Setelah padi yang ditanam oleh para petani selesai dipanen, biasanya mereka akan menggarap kembali lahannya atau menanaminya dengan jenis tumbuhan lain seperti ubi jalar. Kamu pasti sudah akrab kan dengan yang namanya ubi jalar ini? Nah, sudah pada tahu juga belum kalau si ubi ini bisa banget dimanfaatkan hasilnya untuk kemudian diolah menjadi berbagai makanan enak?

Apa? Direbus, digoreng, dan dibakar? Lebih dari sekadar itu. Sebab, ubi jalar yang termasuk golongan umbi-umbian ini dapat sekali diolah dan dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya menjadi berbagai sajian yang modern dan menarik. Hanya saja, berbeda dengan menikmati ubi jalar rebus dan ubi jalar bakar yang bisa langsung dinikmati tanpa menambahkan terlebih dahulu campuran bahan lain. Untuk mentransformasikan menjadi makanan ‘kekinian’, ubi jalar harus diolah dulu hingga menjadi adonan. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba berbagai olahan ubi, simak yuk 7 resep kece berikut ini!

1. Brownies kukus ubi ungu emang paling recomended buat menemani harimu. Gak usah beli, bisa kok bikin sendiri…

nelen ludah deh! via 2.bp.blogspot.com

Siapa yang nggak doyan brownies kukus? Kue satu ini diminati oleh banyak orang dan beragam kalangan. Kata kebanyakan dari mereka, membuat kue ini pun nggak gampang. Ah belum pernah coba kan? Coba yuk mari! Brownies dikenal pula sebagai bolu bertekstur lembut dan kelasnya lebih mewah dibanding bolu biasa. Siapa sangka kalau ubi ungu bisa juga jadi bahan dasarnya.

Bahan-bahan :

Advertisement
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 300 gr ubi ungu, kukus dan haluskan dulu
  2. 4 butir telur
  3. 75 gr coklat putih yang telah dilelehkan
  4. 100 ml minyak sayur
  5. 125 gr gula pasir
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 1 sdt ovalet
  8. 150 gr tepung terigu
  9. 60 gr susu bubuk
  10. 1/2 sdt baking powder
    Langkah yang kudu kamu lakukan :
    1. Mixer telur, gula pasir, ovalet dan vanili bubuk hingga mengembang dan kaku.
    2. Masukkan terigu, susu bubuk dan baking powder, aduk rata menggunakan spatula.
    3. Lalu masukkan ubi kukus yang telah dihaluskan di awal, ditambah dengan coklat putih, dan minyak sayur, kemudian aduk rata.
    4. Setelah selesai, masukkan adonan kedalam loyang, kemudian kukus hingga matang, dan angkat.
    5. Tadaaa… Sajikan dengan topping atau taburan sesuai selera.

2. Siapa bilang ubi cuma buat yang manis-manis aja? Coba deh bikin resep kombinasi ubi dan ikan patin ini!

ini ubi, ini patin via img-global.cpcdn.com

Tahu nggak apa aja kandungan dalam ubi jalar? Di dalamnya, ada 76% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi atau sekitar satu cangkir. Lalu, kandungan dalam ikan patin? Diantaranya ada kandungan lemak lebih rendah dibanding jenis ikan lainnya, terutama dua asam lemak esensial DHA sebesar 4,74% dan EPA sebesar 0,31%. EPA sendiri merupakan jenis lemak yang terkandung di dalam makanan dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kebayang nggak kalau dua bahan ini dijadikan dalam satu hidangan menu? Betapa besar manfaatnya bagi tubuh kita wahai manusia~~~

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. segenggam beras
  2. segenggam beras merah
  3. 1/2 potong ikan patin
  4. 1/2 buah ubi merah
  5. 1/2 buah ubi ungu
  6. sedikit butter
  7. sedikit keju
  8. 350 ml air
    Langkah yang kudu kamu lakukan :
  1. Kukus terpisah ubi dan ikan patin.
  2. Didihkan air, lalu masak beras dan beras merah sampai menjadi bubur.
  3. Setelah semua matang, siapkan blender. Lalu masukkan semua bahan kedalam blender termasuk keju dan butter. Blender semuanya sampai sedikit halus.
  4. Selesai… Bubur siap dikonsumsi!

3. Pengen bikin mie dari ubi? Bisa aja! Ini nih resep mie ubi ungu yang boleh banget kamu coba…

mie gulung gulung via aws-dist.brta.in

Apa sih yang bisa menarik hati seseorang untuk mengonsumsi makanan? Sudah tentu dari tampilannya dulu, rasa bahkan bisa nomor dua atau nomer kesekian, setelah tampilan, tempat yang nyaman, dan dengan siapa kita menikmatinya, Ciyeee~~~ Mie berwarna ungu sudah tentu bisa menjadi pusat perhatian masyarakat kita. Bukan, bukan karena pewarna buatan, melainkan karena pewarna alami dari si ubi jalar berwarna ungu. Penasaran kan? Sok cobain yuk!

Bahan – bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 250 gr ubi ungu yang telah dikukus, haluskan dulu ya..
  2. 300 gr terigu berprotein tinggi
  3. 50 gr sagu
  4. 50 gr tepung beras
  5. 1 1/2 sdt garam
  6. 2 butir telur
  7. 60-70 ml air
  8. Sagu secukupnya untuk taburan mie
    Langkah yang kudu kamu lakukan :
  1. Campur semua bahan. Tuang air sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga adonan kalis.
  2. Kemudian, bagi-bagi atau pisahkan adonan tersebut.
  3. Gilas adonan dengan rolling pin setipis mungkin, potong-potong dengan pisau.
  4. Taburi sagu agar adonan tidak saling menempel dan tata di wadah yang bertutup.
  5. Lakukan terus menerus hingga adonan habis.
  6. Simpan di kulkas.
  7. Adonan mie bisa dipanggang atau dijemur lebih dulu agar mienya kering, baru disimpan.
  8. Lalu, jika ingin digunakan, langsung rebus di air mendidih yang ditetesi dengan sedikit minyak.
  9. Angkat dan tiriskan.
  10. Mie siap diolah.

4. Tanpa perlu beli cake tiramisu di cafe, kamu justru bisa bikin sendiri tiramisu ubi ungu yang maknyus di rumah!

bisa jadi dessert andalan via 1.bp.blogspot.com

Tiramisu cake. Hmmmm yummy! Mungkin itulah kata yang spontan terucap ketika ada orang menyebut tiramisu cake. Sajian satu ini berasal dari Italia. Biasa digunakan sebagai dessert atau makanan penutup dalam sebuah jamuan. Sebagian orang menyatakan, rasa yang didapat pasca menikmatinya sangat khas. Yakni, perpaduan antara kopi dan keju dalam cake  yang bertekstur lembut. Lantas bagaimana jika ubi masuk juga dalam kombinasi nan mewah itu?

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 sdt vanili
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 2 sdm butter
  4. 150 gr tepung terigu protein tinggi
  5. 200 gr ubi jepang (2 buah)
  6. 2 sdt baking powder
  7. 2 btr telur
  8. 3 sdm santan kara
  9. 3 sdm vanilla latte bubuk
  10. 1 sdm bubuk kayu manis
  11. 1 sachet kopi/tiramisu instan
    Langkah yang kudu kamu lakukan :
    1. Rebus ubi hingga lembut lalu haluskan.
    2. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
    3. Lalu lelehkan butter, masukkan ke dalam adonan telur. Masukkan tepung terigu, kopi sachet, ubi yang sudah dihaluskan dan vanili serta baking powder. Kocok kembali hingga tercampur rata.

Kemudian, setelah tercampur rata, tuang 1/2 adonan ke loyang. Masak dengan menguukus kurang lebih 10 menit. Barulah timbun lagi dengan sisa adonan yang ada. Masak kembali 15 menit (total 30-40 menit sampai matang).

Setelah matang, tiriskan. Taburi diatasnya dengan ayakan bubuk vanilla dan kayu manis. Kue pun siap untuk dinikmati!

5. Ini nih yang manis dan segar rasanya, puding ubi ungu yang bakal mendinginkan hatimu dari panasnya api asmara cuaca kota~~

lezat zat zat! via 3.bp.blogspot.com

Tradisi membuat puding untuk hidangan pencuci mulut memiliki sejarah panjang yang berasal dari berabad-abad lalu. Puding biasanya memang digunakan sebagai hidangan pencuci mulut yang padat, sering kali hangat, tetapi beberapa jenis juga dingin. Puding juga dikenal sebagai makanan berserat yang berperan bagus untuk kelancaran pencernaan. Daripada duit dihabisin buat beli aneka puding di restoran, kenapa nggak coba bikin sendiri dari bahan-bahan alami seperti ubi?

Bahan-bahan :

  1. 250 gr ubi ungu kukus dan haluskan
  2. 500 ml susu uht
  3. 100 ml air
  4. Gula pasir secukupnya tergantung selera
  5. 1 bungkus agar-agar bubuk plain

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Campur semua bahan.
  2. Masak di atas api sedang, aduk-aduk sampai meletup.
  3. Masukan ke dalam cetakan sesuai selera, tunggu sampai dingin siap disajikan. (Masukkan ke dalam lemari pendingin supaya lebih nikmat.

6. Mau panganan sehat tapi tetap nikmat? Pempek ubi rambat ini bisa banget jadi solusi penghilang penat.

camilan sehat via 2.bp.blogspot.com

Mungkin kamu semua sudah tahu apa sih pempek itu? Ya wajar, siapa coba yang nggak tau camilan khas Palembang satu ini, secara makanan daerah ini udah terkenal banget se-Indonesia. Penyajian pempek biasa ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko bahasa Palembangnya. Lantas, gimana ya kalau pempek ini dibuat dari ubi rambat? Hmmmmm intip yuk resepnya…
Bahan-bahan :
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 3 buah ubi rambat merah ukuran sedang
  2. 500 gr tepung terigu
  3. 1 sdt garam
  4. Air secukupnya
  5. 20 buah cabe rawit
  6. 3 sdm ebi
  7. 100 gr gula merah
  8. 5 bh bawang putih
  9. 10 sdm cuka
    Langkah yang kudu kamu lakukan :
  1. Buat adonan tepung seperti membuat bakwan.
  2. Ubi rambat dipotong-potong hingga berbentuk korek api.
  3. Lalu goreng dengan adonan tepung tadi.
  4. Haluskan semua bumbu.
  5. Didihkan air dan gula merah lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, dan cuka, serta sedikit kecap manis.

Jadi, gimana? Enam resep berbahan dasar ubi ini masih kurang? Cobain dulu gih, dijamin pasti ketagihan! Hihiiii 😀