Kadang, jadi cewek itu “ribet” nggak sih? Hehehe. Berat badan naik dikit langsung bikin program diet. Eh, giliran udah kurus bakal bilang: “yah…badanku kurus banget nggak berisi” dan buru-buru ke supermarket buat beli camilan.

Tapi, buat para cewek bertubuh kurus, masalah nggak cuma berhenti sampai di situ. Kadang, mereka bisa bingung banget saat harus memilih gaya busana yang tepat lho! Alih-alih terlihat keren, salah memilih baju bisa jadi bikin mereka dipanggil “kerempeng” atau “tiang listrik”. Waduh…biar nggak jadi berabe, coba catat 15 aturan yang sudah disiapkan Hipwee berikut ini, ya!

1. Bagi Kamu yang Kurus, Memilih Baju Two Pieces Lebih Baik daripada Baju Terusan

mengenakan two pieces via www.gorgeautiful.com

Memilih celana panjang dan kaos atau rok dan atasan lebih disarankan daripada mengenakan baju terusan. Pasalnya, trik memisahkan bagian tubuh akan memberikan ilusi pada bentuk tubuhmu. Setidaknya, tubuhmu nggak akan terlihat “rata” dan tampak ada lekuknya.

2. Saat Sedang Ingin Mengenakan Dress, Pilih Model yang Sesuai dengan Bentuk Tubuhmu

babydolls, peplum, straight-cut, shift dress via www.gorgeautiful.com

Advertisement

Penting buat memilih dress yang bisa menonjolkon bentuk bahu, dada, pinggang, dan pinggulmu. Keempat model dress di atas mungkin bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang berbadan kurus.

3. Agar Terlihat Lekuk Tubuhmu, Coba Kenakan Ikat Pinggang

coba pakai ikat pinggang via lookbook.nu

Selain membuat ilusi lekuk tubuh, ikat pinggang bisa mempercantik penampilanmu. Tapi, hati-hati, ya! Jika ikat pinggang yang kamu kenakan terlalu besar, tubuhmu bisa jadi terlihat lebih pendek.

4. Blouse Bisa Jadi Pilihanmu Asalkan Bentuk dan Ukurannya Proporsional

pilih blouse yang proporsional via indulgy.com

Ukuran blouse sudah pasti harus kamu perhatikan. Trik paling “aman” adalah memilih medium size. Perhatikan pula model lengan dan aplikasi tambahan pada blouse-mu. Ruffles di bagian dada seperti gambar di atas bisa membuat tubuhmu tampak lebih berisi, lho!

5. Memilih Medium Size Juga Berlaku untuk Kaos, Jangan Terlalu Ketat Atau Malah Kedodoran

kaos yang kedodoran via funny-quotes.picphotos.net

Jika lekuk tubuhmu tidak terlalu kentara sebaiknya lupakan untuk mengenakan kaos ketat. Bukannya terlihat menarik, kamu justru bisa terlihat semakin kurus. Sementara, mengenakan kaos dengan ukuran yang terlalu besar membuatmu terlihat “tenggelam”. Jadi, sebaiknya pilih ukuran medium, ya! Kamu juga bisa memilih kaos dengan potongan body atau tambahan kantong di bagian dada.

6. Kemeja Juga Bisa Jadi Item Andalan untuk Menyamarkan Bentuk Tubuhmu

memilih kemeja via www.fashionteria.com

Bingung mau pakai baju apa? Yup, kemeja bisa jadi item andalan saat sedang paceklik ide dalam menentukan gaya berbusana. Kemeja berlengan panjang khususnya, ampuh menyamarkan bentuk bahu dan tanganmu yang kurus. Kenakan dengan cara dimasukkan ke dalam celana, maka pinggang akan terlihat lebih lebar dan kaki tampak proporsional.

7. Rumus Pasti Buat Kamu yang Kurus: Pilih Baju dengan Motif Horizontal, Jangan yang Vertikal!

motif horizontal, bukan vertikal via frillsandthrills.blogspot.com

Baju dengan motif horizontal akan menambahkan volume pada tubuh sehingga tampak lebih berisi. Sementara, motif vertikal diperuntukkan bagi mereka yang bertubuh lebar agar tampak lebih ramping. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

8. Hindari Baju-Baju Polos dengan Satu Warna, Pilih Pola dan Warna yang Lebih “Ramai”

warna dan pola yang ramai via www.bittersweetcolours.com

Baju-baju yang polos dengan satu warna rentan membuatmu terlihat makin kurus. Sementara, baju dengan pola yang ramai dengan lebih dari satu warna menjadikan penampilanmu lebih meriah. Ini adalah trik untuk mengalihkan pandangan orang lain atas bentuk tubuhmu yang kurus.

9. Mengenakan Baju Berlapis Jadi Salah Satu Trik yang Layak Kamu Coba

mengenakan baju berlapis via www.hotbeautyhealth.com

Agar tubuhmu tidak terlihat terlalu kurus, kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengenakan pakaian berlapis. Sweater, jaket, atau cardigan bisa jadi pilihan untuk menambah ilusi berat badanmu. Nah, saat musim dingin seperti sekarang, mengenakan pakaian berlapis nggak sekadar cuma gaya, tapi ngangetin badan juga ‘kan?

10. Tapi, Pastikan Kalau Jaket Atau Blazer yang Kamu Kenakan Tidak Menutupi Pinggulmu

kenakan jaket dan blazer di atas pinggul via wheretoget.it

Nah, memilih jaket atau blazer juga harus hati-hati, girls! Pastikan bahwa panjang jaket atau blazer-mu jatuh pada bagian pinggang sehingga tidak menutupi bagian pinggul. Dengan begitu, pinggang akan tampak lebih kecil dan bahu terlihat lebih lebar. Kamu pun sukses menciptakan ilusi lekuk tubuhmu sendiri.

11. Baiknya, Hindari Baju, Rok, Atau Dress dengan Bahan Spandek

dress bahan spandek via www.bustle.com

Seberapa kurus sih badanmu? Kalau emang kurus banget, masih mau maksa pakai bahan spandek seperti gambar di atas? Hehehehe.

12. Asalkan Pintar Memilih Model yang Pas, Kamu yang Bertubuh Kurus Bisa Tampil Kece dengan Rok

pakai rok biar kece via galleryhip.com

Saat memilih rok sebagai gaya busanamu, sebaiknya kenakan rok tepat di pinggang. Sekalipun pinggang akan terlihat lebih kecil, pinggulmu justru tampak lebih bervolume. Rok dengan model A-line atau tube bisa banget kamu pilih.

13. Celana Jeans dengan Potongan Low Waist Bisa Menambah Volume Pinggang dan Pinggulmu

pilih celana dengan model low rise via matchymatchymidlife.blogspot.com

Dari sekian jenis jeans yang pernah di bahas Hipwee di sini, kamu yang bertubuh kurus layak memilih jenis skinny dan low waist. Potongan low waist akan memperlihatkan bentuk pinggangmu sekaligus membuat pinggul tampak lebih berisi. Sementara, potongan skinny dengan ujung celana yang meruncing juga memberikan efek yang sama.

Namun, kamu yang bertubuh kurus tidak begitu disarankan memilih celana yang terlalu ketat, termasuk mengenakan jegging. Justru, akan lebih tepat jika memilih jenis bootcut atau flare jika kamu punya bentuk tubuh yang kurus dan tinggi.

14. Aksesoris Sudah Pasti Mendukung Penampilanmu

pilih aksesoris yang tepat via anakibu-myfurniture.blogspot.com

Buat kamu yang kurus, anting-anting jadi aksesoris yang wajib kamu kenakan. Pasalnya, hiasan di bagian telinga akan mengalihkan pandangan orang lain dari area tubuh ke bagian wajah. Selain itu, kalung juga disarankan saat ingin membuat leher tampak lebih panjang dan menawan. Jika ingin mengenakan tas jinjing, jangan sekali-kali memilih tas berukuran besar kalau tubuhmu nggak cukup tinggi.

15. Flat Shoes dan Boots Bisa Jadi Pilihan Ciamik Daripada High Heels

pakai flat shoes aja! via whuwearswhat.com

High heels akan membuat tubuhmu tampak lebih tinggi dari aslinya. Bahkan, tubuhmu yang kurus pun akan terlihat semakin kurus. Sebaiknya, kenakan flat shoes untuk acara-acara santai. Bisa juga memilih mengenakan boots untuk menyamarkan kakimu yang kurus sekaligus menjadikan penampilanmu tak terkesan biasa.

Nah, gimana? Lumayan dapat pencerahan, ‘kan? Mulai sekarang, jangan bingung-bingung menentukan gaya busanamu, ya!