Mata panda atau kantung mata yang terlihat hitam dan besar tentu sangat mengganggu penampilan seorang perempuan. Yang punya mata panda sih banyak, tapi yang paham cara menghilangkannya? Pasti masih sedikit.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan lingkaran hitam nan mengganggu itu, kamu sudah tahu belum apa penyebab muncul dan semakin menebalnya kantung mata?

Menurut penelitian, kantung mata dapat disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya karena menangis, faktor usia, kurang tidur, terlalu lelah, dan masih banyak lagi.

Nggak bakal bikin mati sih, tapi kamu nggak nolak kan kalau ternyata bahan-bahan yang tersedia di dapurmu bisa turut membantu? Simak yuk!

1. Bengkoang yang diparut bisa membuat kantung matamu hilang lho~

Advertisement

Caranya, ambil parut dulu. Lalu, parutlah bengkoang secukupnya sampai benar-benar halus. Setelahnya, oleskan parutan tersebut pada area kantung mata. Diamkan dulu selama 10-15 menit barulah bersihkan dengan air. Sebab, bengkoang diperkaya dengan kandungan vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut cukup bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami.

2. Siapa sangka kalau es batu bisa membuat kantung matamu mereda

dingin-dingin ngangenin via agenbeauty.com

Mengkompres mata dengan air dingin atau es batu merupakan cara yang sangat mudah untuk menghilangkan kantung mata. Pada saat akan tidur, gunakanlah kain yang telah dicelupkan pada air dingin, atau bisa juga membungkus es batu pada waslap. Lalu, kamu cuma perlu mengoleskannya saja di sekitar matamu, minimal 2 kali dalam sehari.

Nggak cuma menghilangkan kantung mata, tetapi membuat penglihatanmu lebih segar. Ampuh juga untuk kamu yang mudah mengantuk.

3. Tak hanya masalah kantung mata, kerutan pun bisa dimusnahkan dengan campur tangan kentang

go go potato via www.top10magz.com

Masker kentang memang memiliki manfaat super untuk kecantikan. Yakni, mampu mencegah penuaan dini, mulai dari kerutan hingga kantung mata. Sebab, kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang cukup tinggi. Nah, kandungan tersebutlah yang terbukti mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang baru. Tanpa harus membuat masker juga bisa kok. Caranya, iris kentang terlebih dulu, setelah itu letakkan pada mata selama 15-20 menit. Selain dengan cara itu, kamu juga dapat menghaluskan kentang dan mentimun, campurkan lalu kompreskan pada mata.

4. Walau agak-agak amis, tapi kamu tak bisa menolak khasiat ampuhnya putih telur, kantung matamu akan ia kikis

pisahin dulu via hariansehat.com

Putih telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Dan kandungan protein yang ada di dalamnya itu memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit, termasuk salah satunya mampu mengencangkan kulit secara alami.

Dengan menggunakan putih telur ke area sekitar mata kamu, maka kantung mata pun akan hilang dengan mudah. Caranya, kocok putih telur terlebih dulu, setelah itu oleskan pada area kantung mata. Diamkan selama 20 menit barulah bersihkan dengan air.

5. Kantung teh kini tak perlu lagi langsung kamu buang. Tempelkan ke matamu biar mata pandanya hilang!

kaya manfaat via luvizhea.com

Sudah pada tahu belum apa saja manfaat kantung teh? Daripada kamu langsung buang sehabis digunakan, kantung teh ini cukup bermanfaat untuk menghilangkan mata panda lho. Kandungan tanin yang ada di dalamnya disebut mampu menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami.

Dengan penggunaan rutin, mata kamu juga akan lebih segar. Caranya, kamu hanya perlu menyimpannya di dalam freezer yang kemudian dijadikan masker ke seluruh bagian wajah, ke bagian kantung mata saja juga tak masalah. Hihiii tunggu beberapa menit dan bilas dengan air dingin yaa..

6. Kalau mentimun, sepertinya kamu sudah tahu ya? Tapi sudah diaplikasikan belum?

biasa tapi tetep berjaya via dianeaninditya.files.wordpress.com

Menggunakan irisan mentimun merupakan cara paling umum dan paling banyak digunakan orang untuk menghilangkan kantung mata. Meskipun nampak sangat tradisional, tapi cara ini tetap ampuh dan efektif untk memusnahkan mata pandamu. Mentimun memiliki sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Caranya, sama saja seperti kentang, iris timun dengan ketebalan 1 cm dan tempelkan di mata kamy selama 15 menit. Lakukan setidaknya 2x sehari secara rutin supaya hasilnya cepat terlihat.

7. Minyak almond yang dioleskan dan didiamkan semalaman ampuh membuat kantung matamu pergi dalam 45 hari

ini bentuknya via 4.bp.blogspot.com

Minyak almond memiliki kandungan mineral alami yang cukup legkap. Ada mineral alami kalsium, magnesium, asam folat, kolagen, dan masih banyak lagi. Kandungan kolagennya inilah yang mampu mengencangkan area sekitar mata. Sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi mata panda. Caranya, sebelum tidur, oleskan sedikit minyak almond pada kantung matamu. Supaya lebih mudah, gunakan cotton bud untuk mengoleskannya. Diamkan minyak ini selama semalaman dan bilas dengan air dingin keesokan harinya. Kalau kamu lakukan secara rutin, kira-kira dalam 45 hari, kantung matamu sudah nggak terlihat lagi.

8. Jeruk nipis atau lemon memang banyak gunanya, tak terkecuali untuk atasi kantung mata. Ati-ati, jangan sampai malah masuk ke mata ya…

tiatiii~ via cdn.klimg.com

Baik jeruk nipis ataupun lemon, sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tapi, tidak seperti bahan lainnya yang diiris kemudian ditempel. Untuk dua bahan ini, kalau kamu melakukan hal yang sama, maka bisa memberikan efek perih. Cara lain yang bisa kamu eksekusi, peras saja sarinya, kemudian simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, oleskan air perasan tersebut ke sekitar kantung dan lingkaran hitam dengan menggunakan kapas. Diamkan 10 menit, lalu bilas deh dengan air dingin.

9. Nggak punya buah atau sayur? Kalau punya kapas kamu pun masih bisa menyiasatinya

kapas pun berguna via pbs.twimg.com

Nggak punya timun, tomat, ataupun lemon di rumah? Tenang, masih ada cara lain yang nggak kalah praktis kok untuk menghilangkan kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu itu, yaitu dengan menggunakan kapas. Kamu punya kan kalau yang ini? Ambillah dua lembar kapas, satu untuk mata kanan dan satu untuk mata kiri. Kemudian, letakkan kapas tersebut di dalam freezer selama 30 menit atau rendam ke dalam air dingin. Setelah itu, tempelkan kapas dingin ke matamu dan diamkan selama 20 menit. Matamu pasti langsung segar dan kalau dilakukan dengan rutin setiap hari, kantung matamu bisa hilang tanpa jejak lho~

10. Bukan buah bukan sayur, sendok bisa menolongmu menghapus jejak si kantung mata

sendok sendok via kantungmatahitam.com

Mungkin yang satu ini baru kamu dengar. Menggunakan sendok dingin untuk menghilangkan kantung mata, cukup aneh? Namun percaya atau tidak, cara ini justru cukup efektif. Sifat yang dingin dari sendok dapat membantuk merileksasi kulit pada bagian bawah mata. Caranya, rendam sendok dalam air es selama 15 menit, lalu tempelkan ke area mata sampai rasa dinginnya habis. Hanya dengan 2-3 penggunaan saja kantung mata kamu akan hilang sendiri.

11. Mengaplikasikan seluruh cara itu akan terasa percuma, tanpa kamu memperbaiki pola tidurmu juga

have a tight sleep via fashiongrin.com

Bahan dan alat di atas memang membantumu mengatasi kantung mata yang selama ini mengganggu, tapi perawatan tersebut nggak akan maksimal kalau kamu masih sering begadang sampai pagi. Per-cu-ma. Mulai sekarang, kamu harus mulai mengatur jadwal tidurmu yang cukup untuk mengistirahatkan mata. Menurut para pakar kesehatan, waktu yang sesuai untuk mengistirahatkan diri tak boleh lebih dan kurang dari 8 jam, untuk dewasa setidaknya 6 jam cukuplah. Kekurangan dan kelebihan tidur bisa jadi penyebab munculnya kantung mata kembali.

Jadi, cara mana yang akan kamu aplikasikan pertama kali? Selamat berjuang ya, kamu 🙂