Penempatan kata’smart‘ dalam istilah smartphone bukan tanpa alasan. Dari tahun ke tahun ponsel pintar dibikin “sepintar” mungkin dengan tujuan (setidaknya) menopang kehidupan penggunanya. Perangkat ini diciptakan tidak hanya bikin kamu bisa berkomunikasi namun juga bisa untuk bekerja, berwisata, bahkan berolahraga.

Jadi jangan salah kalau kamu menganggap benda semahal itu cuma bisa buat selfie lalu aktif di media sosial. Ada banyak banget aplikasi buat ponsel pintar berbasis android dan iOS yang bakal berguna banget buat hidup kamu. Luar biasanya, aplikasi-aplikasi ini bisa diunduh gratis. Simple, berguna, desain-nya keren, dan gratis pula; kurang apa lagi coba?

1. Any.DO

Hidupmu tertata via mashable.com

Android & iOS

Any.DO adalah aplikasi yang mengatur, menjadwalkan, dan mengingatkan aktivitas yang akan kamu lakukan sehari-hari. Pengguna dengan mudah memasukkan jadwal kegiatan lalu aplikasi ini akan menyusunnya dalam bentuk to-do list. Pengguna bisa memilih kapan dia ingin diingatkan mengenai jadwalnya, mulai dari 24 jam, 3 jam, 1 jam, hingga 15 menit sebelum jadwal.

Advertisement

Ketika jadwalnya udah tiba, Any.Do akan bertanya apakah kegiatan udah selesai dilakukan, ditunda, dijadwalkan ulang atau dibatalkan sama sekali. Berasa punya asisten pribadi bukan? Antar muka aplikasi ini dirancang dengan rapi dan sederhana sehingga sangat mudah untuk dioperasikan.

2. Evernote

Segera catat ide biar gak kelupaan via evernote.com

Android & iOS

Kamu gak pernah tahu kapan sebuah ide akan muncul dari dalam kepalamu. Ketika ide datang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat ide itu agar terus kamu ingat sehingga bisa dieksekusi atau dipresentasikan nantinya. Layaknya Post-It, Evernote membantu kamu mencatat dalam lembar warna-warni vitual agar kamu gak mudah lupa.

Gak hanya itu, dari dalam aplikasi pengguna bisa mengakses kamera, jadi ketika melihat sesuatu yang menginspirasi kamu tinggal jepret, beri catatan dan simpan. Bagi pelajar/mahasiswa sangat berguna pas kamu lagi males buat nyatat pengumuman di papan tulis. Oh ya, Evernote berbasis cloud jadi semua yang kamu catat lewat smartphone bisa diakses melalui komputer dan begitu pula sebaliknya.

3. Pocket

Simpan apa yang kamu temukan di internet via getpocket.com

Android & iOS

Dulunya aplikasi ini bernama Read It Later, kini ia menjelma menjadi Pocket. Namun fungsinya tetap sama, Pocket memastikan kamu gak kelupaan link artikel, blog, resep, berita yang kamu lihat sekilas di internet.

Pocket akan menyimpan tautan bahan bacaan yang kamu anggap menarik. Lalu ketika kamu bosan di dalam bus menuju kantor atau lagi malas-malasan di sofa, bacaan yang tersimpan tadi bisa diakses melalui Pocket secara offline! Jadi gak perlu buang-buang kouta dua kali untuk artikel yang sama.

4. Duolingo

Kursus lewat ponsel via tidbits.com

Android & iOS

Berniat ke Eropa dalam waktu dekat? Atau kamu ingin belajar bahasa Portugis tapi gak ada kursus bahasa Portugis di kotamu? Belajar bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis dan Portugis dengan Duolingo.

Beda dengan aplikasi kamus pada umumnya, Doulingo nyaman dipandang mata kerena dirancang dengan menarik. Proses belajar jadi lebih fun sebab materi dilengkapi gambar dan contoh. Lalu tiap menyelesaikan satu level materi kamu akan diberikan tes untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman kamu. Bermanfaat banget kan? Gratis lagi, selamanya!

5. Dropbox

Simpan foto di ‘awan’ via www.imore.com

Android & iOS

Dropbox adalah layanan penyimpanan data berbasis teknologi cloud. Artinya data, dokumen, gambar, video dan bermacam file digital kamu akan disimpan aman di dalam ‘awan’ (baca: server) milik Dropbox. Lalu untungnya apa? Karena data kamu udah disimpan di ‘awan’ maka data bisa diakses di mana aja dan kapan aja selama kamu punya akses internet.

Misalnya, kamu dipanggil dosen pembimbing skripsi yang udah rindu setengah mati sama tulisanmu. Nah, daripada berat-berat bawa laptop dan setumpuk kertas yang pasti bakal dicorat-coret (selamatkan hutan, bro!), mending kamu Dropbox skripsi-nya, lalu akses lewat smartphone dihadapan dosen. Gak punya smartphone? Pinjam laptop dosennya sekalian buat akses Dropbox.

6. Google Drive

Berbagi & Berkolaborasi via www.altirnao.com

Android & iOS

Pada dasarnya, Drive punya fungsi yang serupa dengan Dropbox yakni penyimpanan data. Namun karena ini bikinan Google, kamu gak sekedar nyimpan data doang di sini, Drive terhubung dengan Google Docs hingga kamu bisa mengerjakan dokumen Word, Excel, dan lain-lain secara on-line.

Tiap perubahan yang kamu buat pada dokumen akan otomatis tersimpan, jadi gak ada lagi cerita data hilang gara-gara lupa nge-save atau listrik padam. Sekali lagi karena ini Google punya, Drive memungkin kamu mengundang pemilik akun Google lain (yang banyak banget) untuk melihat, menyunting dan berkolaborasi mengerjakan dokumen. Kalau begini ‘kan kamu bisa bimbingan skripsi jarak jauh.

7. My Cycles

Pelajari Periode kamu via itunes.apple.com

Android & iOS

Aplikasi ini sangat mengerti cewek, baik yang udah menikah maupun masih melajang. My Cycle akan mencatat masa menstruasi cewek selama dua bulan terakhir lalu akan menganalisa dan memprediksi tanggal berapa periode mens selanjutnya datang, lengkap dengan masa subur.

Bagi cewek yang udah menikah berguna banget buat merencanakan/menunda memiliki anak. Cewek yang belum nikah juga bisa merasakan manfaatnya, karena dengan mengetahui jadwal datang bulan, kamu bisa tenang saat bikin rencana liburan atau umrah.

8. Strava Running and Cycling GPS

Berkompetisi bersama pelari lain via blog.strava.com

Android & iOS

Ada banyak aplikasi yang bertema olahraga dan kebugaran di Apple Store dan Google Play, namun bersepeda dan lari adalah olahraga yang paling masuk akal dilakukan sambil membawa smartphone. Bayangkan kalau kamu berenang sambil ngecek berapa kalori yang terbakar, parti repot ‘kan?

Dari sekian banyak aplikasi lari dan bersepeda, Strava cukup komplet karena mengintegrasi keduanya dalam satu aplikasi. Keunggulan Strava terletak pada ketersediaan rute yang disarankan oleh pelari/pesepeda lokal di kotamu. Jadi kamu bisa ngikutin rute mereka dan coba kalahkan rekor mereka.

9. Worldmate

Travel smart via www.worldmate.com

Android & iOS

Aplikasi ini cocok banget kalau kamu sering booking tiket pesawat dan hotel on-line. Worldmate akan jadi teman kamu selama perjalan karena aplikasi ini akan menerjemahkan e-mail konfirmasi pemesanan pesawat dan hotel ke dalam satu jadwal perjalanan (itinerary) yang tertata rapi.

Sebelum kamu melakukan perjalanan, Worldmate akan memberi informasi mengenai cuaca dan suhu kota tujuanmu. Aplikasi ini juga akan mencarikan tempat penyewaan mobil jika kamu mau, jadi sesampainya di sana kamu gak perlu repot nyari taksi.

10. Lumosity

Mind game via tidbits.com

Android & iOS

Kalau tadi kita ngomongin Strava yang membantu tubuhmu tetap bugar kali ini ada Lumosity yang akan bikin otak kamu tetap ‘bugar’. Aplikasi ini dirancang oleh ahli syaraf untuk melatih daya ingat, atensi dan fungsi otak lain. Walaupun terlihat seperti game buat membunuh kebosanan, kita gak lagi ngomongin game seperti Candy Crush atau Angry Bird.

Lumosity bertujuan untuk meningkatkan kecepatan berpikir, fleksibilitas mental dan pemecahan masalah. Mungkin aplikasi ini adalah nutrisi yang selama ini dibutuhkan buat otak kamu.

Udahan dulu yuk main Path sama Clash of Clans-nya, mending kamu unduh aplikasi-aplikasi yang bisa bikin hidup kamu lebih mudah dan simpel di atas.