Hampir setiap orang, terutama mereka yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-harinya, pernah merasakan perihnya terkena panas knalpot. Hal ini mengakibatkan bekas luka hitam yang mengganggu penampilan. Memang, pada umumnya bekas luka hitam di kulit nggak bisa memudar dalam waktu singkat apabila dibiarkan, mungkin bisa berbulan-bulan bahkan tahun, tergantung tingkat keparahan luka tersebut.

Saat ini sudah banyak produk farmasi yang diklaim dapat menghilangkan bekas luka membandel di kulit. Namun tentu saja produk tersebut mengandung bahan kimia yang kerap dinilai kurang bersahabat dengan kulit. Nah, untuk mengatasi bekas luka menghitam akibat knalpot, bahan-bahan alami ini bisa jadi solusinya. Seperti yang telah Hipwee Tips rangkum berikut.

1. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, bawang putih terkenal khasiatnya sebagai anti bakteri dan mencegah infeksi

Bawang putih via www.rd.com

Karena kandungannya yang anti bakteri dan ampuh cegah infeksi, bawang putih bisa membantu menyembuhkan dan merawat bekas luka, termasuk bekas luka bakar akibat knalpot. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih, lalu balurkan pada bekas luka knalpot. Tunggu beberapa saat sampai kering dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap sehari sekali.

2. Putih telur memiliki kemampuan memadatkan jaringan sel kulit yang rusak hingga kulit kembali membaik dan terbebas dari bekas luka

Advertisement

Putih telur terbukti mengandung protein alami yang khasiatnya baik untuk mengatasi masalah kulit. Cukup pisahkan telur antara bagian putih dan kuningnya, lalu oleskan putih telur pada bekas luka bakar knalpot. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air. Lakukan pengolesan ini secara teratur setiap hari.

3. Mengoleskan mentimun secara rutin juga akan mengikis bekas luka knalpot perlahan

Mentimun via fitlife.tv

Mentimun memiliki kandungan zat silika yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah keriput. Dengan kemampuannya ini, jangan heran jika banyak produk kecantikan yang banyak menggunakan bahan alami dari mentimun ini. Caranya mudah, cuci mentimun segar lalu haluskan. Oleskan pasta mentimun ini pada bekas luka, diamkan sepanjang malam lalu bilas dengan air keesokan harinya. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur, ya!

4. Salah satu bahan alami yang juga manjur menghilangkan bekas luka knalpot adalah madu. Memang juara sih!

Madu memiliki kandungan zat anti radang yang membuat kulit yang luka cepat sembuh dan kulit yang rusak dapat beregenerasi dengan sendirinya. Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama 15-20 menit. Nggak hanya saat sebelum tidur, cara ini bisa kamu terapkan kapan saja.

5. Kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit membantu mempercepat pengeringan dan pengelupasan bekas luka knalpot

Caranya: ambil kunyit secukupnya, cuci bersih kemudian diparut. Balurkan parutan kunyit tersebut pada bekas luka knalpot, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Kunyit diketahui mengandung zat curcumin yang merupakan zat anti radang. Curcumin ini membantu mempercepat pengeringan dan pengelupasan pada bekas luka knalpot.

6. Gel lidah buaya mampu mendinginkan luka, meregenerasi jaringan kulit yang cedera dan mengeringkan luka dengan cepat

Lidah buaya via www.frauenzimmer.de

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka. Cobalah untuk menerapkan cara ini 2-3 kali dalam sehari. Bahan alami ini dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru karena mengandung asam amino dan ligmin yang cukup banyak. Mengoleskan gel lidah buaya sebagai pertolongan pertama saat kulit terkena panas knalpot juga mencegah kemunculan bekas luka, lho!

7. Minyak zaitun bertindak sebagai antioksidan yang aktif dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Minyak zaitun via www.standard.co.uk

Selain menjaga kecantikan, minyak zaitun juga berfungsi untuk membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka, nggak terkecuali bekas luka knalpot. Dengan teratur mengoleskan minyak zaitun terutama pada malam hari sebelum tidur, maka bekas luka knalpot akan menghilang perlahan. Kandungan minyak zaitun dapat membantu mempercepat regenerasi jaringan pada kulit yang terbakar.

8. Ternyata daun mint juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka, bahkan bekas jerawat, memar, atau luka bakar lainnya

Daun mint via www.simplyscratch.com

Langkah pertama, tumbuk beberapa lembar daun mint kemudian oleskan pada bekas luka knalpot. Diamkan beberapa saat sampai mengering kemudian bersihkan menggunakan air. Sisa bahan olesan ini bisa kamu simpan di kulkas untuk pemakaian berikutnya. Lakukan setiap hari agar pengobatannya bisa lebih maksimal, ya!

Menghilangkan bekas luka, termasuk akibat panas knalpot itu nggak ada yang instan, bahkan operasi plastik dan laser pun memerlukan waktu. Jadi kamu perlu bersabar menunggu hasil dari perawatan yang dijalani. Apalagi jika menggunakan bahan alami, maka akan membutuhkan waktu yang nggak sedikit dan butuh ketelatenan dalam pengaplikasiannya. Semoga berhasil dan kulitmu jadi mulus seperti sediakala, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya