Kamar mandi adalah bagian rumah yang paling sulit dan lama proses pembersihannya. Padahal bau kamar mandi juga yang paling nggak enak di antara tempat lainnya. Kata orang sih kalau kamar mandinya bersih pasti seisi rumah bersih. Standar ini kemudian menyebabkan bermunculannya produk-produk pabrikan yang bisa membersihkannya secara cepat dan praktis.

Pakai produk pabrikan memang lebih gampang, tapi kalau terus-terusan dipakai, dampaknya juga nggak bagus, terutama kalau itu pewangi. Karena kamu sama saja dengan menghirup “racun” masuk ke dalam tubuhmu. Kalau pembersih boleh lah ya pakai yang pabrikan, tapi untuk pengharum kamar mandi mending pakai yang alami saja. Hipwee Tips akan memberitahumu bagaimana membuatnya. Hitung-hitung berhemat 🙂

Sebelum pakai pengharum, pastikan udara bisa masuk ke kamar mandi, entah pakai kipas angin atau lewat ventilasi

kasih sirkulasi udara via boekoetjatatan.wordpress.com

Kamar mandi butuh udara segar untuk masuk ke dalamnya. Karena itu, setelah BAB atau BAK sebisa mungkin buka dulu pintu kamar mandimu. Kecuali kamar mandimu ada ventilasinya, biasanya di pintu ada angin-anginnya walau sedikit, atau lubang kecil di dinding bagian atas.

Bersihkan semua kotoran di tiap sudut kamar mandi, kalau belum bersih percuma saja pewangi yang sudah kamu siapkan nanti

Membersihkan kamar mandi via rebathofrichond.blogspot.com

Advertisement

Nah ini paling enak emang pakai produk pabrikan karena biasanya kekuatannya untuk membersihkan lebih kuat dibandingkan bahan-bahan alami. Biar kamu nggak menghabiskan waktu juga untuk lama-lama menyikatnya. Tapi perhatikan juga produk yang kamu gunakan agar tidak merusak lantai, bak, atau toilet di kamar mandimu.

Serap bau nggak enak kamar mandi yang terkenal “khasnya”, agar bau pewangimu lebih maksimal manfaatnya

Untuk menyerap bau kamu nggak usah beli produk pabrikan karena ada banyak banget bahan alami murah yang bisa kamu gunakan. Beberapa di antaranya adalah baking soda, garam, cuka putih, dan kapur tulis.

1. Baking soda

baking soda

Cara 1: campur 2 cangkir air , 1 sdm cuka putih, 1 sdt baking soda, dan 10 tetes minyak atsiri lalu masukkan ke dalam botol semprot

Cara 2: Letakkan baking soda dalam wadah (toples atau mangkuk kecil terbuka) lalu ganti tiap bulan agar tetap efektif untuk menyerap bau.

2. Garam

Alat dan bahan:
Garam laut
Buah jeruk segar (jeruk, lemon atau jeruk nipis)
Rempah segar (kemangi, mint atau cengkeh)
Pisau
Sendok

Cara membuat:
1. Belah buah menjadi dua. Hilangkan daging buah dari kulit dengan menggunakan pisau atau sendok, kemudian isi setengahnya dengan garam laut.
2. Letakkan rempah atau bahan-bahan segar alami seperti kemangi, mint dan cengkeh.

3. Cuka putih

Cuka putih via sgcleaningservices.com

Caranya gampang banget, kamu bisa semprotkan cuka putih ke handuk atau celupkan sebentar. Setelah itu gantung handuk di salah satu sudut kamar mandi, maka bau-bau nggak enak akan terserap dengan cepat.

4. Kapur tulis

Kapur tulis via publicdomainpictures.com

Mungkin kamu merasa aneh, tapi ini benar-benar bermanfaat lho, guys!

Kapur tulis bisa kamu gunakan dengan cara memasukkannya dalam wadah atau mengikat beberapa kapur tulis jadi satu, kemudian menggantungnya di salah satu sudut kamar mandi. Bau nggak enak nggak akan ada lagi!

Meletakkan pewangi dengan aroma kesukaanmu juga bisa jadi solusi. Kamar mandimu nggak cuma bersih, tapi juga wangi sepanjang hari

Pewangi alami baunya nggak kalah sama pewangi pabrikan kok, kalau nggak percaya langsung cobain aja!

1. Lemon

Lemon via annasezousa.com

Caranya, cukup letakkan potongan lemon yang fungsinya bisa menetralkan bau, sehingga kamar mandimu bisa fresh terus. Ganti potongan lemon itu tiap satu minggu sekali.

2. Bunga kering

bunga kering via wikihow.com

Bunga-bunga kering dikenal dengan nama potpourri. Cara membuatnya:
1. Gantung bunga kesukaanmu beserta dengan tangkainya selama beberapa minggu sampai kering.
2. Masukkan ke dalam wadah dan teteskan minyak esensial, tutup wadah hingga beberapa minggu agar minyak terserap.
3. Saat kamu ingin menggunakannya, tinggal buka wadahnya saja.

3. Lilin kopi yang bisa kamu buat sendiri

Lilin kopi via calmcradle.com

Bahan:
Cat semprot bertekstur batu
Kaca gelas / vas
Lilin secukupnya
Biji kopi (agar lebih sederhana kamu bisa menggunakan kopi bubuk. Takarannya sesuai selera, jika gelas kacamu berukuran besar maka kopinya pun harus banyak)
Sumbu
Cawan

Cara membuat:
1. Masukkan potongan lilin ke dalam cawan (bisa dilelehkan, bisa tidak).
2. Jika kamu menggunakan biji kopi letakkan di sekeliling lilin, jika bubuk kopi maka taburkan di atas lilin.
3. Nyalakan dan nikmati sensasi baunya yang menenangkan.

Nah, gimana? Gampang ‘kan bikin kamar mandimu selalu bersih, wangi dan nyaman? Nggak perlu keluar biaya banyak buat beli pewangi atau kamper, kamu tetap bisa menciptakan kamar mandi idaman!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!