Label baru sebagai ibu muda bikin kamu belajar banyak soal urusan rumah tangga. Persoalan masak-memasak mungkin salah satunya. Kamu yang ketika lajang ogah beranjak ke dapur, kini justru mulai rajin mengolah resep baru. Supaya anak dan suamimu nggak bosan dengan olahan resep masakan yang itu-itu aja, coba deh ragam menu masakan oriental yang beda.

Nah, kali ini Hipwee merangkum 8 resep masakan oriental sederhana buat kamu para ibu muda yang masih belajar memasak. Dari mulai yang tumisan seperti Cap Cay hingga yang diolah dengan dikukus seperti Siomay Tahu. Jangan lupa dipraktikan yah! ūüėČ

1. Menu oriental yang satu ini sederhana. Cap Cay Kuah, bikinnya nggak pakai ribet deh!

Cap Cay Kuah, menu oriental sederhana yang bisa kamu bikin di rumah. via cookpad.com

Menu oriental yang satu ini paling mudah untuk dipraktikan. Terlebih untuk kamu ibu muda yang masih belajar mengolah resep. Kaya akan serat karena bahan utamanya adalah sayur-sayuran. Bisa dibilang resep ini paket komplit, selain terdiri dari sayuran, kamu juga bisa menambahkan baso, sosis, atau suwiran ayam sebagai lauknya.

Bahan-bahannya adalah:

Advertisement
  • Seikat sawi hijau
  • Seikat sawi putih
  • 3 batang wortel
  • 3 buah tahu putih
  • 5 buah bakso yang diiris tipis.
  • 1 butir telur
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Saus sambal secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat

Pertama-tama masak telur dengan di orak arik. Setelah itu geprek bawang merah dan bawang putih. Lalu iris tipis cabe rawit. Rebus sayur setengah matang dan goreng kering tahu yang telah dipotong kotak-kotak. Panaskan minyak goreng di atas wajan, kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih juga cabe rawit. Tumis hingga harum. Kemudian masukkan tahu, telor orak-arik, baso, dan juga sayuran. Selanjutnya tuang air  dan beri bumbu seperti gula, garam, penyedap rasa, hingga saus tomat dan sambal. Jika sudah terlihat meresap, angkat dan sajikan selagi hangat.

2. Sajikan I Fu Mie sebagai menu santap siang keluarga kecilmu nanti, biar suami makin sayang. ūüôā

I Fu Mie, bisa kamu bikin sendiri di rumah. via cookpad.com

Menikmati I Fu Mie biasanya hanya bisa di restoran oriental saja. Padahal kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Hadirkan sensasi krispinya mi yang disiram dengan saus yang lezat.

Cara membuat:

  • Siapkan 200 gram mie telur, 250 gram udang segar, 1 bawang bombay, 3 siung bawang putih, 2 buah cabai rawit, 2 buah cabai merah, 1 bonggol kembang kol, 1 buah wortel, saos tiram, kecap asin, dan bahan lainnya. Bisa klik di sini.
  • Goreng mie telur yang sudah di rebus (tambahkan sedikit garam). Agar bentuk mie-nya bulat sempurna, taruh mie di saringan kemudian goreng dengan cara deep fried. Angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak untuk menumis. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah diiris tipis. Tumis hingga layu dan harum. Tambahkan cabe merah dan cabe rawit yang juga¬†diiris tipis. Tumis sampai sedikit layu.
  • Lalu masukkan udang, goreng sampai kemerahan. Setelah itu masukkan kembang kol dan wortel. Tutup agar cepat matang.
  • Tambahkan saos tiram, kecap asin, garam, gula dan merica, aduk rata.
  • Tuang air, tunggu sampai mendidih. Kentalkan kuah dengan¬†larutan air dan maizena.
  • Terakhir masukkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk, matikan kompor.
    sajikan mie dengan sausnya.

3. Karena tahu tergolong bahan yang sederhana dan mudah didapat, coba deh sajikan Sapo Tahu di meja makanmu.

Sapo Tahu. via cookpad.com

Tahu adalah salah satu lauk yang banyak disukai oleh banyak orang Indonesia. Mungkin juga menjadi favorit keluarga kecilmu. Selain itu tahu juga selalu mudah untuk diolah beraneka ragam masakan. Salah satunya masakan oriental seperti Sapo Tahu.

Cara membuat:

  • Siapkan bahan-bahan seperti 2 buah tahu sutera, 50 gram toffu, 50 gram jamur kancing, 50 gram daging ayam yang telah dipotong kecil-kecil, sawi putih, 50 gram wortel, 5 buah bakso, daun bawang, 1/2 buah bawang bombay, daun bawang, garam, gula, lada bubuk, dan minyak goreng.
  • Cincang bawang bombay kemudian tumis.¬†Setelah harum masukan wortel hingga agak layu.¬†Kemudian masukan bahan lainnya seperti sawi, bakso, ayam, toffu yang telah digoreng lalu masukkan jamur dan tahu yang sidah dipotong kotak kecil.
  • Masukkan tomat dan daun bawang, kemudian tambahkan sedikit air, gula, garam dan saus tiram beserta lada.
  • Setelah semua bahan matang, angkat dan siap untuk hidangkan.

4. Buat kamu yang belum punya panci kukus, ternyata Nasi Ayam Hainan bisa dengan mudah dibikin di magiccom.

Ternyata bikin Nasi Hainan nggak susah kok. via www.kaskus.co.id

Nasi Hainan juga salah satu menu yang sering kita jumpai di restoran oriental. Bahkan tak jarang dijajakan di sekitar area jogging track atau stadion olahraga. Menu yang satu ini gurih dan mengenyangkan. Sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan siang. Teruntuk kamu ibu muda yang belum sempat beli panci kukus, tenang, Nasi Hainan bisa dimasak di magic com.

Cara membuat:

  • Siapkan 4 cangkir beras, 1 ekor ayam negeri, bawang putih, jahe, minyak wijen, garam, gula, penyedap rasa, dan mentega.
  • Cincang bawang putih dan jahe.
  • Setelah itu tumis jahe dan bawang putih dengan mentega, kemudian masukan ayam dan air. Masak sekitar¬†10 menit sampai matang semua sisi.
  • Cuci beras dan tunggu rebusan ayam sampai agak dingin. Masak di magic¬†com. Tambahkan minyak wijen, garam, merica, penyedap rasa.
  • Setelah matang, tata nasi dan ayam¬†dan tambahkan kecap manis dan rawit bila suka.

5. Tumis Sapi Lada Hitam emang paling enak disajikan dengan nasi putih hangat. Duh, aromanya aja udah menggugah selera.

Sapi Lada Hitam yang aromanya aja udah menggugah. via www.otayaki.com

Masih bingung mau masak apa siang ini? Mungkin kamu bisa memasak Tumis Sapi Lada Hitam. Dengan menu oriental yang satu ini, dijamin bikin anggota keluargamu buru-buru menuju meja makan. Karena tergoda aroma lada hitamnya.

Bahan-bahannya:

  • 250 gr daging sapi khas dalam
  • 1 buah bawang bombay, iris bulat tipis
  • 3 buah bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm kecap inggris
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdt lada hitam, tumbuk kasar
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Minyak sayur secukupnya.

Cara membuat:

Pertama cuci bersih daging dan iris iris tipis. Setelah itu campur seluruh kecap, bawang putih, lada hitam, lada bubuk dan garam kemudian marinade daging ke dalam campuran tersebut. Simpan dalam kulkas minimal 30 menit. Tumis minyak sayur, masukan bawang bombay, daging, dan air. Masak hingga air menyusut. Coba dulu rasanya, apakah sudah pas atau belum. Jika sudah pas, angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih.

P.S: sebelumnya kamu bisa merebus daging terlebih dahulu agar matang sempurna.

6. Sesekali bikin siomay di rumah boleh dong ya. Bikin Siomay Udang sendiri ternyata nggak sulit-sulit amat kok.

Ternyata Siomay Udang bisa kamu bikin di rumah. via smartnwise.wordpress.com

Siomay adalah salah satu dim sum yang sudah menjadi camilan umum bagi masyarakat Indonesia. Jika biasanya kamu hanya membeli siomay di luar, coba deh sesekali membuatnya di rumah. Lumayan kan, buat jadi ajang pamer ke suami kalau tingkat memasakmu udah naik level. Hhehe..

Cara membuat:

  • Siapkan 1/2 kg udang yang sudah dikupas kulitnya, 4 buah tahu putih besar yang dipotong memanjang 2 cm, 2 sdm tepung sagu, 7 sdm tepung terigu, daun bawang, 2 siung bawang putih, dan putih telur. Untuk bahan lengkapnya¬†bisa kamu baca di sini.
  • Untuk bahan siomay: bersihkan udang lalu masukkan kedalam belender berikut dengan¬†2 siung bawang putih, 1 bh putih telur, gula, garam, lada. Belender sampai halus.
  • Kemudian tuang bahan siomay yang sudah dibelender kedalam wadah seperti baskom kecil lalu masukan sagu dan terigu, tak ketinggalan daun bawang. Aduk-aduk sampai agak kalis.
  • Siapkan tahu yang sudah dipotong-potong, lalu buat sedikit buletan ditengahnya untuk meletakkan adonan siomay udang yang sudah dipersiapkan. Lakukan sampai habis lalu kukus sekitar¬†15 hingga¬†20 menit.
  • Sajikan dengan bumbu kacang instan.

7. Dengan bahan utama telur, kamu bisa menyajikan menu oriental sederhana yang lezatnya hau ce sin cing ping! Yuk, bikin Fu Yung Hai!

Fu Yung Hai, hauce sin cing ping! via countyfood.blogspot.com

Fu Yung Hai juga jadi salah satu hidangan oriental yang cukup populer. Bahan utamanya telur dan bikinnya juga gampang. Tapi rasanya dijamin hauce sin cing ping!

Cara membuat

  • Siapkan bahan-bahan berupa 4 butir telur, 2 buah wortel yang diiris memanjang, 1 buah bawang bombay, 1 botol kecil saus tomat, dan bahan lainnya. Untuk bahan lengkapnya bisa di klik di sini.
  • Kemudian kocok telur yang dicampur dengan irisan wortel, kol, cabai hijau, daun bawang, penyedap rasa dan¬†garam.
  • Panaskan minyak, masak telur hingga matang. (hati-hati saat membaliknya agar bentuknya sempurna).
  • Sementara untuk sausnya, panaskan minyak. Tumis bawang bombay. Masukkan saos tomat dan saos sambal secukupnya, kemudian masukkan penyedap rasa secukupnya juga.
  • Masukkan wortel yang sebelumnya sudah direbus, ke dalam saus tadi. Jika saus sudah matang, matikan kompor dan angkat dan sisihkan saus.
  • Terakhir, letakkan telur yang sudah matang di atas piring, lalu siram sausnya di atasnya.

Mudah bukan untuk membuatnya? Hayoo.. ada yang masih ingat nggak itu tagline-nya siapa? Yup, Ibu Sisca Soewitomo.

8. Buncis goreng tepung, menu khas resto oriental yang paling gampang dipraktikan.

Kalau lagi pingin yang praktis kamu bisa bikin buncis goreng tepung. via www.menuresepmasakan.com

Buncis tepung ala resto oriental memang rasanya bikin ketagihan ya. Bikinnya cukup gampang. Tapi kamu perlu menyiapkan dua lapisan untuk adonan tepungnya. Untuk lapisan pertama menggunakan tepung terigu, sementara pelapis kedua menggunakan terigu segitiga. Langsung diintip aja ya resepnya.

Cara membuat

  • Siapkan bahan-bahannya seperti 3 sdm tepung terigu, 5 sdm terigu segitiga, 1 bungkus buncis, merica dan garam secukupnya, air dingin secukupnya. Sementara untuk bumbu tumisnya: 10 buah cabai merah, 5 siung bawang putih, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt garam.
  • Cuci bersih buncis dan potong kira-kira sepanjang jari telunjuk, masukkan ke pelapis pertama. Setelah itu masukkan ke pelapis kedua. Goreng hingga keemasan.
  • Untuk bumbu tumisnya: tumis cabai dan bawang putih yang sudah diiris-iris. Kemudian tambahkan 1 sdm minyak sayur, aduk sebentar hingga berbau harum. Setelah itu¬†masukkan buncis, taburi merica dan garam. Aduk-aduk perlahan sampai tercampur. Angkat dan sajikan.

Buncis menjaga jantung tetap sehat¬†dan melancarkan pencernaan lho ūüėČ

Bagaimana? Ternyata mudah kan untuk memasak¬†menu¬†oriental di rumah? Nah, bisa langsung kamu praktikan ya. Sajikan menu oriental di atas untuk santap siang keluarga kecilmu. ūüôā