Mempunyai rumah indah adalah impian semua orang. Selain bikin hunian menjadi enak dilihat, kamu dan keluarga juga menjadi betah disana. Selain mengumpulkan dana dari jauh-jauh hari, gak ada salahnya juga kamu mencari inspirasi desain dari sekarang.

Sebelumnya Hipwee pernah memberikan ide tata ruang 3D rumah dan cara membuat properti unik. Nah, selain itu kali ini Hipwee akan memberikan konsep rumah unik dan nyetrik yang bisa ditiru. Simak baik-baik ya.

1. Paduan vintage dan nuansa Eropa bisa dikemas dalam konsep rumah Barbie. Tanpa bingung mencari wujud nyatanya, rumah di Jogja ini bisa jadi inspirasinya.

Rumah paris sebagai konsep rumah yang unik via instagram.com

Kamu sudah nonton video klip Lapang Dada dari Sheila on 7 dan film Surga yang Tak Dirindukan? Mungkin kamu jatuh cinta pada rumah unik yang menjadi layarnya. Rumah yang terletak di Jalan Parangtritis, Jogjakarta ini sekilas memang mirip dengan rumah Barbie. Desain rumah ini sebenarnya sederhana dan tidak terlalu besar. Tapi konsep inilah yang sebenarnya menarik perhatian. Selain itu, penggunaan properti dan hiasan yang warna-warni (warna pastel) bertema vintage ini membuat suasana interior tampak seperti di Eropa. Selengkapnya bisa kamu lihat-lihat di sini.

2. Kamu ingin rumahmu tampil beda di area kompleks? Rumah kayu bisa jadi rencana untuk rumah masa depanmu.

Desain rumah unik dan nyentrik via www.minimalisti.com

Advertisement

Kamu ingin punya rumah indah dan beda dari biasanya? Selain rumah Barbie, kamu bisa buat rumah kayu yang nyentrik. Pasanglah kayu coklat sebagai dinding rumah, lalu padankan dengan kaca-kaca bening. Lalu tanam beberapa pohon yang tinggi di sekelilingnya. Jangan lupa masukkan properti dari bahan yang sama di dalamnya ya. Dengan konsep seperti ini, hunianmu pasti menyita perhatian banyak orang.

3. Atap rumah tak melulu harus dari genteng, lapisan rumput justru bikin kamu bisa bersantai-santai.

Inspirasi rumah unik via namtoc.com

Selama ini yang kita tahu adalah atap rumah terbuat dari genteng. Padahal gak melulu kudu begitu lho. Kalau kamu ingin membuat rumah yang unik, bikin saja atap secara mendatar dan tanam beberapa jenis rumput dan bunga. Dan jangan lupa buat pintu untuk menghubungkan dengan kamar atau ruang keluarga. Dengan konstruksi yang maksimal dan pencahayaan yang tepat, istirahat di “teras” rumah jadi lebih menyenangkan.

4. Selain ramah lingkungan, botol yang dibuat sebagai dinding rumah juga bisa menghemat uang. Kamu tak perlu lagi banyak lampu dan pendingin ruangan.

Desain rumah unik dari botol via www.kidnesia.com

Bukan Ridwan Kamil namanya kalau tidak membuat sesuatu yang kreatif. Selain gagasan tamannya yang unik, desain rumah pribadinya juga bisa menjadi inspirasi. Tak melulu kudu menggunakan semen, dinding rumah yang dia bikin justru sebagian besar terbuat dari botol kaca yang sudah tak digunakan. Botol kaca ditata secara horisontal di sela-sela semen yang mengeras. Ide ini ampuh bikin pencahayaan rumah jadi lebih terang dan suasana sejuk nan nyaman.

5. Menempatkan “hutan kecil” di dalam rumah juga bisa jadi ide. Bikin keluarga merasa kembali lagi ke alam.

Rumah unik berbentuk hutan via www.zoochat.com

Membuat rumah yang unik bisa berbagai cara, salah satunya adalah membuat rumah layaknya hutan. “Rumah hutan” bukan berarti kudu berantakan lho ya. Konsep ini bisa diterapkan dengan cara membuat sekat dari batang kayu. Selain itu, tanamlah beberapa tanaman herba di tengah-tengah atau ruang tertentu. Jangan lupa cat dengan warna awal seperti coklat di tembok ya. Dengan konsep rumah seperti ini, keluarga tercinta pasti betah di rumah.

6. Rumah kaca bukan lagi hanya ada dalam dongeng semata. Sekarang kamu bisa membuatnya walau hanya di lahan terbatas.

Ide rumah yang unik dan nyentik via blog.gessato.com

Salah satu cara untuk membuat rumah yang unik adalah mengubah bagian temboknya. Tak melulu kudu menggunakan semen yang dikeringkan, kamu bisa juga membuatnya dari kaca bening. Lalu jangan lupa gunakan kaca yang bersifat reflective. Jadi cahaya matahari bisa membuat rumahmu lebih terang tanpa harus membuatmu kepanasan. Kalau lahan terbatas, buat saja secara memanjang. Dijamin konsep ini bikin kamu merasa nyaman.

7. Rumah berbentuk bulat mengingatkanmu akan imaji masa kanak-kanak. Bedanya, sekarang hal ini bisa jadi nyata.

Desain rumah unik dan cantik, rumah bulat via www.oldhouseonline.com

Kamu dulu suka Teletubbies? Kalau iya, pasti ingatanmu akan mengembara di rumah berbentuk bulat. Nah, rumah ini ternyata tak hanya di dunia fantasi saja lho. Sekarang kamu bisa membuatnya jadi nyata. Bangunan berbentuk bulat bisa kamu buat dari batu bata. Selain itu, tambahkan satu lantai di bawah tanan atau diatas bangunan. Tampil beda di antara yang lain, rumahmu pasti jadi mudah dihafal.

Membuat rumah unik memang bukan keharusan, tapi gak ada salahnya kamu usahakan. Dengan 7 inspirasi rumah unik nan nyentrik ini, keluargamu pasti bakal lebih nyaman untuk jadi penghuni!