Pernah nggak sih kepikiran dengan nasib kaleng-kaleng bekas camilan, seperti Pringles, Chitato, atau Mister Potato selain dibiarkan menumpuk sampai akhirnya dibuang? Mengingat kamu mengonsumsinya pasti nggak hanya sekali atau dua kali. Mungkin juga orang terdekatmu yang justru hobi sekali dengan camilan sejenis itu. Alih-alih menjadi orang yang tak ramah lingkungan dengan membiarkan kaleng bekasnya terbuang begitu saja, kamu bisa lho menyulapnya jadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Penasaran kaleng-kaleng bekas tadi bisa didaur ulang jadi apa saja? Yuk, ikutin beberapa DIY dari daur ulang Kaleng bekas camilan yang Hipwee Tips kumpulkan! Mulai dari yang paling sederhana, sampai kamu sendiri nggak akan mengira, “kok bisa ya!”

1. Tanpa mengubah fungsinya, kaleng bekas tadi tetap bisa kamu jadikan tempat makanan kering atau camilan lagi. Modalnya cuma kertas kado!

Tempat pasta via thekrazycouponlady.com

Nggak perlu banyak modal. Kamu tinggal sediakan kertas kado, lem atau isolasi warna. Lalu, kaleng-kaleng bekas camilan kamu bersikan terlebih dahulu dari remah-remah atau bumbu camilan sebelumnya.

Setelah bersih, kamu tinggal kreasikan dengan alat-alat yang sudah kamu sediakan. Dan tempat untuk pasta atau bahan makanan keringnya pun siap digunakan. Jadi lebih rapi ‘kan?

2. Kaleng bekas camilan juga bisa jadi vas bunga fancy, cocok buat jadi pajangan di ruang tamu

Advertisement

vas bunga fancy ala-ala rustic via www.guidecentr.al

Kamu tinggal siapkan tali rami, lem serta beberapa hiasan seperti daun dan bunga. Lalu kamu bisa segera mulai mengoleskan lem dibagian luar kaleng. Setelah itu, lilitkan tali rami dengan rapi sampai semua bagian tertutup. Diamkan hingga lem kering atau tali rami benar-benar lekat. Terakhir, kamu tinggal memasang hiasan tema rustic sesuai seleramu, dan vas bunga fancy pun siap jadi pajangan nan indah!

3. Biar koleksi kalungmu selalu rapi, yuk sulap kaleng camilan jadi begini!

rapi kan kalungnya

Biar kalung-kalungmu nggak tercecer, hilang atau rusak, nggak susah juga kok menyulap kaleng bekas ini. Kamu tinggal siapkan karton atau kain flanel, lem, dan pin board atau hook kecil.

  • Kamu bisa memulai dengan melapisi bagian luar kaleng dengan karton atau kain flanel.
  • Buat bagian luar hingga sedikit lebih tebal, supaya bisa untuk mengaitkan pin board dan hook.
  • Setelah lapisan depan kaleng terpasang rapi, kamu tinggal mengkaitkan pin board atau hook secukupnya.

Akhirnya, display kalung-kalung kesayangmu pun bisa dipakai. Kamu juga bisa mempercantiknya dengan tambahan hiasan yang pastinya sesuai seleramu, ya. Selamat mencoba!

4. Pernah lihat kaleng bekas camilan jadi celengan? Ini nih penampakannya

Rajin menabung pangkal kaya via recycled-craft.blogspot.co.id

Ada yang dari kemarin rencana nabung di rumah, tapi belum kesampaian soalnya belum sempat beli celengannya. Udah nggak perlu beli celengan, kamu bisa lho membuatnya dari kaleng bekas camilan. Malah, kamu bisa membuatnya sesuai seleramu, seperti celengan denim ini.

Bahan-bahannya juga nggak banyak, cuma celana atau kemeja jeans bekas yang ada di rumah,dan lem secukupnya.

  • Potong jeans bekas sesuai dengan ukuran kaleng.
  • Lalu rekatkan potongan jeans tadi ke bagian luar kaleng dengan lem. Pastikan semua bagian potongan jeans melekat dengan baik ke permukaan kaleng.
  • Untuk bagian tutup, kamu bisa memakai tutup kaleng yang juga dilapisi oleh jeans.
  • Jangan lupa lubangi bagian atas seukuran uang logam paling besar.
  • Celengan denim pun siap digunakan!

5. Lebih canggih lagi, kaleng bekas camilanmu bisa jadi speaker untuk handphone-mu, wow!

Si kaleng bekas yang disulap jadi canggih via www.nx2.com

Nggak ada yang lebih canggih selain mendaur ulang kaleng bekas camilan jadi speaker untuk ponselmu. Alih-alih beli speaker portable yang harganya sudah pasti di atas 100 ribu, mending kamu buat sendiri. Nggak susah dan nggak butuh banyak modal, kamu bisa menyediakan kertas kado, lem, pensil untuk penanda dan dua potongan kayu sebagai menyanggah bagian bawah kaleng.

Membuatnya pun tinggal lubangi bagian belakang kaleng dengan ukuran selebar ponselmu. Sebisa mungkin ukurannya pas dengan ponselmu. Setelah itu, rekatkan kertas kado yang sudah kamu siapkan. Jangan lupa juga lubangi dibagian tempat meletakkan ponsel. Terakhir, rekatkan kayu penyanggah di bagian bawah. Biarkan dibagian depan terbuka lebar, dan speaker portabel dari kaleng camilan pun siap digunakan!

6. Biar tampilan kamarmu tambah manis, kaleng camilan bekas yang kamu punya juga bisa disulap jadi vintage box cantik

vintage box via www.icreativeideas.com

Selain jadi vas bunga fancy, kaleng bekas camilan juga bisa kamu sulap menjadi vintage box serbaguna. Kali ini bahan dan alat yang digunakan cukup banyak. Bahan-bahannya mulai dari kaleng bekas camilan ukuran besar pastinya, karton, kain perca, manik-manik, renda, kancing, bunga kertas sebagai hiasan, pengait, lem sampai benang. Sedang alat-alatnya, gunting, cutter, penggaris, jarum, dan pensil sebagai penanda.

  • Pertama, kamu potong bagian bawah atau belakang sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Lalu belah menjadi dua kaleng yang ingin dijadikan box dengan menggunakan cutter. Biarkan di satu sisi kaleng masih menyatu. Setelah itu lapisi dengan kain perca, dan renda di dua sisi tempat kancing serta pengait dijahitkan.
  • Kedua, buat penutup bagian samping kanan dan kiri dengan karton yang tadi siapkan. Potong karton menjadi lingkaran dengan diameter sebesar kaleng. Kemudian lapisi seluruh bagian (depan – belakang)  karton dengan kain perca. Baru setelah itu direkatkan di sisi kanan dan kiri box dengan menggunakan lem.
  • Terakhir, hiasi box dengan hiasan bunga kertas, pita serta manik-manik sesuai dengan seleramu. Dan vintage box buatanmu pun bisa jadi pemanis meja belajar sekaligus tempat penyimpan aksesoris seperti gelang, cincin atau kalung. Lucu ‘kan, girls?!

7. Calon ibu-ibu muda wajib tahu nih, kaleng bekas camilan buat tempat mainan anak-anak

tas tempat panah mainan, biar anak senang via id.pinterest.com

Jadi ibu juga harus kreatif, paling tidak bisa membuatkan mainan-mainan lucu dari hasil daur ulang. Supaya lebih ramah lingkungan, pastinya pun lebih hemat pengeluaran untuk mainan anak-anak. Salah satunya seperti tas untuk tempat anak panah.

Bahannya hanya kaleng camilan, kertas kado dengan motif serta warna lebih sederhana, kertas coklat polos yang kamu hiasi dengan tulisan tanganmu sendiri, dan pita untuk jadi pegangan tas.

Cara membuatnya tak berbeda jauh dengan yang daur ulang sebelumnya. Kamu tinggal melapisi bagian luar kaleng dengan kertas kado dan kertas coklat sesuai seleramu. Setelah itu, beri tambahan pita dibagian belakang dan tas untuk menyimpan anak panah serta busur mainan pun siap dipakai!

8. Dengan memotongnya menjadi dua, kaleng yang semula sampah ini bisa kamu kreasikan menjadi wadah serbaguna. Ah, ini sih harus coba!

wadah serbaguna via pinterest.com

Siapkan dulu bahan-bahan seperti 1 buah kaleng bekas, cutter, gunting, kertas kado dan double tape. Lalu, inilah cara membuatnya:

  • potong kaleng camilanmu menjadi dua bagian
  • lapisi kaleng dengan kertas kado sesuai selera dan pastikan double tape-nya merekat dengan sempurna
  • jadi deh!

Bagaimana, seru ‘kan daur ulang kaleng bekas camilan yang sudah Hipwee Tips rangkum? Kira-kira kamu berminat mencoba yang mana nih? Biar kalengnya nggak menumpuk dan jadi limbah saja. Selamat berkreasi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya