Awal bulan sebentar lagi menjelang, uang bulanan pun sudah siap untuk kamu terima. Biasanya sih, kamu langsung membayangkan akan menggunakan uang tersebut untuk membeli seluruh kebutuhan (yang lebih seringnya tidak terlalu dibutuhkan) bulananmu. Mulai dari makanan enak, stok camilan, sampai koleksi mainan atau pakaian terbaru. Namun tak kalah sering juga, belum sampai setengah bulan uangmu sudah ludes entah untuk apa.

Supaya kepailitan di akhir bulan nggak lagi terjadi, coba yuk untuk menghemat uangmu mulai bulan ini. Caranya, kamu cuma perlu mengumpulkan niat yang kuat dan mengikuti tips yang Hipwee berikan ini, kok. Dan nantinya kamu hanya perlu menghabiskan ± Rp 450.000 saja sampai akhir bulan. Yuk, disimak!

Yang Pertama Harus Kamu Lakukan Adalah Memperhitungkan Biaya dan Variasi Makanan. Soalnya, Kebutuhan Makan Inilah yang Akan Membengkakkan Pengeluaran.

Tetap bisa makan, kok via youtube.com

Berhemat itu bukan berarti kamu nggak makan, lho. Kamu hanya perlu membuat variasi yang pintar dan tepat supaya bisa tetap makan enak, sehat, dan pastinya murah. Ini salah satu variasi makanan yang Hipwee sarankan:

Makanan Wajib Anak Kost: Mie Instan

Semangkuk mie instan penuh godaan via refreze.com

Advertisement

Sepertinya hidupmu sebagai anak kost memang belum sah kalau nggak menyantap mie instan. Tapi berhemat bukan berarti kamu harus menyantap mie instan setiap hari. Maksimal 3 kali saja dalam seminggu, dan harinya juga jangan berturut-turut.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 12 bungkus mie untuk sebulan x Rp 2.000 = Rp 24.000

“Ganjal” Perutmu Dengan Minuman Sereal Sebagai Brunch atau Pengganti Makan Malam

Pengganjal perut yang sehat via laraswati.com

Buat kamu yang nggak terbiasa sarapan atau makan malam dalam porsi besar, minuman sereal ini bisa jadi pilihan untuk mengganjal perutmu yang lapar. Harganya murah, membuatnya pun juga mudah. Lumayan untuk dijadikan selingan dan variasi makananmu selama 1 minggu. Santap minuman sereal ini sebanyak 2 kali dalam seminggu, 2 bungkus untuk sarapan atau 1 bungkus untuk makan malam. Hemat, ‘kan?

Biaya yang harus kamu keluarkan: 12 bungkus untuk sebulan x Rp 2.000 = Rp 24.000

Untuk Santapan yang Lebih “Berat”, Nasi Dengan Lauk-Lauk Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat

Nasi + Telur/Tempe/Tahu

Sehat, nikmat, murah via twicsy.com

Untuk bisa makan menu ini, kamu nggak akan kerepotan mencarinya. Hampir di setiap warung makan pasti ada. Harganya juga terjangkau banget, hanya 6.000 rupiah saja. Jadi, kamu bisa menyantapnya 3 kali seminggu tanpa merasa bersalah.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 12 kali makan untuk sebulan x Rp 6.000 = Rp 72.000

Nasi + Sayur

Nggak kalah nikmat dari telur dan daging via matsui-food.blogspot.com

Makan hemat juga harus tetap sehat. Menu nasi dengan lauk sayur ini bisa jadi pilihan untuk variasi makanmu selama sebulan. Nyarinya gampang, harganya murah, rasanya enak, sehat pula. Kamu nggak akan merasa rugi deh memakannya.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 12 kali makan untuk sebulan x Rp 5.000 = Rp 60.000

Nasi + Ayam/Ikan

Makanan mewah selama berhemat via urukyu.wordpress.com

Akhirnya makan daging juga. Menu satu ini memang menjadi menu termewahmu selama satu bulan ke depan. Karena harganya lumayan mahal dibandingkan yang lain, 10.000 rupiah, kamu harus benar-benar memperhitungkan kapan saja harus menyantap menu ini. Sebagai saran, makanan ini bisa kamu santap sebagai menu untuk berbuka puasa sunnah nantinya.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 8 kali makan untuk sebulan x Rp 10.000 = Rp 80.000

Lengkap sudah menu makanmu selama 1 bulan ke depan. Dan dari rincian menu makanan di atas, dalam 1 bulan kamu hanya akan mengeluarkan total uang Rp 260.000 saja!

Sempatkan Dirimu Untuk Berpuasa di Hari Senin dan Kamis, Demi Uang Makan yang Lebih Hemat

Jangan lupa tadarus sambil nunggu bedug maghrib via polengan.blogspot.com

Nggak hanya mengatur menu makanan saja, berpuasa di hari Senin dan Kamis juga bisa menjadi salah satu cara berhemat yang menguntungkan. Pengeluaran uang makanmu lebih sedikit, metabolisme tubuhmu menjadi lebih baik, sudah gitu dapat pahala pula. Kurang nikmat apa lagi coba?

Nah, untuk menu berbukanya, kamu bisa ‘tuh memanfaatkan jatah makanan termewahmu bulan ini, yaitu nasi dan ayam atau ikan. Lumayan untuk mengisi perut yang seharian sudah kosong itu.

Biaya yang harus kamu keluarkan: ya nggak ada dong, ‘kan kamu nggak makan.

Pesan Air Putih Saat Makan di Warung, Sebagai Bukti Cinta ke Dirimu dan Juga Dompetmu

Tuh, gratisnya seumur hidup via pecelndheso.wordpress.com

Hematnya kamu dalam mengatur pengeluaran untuk makan juga perlu didukung dengan memperhatikan apa yang kamu pesan sebagai minuman. Kalau biasanya kamu memesan es teh manis, es jeruk, atau jus, coba kali ini kamu mulai memesan air putih sebagai minumanmu. Rasanya memang nggak sesegar minuman dingin lainnya, tapi setidaknya kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena air putih seringkali disediakan secara gratis dan bisa diambil berulang kali.

Biaya yang harus kamu keluarkan: Rp 0

Gunakan Sepeda Motormu Dengan Bijak. Kalau Tidak, Anggaran Bensinmu Akan Membludak.

Gunakan bensinmu dengan bijak via www.beritakendal.com

Kendaraan yang kamu miliki saat ini jangan sampai membuatmu malas untuk berpergian dengan berjalan kaki. Walaupun harga bensin saat ini sudah turun, kamu harus tetap memperhatikan penggunaannya. Kalau tidak, uang saku bulananmu akan tetap cepat habis karena anggaran bensin yang membludak.

Nah, supaya itu tidak terjadi, kamu harus mulai bijak dalam mempergunakan motormu. Kalau memang jarak yang akan kamu tempuh cukup dekat, pergilah ke tempat tersebut dengan berjalan kaki. Ke kampus, warung makan, atau kost teman misalnya. Berjalan kaki seperti bisa menghemat anggaranmu setiap bulan karena hanya sedikit bensin yang terbakar untuk berpergian.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 8 liter untuk sebulan x Rp 6.700 = Rp 53.600

Kebutuhan Dasar Dirimu Sebenarnya Tidak Banyak. Jadi, Ketahui yang Mana yang Benar-Benar Kamu Perlukan

Beli yang perlu saja via 2.bp.blogspot.com

Di setiap awal bulan, seringkali kita menghabiskan banyak uang di supermarket untuk membeli berbagai macam kebutuhan hidup. Mulai dari makanan hingga kosmetik dan camilan. Padahal, sebenarnya nggak semuanya kita butuhkan. Justru lebih sering kita membelinya hanya karena mata kita sedang “lapar” saja.

Matamu yang mudah “lapar” saat sedang di supermarket itu jangan dibiarkan. Untuk bisa berhemat, kamu harus tahu sebenarnya apa saja kebutuhan dasarmu sehari-hari. Dan sebenarnya, kebutuhan itu nggak banyak, kok. Hanya makan, minum, dan juga mandi.

Jadi, saat sedang berbelanja, belilah hanya kebutuhan untuk mandi dan membersihkan diri saja. Untuk makanan, kamu sudah mengatur menu untuk makan di warung. Dan untuk minum, kamu hanya tinggal memasak air sendiri saja di kostan. Hemat, ‘kan?

Biaya yang harus kamu keluarkan: 

  • 1 Sabun batangan: Rp 3.000
  • 1 Pembersih wajah: Rp 15.000
  • 1 Pasta gigi: Rp 12.000
  • 1 Botol sampo: Rp 13.000
  • Air minum: masak sendiri, Rp 0

Total: Rp 43.000

Jangan Terus Bergantuk Pada Jasa Laundry, Untuk Berhemat Kamu Perlu Mencuci Sendiri

Cuci sendiri biar hemat via youtube.com

Selain jangan malas berjalan kaki, kamu juga nggak boleh malas untuk mencuci bajumu sendiri. Menggunakan jasa laundry untuk mencuci bajumu memang jauh lebih praktis dan cepat, tapi di sisi lain juga membuatmu boros. 2 kali me-laundry 2 kg bajumu saja sudah menghabiskan 12.000 rupiah dalam seminggu. Kalau 1 bulan, sudah nyaris 50.000 rupiah.

Biar uangmu itu bisa dihemat untuk makan, nggak ada salahnya untuk mulai mencuci bajumu sendiri. Kamu cuma perlu membeli deterjen dan pewangi konsentrat yang harganya juga nggak mahal, kok. Lagipula, lumayan ‘kan mencuci baju ini bisa dijadikan olahraga gratisan?

Biaya yang harus kamu keluarkan:sachet deterjen (@ Rp 1.500) + 8 sachet pewangi konsentrat (@ Rp 1.500) untuk mencuci baju 8 kali sebulan = Rp 24.000

Tersambung ke Internet Nggak Perlu Mahal, Cukup Beli Perdana Kuota yang Banyak Promonya

Banyak pilihan, banyak promo via infomultiguna.wordpress.com

Sambungan internet pasti hampir setiap hari kamu butuhkan. Entah untuk mengerjakan tugas, bekerja, atau sekadar berselancar saja di dunia maya. Kalau selama ini kamu masih mengandalkan jasa warnet, coba deh untuk beralih menggunakan modem. Walaupun sinyalnya nggak stabil-stabil banget, kecepatannya cukup bisa diandalkan, kok.

Modem yang sudah kamu beli itu nggak perlu diisi pulsa kalau sudah mati aksesnya. Beli lagi saja paket kuota perdana karena biasanya memberikan harga promo yang murah dan menguntungkan. Cari paket yang paling sesuai dengan kebutuhan, kira-kira 3 GB sudah cukup memenuhi kebutuhan aksesmu selama sebulan.

Biaya yang harus kamu keluarkan: Paket kuota perdana 3 GB = Rp 25.000

Atau Kamu Bisa Dengan Pintarnya Pergi ke Perpustakaan Kampus Untuk… Numpang Internetan

Manfaatkan fasilitas kampus via rina-rantiasih.blog.ugm.ac.id

Bayar kuliah yang sebegitu mahalnya jangan sampai disia-siakan. Manfaatkan dengan total seluruh fasilitasnya, termasuk akses internet cepat, tanpa batas, dan GRATIS. Ini sih bukan lumayan lagi untuk berhemat. Hehehe 😀

Biaya yang harus kamu keluarkan: Tidak ada a.k.a Rp 0 a.k.a GRATIS

Walaupun Lagi Berhemat, Kamu Tetap Bisa Hangout. Tapi… Beli yang Paling Murah

Yang penting ngumpul via lamourduciel.wordpress.com

Berhemat bukanlah alasan kamu nggak bisa ikut hangout bersama teman-teman di malam minggu. Kamu cuma perlu ingat kalau niat utamanya adalah untuk kumpul dan ngobrol, bukan ajang icip-icip makanan atau minuman terenak. Jadi, pesan saja menu yang paling murah. Mungkin es teh manis, mungkin juga soft drink. Nggak usah malu, namanya juga lagi hemat. Lagipula nggak mungkin juga kok para pelayan kafe atau restoran mengejekmu karena kamu hanya pesan soft drink.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 2 kali hangout dalam sebulan x Rp 10.000 = Rp 20.000

Nah, itulah rincian biaya kehidupan dasarmu selama 1 bulan. Kalau ditotal, inilah biaya hidup yang perlu kamu keluarkan:

Makanan enak penuh variasi = Rp 260.000

Bensin = Rp 53.600

Belanja kebutuhan dasar = Rp 43.000

Deterjen+pewangi = Rp 24.000

Kuota internet = Rp 25.000

Hangout di malam minggu = Rp 20.000

Total = Rp 425.600!

Berhemat itu mudah, kok. Lihat saja, rincian di atas sudah memenuhi hampir seluruh kebutuhan dasarmu, ‘kan? Nah, sekarang kamu hanya perlu meneguhkan niat supaya bisa lebih banyak menabung dan bisa berhemat. Selamat mencoba!