Buat kamu para pekerja keras, seringkali masalah pulang telat dan pekerjaan yang menumpuk menjadi sebuah hal yang bisa buatmu merasa tertekan dan stres. Secara nggak sadar, mungkin sebenarnya persoalan itu datang dari diri kamu sendiri yang terlalu santai saat bekerja.

Seharusnya kamu selalu memiliki target dan jadwal yang kamu buat sendiri agar semua pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin bisa pulang tepat waktu dan nggak lagi punya tumpukan kerjaan di meja kerjamu. Yuk, disimak.

Buat skala prioritas buat pekerjaanmu, biar kamu nggak bingung mau mendahului pekerjaan yang mana dulu.

prioritasku, kamu. eh… via penginanuitu.com

Saking banyaknya pekerjaan yang harus kamu kerjakan, wajar rasanya kalau kamu jadi bingung untuk mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Untuk itu, cobalah buat skala prioritas atas itu, mulai dari pekerjaan yang paling penting, diikuti dengan pekerjaan yang paling mudah untuk kamu kerjakan. Dengan kamu tau yang mana yang menjadi prioritas, pasti semua pekerjaan akan selesai tepat pada waktunya.

Atur waktu saat bekerja. Pasang target dan buat susunan jadwal yang mudah diingat setiap harinya.

atur jadwal dulu, yuk… via www.movedandshaken.com

Advertisement

Kamu harus mulai membuat susunan jadwal di pagi hari untuk semua pekerjaan yang harus dikerjakan pada satu hari tersebut. Selain itu, pasanglah target untuk menyelesaikannya. Target itu akan sangat berguna untuk memacu semangatmu demi menyelesaikan pekerjaan yang melambai-lambai di atas meja kerjamu. Yuk, buat jadwal dan pasang target! 🙂

Selagi ada di jam kerja, coba deh berhenti memikirkan hal-hal kecil yang nggak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Fokus, Kak!

mantan ke laut dulu ya…

Fokus! Yap, itu jadi salah satu hal yang akan sangat membantumu untuk cepat menyelesaikan pekerjaanmu. Saat ada di jam kerja, cobalah untuk mengenyampingkan pikiran yang nggak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Apalagi pikiran tentang si mantan yang mengganggu, duh, ingat masih ada malam hari untuk mikirin dia. :p

Menjaga jarak dengan sosial media juga wajib hukumnya. Biar pekerjaan nggak terbengkalai dan selesai tepat waktunya!

no socmed! via socialmediatipz.com

Jaga jarak dengan gadget dan media sosial pada jam kerja menjadi satu hal yang wajib kamu lakukan, karena kalau sebentar aja kamu membukanya, kamu akan terlena dan lupa waktu untuk melanjutkan pekerjaanmu. Jadi, lebih baik jauh-jauh dari HP-mu selama ada di jam kerja sampai waktu pulang tiba. Buat kamu yang jomblo mungkin mudah aja, tapi yang punya pasangan, si pacar juga akan ngerti kok kalau kamu lagi kerja. 🙂

Saat jam istirahat, maksimalkan waktu buat beristirahat. Bikin pikiran dan badanmu tetap fresh, ya…

istirahat di tempat, grak! via www.resepbanget.com

Jangan memaksa tubuh dan pikiranmu untuk terus bekerja keras, keduanya punya hak untuk istirahat. Jadi, saat waktu istirahat tiba kamu harus bisa bijaksana menyediakan waktumu untuk beristirahat sejenak. Dengan beristirahat, kamu akan tetap fresh seharian meski pekerjaanmu segudang.

Yang terpenting kamu nggak boleh menggampangkan pekerjaan. Rasa malas jadi satu-satunya yang harus kamu singkirkan!

nggak boleh mlz, mz! via tipsbejo.blogspot.com

Jangan pernah kamu berpikir masih ada hari esok untuk menyelesaikan pekerjaanmu yang tertunda. Kalau sampai kamu menggampangkannya seperti itu, maka pekerjaanmu nggak akan pernah selesai tepat pada waktunya. Akibatnya, ya, kamu akan menikmati kepusingan itu sendiri. Jadi, apa masih mau bermalas-malasan dan menunda semua pekerjaan?

Sebenarnya menyelesaikan pekerjaan tepat waktu itu bukan hal yang susah untuk kamu lakukan, asal kamu memiliki niat dan kemauan yang besar untuk bisa pulang tepat waktu tapi dengan tidak meninggalkan pekerjaan. Semua bisa kamu lakukan kok dengan semangat dan motivasi yang kamu buat sendiri. Mulai sekarang, coba untuk lebih tanggungjawab dan jangan lupa menerapkan hal-hal di atas ya. Semangat! 🙂