Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa terbesar di dunia. Sebagai negara tropis, kelapa memang mudah tumbuh di daerah manapun di Indonesia. Pada tahun 2012, produksi minyak kelapa sudah mencapai 23 ton (lihat wawancara dengan Menteri Pertanian, disini).

Sayang, kita masih kurang memanfaatkan produk yang satu ini di kehidupan sehari-hari. Padahal di luar negeri minyak kelapa sudah dikenal keajaibannya untuk sebagai produk multifungsi yang bisa digunakan dalam setiap kesempatan, lho. Kali ini Hipwee akan kasih 75 cara untuk memanfaatkan minyak kelapa di rumahmu.

Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk kecantikan

1. Merawat kutikula jari

Merawat kutikula jari via berufebilder.de

Sebel nggak sih kalau kutikula kita keluar? Rasanya gak enak dipandang dan sakit kalau tersenggol. Minyak kelapa bisa jadi solusi untuk masalah ini.

Cukup oleskan minyak kelapa di area jari yang kutikulanya bandel, pijat sedikit agar minyaknya meresap. Kandungan minyak kelapa bisa melembabkan tangan dan menjinakkan kutikulamu. Gak perlu repot lagi harus meni-pedi di salon.

2. Minyak kelapa + madu = masker rambut super

Advertisement

Masker rambut via theeverygirl.com

Katakan selamat tinggal pada perawatan mahal rambut di salon. Dengan mencampurkan minyak kelapa dan madu, kamu akan mendapatkan masker rambut alami yang bisa membuat rambutmu halus dan wangi.

Oleskan di rambut via theeverygirl.com

Tunggu beberapa menit via theeverygirl.com

Cukup campurkan kedua bahan, oleskan di rambutmu. Tunggu selama 40 menit dan rasakan khasiatnya.

3. Kondisioner Untuk ujung rambut

Merawat ujung rambut via static.cristianecardoso.com

Minyak kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai leave-on conditioner untuk mencegah ujung rambutmu bercabang. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa ke ujung rambut sebelum keramas, tunggu sejenak lalu keramas deh seperti biasa.

4. Minyak Kelapa + Baking Soda = Exfolian Kulit Alami

Exfolian alami via 2.bp.blogspot.com

Merasa kulitmu kusam dan gak bercahaya? Campurkan minyak kelapa dengan bakin soda, oleskan di bagian yang kamu rasa kusam.

Masker minyak kelapa plus baking soda via 1.bp.blogspot.com

Campuran ini berfungsi sebagai exfolian alami untuk meluruhkan sel kulit mati dan membawa kulitmu yang bersinar ke permukaan. Ini bisa kamu gunakan untuk wajah dan badanmu, loh.

5. Spray Conditioner Buat Rambut

Spray Conditioner via www.randomlynew.com

Masukkan minyak kelapa ke botol semprot kecil, dan semprotkan ke rambutmu yang terasa kasar atau susah diatur. Sedikit sentuhan minyak kelapa dapat menyelamatkanmu dari tragedi bad hair day.

6. Minyak kelapa +alpukat + madu=  Masker wajah anti jerawat

Masker anti bakteri via 2.bp.blogspot.com

Cocok buat kamu yang mukanya gampang jerawatan. Campurkan minyak kelapa, alpukat plus madu, lalu oleskan di wajahmu selama 15 menit. Minyak kelapa dan madu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat di wajahmu.

7. Minyak Kelapa + Madu + Gula Merah = Scrub Bibir Alami

Bahan-bahan yang kamu perlukan via osa.matmolnet.se

Kalau kamu punya kulit bibir yang kering membandel, cara ini pantas kamu coba. Campurkan minyak kelapa, madu dengan satu sendok teh gula merah bubuk.

Gosok di bibirmu dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat. Bye-bye bibir kering pecah-pecah.

8. Scrub Badan

Body Scrub via kristineldridge.com

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk meluruhkan kotoran dan daki di tubuhmu. Caranya gampang. Cukup panaskan minyak kelapa dengan suhu rendah, kemudian campurkan 1 sendok makan gula merah atau garam mandi.

Cara membuat via www.punkwife.com

Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan minyak aromaterapi sebagai pewangi untuk relaksasi. Gosokkan deh ke tubuhmu.

9. Teman Saat Berendam

Teman Berendam via cdn.list25.com

Campurkan minyak kelapa dan garam mandi untuk menemanimu saat berendam di air hangat. Tidak hanya relaks, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang lembab.

10. Tinted Lip Balm

Bahan-bahan untuk tinted lip balm via 3.bp.blogspot.com

Kalau lipstikmu tinggal tersisa sedikit, jangan buru-buru dibuang. Lelehkan sisa lipstik itu dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Masukkan ke jar kecil, kemudian simpan di lemari es hingga mengeras.

DIY tinted lip balm via static.brit.co.s3.amazonaws.com

Kamu akan mendapatkan lip balm berwarna lembut yang istimewa. Nggak hanya menciptakan warna yang natural di bibir, tinted lip balm ini juga bisa sekaligus melembabkan kulit bibirmu.

11. Make Up Remover Tanpa Iritasi

Make up remover alami via thechicsite.com

Pernah nggak sih ngerasain kalau mukamu perih saat kena make up remover? Dengan menggunakan minyak kelapa, kamu bisa membersihkan muka tanpa takut iritasi.

Membersihkan makeup via static1.beautifulshoes.org

Cukup oleskan minyak kelapa di daerah yang ingin kamu hapus make up nya, diamkan selama 3-5 menit kemudian hapus deh dengan kapas. Selain bersih, ini juga sekaligus memberikan tambahan kelembaban bagi kulitmu.

12. Sebagai Body Lotion

Kulit kering via medan.tribunnews.com

Gak perlu lagi menyisihkan uang untuk membeli lotion mahal bagi kulitmu. Cukup gunakan minyak kelapa sebagai pelembab alami kulit tubuhmu. Gak usah khawatir akan terlihat mengkilap berminyak, minyak kelapa ini menyerap dengan cepat kok ke kulitmu.

13. Pengganti Krim Cukur

Krim cukur buatan sendiri via media4.onsugar.com

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti krim cukur. Caranya pun gampang:

a. Parut sabun dengan kadar kelembaban tinggi

Parut Sabun via www.savvysugar.com

b. Campur sabun dengan minyak kelapa, panaskan selama 10 menit. Tambahkan minyak aromaterapi favoritmu.

Campuran sabun dan minyak kelapa via www.savvysugar.com

c. Masukkan adonan ke plastik, lubangi bagian ujung plastik. Pindahkan adonan ke tempat krim.

Pindahkan adonanmu via www.savvysugar.com

Krim cukur buatanmu sendiri siap untuk digunakan.

14. Pembersih Kuas Makeup

Kuas Makeup via 1.bp.blogspot.com

Campurkan sabun antibakteri dengan minyak kelapa untuk merendam kuas-kuas makeupmu. Biarkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat. Selain berfungsi sebagai bahan anti bakteri, kelembaban yang diberikan minyak kelapa juga bisa menjaga kondisi kuas kesayanganmu.

15. Senjata Untuk Memerangi Jerawat

Melawan jerawat via www.huffingtonpost.ca

Minyak kelapa bisa membantu mengempeskan jerawat dan mengurangi noda kemerahan akibat jerawat di wajahmu.

Cuci wajah, kemudian oleskan minyak via www.huffingtonpost.ca

Cukup cuci wajahmu seperti biasa, kemudian oleskan minyak kelapa di jerawatmu yang meradang. Jika kamu melakukan hal ini sebelum tidur, pastikan minyak terserap sempurna terlebih dahulu ya.

16. Pengganti Krim Anti Kerutan

Bebas Kerut via www.lucyminerals.com

Krim anti kerutan harganya gila-gilaan banget kan? Sekarang kamu gak perlu lagi khawatir bokek demi mendapatkan wajah bebas kerut. Cukup oleskan minyak kelapa di daerah yang mulai berkerut secara teratur. Buktikan hasilnya.

17. Menyehatkan Kulit Kepala dan Menghilangkan Ketombe

Merawat kulit kepala via cdnpix.com

Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepalamu untuk menghilangkan ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambutmu tumbuh lebih cepat.

Ramuan via media.zenfs.com

Cukup campurkan minyak kelapa dengan sedikit perasan lemon, oleskan ke kulit kepala. Pijat kulit kepalamu agar campuran itu meresap selama lebih kurang 20 menit. Bilas dengan kondisioner dan shampo.

18. Penyelamat Saat Kulit Terbakar Matahari

Kulit terbakar matahari via media.vorotila.ru

Setelah pulang dari kegiatan outdoor yang berat dan kulit gosong terbakar matahari, cukup oleskan minyak kelapa ke bagian yang terasa terbakar. Kandungan lemak di minyak kelapa bisa meredakan rasa itu.

19. Gunakan minyak kelapa sebagai minyak pijatmu

Kamu bisa merasakan sensasi spa di rumah. Cukup hangatkan minyak kelapa, kemudian tambahkan dengan beberapa tetes minyak aromaterapi yang kamu suka. Panggil tukang pijat atau minta pasanganmu memijat tubuhmu yang pegal. Kemewahan spa yang terjangkau bisa kamu nikmati.

20. Meredakan eksim

Eksim setelah penggunaan minyak kelapa via purelytwins.com

Eksim adalah penyakit kulit yang menyerang karena perubahan suhu yang cukup ekstrim. Kulit yang terkena eksim akan menjadi kemerahan, gatal dan kering. Kadar kelembaban yang tinggi dari minyak kelapa dapat meredakan keluhan ini.

21. Mengurangi Bakteri di Ketiak

Mengurangi bakteri di ketiak via cs2.livemaster.ru

Oleskan minyak kelapa di ketiakmu untuk menekan tingkat pertumbuhan bakteri. Tapi jangan lupa tetap menggunakan deodoran ya. Bebas bakteri tidak berarti bebas bau badan juga.

22. Pengganti Pasta Gigi

Pasta Gigi Minyak Kelapa via media-cache-ec0.pinimg.com

Campurkan minyak kelapa, baking soda dan sedikit campuran daun mint hingga menjadi pasta. Alternatif pasta gigi ramah lingkungan bisa kamu dapatkan.

23. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Kaki pecah-pecah via cfile10.uf.tistory.com

Oleskan minyak kelapa di bagian kakimu yang pecah-pecah sebelum tidur. Tunggu hingga menyerap, lalu pasanglah kaus kaki. Kamu akan bangun dengan kaki yang lembut dan bebas dari kulit kering.

24. Menumbuhkan Alis Dan Bulu Mata

Oleskan minyak kelapa di alis via pad2.whstatic.com

Minyak kelapa mampu membantu pertumbuhan alis dan bulu matamu. Teteskan sedikit minyak kelapa di kapas atau cotton bud, kemudian oleskan ke alis dan bulu mata. Jika dilakukan dengan rutin, kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan.

25. Menghilangkan Sisa waxing

Waxing via www.negakoze.com

Jika kamu biasa mencabut bulu dengan waxing, kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan sisa-sisa adonan waxing yang terasa keras di kulit. Cukup oleskan minyak di bagian yang masih terasa keras, lalu seka dengan waslap hangat.

Memanfaatkan Minyak Kelapa Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

26. Mengembalikan Kilat Perabot Kulit

Sofa kulit mengkilat via quakerrose.com

Saat perabot kulitmu tidak lagi mengkilat indah, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke permukaannya. Kandungan dalam minyak kelapa dapat mengembalikan kilat alami produk kulit.

27. Menghilangkan bekas permen karet

Noda permen karet via 3.bp.blogspot.com

Kadang anak-anak suka iseng menempelkan permen karet di perabot. Bekasnya yang susah dihilangkan pasti terkadang membuatmu geram. Dengan mengoleskan minyak kelapa ke perabot yang terkena permen karet, kamu bisa menghilangkan noda membandel itu.

28. Menghilangkan noda bekas sabun di kamar mandi

Bekas sabun via 3.bp.blogspot.com

Setelah dibersihkan via 1.bp.blogspot.com

Minyak kelapa ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan kimia keras yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan kamar mandi. Cukup gunakan lap yang sudah dituangi minyak kelapa untuk membersihkan noda sabun di kamar mandimu.

29. Mencegah Perabot Kayu Tampak Kering

Perabot kayu tampak kering via www.2littlesuperheroes.com

Perabot dari kayu hanya akan terlihat indah saat mengkilap dan tidak kering. Minyak kelapa dapat kamu manfaatkan untuk mencegah perabot kayu kamu kering gak terawat.

Perabot kayu tampak mengkilap via www.freebeemom.com

Caranya gampang. Cukup tuangkan minyak kelapa ke atas perabot atau lantai kayumu. Biarkan sampai meresap. Dan dapatkan perabot kayu yang nampak sehat mengkilap.

30. Membersihkan Bahan-Bahan Dari Metal

Sisa noda di barang-barang dari metal memang tidak sedap dipandang mata. Gak perlu lagi menggosok dengan susah payah atau membeli cairan pembersih yang harganya selangit. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menciptakan pemandangan secemerlang ini pada barang-barang metal di rumahmu.

31. Menghilangkan Derit Pintu

Engsel pintu via pad2.whstatic.com

Derit pintu yang bunyinya “kriyeeet-kriyeeet” bisa jadi menyebalkan dan mengerikan. Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi hal ini. Gunakan minyak kelapa untuk melubrikasi engsel pintu yang kering dan menimbulkan derit.

32. Merawat senar gitar

Merawat senar gitar via www.yixunjiayun.com

Oleskan minyak kelapa ke senar gitarmu untuk menjaganya tetap lembab dan tahan lama.

33. Membuka Ritsleting Macet

Zipper macet via pad2.whstatic.com

Sering kesal kalau tiba-tiba ritsletingmu macet? Oleskan minyak kelapa ke bagian yang macet, gerakkan pelan-pelan hingga ia mau kembali digeser.

34. Merawat pakaian kulit

Pakaian kulit seperti baru via galleryplus.ebayimg.com

Sama seperti perabot, kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk merawat dan mengembalikan kilau di pakaianmu yang terbuat dari kulit asli. Cukup oleskan minyak kelapa, tunggu hingga meresap lalu kembali simpan. Sekarang kamu akan mendapatkan pakaian yang tampak seperti baru.

35. Menyalakan api unggun

Menyalakan api unggun via www.quizz.biz

Celupkan bola-bola kapas ke minyak kelapa dan gunakan untuk menyalakan api unggun. Cara ini lebih cepat dan cenderung lebih mudah dibanding bersusah payah menyalakan api di kayu secara langsung.

36. Mengurangi Suara Kasar Dari Perabot Dapur yang Bermesin

Blender berulah via img.wonderhowto.com

Blender, mixer dan barang-barang rumah tangga yang memiliki mesin terkadang mengeluarkan bunyi kasar dan mengganggu telinga. Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk memastikan mereka terlubrikasi dengan sempurna. Suara bising pun dapat diminimalisir.

37. Merawat Wajan dan Panci

Ternyata mencuci wajan dan panci tidak baik untuk kesehatanmu. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai “pelapis” pertama wajan. Oleskan minyak kelapa, masukkan wajan ke oven selama beberapa saat dan wajanmu akan siap digunakan tanpa perlu harus dicuci setiap kali selesai dipakai.

Memanfaatkan Minyak Kelapa Untuk Merawat Hewan Peliharaan

38. Mencegah Kucing Muntah Bola Bulu

Muntah bola bulu via www.zuojiang.com

Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke telapak kaki kucing. Hal ini akan meminimalisir jumlah bulu yang tertelan selama mereka menjilat kaki. Alhasil,  kucingmu akan lebih jarang tersiksa karena akumulasi bola bulu di tenggorokannya.

39. Merawat Kondisi Kulit Anjing dan Kucing

Anjing Pug via www.foreverlolz.com

Seperti pada kulit manusia, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat kondisi kulit kucing dan anjing. Oleskan saja minyak kelapa ke kulit hewan peliharaan kesayanganmu.

40. Tambahkan minyak kelapa ke makanan kucing dan anjingmu

Makanan anjing via edgblogs.s3.amazonaws.com

Menambahkan minyak kelapa pada makanan anjing dan kucing dapat meningkatkan kesehatan mereka sekaligus menjaga berat badannya.

41. Meredakan gatal-gatal di kulit hewan

Kucing gatal via i.huffpost.com

Kalau kamu melihat kucing atau anjingmu menggaruk kulit mereka, coba oleskan minyak kelapa di bagian yang mereka garuk. Hal ini bisa meredakan rasa gatal dan kemerahan di kulit hewan.

Gunakan Minyak Kelapa Pada Makanan dan Minumanmu

42. Penambah rasa minuman

Penambah rasa minuman via media.trusper.net

Tambahkan sedikit minyak kelapa di kopi atau teh yang kamu seduh. Minyak kelapa dapat memberikan rasa yang unik pada minuman pemberi semangat pagimu.

43. Gunakan minyak kelapa untuk makanan yang membutuhkan suhu tinggi

Flaming cooking via www.getcookingedmonton.com

Jika resep masakan yang sedang kamu buat mengharuskannya diolah dengan suhu tinggi, kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Minyak kelapa menghasilkan lebih sedikit residu jahat dibanding minyak goreng biasa jika diolah dengan suhu tinggi.

44. Bumbui Salad Sayurmu Dengan Minyak Kelapa

Bumbui salad sayurmu via 2.bp.blogspot.com

Olive oil untuk bumbu salad tentu sudah biasa kamu rasakan. Nah, coba tambahkan minyak kelapa ke salad sayurmu. Gunakan juga cuka, madu dan sedikit garam. Rasakan sensasi kesegaran sayuran yang bercampur dengan gurihnya minyak kelapa.

45. Oleskan di Roti Tawar

Pengganti mentega via 2.bp.blogspot.com

Lupakan sejenak mentega sebagai teman untuk roti bakarmu. Ganti mentega atau butter dengan minyak kelapa. Tambahkan sedikit kayu manis atau kismis sebagai penambah rasa.

46. Telan Satu Sendok Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Makan minyak kelapa via www.fitbody.ro

Penelitian sudah membuktikan bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ini mampu membantu tubuh melawan berbagai bakteri berbahaya. Orang yang terbiasa mengkonsumsi minyak kelapa juga cenderung lebih memiliki tingkat gula darah yang terkontrol.

Selain itu minyak kelapa juga memiliki kandungan lauric acid, yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. So, jangan ragu untuk memasukkan satu sendok minyak kelapa ke mulutmu ya!

47. Tambahkan minyak kelapa dalam jus buahmu

Jus buah dengan minyak kelapa via www.organicbeautytalk.com

Walau bukan pasangan yang lazim untuk jus buah, minyak kelapa mampu memberikan kamu tambahan energi. Minyak kelapa mengandung kandungan MCT, yang dapat memberimu tenaga lebih untuk menjalani hari.

48. Gunakan Minyak Kelapa Untuk Membakar Kue

Brownies minyak kelapa via renewedhealthservices.com

Kamu bisa mengganti butter dengan minyak kelapa untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang lebih lembut.

49. Untuk Memasak Popcorn

Popcorn via thecoconutmama.com

Memasak popcorn dengan minyak kelapa bukan hanya lebih sehat, tapi juga akan memberikan kamu rasa manis yang unik disetiap gigitan popcorn yang masuk ke mulutmu.

50. Bumbui Popcornmu Dengan Minyak Kelapa

Bumbui popcorn via www.shutterbean.com

Tidak hanya bisa digunakan untuk memasak popcorn, minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah rasa pada popcorn yang sudah selesai kamu buat. Apalagi kalau ditambah dengan sedikit garam. Hmmm, rasanya sedikit asin dan manis. Yuuuum.

51. Mencegah Loyang Lengket

Lapisi loyang dengan minyak kelapa via www.happywifehealthylife.com

Oleskan sedikit minyak kelapa ke loyang tempatmu memasak. Hal ini akan membuat loyang tidak lengket. Serta hasil makanmu bisa lebih cantik.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

52. Meningkatkan kesehatan mulutmu

Minyak kelapa dipercaya memiliki khasiat untuk menekan bakteri dalam mulut, memutihkan gigi dan mampu membuat kondisi kulitmu jadi lebih baik. Caranya gampang. Cukup berkumur dengan 2 sendok minyak kelapa selama 3-10 menit perhari, maka manfaat ini bisa kamu dapatkan.

53. Membantumu lebih cepat sembuh dari sakit

Membantu melawan penyakit via www.youne.com

Mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur terbukti meningkatkan kualitas sel darah putih. Sel darah yang mebantumu melawan berbagai penyakit jahat. Dengan rutin mengkonsumsi produk satu ini maka daya tahan tubuhmu terhadap penyakit akan meningkat.

54. Menyembuhkan Iritasi Di Kulit Bayi

Iritasi kulit bayi via happymoneysaver.com

Kalau kamu punya bayi yang kulitnya iritasi karena terlalu lama memakai pampers, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit tersebut. Kamu juga bisa mencampurkan minyak kelapa dan krim anti iritasi khusus kulit bayi untuk mempercepat penyembuhannya.

55. Meredakan batuk

Meredakan batuk via assets.kompas.com

Hangatkan sedikit minyak kelapa lalu telan, atau campurkan dengan teh atau kopimu. Hal ini bisa meredakan batuk dan rasa gatal di tenggorokan.

56. Sebagai Lubrikan Saat Berhubungan Seks

Pasangan via a57.foxnews.com

Well, pada dasarnya dia memang minyak yang licin. Ini membuktikan betapa multifungsinya produk yang satu ini. Bahkan dia bisa kamu bawa sampai ke sisi kehidupanmu yang paling intim.

57. Minyak Relaksasi Untuk Penghilang Stres

Relaksasi via iexperience.in

Campurkan minyak kelapa dengan minyak aromaterapi favoritmu. Hirup aromanya dalam-dalam. Atau kamu juga bisa mengusapkan campuran ini ke kepalamu kemudian dipijat.

58. Penghilang Kutu Rambut

Bahan yang kamu butuhkan via revolutionfromhome.com

Kutu adalah hewan menyebalkan jika sampai mampir ke rambut kita. Minyak kelapa dipercaya sebagai obat alami untuk membasmi kutu rambut. Caranya pun cukup sederhana. Pertama, cuci rambutmu dengan cuka apel. Kemudian oleskan minyak kelapa ke kulit rambut.

Sisir kutu via www.ndoys.com

Diamkan selama 24 jam hingga meresap. Lalu cucilah rambutmu dan sisir dengan sisir khusus untuk berburu kutu.

59. Menyembuhkan gejala panas dalam

gejala panas dalam via i.vimeocdn.com

Setiap tubuhmu terasa panas-dingin dan kerasa mau gak enak badan, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian tubuh yang mulai terasa tidak nyaman. Kandungan antiviral dari minyak ini bisa membantu meringankan gejala panas dalam.

60. Anti Bakteri Bagi Luka Ringan

Luka lecet via cariartikel.com

Kalau kamu punya luka gores ringan, oleskan minyak kelapa sebelum keluar rumah. Kandungan ati bakteri dalam minyak kelapa bisa melindungimu dari infeksi berbahaya.

61. Meringankan gatal karena gigitan serangga

Gigitan serangga via lh5.googleusercontent.com

Bzzzz bzzzzz ringankan gigitan serangga dengan mengoleskan minyak kelapa ke bagian yang bengkak dan gatal.

62. Meringankan nyeri karena memar

Luka memar via 31.media.tumblr.com

Walau belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, namun minyak kelapa dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri yang disebabkan oleh luka memar.

63. Meredakan infeksi jamur

Pereda infeksi jamur via www.rapidhomeremedies.com

Sebelum memutuskan apakah itu infeksi jamur atau bukan, kamu perlu berkonsultasi dengan doktermu. Namun minyak kelapa dipercaya dapat meredakan infeksi yang disebabkan oleh infeksi jamur.

64. Menjaga kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol via www.hybridrastamama.com

Minyak kelapa mengandung lauric acid, yang dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang bermanfaat bagi kesehatan jantungmu.

65. Menjaga kesehatan perutmu

Rahasia perut rata via www.loseittea.com

Mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur, walau hanya 1-2 sendok teh perhari dapat membantu pencernaanmu lebih baik.

66. Melegakan hidung tersumbat

Hal paling menyebalkan saat terserang flu adalah saat kamu nggak bisa bernafas karena hidung tersumbat. Untuk meredakannya kamu bisa mencampur minyak kelapa dengan minyak aromaterapi aroma mint atau bahkan dengan minyak kayu putih. Oleskan campuran tersebut di dada dan dibawah hidungmu. Ini juga aman kamu gunakan untuk bayi lho.

67. Ramuan yang sama bisa kamu gunakan untuk mengusir serangga

Pengusir Serangga via 1.bp.blogspot.com

Masukkan ke botol semprot, semprotkan ke badanmu untuk menghindari gigitan serangga.

68. Meredakan nyeri karena infeksi telinga

Oles dibelakang telinga via dolordered.com

Sebelum melakukan cara ini kamu harus berkonsultasi dulu dengan doktermu untuk mendapatkan penanganan medis. Minyak kelapa yang sudah dicampur dengan minyak esensial tea tree bisa kamu gunakan dibelakang telinga untuk meredakan nyeri.

69. Mencegah mimisan

Mimisan via dolordered.com

Mimisan kerap terjadi karena kondisi lubang hidung yang terlalu kering. Juga bisa disebabkan oleh iritasi didalam rongga hidung. Untuk mencegah mimisan, kamu bisa mencelupkan jari kedalam minyak kelapa kemudian mengoleskannya kedalam rongga hidungmu.

70. Mencegah Puting Payudara Lecet Saat Menyusui

Ibu menyusui via i.huffpost.com

Bagi para ibu muda, minyak kelapa bisa berguna untuk mencegah puting payudara lecet karena tergesek lidah bayi yang kasar. Oleskan minyak kelapa saat mandi sebagai pencegahan.

71. Meningkatkan metabolisme

Meningkatkan metabolisme via image.hnol.net

Menambahkan minyak kelapa pada makanan dan minuman dapat meningkatkan energi dan mempercepat pembakaran lemak.

72. Mensterilkan kawat gigi dan pelindung mulut

Mensterilkan aksesori mulut via i1.ytimg.com

Kamu pasti sudah tahu kan kalau minyak kelapa mengandung kadar anti bakteri yang tinggi? Kamu dapat menggunakannya untuk mensterilkan kawat gigi dan pelindung mulutmu. Rendam aksesori mulutmu dengan minyak kelapa selama semalam, lalu bersihkan keesokan harinya.

73. Membersihkan Kotoran Telinga

Memberihkan telinga via omgghana.com

Celupkan cotton bud ke dalam minyak kelapa, kemudian perlahan bersihkan telingamu. Cara ini membantumu lebih mudah mengeluarkan kotoran telinga tanpa khawatir lecet dan iritasi.

74. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan kesehatan tulang via www.mojezdravlje.ba

Mengkonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan magnesium yang akan menguntungkan bagi kesehatan tulangmu.

75. Menjaga berat badan

Cewek ini teratur mengkonsumsi minyak kelapa via www.never-age.com

Secara teratur mengkonsumsi minyak kelapa dapat membantumu menjaga berat badan. Kandungan lemak sehat dalam minyak kelapa dapat mengurangi lingkar pinggang dan kegemukan di perut.