Bagi pecinta buku sejati punya sepetak ruang bernama perpustakaan pribadi jadi berkah tersendiri. Di ruang itu buku-buku kesayanganmu bisa disimpan, kamu pun berkesempatan menciptakan suasana paling nyaman untuk menikmati setiap halaman. Jika ada sepetak surga yang diturunkan ke dunia, perpustakaan pribadimulah tempatnya.

Tapi tidak mudah untuk mewujudkannya. Bukan cuma sekadar rajin beli buku, perlu kegigihan dan ketelatenan agar buku-buku kesayangan bisa terorganisir sempurna. Belum lagi soal mengatur uang agar urusan beli buku tidak mengganggu kebutuhan harian.

Sebelumnya Hipwee pernah membahas dekorasi perpustakaan yang menarik dan barang yang perlu kamu punya sebagai pecinta buku. Nah, kali ini Hipwee berikan tips bagaimana caranya agar perpustakaan impianmu segera terwujud. Simak baik-baik ya.

1.  Jika memang ingin mewujudkan perpustakaan, jangan beralasan untuk mengalokasikan dana khusus demi membeli sejumlah buku tiap bulan.

Sisihkan uang untuk beli buku via log.viva.co.id

Nyawa utama dari perpustakaan adalah buku. Perpustakaan impian bisa segera jadi kenyataan, kalau kamu rutin beli buku. Tak harus membelanjakan semua uang yang kamu punya, karena toh kamu juga masih punya kebutuhan yang lain.

Advertisement

Nah, agar koleksi bukumu bertambah dan hidupmu tetap sejahtera, mulai sekarang kamu harus punya aturan soal belanja buku. Kamu bisa alokasikan sejumlah dana dari uang bulanan atau gajimu, misalnya Rp. 100.000-Rp.150.000. Dengan uang segitu, kamu bisa punya 2-3 koleski baru untuk perpustakaanmu. Lumayan ‘kan setidaknya dalam satu tahun kamu sudah bisa punya 12 buku baru.

2. Rajin-rajinlah kepo event diskon dan promosi buku. Harga buku tidak semurah kacang rebus ‘kan?

Kepo soal diskonan dan promo via life.viva.co.id

Punya impian perpustakaan pribadi seringkali menuntutmu harus melewati proses. Karena faktanya, harga buku pun tak semurah kacang rebus. Tapi tenang, kamu bisa menyiasatinya dengan sering-sering kepo soal diskonan dan promo. Kamu bisa update info dari media sosial atau melirik plang depan toko kesayangan.

Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah. Jadi, dengan anggaran yang sama, kamu bisa mendapatkan buku lebih banyak. Jadi koleksi bukumu pun bisa makin lengkap.

3. Daftarkan diri jadi member di toko buku langganan. Selain jadi bukti kesetiaan, banyak pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan

Bikin kartu member via ikaluvicecream.wordpress.com

Demi menambah pelanggan, gak sedikit toko yang menawarkan sistem keanggotaan. Biasanya dalam bentuk kartu member dengan keuntungan potongan harga atau pengumpulan poin. Nah, jika kamu ingin punya banyak koleksi buku, maka pastikan kamu tak ketinggalan untuk mendaftar.

Dengan potongan harga, tentu buku yang kamu beli jadi lebih murah. Tapi kalau mereka hanya menawarkan kumpulan poin, gak ada salahnya kamu tetap ikut mendaftar. Biasanya kamu bisa diikutkan saat ada ajang undian, dan siapa tahu kamu yang menang. Lumayan ‘kan?

4. Tak hanya update diskon dan promo di toko buku terdekat, menilik tawaran harga di situs online pun harus kamu perhatikan.

Situs online penjual buku via www.hipwee.com

Mungkin selama ini kamu lebih sering belanja buku di toko dekat rumah. Padahal, terkadang toko online justru menawarkan harga yang jauh lebih murah lho. Apalagi saat momen-momen tertentu. Selain itu, koleksinya juga lebih banyak sampai buku mancanegara.

Jika kamu tak ingin jadi kalangan yang merugi, gak ada salahnya kamu mulai sering-sering menilik situs jual buku. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan buku dengan kualitas yang sama tapi harganya jauh lebih murah. Jadi budgetmu juga bisa untuk beli banyak buku. Cukup menguntungkan ‘kan?

5. Bergabung dengan book club tak hanya membuatmu banyak teman, referensi buku berkualitas untuk koleksi perpustakaan juga bisa kamu dapatkan.

Ikut klub buku ya via conversations.aaschool.ac.uk

Agar perpustakaan impian segera terwujud dengan baik, gak ada salahnya kamu mulai gabung dengan klub buku di kampus atau di kotamu. Selain membuatmu jadi banyak teman, berhubungan dengan mereka akan membuatmu terbantu dalam memilih buku yang berkualitas. Buku mana yang isinya bagus, dan buku mana yang isinya tak jelas.

Gak jarang teman-teman di klub buku – yang sudah membacanya – jauh lebih terpercaya dibandingkan hanya membaca sampul belakang. Jadi, uang belanjamu pun bisa lebih tepat sasaran.

6. Selain dari dari klub buku, referensi buku bagus juga bisa kamu raup dengan membaca buku lebih dulu di perpustakaan umum.

Baca referensi di perpustakaan umum via malangpubliclibrary.blogspot.com

Tak hanya referensi dari teman, sekarang kamu juga bisa mendapatkan referensi buku bagus dari perpustakaan umum. Kamu bisa coba daftar menjadi anggota, lalu pinjam buku yang menurutmu bagus. Setelah itu, kamu baca keseluruhan ataupun hanya sekilas. Jika kamu rasa buku itu berkualitas, maka kamu bisa langsung ke toko buku dan membelinya dengan dana anggaran. Cara ini bisa menyelamatmu dari salah beli buku tak berkualitas yang karena terjebak isi sampul belakang.

Meski sudah membacanya, kalau buku itu bagus kamu pasti ingin punya sendiri ‘kan?

7.Bertukar buku dengan teman yang hobi membaca juga bisa dicoba. Variasi koleksimu akan terus bertambah tanpa perlu beli buku baru

Tukeran buku dgan teman via www.paperplatesblog.com

Mungkin kamu berharap punya perpustakaan pribadi dengan buku yang bervariasi. Agar hal ini bisa  terjadi, kamu bisa coba lakukan tuka menukar buku dengan teman yang sehobi. Gak jarang mereka juga punya koleksi yang banyak. Nah, jika kamu sudah merasa bosan dengan satu buku, cobalah tawari dia dengan bukunya yang belum pernah kamu baca. Kalau dia mau menyepakati, lumayan ‘kan koleksianmu jadi sedikit berganti.

Meski cara ini tak membuat koleksi bukumu bertambah, tapi setidaknya bacaanmu jadi makin banyak tanpa harus belanja buku lagi.

8. Gunakan library kit untuk mencatat buku yang dipinjam orang. Gak ada lagi deh cerita buku yang keselip atau hilang

Gunakan personal library kit via www.amazon.com

Menjadi kolektor buku seringkali membuat teman-temanmu ingin meminjam buku padamu. Tentu ini membuatmu senang karena koleksi bukumu bisa bermanfaat untuk banyak orang. Namun, terkadang bukumu tiba-tiba lenyap tanpa jejak karena saking seringnya pindah tangan. Hal ini seringkali bikin usahamu untuk bikin perpustakaan menjadi tersendat.

Untuk mengantisipasi itu semua, kamu bisa gunakan library kit yang praktis digunakan. Paket lengkap yang berisi kartu perpustakaan (untuk teman), stempel, hingga catatan buku keluar ini bisa memudahkanmu mencari jejak kemana saja bukumu bepergian. Nah dengan begitu, sirkulasi bukumu menjadi lebih jelas dan tak ada lagi buku koleksimu yang hilang.

9. Bakar semangatmu mengumpulkan buku dengan menciptkakan custom shelf  yang unik. Kalau rak sebagus ini sampai kosong, tidak sakitkah harga dirimu?

Siapkan rak yang bagus via yaraafandi.wordpress.com

Impian punya perpustakaan membutuhkan semangat yang konstan. Tak terkecuali niat beli buku setiap bulan. Nah, agar kamu lebih termotivasi punya, gak ada salahnya kamu mulai menabung untuk beli rak yang agar besar dan bagus. Mungkin kamu suka warna merasa dengan kaca, maka pesanlah pasa furniture maker terdekat. Dengan adanya benda ini, kamu bisa lebih semangat untuk mengisinya hingga penuh. Jadi kamu tak pernah absen lagi untuk beli buku baru. Semangatmu juga tak pernah luntur. Karena kamu gak mau kan kalau rakmu yang bagus dianggurin begitu saja?

10. Umumkan pada orang-orang tercinta. Mulai hari ini dan seterusnya, kamu cuma mau buku sebagai bingkisan istimewa

Minta kado buku via favim.com

Mungkin kamu sedang ulangtahun atau  wisuda, gak jarang kamu mendapatkan tawaran hadiah dari orangtua atau orang-orang terdekat. Mungkin kamu ditawari tas, pakaian, atau gadget baru. Nah daripada barang tersebut tak terlalu membuatmu senang, maka kamu gak perlu malu untuk bilang pada mereka “beliin buku ini saja”.

Selain bikin koleksi perpustakaanmu bertambah, cara ini juga membuat kado lebih tepat guna. Orang yang memberiu hadiah merasa puas dan kamupun merasa bahagia.

11. Ikut kontes atau kuis yang diadakan penerbit juga bisa jadi ajang untuk menambah koleksimu. Kalau beruntung, buku baru bisa jadi hadiahmu.

Ikut kuis, berhadiah buku via indradya.wordpress.com

Selain menunggu promo dan diskonan, buku baru juga bisa kamu dapatkan dari ikut kuis atau kontes dari penerbit besar. Gak jarang mereka mengadakan kuis singkat berhadiah buku di media sosial seperti facebook dan twitter. Kamu manfaatkan saja untuk ikut serta jadi kandidatnya. Tak perlu malu, toh punya perpustakaan adalah cita-cita yang mulia kok.

Nah, jika beruntung, kamu bisa mendapatkan hadiah beberapa paket buku dari penerbit. Lumayan ‘kan bisa buat nambah-nambah koleksian. Jadi perpustakaan impian bisa segera diwujudkan.

Punya perpustakaan pribadi adalah impian bagi kamu yang selalu jatuh cinta dengan buku. Agar cita-citamu bisa terwujud dengan cara yang lebih menyenangkan, maka tips ini bisa kamu terapkan.

Semoga berhasil ya.