Tanpa disadari, tubuh kita sebenarnya “berbicara” jauh lebih banyak dibanding mulut. Bahasa tubuh bisa menyampaikan perasaan dan emosi yang gak kita ungkapkan dalam kata-kata kepada orang yang kita ajak bicara. Perannya penting banget dalam interaksi sosial manusia.

Kabar baiknya, bahasa tubuh itu bisa dilatih lho. Inilah beberapa trik bahasa tubuh agar kamu lebih mudah untuk disukai banyak orang, terutama pada kesan pertama.

1. Flooding Smile

Senyum lebar yang tulus via www.wall321.com

Saat menyalami seseorang, jangan langsung melempar senyum, karena senyum tersebut akan terkesan datar, generik, dan kurang personal. Untuk memberi kesan personal, ada baiknya kamu melatih gestur “flooding smile“.

Caranya begini. Saat melakukan kontak mata dengan orang lain, beri jeda selama sedetik untuk menatap wajahnya dan melakukan kontak mata, lalu berikan senyuman yang lebar dan hangat. Jangan lupa: saat melempar senyum, mata kamu juga harus ikut tersenyum.

Advertisement

Meski jedanya kurang dari sedetik, senyumanmu bisa meyakinkan orang lain bahwa kamu tulus dan personal. Senyuman yang “ditarik” pelan bisa memberikan kesan mendalam pada orang yang melihatnya.

2. Kontak Mata yang Melekat

Pandangan yang melekat via www.wallpapersbee.com

Melakukan kontak mata dengan lawan bicara sangat penting untuk menunjukkan fokus dan ketertarikanmu. Saat bercakap-cakap dengan lawan bicara, berikan kontak mata seperti itu agar dia paham bahwa kamu terfokus padanya.

Jika kamu merasa perlu mengalihkan pandangan sejenak, lakukan dengan lembut dan perlahan, lalu tatap matanya kembali. Gestur ini memberi kesan bahwa kamu orang yang cerdas dan berwawasan luas.

3. Tunjukkan Ketertarikanmu Lewat Pandangan

Tunjukkan ketertarikanmu lewat pandangan via www.inspiredwomen.co.za

Ketika berbincang di dalam sebuah kelompok, usahakan untuk sering memandang orang yang menarik perhatian kamu, terlepas dari siapa yang sedang berbicara. Jika kamu berfokus pada orang tersebut bahkan ketika dia hanya sekadar mendengarkan, kamu akan bisa menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik pada reaksinya.

4. Arahkan Seluruh Tubuhmu ke Lawan Bicara

Arahkan tubuhmu ke lawan bicara via www.portrait-photos.org

Orang-orang bisa dengan sadar membaca reaksi kamu terhadap mereka. Ketika kamu berjumpa dengan orang baru, arahkan tubuhmu seluruhnya menghadap mereka dan berikan perhatian penuh, sama seperti ketika kamu memperhatikan seorang bayi.

Mengarahkan tubuhmu 100% saat berkenalan dengan seseorang menunjukkan bahwa kamu menganggap mereka sangat spesial.

5. Hindari Gerakan Terlihat Gelisah

Tampak gelisah via www.huffingtonpost.com

Agar kamu terkesan kredibel dan dapat dipercaya, penting banget untuk gak terlalu banyak melakukan gerakan-gerakan kecil yang gak perlu. Hindari gerakan-gerakan yang membuat kita terlihat gelisah, seperti menggigit kuku, menggoyang-goyangkan kaki, atau menggaruk-garuk.

Gerakan tangan yang terus-menerus di sekitar wajah akan memberi kesan kepada lawan bicara bahwa kamu sedang berbohong atau gugup. Pastikan kamu fokus memandang lawan bicara untuk menunjukkan bahwa kamu berkonsentrasi penuh pada isi pembicaraan.

6. “Kenakan” Kekang Mulut Ala Kuda

Bayangkan kamu mengenakan kekang rahang ini

Ini merupakan teknik visualisasi yang akan bikin kamu lebih percaya diri dengan postur badanmu. Dengan postur yang baik, kamu akan terlihat lebih pede, meyakinkan, dan berwibawa.

Untuk melakukan ini, bayangkan bahwa setiap pintu yang kamu lewati akan menyambutmu dengan sebuah kekang mulut. Kamu kemudian harus membayangkan bahwa kekang mulut itu kamu kenakan, sehingga layaknya kuda, senyummu pun akan mengembang, bahumu akan tegap mengarah ke belakang, dan kepalamu akan menegak.

Trik ini bisa berhasil karena orang pasti sering banget melewati pintu. Hal yang seringkali dilakukan lama-lama akan menjadi kebiasaan.

7. Anggap sebagai Teman Lama

Anggap aja teman lama via www.shetlandtaxis.co.uk

Saat pertama kali berjumpa dengan seseorang, anggap saja orang tersebut adalah kawan lamamu. Hal ini bisa memicu reaksi bawah sadar di tubuhmu, dari melemaskan alis sampai memposisikan ujung kakimu. Manfaat lain dari teknik ini, kamu bisa aja benar-benar langsung menyukai orang tersebut.

Nah, kiat-kiat di atas cukup simpel kan? Dengan memberi kesan pertama yang baik pada orang lain, kamu mungkin bisa membuka kesempatan-kesempatan baru dalam hidup yang gak kamu duga sebelumnya.