Jika rambut adalah mahkota wanita. Payudara adalah permata yang harus dijaga. Seperti jenis mamalia yang beranak dengan kelenjar susunya, wanita juga dianugerahi keistimewaan melahirkan dan memiliki payudara.

Banyak pula dari kamu yang mendambakan payudara proporsional atau tak ingin payudaranya mudah kecil dan mengendur. Tapi nyatanya, ada beberapa hal yang bisa membuat payudara mengecil, kendur, dan berbentuk tidak proporsional. 9 hal ini mungkin kamu lakukan tanpa disadari bisa merugikan…

1. Mengkonsumsi kafein terlalu banyak dan sering ternyata bisa membuat payudaramu susut dan mengecil

suka sih, tapi via 45.media.tumblr.com

Kafein adalah musuh utama bagi payudara. Buat kamu yang hobi minum kopi atau teh hijau dengan kadar kafein tinggi, berikut beberapa fakta yang perlu kamu ketahui:

Fakta terkait kopi dan efeknya terhadap payudara wanita terbukti pada penelitian yang dipimpin oleh Helena Jernstr m di Lunds Universitet, Swedia. Penelitian ini dilakukan terhadap 270 wanita muda dengan hasil yang tak disangka. Ditemukan fakta bahwa pada payudara wanita yang terlalu sering minum kopi menjadi mengendur dan mengecil.

Selain dapat memperkecil, kafein juga menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada payudara. Menurut penelitian yang dilakukan di Georgetown University Department of Medicine, asupan kafein dapat memperparah rasa sakit. Terlebih bila Anda telah menderita fibrokistik payudara sebelumnya.

2. Keseringan olahraga tapi nggak diimbangi pemakaian bra yang tepat juga salah kaprah. Ini nih, bisa bikin kendur dini

Advertisement

sport bra untuk olahraga via www.popsugar.com

Salah memilih bra juga bisa menyebabkan payudaramu mengecil dan tidak proporsional. Hukum gravitasi cukup bisa menjelaskannya. Ketika benda apapun selalu jatuh ke bawah, otot payudaramu pun bisa melar. Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran.

Cari tau dengan pasti ukuran lingkar dada dan cup yang sesuai. Biar nggak terlalu cepat kendur, kamu harus bisa menahannya dengan bantuan bra yang dengan baik menopang.

Kira-kira, beginilah bentuk sport bra atau bra khusus olahraga yang tepat

bra olahraga via timarco.com

3. Diet ketat memang menghilangkan lemak demi tubuh impian. Tapi volume payudara pun menyusut perlahan

buat kamu yang suka diet via id.pinterest.com

Demi tubuh impian, kamu rela diet berlebihan. Rutin berolahraga juga tak luput kamu lakukan demi bentuk dan idealnya berat badan. Ketika berat badanmu menurun drastis, lemak di tubuhmu pun ikut terkikis. Sayangnya, sebagian payudaramu diisi oleh lemak. Memang berbeda pada masing-masing orang, lemak bisa tersebar ke berbagai bagian tubuh. Ada yang berkumpul di perut, ada pula yang berkumpul di payudara.

Kegiatan olahraga dan segala kegiatan pembakar lemak lainnya bisa membuat lemak di payudara juga terbuang. Jadi, jangan kaget kalo payudaramu mengecil ketika kamu terlalu rajin berolahraga atau diet berlebihan.

4. Menggunakan korset atau stagen yang terlalu ketat juga bisa bikin ukuran payudara menyusut drastis

hindari stagen atau korset terlalu ketat via aliexpress.com

Untuk kamu yang hobi menggunakan korset atau stagen, sebaiknya dilepas ketika tidak dibutuhkan. Seperti bagian kulit lain, kulit payudaramu juga butuh bernapas. Tidur tanpa dalaman bisa jadi solusi paling ampuh untuk membuatnya rileks. Tidur telanjang juga memiliki banyak kelebihan, lho. Jangan terlalu sering menggunakan korset atau stagen tanpa dibutuhkan.

Baca juga: 12 Manfaat Nyata Dari Tidur Telanjang, Bukan Bermaksud Nggak Sopan atau Buka-bukaan

5. Untukmu prokok aktif dan kuat, hobimu ini bukanlah sahabat bagi payudara sehat

Terlepas dari segala bahaya yang ditawarkan dari sebatang rokok, kebiasaanmu ini juga bisa membuat payudaramu mengecil secara tidak sehat. Bahan-bahan yang terkandung dalam sebatang rokok lama-lama bisa merusak ligamen di sekitar payudara. Kandungan racun pada rokok juga membuat lemah kolagen dan elastin kulit.

Selain itu, seperti dikutip Kompas, Dr Anthony Youn seorang ahli bedah plastik dari Metro Detroit Amerika Serikat (dalam blog CNN) mengatakan bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan puting payudara perempuan berubah menjadi hitam dan rusak, terutama mereka yang melakukan operasi pengencangan.

6. Salah pilih posisi tidur, payudara bisa cepat kendur

daya tekan bikin kecil perlahan via www.dream.co.id

Salah posisi tidur juga bisa membuat payudara kendur. Mungkin kamu terbiasa tidur dengan posisi miring, sehingga gaya gravitasi menarik bobot payudara ke samping. Usahakan tidur dengan posisi telentang, terlebih jika tidur telanjang. Karena potensi mengendurnya payudara lebih besar saat kamu tidur tanpa dalaman. Tapi tetap pilih posisi tidur yang nyaman, ya.

7. Terbiasa melakukan pijat dan perawatan, jangan kaget jika payudara kendur dan kecil perlahan

perawatan dan pemijatan harus dipilih lagi via www.salonanata.com

Untuk satu hal ini biasa dilakukan kamu yang hobi ke spa untuk terapi. Biasanya memilih body massage dengan paket pijat payudara juga jadi pilihan. Dengan niat ingin membuat payudaramu lebih sehat, kamu biasa memijatnya untuk lebih terawat.

Pijatan yang tidak sesuai membuat otot dan kulit payudara menjadi kendur malahan. Lama-kelamaan juga bisa membuat payudaramu mengecil karena lemak yang ikut luruh. Untuk kamu yang tak ingin payudaramu mudah mengecil, perawatan ini jangan terlalu sering dilakukan.

8. Pola makan dan caramu memilih makanan juga berpengaruh ke kesehatan payudara. Lebih waspada lagi, ya

atur pola makan via eatthis.com

Kamu terbiasa makan makanan serba instan dan memilih junkfood sebagai menu pilihan. Pola makan yang mengutamakan menu junk food ini mesti kamu hindari untuk membentuk payudara proporsional. Mungkin kamu sering makan gorengan atau jeroan, dan jarang makan sayur atau buah-buahan. Junkfood memang terasa menggiurkan, tapi jelas bikin nggak aman.

Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang memiliki kaitan langsung dengan ukuran payudara. Biar payudara jadi indah, kamu bisa coba makan sayur atau buah yang memicu pembuatan hormon esterogen. Coba konsumsi apel, ceri, bit, wortel dan timun. Kacang-kacangan juga terkenal dengan kandungan isoflavon, senyawa yang mirip dengan esterogen.

Baca juga: Cara-cara Merawat Dada Cewek Biar Nggak Kendur di Usia Muda. Malu Ah Sama Tetangga ~

9. Menyukai makanan panas dengan tempat berbahan plastik, Hobimu ini bikin bentuk payudara jadi nggak cantik

ada efek sampingnya lho via www.blisstree.com

Sering memanaskan makanan dengan plastik, atau suka makanan panas dalam plastik? Sebaiknya kamu hati-hati lagi. Terdapat senyawa bernama Xenoestrogen yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini merupakan estrogen palsu atau esterogen asing yang berasal dari luar tubuh kita. Senyawa ini memiliki struktur kimia yang menyerupai estrogen, sehingga dapat menipu tubuh dengan menempati sel reseptor estrogen dalam tubuh.

Setelah itu, xenoestrogen akan mengirimkan sinyal-sinyal toksin yang mengacaukan metabolisme tubuh, termasuk menghambat perkembangan payudara. Ih, serem!

Gimana? Masih mau melakukan kebiasaan-kebiasaan tadi? Duh, mendingan jangan deh daripada kamu menyesal di akhir nanti. Rawat payudaramu sejak dini, yuk!