Memilih pakaian dalam memang nggak boleh disepelekan. Kegunaannya untuk melindungi tubuh paling intim membuatnya harus dipilih dengan baik. Nggak hanya celana dalam aja, tapi juga bra yang dipakai untuk menyanggah payudara cewek. Biasanya kebanyakan cewek membeli bra karena tergiur dengan bentuk dan warnanya yang lucu. Padahal dari ukuran, bentuk, dan jenisnya perlu kamu ketahui dengan baik agar bra dapat berfungsi secara maksimal.

Bra yang nggak tepat akan menyebabkan payudaramu nggak terjaga dengan baik keindahan bentuk dan kesehatannya. Bra yang kebesaran dapat membuat payudaramu melorot, sedangkan yang kekecilan bisa menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan iritasi. Lambat laun kamu pun jadi nggak nyaman saat memakainya.

Oleh karena itu, intip yuk 9 langkah yang udah Hipwee siapkan ini agar kesehatan dan keindahan bentuk payudaramu tetap terjaga.

1. Jangan sungkan untuk mengangkat tangan ke atas sambil bergerak dan lihat letak bra. Kalau terangkat dan bergeser, itu tandanya kebesaran.

jangan malu mencoba via www.reddit.com

Kamu harus menghilangkan rasa malu saat membeli bra untuk mencobanya ya. Lakukan dengan mengangkat tangan ke atas sambil digerakkan. Lalu lihat bra-nya, kalau ternyata ikut terangkat dan bergerak, berarti masih kebesaran. Oleh sebab itu, pilih bra lainnya yang lebih sesuai.

Advertisement

 

2. Sebaliknya, kalau bagian payudaramu sedikit menonjol di bagian atas maupun bawah berarti bra yang dicoba masih kekecilan.

jangan kekecilan juga via www.lingerietalk.com

Bra yang kekecilan bisa kamu lihat dari menonjol atau tidaknya payudara saat mengenakan bra. Ada bagian payudara yang terlihat sedikit, baik di bagian atas maupun bawah. Makanya, kamu sebaiknya pilih bra dengan ukuran yang agak besar.

3. Karena di dalam cup bra itu harus terisi penuh, pastikan gak ada ruang kosong. Seluruhnya harus menyentuh kulit.

pastikan seluruhnya terisi penuh ya via www.pinterest.com

Bra yang baik yaitu seluruh payudara tertutup dengan baik dan cup terisi penuh. Jangan ada ruang kosong dan bagian cup yang nggak menyentuh kulit ya. Memang agak ribet, tapi demi kesehatan dan keindahan payudara kenapa nggak?

4. Gak hanya cup, bagian garis tengah bawah bra pun demikian. Yah, supaya payudaramu dapat tersangga dengan baik.

bagian bawah bra juga harus menyentuh kulit via thisisfashionblog.wordpress.com

Kadang, cup bra memang terisi penuh namun bagian garis tengah bawah bra nggak terisi. Masih ada yang nggak menempel kulit dan hal itu kurang baik untuk menyangga payudara. Makanya, saat mencobanya kamu harus memastikan dengan tepat seluruh bagian bra terisi penuh ya.

5. Bukan cuma ukuran cup yang diperhatikan, pilih juga bra strap yang nyaman

pilih tali yang nyaman via www.hercampus.com

Seringkali kamu memilih bra yang bertali kecil agar nggak mengganggu penampilan dalam menggunakan pakaian jenis apapun. Padahal untuk kenyamanan, bra dengan tali besar merupakan pilihan yang tepat karena mampu menyanggah payudara dengan baik. Biasakanlah mengenakan bra dengan tali besar ini sesering mungkin dan selingi dengan yang bertali kecil kalau kamu memang akan memakai pakaian sedikit terbuka. Pilih juga yang elastis dan bukan dari bahan lycra atau spandex karena terlalu lentur.

6. Hindari menggunakan bra berkawat kalau payudaramu berukuran kecil. Karena bra jenis ini lebih baik dipakai oleh cewek berpayudara relatif besar.

bra berkawat untuk kamu yang berpayudara besar via www.thefashioncanvas.com

Bra berkawat lebih diperuntukkan untuk kamu yang memiliki payudara besar. Oleh karena itu, kalau kamu berukuran kecil sebaiknya menghindarinya. Kalau memaksanya, maka bra berkawat dapat mengganggumu dalam beraktivitas.

7. Bra yang ada busanya atau berbentuk mancung sebaiknya jangan digunakan kalau kamu memiliki payudara besar. Karena akan membuat bagian dada semakin besar.

pilih yang sesuai dengan payudaramu. jangan memaksakan kalau gak sesuai via www.buzzfeed.com

Jangan memaksa dirimu yang berpayudara besar untuk mengenakan bra yang ada busanya atau berbentuk mancung. Hal tersebut karena dapat membuat payudaramu terlihat semakin besar dan tentu hal tersebut akan mengganggu penampilan.

8. Bagimu yang ingin menggunakan strapless bra, harus memastikan ukurannya memang pas dan mampu menutupi seluruh payudara.

cari yang paling tepat via jdomakeup.wordpress.com

Stapless bra biasa kamu gunakan saat mengenakan busana seperti kemben. Karena bentuknya yang tanpa tali ini akan memudahkan dan nggak mengganggu kamu ketika berbusana dengan bagian pundak terbuka. Oleh karena itu, pastikan seluruhnya menutupi payudara ya.

9. Bahan bra pun perlu diperhatikan. Pilih yang menyerap keringat.

pilih yang berbahan katun via www.braimport.com

Bra berbahan katun  tentu sangat baik untuk menyerap keringat. Dengan kegunaannya yang langsung menopang payudara dan bersentuhan dengan kulit, tentu kamu memerlukan bra yang dapat menyerap keringat. Dengan begitu iritasi dan rasa gatal dapat terhindari.

 

Meski tak terlihat dan berada di dalam, pemilihan bra yang digunakan perlu diperhatikan. Kamu nggak boleh sembarang memilih hanya karena tersentuh dengan bentuk dan warnanya yang lucu. Sebaiknya, utamakanlah ukuran, bahan, dan jenis bra agar kesehatan dan keindahan bentuk payudara terjaga dengan sempurna.