Suka bingung gak mau ngasih kado apa kalau saudara, teman, sahabat atau pacar besok ulang tahun atau anniversary? Baju, jam, sepatu, kue? Udah biasa banget kayaknya ya?

Terus, apa dong yang unik dan spesial?

Tenang, di sini Hipwee akan memberikan 12 kado handmade unik yang bisa banget kamu berikan untuk mereka yang spesial. Gak perlu deh pusing-pusing cari kado di mal atau online shop. Kado ini juga akan terasa lebih spesial bagi mereka, karena kamu membuatnya sendiri dengan sepenuh hati. Yuk kita lihat list kadonya apa aja!

1. Ceritamu dan dia sangat berarti. Hadiahi si orang istimewa dengan novel karyamu sendiri.

Buat cerita perjalanan hidupmu dengan dia via www.bloglovin.com

Novel sendiri? Daripada kamu harus ngasih hadiah novel cerita orang lain mending kamu kasih dia cerita tentang history kalian sendiri. Iya, cukup bermodalkan notebook yang kamu punya, atau kertas-kertas yang dijadikan buku dan dihiasi bolpoint aja.

Advertisement

Di situ, kamu bisa tuliskan gimana awal kisah kamu dengan sahabat/ pacar kamu hingga sekarang. Gak perlu cerita yang bagus, cukup dengan tulisan sederhana aja cukup. Kamu juga bisa menambahkan beberapa percakapan kalian yang memorable, kalimat-kalimat atau nasihat menyejukkan yang pernah dia ucapkan, dan selipkan juga beberapa foto kalian.

2. Berilah dia “hati” yang bisa menerangi hari-hari gelapnya.

Malamnya lebih menarik dengan loved heart shines ini. via look-what-i-made.com

Sweet ‘kan kalau kamu bisa ngasih hati yang bisa menerangi malam-malam gelap sang sahabat atau pacar? Solusinya dengan heart shape ini, nah kamu bisa membuatnya dengan bahan kaleng susu bekas.

Nantinya kaleng bekas susu dibolongi membentuk hati di semua sisinya dengan alat bor, setelah itu kamu bisa taruh lilin di dalamnya. Jika lilin dinyalakan maka cahayanya akan membuat bayangan di sekelilingnya membentuk hati. Ini akan membuat malam gelapnya menjadi bercahaya dan super romantis.

3. Beri sepucuk surat untuk setiap keadaannya. Karena sahabat selalu ada dalam suka dan duka

Kado yang bisa menemani setiap keadaannya setiap hari. via www.lifelovelauren.com

Pengen deh selalu ada pas sahabat atau pacar kita lagi senang, bahagia, sedih, ataupun marah buat sekedar membuat dia ngerasa tenang, tapi jarak gak memungkinkan. Tenang, sekarang keinginan tersebut bisa diwujudkan dengan hadiah yang satu ini.

Simple banget kok! Buat saja surat untuk masing-masing keadaannya, isinya menyesuaikan dengan keadaan-keadaan tersebut. Label-labelnya bisa saja marah, sedih, senang, bahagia, jatuh cinta dan lain-lain sesuai keinginan kamu. Dengan itu maka kamu akan selalu ada bersama dia saat keadaan apapun tanpa khawatir jarak.

4. Bungkus cerita-ceritamu bersama si istimewa lewat box kecil ini.

Hadiah mungil yang mudah dibawa kemana pun. via www.thediyvillage.com

Buat kamu yang ingin ngasih hadiah penuh kenangan yang mudah dibawa kemana-mana, mungkin si pop-up photo box jadi jawabannya. Kenangannya bisa berbentuk foto kalian yang sangat berkesan, dikumpulkan menjadi satu di kertas vertikal panjang yang sebelumnya udah dilipat membentuk tumpukan kecil. Setelah itu, letakkan foto-foto ini di box kayu kecil.

5. Buatlah kado spesial dengan coretan-coretan kreatifmu

Hadiahi kado mug yang lucu via gluedtomycraftsblog.com

Siapa bilang coretan kamu gak bisa jadi spesial? Bisa banget loh, iya kamu bisa buat coretan itu istimewa untuk orang yang istimewa plus sangat berguna juga. Yuhu, kamu bisa buat a sharpie mug untuk ide kado kamu. Mugnya bisa dihiasi dengan inisial namanya, atau hal-hal yang dia senangi. Mungkin akan membantu jika kamu membuat sketsa terlebih dahulu di kertas baru diaplikasikan ke mugnya, jangan lupa mugnya ditaruh di microwave agar tahan lama.

6. Letakkan semua benda bermemori menjadi satu di sebuah jar transparan

Hadirkan kenangan-kenanganmu dalam satu jar. via www.thirtyhandmadedays.com

Hadiah untuk orang pelupa nih bisa banget dikasih hadiah ini biar gak lupa dengan berbagai kenangan yang udah dilewati, cukup dengan jar. Letakkan semua benda-benda yang bersejarah dan menyimpan memori di dalam jar, bentuknya yang mini ya biar muat bisa kamu dapetin di toko aksesoris atau bisa buat dengan clay kalau ingin detail sesuai keinginanmu.

7. Succulents in a tea cup sebagai simbol tumbuhnya hubungan kamu.

Kado sebagai simbol tumbuhnya hubunganmu dengan si dia. via rowhousenest.com

Gak harus benda mati untuk ngasih kado ke seseorang, bisa juga dengan benda hidup seperti tumbuhan kaktus misalnya. Biar gak terlalu biasa bisa nih kaktusnya ditaruh di cup teh yang lucu atau yang udah gak kamu pake. Kaktusnya pilih yang lucu dan mini ya biar bisa diletakkan di mana aja.

8. Beri kado si koki wannabe dengan recipe ring buatanmu sendiri.

Si koki akan senang dengan hadiah recipe ring ini. via liluna.com

Punya teman atau pacar yang suka banget sama memasak? Nah ini kado yang pas buat dia, kamu bisa kasih resep-resep makanan yang dia suka. Istimewanya lagi, resep-resep ini bisa dibawa kemana-mana. Kumpulkan resep-resep ke dalam kertas-kertas yang ukurannya bisa kamu tentukan sendiri, bisa diprint atau tulis sendiri. Setelah itu kertas-kertas itu bisa dijadikan satu dengan ring gantungan kunci, sebelumnya kertasnya dibolongi ya untuk masukan dari ring.

9. Photo packet: solusi wrapping unik untuk kumpulan foto-foto hadiahmu.

Kirim kado koleksi foto dengan photo packet via browndresswithwhitedots.tumblr.com

Pingin banget ngasih hadiah foto-foto tapi bingung gimana membungkusnya supaya menarik dan gak keliatan biasa aja? Yang satu ini bisa kamu coba buat, cukup dengan kertas bernuansa vintage. Kertas vintage itu dibentuk seperti amplop surat, lalu masukkan foto-foto itu ke dalamnya. Agar lebih menarik kamu bisa memilih atau edit fotonya dengan satu tema misalnya dengan konsep black and white.

10. Silhouette wall art

silhouette wall art via www.lowes.com

Mau ngasih hadiah silhouette, tapi yang gak kayak biasanya? Silhouette wall art salah satunya, mudah kok cara buatnya. Kamu bisa gunakan sisa cat yang ada di rumah kamu. Tentukan foto yang akan dipakai membuat silhouette, diprint dengan ukuran yang sesuai papan yang digunakan. Lalu cat bagian yang tidak terkena gambarnya, sedikit rapikan dan jadilah hadiah yang bagus banget!

11. Buat tampilannya tambah cantik dengan button hairpins.

button hairpins cantik hadiah untuk si cantik via www.pearlsandscissors.com

Buat yang ingin ngasih hadiah ke orang yang suka banget dandan dan penggemar accecoris, button hairpins ini bisa kamu kasihin di hari spesialnya. Bahannya gak ribet! Cuma butuh hairpins yang gak kamu pakai, button-button lucu, dan lem. Tinggal tempelkan buttonnya di hairclips, dan taraaa! Jadi deh handmade kado untuk dia!

12. Pajang koleksi fotomu tentang dia di Wall Picture Collage.

Wall Picture Collage via blog.bitsofeverything.com

Punya banyak foto tapi gak tau mau dibikin apa untuk kado? Bisa nih koleksi fotonya dibuat jadi kado unik yang spesial dengan wall picture collage. Bentuk koleksi foto tersebut dengan ukuran yang sama dan tempelkan foto-foto itu ke sebuah papan, dan lapisi dengan lem mod agar foto tersebut tidak mudah luntur.

Itu beberapa list ide untuk kado handmade yang gak akan kalah dengan hadiah-hadiah di toko, dan yang pasti hadiah ini akan berkesan karena dibuat sendiri sama kamu. Selamat mencoba, semoga sukses!