Salah satu hal yang dipersiapkan cewek-cewek sebelum menuju pelaminan yaitu belajar memasak. Keterampilan satu ini nggak harus dimulai dari memasak makanan berat kok, tapi bisa juga belajar membuat kudapan-kudapan. Meski nanti kamu nggak setiap hari membuatnya, namun cemilan menjadi salah satu yang paling digemari anak-anak.

Oleh karena itu, nggak ada salahnya dari sekarang kamu variasikan beragam cemilan supaya anak-anakmu tak mudah bosan. Nah, kamu bisa nih sesekali mencoba belajar membuat cemilan dari bahan keju. Kandungan gizinya yang baik untuk tubuh tentu sayang dilewatkan.

Hipwee udah merangkum nih 8 resep cemilan dari keju yang bisa kamu praktikkan dari sekarang. Meski masih calon ibu-ibu muda, nggak ada salahnya dong mencoba.

1. Buah pisang udah sering banget nih disandingkan penyajiannya dengan keju. Gimana kalau buat salah satunya, misalnya pisang panggang keju gitu?

pisang panggang keju via www.qraved.com

Cemilan dengan menggabungkan pisang dan keju memang udah terkenal banget tingkat kenikmatannya. Hipwee pun pernah memberikan beberapa resep cemilan berbahan pisang yang ditambahkan keju. Namun dalam resep tersebut, masih ada yang belum Hipwee ulas nih yaitu pisang panggang keju. Daripada penasaran,  buruan yuk simak resepnya!

Advertisement

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang kapok
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdt madu
  • Keju cheddar parut

Cara Membuat:

  1. Kupas pisang, lalu dipipihkan. Setelahnya kamu olesi pisang dengan mentega dan panggang di atas wajan.
  2. Ketika dipanggang, bolak-balik pisangnya sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  3. Tambahkan dengan olesi madu dan taburi keju cheddar yang diparut.
  4. Pisang panggang kejumu sudah siap disajikan.

Resep ini diambil dari: http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/14993-7-resep-penganan-berbahan-keju-4.html

Kurang apa enaknya? Mudah dan nggak perlu mengeluarkan uang berlebih kan? Jangan ditunda-tunda lagi ya mencobanya.

2. Sus goreng keju bolognaise emang enak banget rasanya. Makanya, cemilan satu ini jangan sampai terlewat ya buat keluarga kecilmu nanti.

sus goreng keju bolognaise via makananmu.com

Kalau pisang bisa dikatakan sebagai cemilan yang cukup mengeyangkan, kamu bisa mencoba jenis kudapan lainnya yang berbeda. Misalnya aja sus goreng isi keju bolognaise yang bisa menghempaskan rasa bosan anak-anak seketika.

Bahan Kulit:

  • 100 ml air
  • 35 gr mentega tawar
  • 1/4 sdt garam
  • 75 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr telur
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:

  • 120 gr saus bolognaise siap pakai
  • 50 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Untuk kulit, kamu dapat merebus air, mentega, dan garam hingga mendidih. Api dimatikan dan masukkan tepung terigu sambil diaduk merata. Kemudian kamu nyalakan lagi apinya dan masak hingga kalis. Lalu angkat dan biarkan hangat.
  2. Selanjutnya kamu dapat menambahkan telur dan kocok merata. Bentuk adonan bulat-bulat menggunakan sendok dan goreng dalam minyak yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga matang.
  3. Lalu belah dua sus nggak putus dan oleskan saus bolognaise dan taburi dengan keju parut.
  4. Sus goreng isi keju bolognaise sudah siap dihidangkan deh.

Resep ini diambil dari: http://kueresep.com/soes/sus-goreng-isi-keju-bolognaise_9762.html

Kue sus biasa aja sudah nikmat, apalagi yang berisi keju dan saus bolognaise ya? Oleh karena itu, kamu jangan sungkan untuk coba membuatnya. Mumpung masih calon ibu-ibu muda nih. ;D

3. Bagimu penggemar tape, buruan coba yuk cake tape keju yang rasanya pasti juara.

cake tape keju via www.momylicious.com

Meski nggak semua orang menyukai tape, tapi nggak ada saalahnya kalau kamu coba membuatnya nih. Yah, hitung-hitung persiapan daripada setelah menikah nanti kamu diminta dadakan oleh anak-anak atau suami.

Bahan-bahan:

  • 150 gr mentega
  • 125 gr gula halus
  • 3 butir telur ayam utuh
  • 2 kuning telur ayam
  • 200 gr tape singkong, haluskan
  • 50 gr keju cheddar parut

Bahan yang dicampur dan diayak:

  • 120 gr terigu
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt vanili bubuk

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, kamu dapat mengocok mentega dan gula halus sampai lembut. Lalu masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai adonan mengembang.
  2. Kemudian, masukkan tape dan kamu kocok sampai rata. Jangan lupa juga dengan tepung terigu dimasukkan dan aduk rata pelan-pelan.
  3. Kalau sudah, adonan tersebut dituang secara merata ke dalam loyang yang telah dioleskan mentega dan taburi denga keju parut.
  4. Setelahnya, panggang ke dalam oven yang bersuhu 180º C selama 30 menit atau sampai matang.
  5. Cake tape kejumu sudah siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/14993-7-resep-penganan-berbahan-keju-2.html

Supaya rasa manisnya lebih terasa, kamu dapat menggunakan tape singkong mentega yang berwarna kuning. Kamu juga bisa menambahkan keju parut dalam adonan lho agar rasanya lebih oke.

4. Cemilan gorengan dari keju juga gak kalah enak lho. Apalagi dibuat dari bahan kentang, wuih bola-bola kentang keju ini pasti gak ada yang mau menolak deh.

bola-bola kentang keju via www.vemale.com

Cemilan gorengan itu beranekaragam. Makanya, kamu punya banyak pilihan untuk mencoba memasaknya nih. Hipwee punya pilihan cemilan yang lezat banget kalau diisi dengan keju. Langsung aja yuk simak resep bola-bola kentang keju berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gr kentang, dipotong dadu dan goreng setengah matang
  • 2 batang seledri, dicincang halus
  • 3 sdm bawang goreng
  • 2 batang daun bawang, dicincang halus
  • 100 gr keju cheddar parut
  • 1 butir telur ayam kocok lepas
  • minyak untuk menggoreng
  • tepung roti

Bumbu-bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawnag merah
  • 1 buah cabai merah
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa

Cara Pembuatan:

  1. Terlebih dahulu kamu dapat menghaluskan kentang yang sudah digoreng sebelumnya. Lalu masukkan bawang goreng, seledri cincang, keju cheddar parut dan diaduk sampai merata.
  2. Kemudian, campurkan bumbu halus dan diaduk sampai merata.
  3. Untuk membuat bulat-bulatannya kamu ambil dari adonan dan diamkan selama 5 menit.
  4. Setelah bulatan adonannya terbentuk, masukkan ke dalam telur dan guling-gulingkan pada tepung roti. Kalau sudah didiamkan sejenak ya.
  5. Panaskan minyak di atas api kecil. Sambil menunggu api panas, kamu dapat menggulingkan kembali adonan di atas tepung roti. Kalau sudah, goreng adonan bulat-bulat itu sampai berwarna kuning kecokelatan.
  6. Cemilan bola-bola kentang kejumu udah siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://www.jawaban.com/read/article/id/2014/03/12/15/140311174901/Resep-Cemilan-Sedap%3A-Bola-Bola-Kentang-Keju

Hayo, siapa yang nggak tertarik dengna cemilan gorengan bola-bola kentang keju ini? Jangankan yang anak-anak, yang udah berumur juga masih mau melahap kok. ;D

5. Agar anak-anakmu nanti gak mudah bosan, buat lidah kucing keju sesekali ya.

lidah kucing keju via bisikan.com

Ada lagi nih variasi cemilan dari keju lainnya yaitu lidah kucing keju. Dengan bentuknya yang lucu dan rasanya enak, tentu keluarga kecilmu menantikan cemilan hasil olahan tanganmu sendiri dong.

Bahan-bahan:

  • 250 gr mentega
  • 75 cc putih telur
  • 140 gr gula halus
  • 150 gr keju cheddar parut
  • 225 gr tepung terigu
  • 60 gr maizena
  • 50 gr keju parut untuk taburan
  • ½ sdt emplex

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, kamu kocok mentega dan gula sampai mengembang, lalu masukkan emplex dan dikocok lagi.
  2. Selanjutnya kamu masukkan putih telur dan teruskan mengocok sampai merata. Kemdudian masukkan tepung terigu, maizena, dan kocok pelan-pelan selama 1 menit sampai merata. Lalu masukkan keju parut dan aduk rata lagi.
  3. Oleskan loyang dengan mentega. Setelahnya tuang adonan dan taburi bagian atasnya dengan keju parut.
  4. Kalau sudah, panggang adonan dengan panas api 1500C selama kurang lebih 20 menit.
  5. Jangan lupa diangkat ya dan disajikan pada toples cantik.

Resep ini diambil dari: http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/14993-7-resep-penganan-berbahan-keju-5.html

Nah, gimana? Kamu tentu tertarik dengan cemilan mungil satu ini kan? Buruan yuk coba!

6. Cemilan satu ini merupakan salah satu yang paling disukai anak-anak nih. Yah, apalagi kalau bukan cheese stick!

cheese stick via deliomart.com

Cemilan enak dan juga gurih ini nggak cuma berhasil membuat kamu dan anggota keluarga kecilmu nanti semangat beraktivitas. Tapi, juga nggak akan bosan dengan memakan cheese stick ini. Daripada makan snack yang banyak mengandung msg, tentu cemilan satu ini lebih bagus dikonsumsi dong.

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • ½ sdt tepung maizena
  • 100 gr tepung sagu. Diayak dahulu agar hasil cheese stick nanti renyah
  • 50 gr mentega
  • 180 gr keju tua atau keju parmesan, diparut di tempat terpisah
  • 2 butir telur ayam ukuran kecil, dikocok di tempat terpisah
  • 100 ml air matang
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt kaldu ayam ayam bubuk yang berguna menambah aroma dan rasa gurih pada cheese stick nanti
  • ½ sdt garam

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung sagu, lalu diaduk sampai rata.
  2. Lalu masukkan baking powder, garam dapur dan kaldu ayam bubuk, kemudian aduk kembali hingga semua tercampur merata.
  3. Masukkan 180 gr keju dan telur yang sudah di kocok tadi. Aduk lagi sambil diuleni.
  4. Selanjutnya masukkan air matang sedikit-sedkit sambil diuleni dan diaduk dengan tangan. Kamu harus memastikan seluruh bahan adonan tercampur dengan baik hingga terlihat menggumpal.
  5. Tambahkan 50 gr parutan mentega ke dalam adonan dan uleni kembali hingga adonan cheese stick tercampur sempurna.
  6. Adonan yang sudah jadi tersebut masukkan ke dalam amat penggiling. Lalu potong dengan panjang sesuai selera.
  7. Setelahnya kamu bisa memanaskan minyak secukupnya dengan api yang sedang. Lalu goreng adonan tersebut hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  8. Kalau sudah diangkat dan tiriskan. Letakkan ke dalam toples cantik ya biar semakin bersemangat menyemil.

Resep ini diambil dari: http://resepcaramemasak.info/resep-cheese-stick-keju-goreng-dan-cara-membuatnya/

Cemilan satu ini memang sering kamu jumpai di warung-warung. Ternyata tanpa harus membelinya, kamu dapat membuatnya sendiri. Kalau kamu rajin, bisa nih kamu bisniskan. Yah, lumayan menambah pemasukan hehe.

7. Biar cemilan jagungmu gak itu-itu aja, variasikan yuk dengan keju dan susu.

jagung susu keju via jagungmanisjakarta.com

Ternyata rasa jagung yang manis bisa dicampurkan dengan keju dan susu lho. Yah, kamu pasti pernah menikmati cemilan ini di salah satu pusat perbelanjaan deh. Sekarang memang mudah kamu temui karena yang menjual banyak. Kandungan gizi jagung, keju, dan susu kalau dicampurkan ini memang bagus untuk tubuh. Yuk segera buat!

Bahan-bahan:

  • 250 gr jagung manis pipil
  • 4 sdm atau 1 sachet susu kental manis putih
  • 1 sdm mentega (sesuai selera)
  • 50 grm keju cheddar parut (sesuai selera )

Cara Membuat:

  1. Kamu dapat mengukus jagung dahulu selama kurang lebih 10 menit atau sampai matang. Kalau sudah diangkat dan sisihkan.
  2. Kemudian siapkan wadah atau cup plastik sehingga jagung dapat dimasukkan saat masih hangat ke dalam wadah tersebut.
  3. Lalu kamu dapat mengaduknya bersama mentega secukupnya sampai merata. Campurkan susu kental manis putih dan keju parut secukupnya.
  4. Jagung manis susu kejumu sudah selesai dan siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://harianresep.blogspot.co.id/2014/06/resep-jagung-manis.html

Coba deh bayangkan kalau cemilan jagung manis susu keju ini kamu beli di luar, berapa Rupiah kamu keluarkan? Dengan membuat sendiri seperti ini, kamu tentu dapat menghemat pengeluarkan deh.

8. Karena zaman sekarang yang menyukai singkong jarang, tambahkan dengan keju yuk!

singkong keju via www.makanajib.com

Di era yang semakin modern, para penggemar singkong jadi berkurang. Padahal, singkong merupakan salah satu makanan yang menyehatkan lho. Tanpa memakai tambahan bumbu seperti msg, singkong udah bisa dinikmati dan tentu harganya murah.

Bahan-bahan:

  • 5 kg singkong kupas ukuran sedang, kamu bersihkan dan potong-potong dahulu
  • 25 siung bawang putih, lalu haluskan
  • 5 liter air dingin
  • Garam secukupnya
  • 2 ½ sdm baking powder double akting
  • 4 sdm mentega
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Singkong tadi dikukus sampai matang, lalu masukkan bawang putih, baking powder dan garam dalam air dingin. Kamu aduk hingga bumbu merata kemudian masukkan singkong yang sudah dikukus tadi dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.
  2. Panaskan minyak goreng dan tambahkan mentega. Kalau sudah panas, goreng singkong hingga berwarna kuning kecoklatan.
  3. Jangan lupa taburi dengan parutan keju ya.
  4. Selanjutnya kamu angkat dan sajikan selagi hangat ya.

Resep ini diambil dari: http://www.tempatonlineku.net/2012/09/resep-membuat-singkong-keju-goreng.html

Dengan racikan resep singkong seperti ini, tentu keluarga kecilmu nanti nggak menolak dong. Malah kalau bisa jadi ingin menambah terus menyemil singkong keju deh hehe.

Dari beragam resep yang Hipwee rangkum, semoga dapat membantumu belajar memasak cemilan berbahan keju ini ya. Biar keluarga kecilmu nanti selalu semangat saat beraktivitas! Selamat mencoba ya!