Perempuan-perempuan masa kini sudah nggak pada asing dengan istilah stretch mark kan? Yap, guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentras.

Bukan cuma cewek yang habis melahirkan, mereka yang gendut mendadak atau kurus mendadak bisa juga memilikinya.

Nggak peduli udah nikah atau belum, udah hamil atau belum. Guratan ini yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu, tapi lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit bisa datang. Dan menyebalkan!

Tenang saja, si stretch mark ini sama sekali nggak berbahaya kok, dan dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, sehingga tidak membutuhkan perawatan medis. Namun, jikalau kamu berniat untuk menjalani perawatan, sehingga guratan itu bisa hilang lebih cepat. Kamu bisa coba menggunakan bahan-bahan alami berikut ini

1. Bubuk colat memang nikmat. Selain itu, bagi pemilik stretch mark ia juga bermanfaat

coklat coklat via www.obatselulit.net

Advertisement

Sudah pada tahu belum, menghilangkan stretch mark dengan coklat cukup mujarab lho. Masker coklat sendiri pada dasarnya mengandung kolagen yang cukup tinggi, yang mana kandungan kolagen ini mampu mengatasi stretch mark pada paha dan perut kamu. Biar manjur, rumusnya tetep cuma satu, gunakan secara rutin dan guratan menjengkelkan tersebut bisa hilang.

Caranya :

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar (belum ada tambahan pemanisnya ya).
  • Lalu, buatlah semacam pasta/krim dari coklat tersebut. Pastikan pasta yang kamu buat tidak terlalu cair dan pekat ya guys.
  • Oleskan pasta coklat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

2. Setelah ngopi-ngopi cantik, ampasnya diemin dulu, bakal berguna untuk keberlangsungan penampilanmu

lulur lulur via www.obatstretchmark.com

Selain coklat, salah satu bahan alami yang bisa membantu menghilangkan guratan di kulitmu ialah ampas kopi. Dalam hal ini, yang digunakan adalah kopi hitam yang masih murni dan diseduh tanpa menggunakan gula. Ampas kopi yang sudah tidak bisa dikonsumsi ini ternyata bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk penghilang sesulitmu lho.

Caranya :

  • Bikin kopi dulu, inget tanpa gula. Bagus sih sebenernya kalau kamu doyan kopi tanpa gula, bisa kamu minum dulu, baru ampasnya dipakai.
  • Oleskan ampas kopi dibagian tubuh yang terdapat selulit, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan sesering mungkin sampai stretchmark kamu hilang yaa…

3. Lemon ini emang buah ajaib ya, buat apa aja dia bisaaa ~~~

buah kuning dan multiguna via www.obatstretchmark.com

Lemon merupakan buah yang cukup terkenal dengan rasa masamnya yang cukup tinggi. Namun, dibalik rasa masam itu ternyata lemon mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi. Nah, kandungan vitamin C ini yang dipercaya sangat baik untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam regenerasi sel-sel kulit baru pada kulit. Sehingga lemon pun bisa membantu menghilangkan stretch mark mu.

Caranya :

  • Belah 1 buah lemon yang masih segar
  • Oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata
  • Diamkan sampai mengering dan meresap kiranya 30 menit
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Minyak zaitun tak pernah ketinggalan soal khasiat yang luar biasa

minyak zaitun~ via www.obatstretchmark.com

Minyak zaitun sudah dikenal sejak  jaman dahulu kala sebagai cairan yang cukup berkhasiat untuk manusia. Kamu pasti juga sudah familiar dengan beberapa manfaatnya yang berasal dari kandungan-kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A, D, dan E dipercaya mampu menghilangkan guratan putih dan merah pada bagian paha.

Caranya :

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit.
  • Pastikan beri pijatan lembut pada guratan agar meresap.
  • Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Kalau tadi kamu bisa manfaatkan ampas kopi tanpa gula, kali ini kamu bisa juga berdayakan gulanya saja

gula dan selulit? via 1.bp.blogspot.com

Menghilangkan stretch mark dengan menggunakan gula murni terbukti dapat mengeluarkan sel kulit mati tanpa ada efek samping lho. Belum coba? Buruan deh cobain, minta gula dulu di dapur sama ibu. Sebab, si gula pasir ini dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Dalam dunia kecantikan penggunaan gula sebagai scrub ini sering dikenal dengan proses exfoliasi.

Caranya :

  • Kamu bisa campurkan gula dengan sesendok madu atau air jeruk atau juga minyak almond.
  • Lalu, gosokkan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

6. Kentang nggak cuma bisa buat bahan makanan aja, untuk perawatan kecantikan juga iya

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang adalah dapat kamu gunakan untuk menghilangkan stretch mark pada bagian kulit, paha, perut, dan bagian lainnya.

Caranya :

  • Kentang dihaluskan hingga menjadi jus.
  • Larutan tersebut kemudian dioleskan pada kulit yang terdapat stretch mark.
  • Sebaiknya tunggu hingga larutan jus kentang mengering, baru kemudian bilas dengan air bersih.
  • Ada cara lain sih sebenernya, kamu cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian stretch mark. Terserah kamu pilih yang mana~~~

7. Putih telur agak amis sih, tapi di balik itu ia bisa berjasa lho untuk kulitmu

pisahkan dulu via www.cuteabis.com

Cara ini memang cukup populer. Tetapi asal kamu tahu, perihal kecepatan memang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Jadi tetangga kananmu stretch mark nya bisa hilang dalam jangka waktu enam bulan, eh tetangga kirimu enam belas bulan. Nggak bisa jadi patokan. Putih telur bisa juga kok kamu kombinasikan dengan susu. Simak caranya yuk…

Caranya :

  • Campur susu dan putih telur sampai rata.
  • Kalau kamu nggak tahan dengan bau susu atau telur, kamu bisa menambahkan vitamin E atau minyak lavender untuk memberi bau yang harum.
  • Kemudian oles campuran susu dan telur secara merata pada kulit yang terdapat stretch mark.
  • Diamkan 20 sampai 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.
 Atau cara lainnya :
  • Ambil telur, terserah mau telur ayam kampung ataupun bebek. Pecahkan telur tersebut dan pisahkan antara kuning telurnya, lalu kocok sampai mengeluarkan sedikit busa atau buih.
  • Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark kamu selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

8. Lidah buaya pun punya sejuta guna. Tak hanya untuk rambut, untuk kulit pun luar biasa

cobain dulu via www.obatstretchmark.com

Mungkin banyak diantara kamu yang mengenal lidah buaya atau aloe vera hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut secara alami saja, namun sebenarnya manfaat lidah buaya bisa lebih dari itu. Bahan alami ini mengandung vitamin E, C, dan A yang bisa membantu kamu mengobati stretch mark secara alami.

Caranya :

  • Ambil satu batang lidah buaya, belah menjadi dua dan ambil gelnya.
  • Oleskan pada kulit yang terdapat stretch mark.
  • Agar gel tersebut bisa meresap secara optimal, beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan.
  • Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

Selain delapan cara di atas, kamu juga dapat mengonsumsi banyak sayuran dan juga air putih untuk membuat kulit tetap elastis dan lembab. Lebih dari itu, perbanyaklah olahraga untuk membuat kulit semakin kencang. Lakukan cara menghilangkan stretch mark secara rutin untuk hasil yang maksimal. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mendukung cara tersebut. Selamat mencoba ya kalian!