Salah satu hal yang paling zonk dan sering membuat sebal adalah dipanggil dengan atribut yang salah. Lagi jalan-jalan di mall, lewat di depan booth susu bayi lalu disapa: “Silakan Bunda. Lihat dulu susunya.” Di lain kesempatan kamu masuk ke toko dengan sapaan yang menimbulkan sakit di ulu hati:

“Ada yang bisa dibantu, ((((Bu?))))”

Mendapati diri dalam situasi macam ini membuatmu ingin mengeluarkan KTP untuk menunjukkan umur yang sebenarnya. Umur masih 23 kok udah sering dipanggil pakai “Bu”, “Pak” atau bahkan “Bunda.” Biar hal-hal ini nggak terjadi lagi pertahankan gestur-gestur ini saja. Biar ‘kemudaanmu’ tetap terjaga.

1. Usahakan bicara sambil tersenyum. Biar mukamu nggak kelihatan tua

Usahakan bicara sambil tersenyum (Via Shutterstock) via www.shutterstock.com

Hal yang sering membuat kita terlihat lebih tua dari umur sebenarnya adalah muka yang lebih sering ditekuk dan dahi yang mengkerut karena berpikir serius. Dampaknya, template muka kita jadi seperti cemberut terus.

Advertisement

Agar terlihat tetap muda dan pas dengan umurnya kamu bisa mulai mencoba untuk berusaha bicara sambil tersenyum. Cara ini akan membuat otot-otot di mukamu tertarik keatas sehingga terlihat lebih segar. Berbicara sambil tersenyum juga akan menarik ujung matamu seperti orang yang sedang tersenyum. Selain tampak lebih muda kamu juga akan terlihat jauh lebih ramah.

2. Jangan sibuk dengan HP saat berjalan. Fokus ke depan. Biar kamu kelihatan ramah dan mudah didekati

Fokus ke depan iar kamu terlihat ramah (Via Shuttersctock) via www.shutterstock.com

Percaya atau tidak, efek terlalu dewasa sering muncul karena gesturmu yang kurang peduli pada lingkungan sekitar. Saat sedang berjalan kamu sibuk membuka email, membalas chat, bahkan sibuk menjawan mention di media sosial.

Hal ini memunculkan aura susah didekati dan terlalu serius pada dirimu. Dampaknya orang lain enggan sekadar menyapa atau mendekatimu. Kalau keseringan begini ya jangan marah kalau kamu dipanggil dengan, “Pak” atau “Bu.”

3. Buat cewek-cewek, hindari membawa tas seperti Ibu-ibu sosialita

Hindari membawa tas seperti ini via www.iodonna.it

Atas nama ingin terlihat anggun dan lebih profesional, kamu sering membawa tas tangan dengan cara yang membuatmu terlihat tua. Tas tangan atau handbag kamu bawa dengan menyelipkan jinjingannya di lengan.

Cara membawa tas yang satu ini mesti dihindari jika kamu tidak ingin dipanggil dengan panggilan yang tidak setara dengan umurmu. Daripada menyelipkan jinjingan tas di lengan, coba cari tas yang punya jinjingan juga tali panjang. Menggunakan tali panjang lebih membuatmu kelihatan muda dan tetap chic kok!

4. Walaupun ingin terlihat dandy, jauh-jauhlah dari sepatu pantofel mengkilat yang membuatmu terlihat tua

Hindari sepatu pantofel yang membuatmu terlihat tua via id.pinterest.com

Sebagai pekerja muda kita sering ingin menunjukkan kalau kita ini profesional dan tidak layak disepelekan. Perasaan ini jelas tidak salah. Tapi kalau tidak hati-hati yang ada kita malah bisa terjebak dalam lingkaran penampilan yang terlalu serius dan membuatmu kelihatan jadi jauh lebih tua.

You do not dress to impress. Dress properly to respect yourself.

Walaupun kelihatannya mengenakan blazer dan sepatu pantofel mengkilat itu keren, coba tanyakan pada diri sendiri apakah memang itu yang membuatmu nyaman? Daripada terlihat seperti manekin yang kaku dengan blazer toh kamu masih bisa memilih kardigan semi resmi dan kemeja. Daripada pakai sepatu pantofel yang berbunyi “Tuk-tuk” saat berjalan kamu bisa menggantinya dengan sepatu loafer yang tetap terlihat resmi.

5. Nggak perlu cengegesan. Munculkan sikap santai dan easy going dengan mengikat rambut ditengah pembicaraan

Ikat rambut ditengah pembicaraan (Via Shutterstock) via www.shutterstock.com

Salah satu hal yang membuatmu dipanggil dengan atribut yang tidak sesuai umur adalah perilaku tidak easy going yangs sering kamu tunjukkan. Kamu terlalu spaneng dan kurang bisa diajak bercanda di tengah pembicaraan.

Merasa kurang bisa melemparkan joke yang bisa mencairkan suasana? Kamu bisa mengakalinya dengan mengucir rambut di tengah pembicaraan. Gestur yang satu ini membuatmu terlihat jauh lebih santai dan approachable. Akhirnya kamu akan kelihatan jauh lebih muda dan nggak salah dipanggil pakai “Pak” dan “Bu” lagi.

6. Setiap bicara coba buka kacamata. Gestur ini membuat orang melihat pribadimu yang sesungguhnya

Lepas kacamata yang membuatmu kelihatan tua (Via Shutterstock) via www.shutterstock.com

Menggunakan kacamata memang seperti pedang bermata dua. Di satu sisi kacamata membuatmu terlihat lebih profesional. Tapi di sisi lain menggunakan kacamata juga bisa membuatmu terlihat jauh lebih serius dan lebih tua.

Agar penggunaan alat bantu lihat yang satu ini tidak membuat wajahmu terlihat lebih tua, coba selalu membukanya saat sedang berbicara dengan seseorang. Membuka kacamata membuat orang lain melihat sisi dirimu yang sesungguhnya. Dengan langsung melihat mata mereka akan lebih mudah mengamati perubahan ekspresi dan reaksimu yang sebenarnya.

7. Ambil pose miring waktu wefie bareng teman. Memeluk atau bersandar bisa membuatmu terlihat lebih ramah

Pose macam ini membuatmu terlihat ramah (Via Shutterstock) via www.shutterstock.com

Hindari pose foto yang diambil bluntly dari depan. Pose macam ini bisa mengekspos sisi kaku dari dirimu. Kamu akan tampak awkward dan kurang hangat dalam foto itu. Orang yang melihat bisa bilang, “Eh. Kok dia kelihatan paling tua ya dibanding yang lainnya?”

Cara mengakali agar kamu terlihat lebih ramah dan lebih muda saat foto-foto adalah dengan mengambil pose miring ditengah teman-teman. Rangkul atau bersandarlah kepada temanmu agar posemu terlihat lebih natural.

Setelah serius mencoba mempraktikkan 7 gestur ini, kamu akan terlihat lebih fresh, muda, dan ramah dalam penampilanmu sehari-hari. Panggilan “Pak, Bu atau Bunda” nggak akan datang lagi!