Hampir setiap waktu, selalu ada saja model HP baru yang nampang di iklan-iklan TV maupun internet. Rasa-rasanya sih pengen ngikutin trennya terus. Karena selain bisa tampil lebih gaya, model-model baru juga selalu mengusung teknologi baru yang menggiurkan. Entah itu kameranya yang lebih canggih, fiturnya lebih lengkap, atau layarnya yang anti segala macam dan dijamin tidak rusak. Pokoknya hidup serasa lebih mudah kalau punya model HP terbaru. Tapi apa iya benar begitu?

Kalau kamu memang berniat benar-benar ingin membeli HP baru, yang harus kamu pertimbangkan sebenarnya bukan seberapa canggih HP itu, tapi sudah sesuaikah itu dengan kebutuhanmu. Kamu yang suka nonton video misalnya, akan lebih baik kalau memilih HP dengan layar yang lebih lebar. Sebaliknya, kamu yang nggak butuh-butuh amat kamera juga nggak perlu beli HP dengan kamera berpiksel tinggi yang harganya selangit. Intinya, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jangan tergoda beli yang mahal kalau hanya buat gaya-gayaan.

Nah, biar kamu nggak bimbang dan galau, berikut beberapa spesifikasi yang perlu kamu tahu, supaya nggak ‘kesasar’ saat beli HP baru!

1. RAM minimal 512 MB, lebih besar lebih bagus. Dengan RAM yang tinggi, HP-mu nggak akan gampang nge-hang lagi

Duh,-hang lagi 🙁 via newsworks.com

Kamu pasti akan sebal ‘kan kalau lagi penting dan butuh-butuhnya tiba-tiba HP-mu nge-hang?

Advertisement

Ini nggak akan terjadi kalau RAM yang digunakan HP-mu cukup tinggi. Untuk performa terbaik sebenarnya paling tidak RAM-nya harus 1 GB. Tapi kalau budget-mu memang masih rendah, 512 MB sudah lumayan bagus, kok! Sekarang malah banyak yang RAM-nya sudah 2 GB, kalau budget cukup sih mending yang itu saja.

2. Demi performa yang lebih sempurna, “jantung” HP-mu yaitu prosesor, paling tidak harus 1 GHz

Kece ini Quad core! via dconheels.com

Prosesor bisa diibaratkan sebagai jantungnya HP pintar, makin besar makin baik performanya. Sekarang yang sedang nge-tren adalah prosessor Quad Core, tapi Single Core 1 GHz juga sudah cukup sebenarnya kalau untuk aktivitas yang biasa-biasa saja. Kalau kamu suka main game lebih baik beli yang Quad Core, ya.

3. Agar bisa mengunggah foto-foto kekinian di Instagram, pilihan kameramu minimal  sudah 5 MP (mega pixel)

Mayan buat diupload di instagram via rd.com

Kamu yang ingin kekinian harusnya sudah nggak lagi pakai kamera yang VGA kualitasnya. 5 MP itu sudah paling minimal agar hasil potretanmu bisa kamu pasang dengan “layak” di Instagram dan media sosial lainnya. Fitur di kamera juga harus kamu cek dan pilih-pilih lagi. Makin lengkap menu pilihannya, berarti makin bagus HP-nya.

4. Anak muda kekinian selalu menggunakan HP pintarnya seharian, karena itu bateraimu harus awet. Jadi, jangan sampai kurang dari 3000 mAH!

Argh! Baterainya habis 🙁 via chichagotribune.com

Makin besar kapasitas baterai yang kamu gunakan, maka makin awet HP-mu akan nyala. 3000 mAH harusnya jadi ukuran minimal kapasitas baterai yang kamu gunakan. HP-mu paling tidak akan bertahan selama 8 jam. Karena kita semua paham betul kalau anak-anak muda jaman sekarang paling nggak bisa lama-lama berpisah dengan HP-nya, jadi baterai harus awet selama mungkin.

5. Sebaiknya, pilihlah memori internal yang 32 GB. Karena kadang, ukuran yang 16 GB itu nggak cukup buat download ini itu

Download lagu dulu ah! via digitaltrends.com

Kelihatannya 16 GB sudah besar, ya? Tapi kenyataannya, tiap HP selalu membawa aplikasi bawaan yang memakan lebih dari setengah memori internal HP tersebut. Jadi ya percuma saja tulisannya 16 GB kalau yang bisa dipakai ternyata hanya 2-4 GB. Sebagai anak muda kekinian yang pasti selalu download ini itu, 32 GB mungkin pilihan yang paling bijak.

6. Pilih layar dengan kerapatan piksel yang tinggi agar tampilan HP-mu makin tajam dan enak dilihat mata

layar gede lebih mantep :p via marketingland.com

Ada banyak sekali jenis layar yang digunakan oleh perusahaan HP baru-baru ini, dari mulai AMOLED, Super LCD sampai qHD. Keunggulannya beda-beda, tidak ada yang lebih baik dari yang lain, semuanya tergantung kebutuhanmu.

Yang jelas,  sebaiknya kamu memilih layar yang memiliki kerapatan piksel tinggi agar tampilannya makin jernih. JadI, kalau mau lihat film atau apapun bisa lebih puas rasanya.

7. Yang terpenting buat anak muda sih desain. ‘Kan mau dipakai, dilihat, dan dilihatin ke orang  juga tiap hari, harus kece dong!

Model harus kece via youtube.com

Untuk desain, ini tergantung seleramu sih. Tapi anak-anak kekinian biasanya suka desain yang sederhana dan tetap elegan. Desain-desain yang slim dengan warna-warna netral selalu jadi favorit. Kalau kamu sendiri, suka desain yang seperti apa?

Jangan lupa 7 spesifikasi yang harus diperhatikan tadi, ya! Biar kamu nggak kecewa atau tanya sana-sini, lebih baik kamu menjadi pribadi yang lebih jeli. 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!