan, coba sekarang diubah yuk! Karena mengonsumsi makanan berat sebelum tidur memang berimbas pada bertambahnya lipatan-lipatan unyu itu. Kalau kamu memang lapar, gantilah dengan makan buah-buahan seperti apel atau pisang. Kedua buah itu juga bisa mengenyangkan perutmu kok. ;D

5. Biasakan sehabis makan jangan langsung tiduran ya. Bagusnya duduk sebentar atau melaksanakan aktivitas ringan.

lapar marah, kalau kenyang? ;p

lapar marah, kalau kenyang? ;p via www.howitworksdaily.com

Hal yang satu ini nih, pasti kamu udah sering banget mendengarnya deh dari orang tua. Biarpun udah berkali-kali dibilangin, tapi rasanya susah banget ya. Apalagi kalau kamunya saat itu memang lagi mengantuk, wah nggak mempan deh hehe. Untuk itu, kamu perlu membiasakan diri nih dari sekarang kalau sehabis makan jangan langsung tidur. Lebih baik kamu duduk sebentar atau melakukan aktivitas-aktivitas kecil lainnya. Yah, daripada lipatanmu nggak berkurang-kurang.

6. Kamu doyan ngemil snack dan makan junk food? Sekarang, tentukan jadwal khusus untuk melakukannya

biar yummy, tapi kurangi ya

biar yummy, tapi kurangi ya via twistedrootburgerco.com

Mengemil dan makan junk food adalah kedua hal yang susah banget kamu tolak. Tapi, demi lipatan perutmu hilang, kamu harus bisa menguranginya ya. Untuk menguranginya, tetapkan deh jadwal cheating day seminggu sekali.

Kalau pada fast food terdapat kandungan lemak dan kalor yang sangat tinggi, makan cemilan apalagi cemilan manis dapat menambah lipatan perutmu. Karena rasa kenyang yang diberikan sebentar, kamu jadi cepat lapar lagi dan mau nggak mau makan kembali deh apapun jenis makanannya.

7. Tidur yang cukup, hindari stres, dan selalu minum air mineral baik untuk kesehatan tubuh.

sempatkan tidur ya, dimanapun dan kapanpun kalau lagi bisa. baiknya sih tidurnya di kasur

sempatkan tidur ya, dimanapun dan kapanpun kalau lagi bisa. baiknya sih tidurnya dalam posisi yang benar ;( via people.howstuffworks.com

Apa yang kamu lakukan, pasti akan berpengaruh terhadap kondisi tubuhmu. Hal tersebut nggak hanya dilihat dari fisik, tapi juga psikismu. Karena saling memengaruhi, kamu harus berhati-hati dan mulai menata pola makan, istirahat, dan aktivitas agar bisa seimbang. Istirahat dan minum air mineral yang cukup, serta jernihkan pikiran merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Lambat laun, lipatan-lipatan perutmu ini akan berkurang lho.

Dari yang Hipwee rangkum ini, semoga bisa membuatmu bersemangat ya mengurangi lipatan unyu di perut. Yuk, mulai dari sekarang dan biasakan secara rutin melakukannya. Semoga sukses!