Dalam kegiatan sehari-hari, rambut kita pasti sering mengalami hal-hal yang bisa merusaknya. Tak jarang hal ini membuat rambut menjadi kering dan nggak beraturan. Apalagi buat kamu yang punya rambut yang tidak begitu lurus. Anak rambut yang susah diatur dan berantakan menjadi pengalaman yang sering kamu rasakan.

Memang sebal rasanya kalau rambut kita nggak mau ‘nurut’ karena sulit diatur. Tapi tahukah kamu kalau itu artinya rambut kita butuh perhatian yang lebih dari kita? Rawat dengan beberapa tips dan resep masker rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak artikel Hipwee kali ini.

1. Rawat rambutmu dengan terapi minyak, supaya kamu bangun sebagai manusia — bukan singa

Terapi minyak untuk rambut lebih lembut via wupechyg.hol.es

Masker rambut langsung dengan minyak ini bisa banget bikin rambutmu yang acak-acakan alias rambut singa jadi rapi dan lurus. Kamu bisa gunakan minyak-minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, dan minyak wijen. Cara melakukannya mudah, bisa gunakan minyak ini dengan cara dipanaskan terlebih dahulu di kompor. Nggak usah sampai lama, cukup sampai minyaknya menjadi hangat dan suhunya nyaman jika kamu pegang. Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepalamu selama 15-20 menit, lalu diamkan selama 30-40 menit untuk membuatnya meresap. Selanjutnya kamu bisa bersihkan dengan shampo yang lembut.

2. Santan kelapa dipercaya mampu membuat rambutmu jadi nurut dan lurus serta lembut

Santan kelapa sangat bermanfaat bagi rambut via articulo.mercadolibre.com.mx

Advertisement

Santan bukan hanya bisa untuk membuat berbagai masakan enak, tapi juga bisa membuat rambutmu jadi indah dan berkilau. Nutrisinya yang banyak, terbukti tak hanya mampu melembabkan tapi juga bisa berfungsi sebagai antibakteri dan anti jamur yang baik bagi kulit kepalamu.

  • Siapkan santan kelapa dalam mangkuk kecil, lalu campurkan dengan sari jeruk nipis atau lemon untuk membuatnya lebih berkhasiat.
  • Taruh di dalam lemari es dan biarkan hingga beberapa jam sampai muncul lapisan santan kental pada bagian atasnya
  • Pijat rambut dan kulit kepalamu menggunakan santan ini lalu pakai topi mandi atau shower cap dan diamkan hingga 30 menit
  • Bilas dan bersihkan dengan shampo ditambah kondisioner

3. Campuran telur dan minyak zaitun bisa jadi ramuan sempurna untuk menjinakkan rambutmu

Usapkan pada kulit kepala dan rambut via www.imujer.com

Telur bermanfaat untuk membuat rambutmu menjadi semakin kuat dan bersinar karena kandungan protein tinggi yang ada di dalamnya. Sedangkan minyak zaitun bisa jadi bahan yang efektif untuk membuat rambutmu jadi lembab dan lembut. Gabungan dari kedua bahan ini bisa membuat rambutmu menjadi semakin lurus dan mudah diatur.

  • Pecahkan 2 butir telur dan campur dengan 4 sendok makan minyak zaitun
  • Aplikasikan campuran ini pada rambut dan kulit kepalamu, lalu sisir dengan sisir bergigi jarang
  • Pakai shower cap lalu diamkan selama 30-45 menit
  • Setelahnya, bisa kamu bilas dengan air dan shampo yang lembut

4. Daripada kamu menggosok rambut yang masih basah dengan handuk, coba lilit rambutmu dengan kaus berbahan katun

T-shirt is better via www.pinterest.com

Untuk membuat rambutmu rapi dan menghindari rambut yang suka keluar-keluar, jangan keringkan rambutmu dengan handuk yang digosok-gosokkan seperti biasanya. Pakai saja kaus t-shirt berbahan katun yang sudah tidak terpakai untuk dililitkan pada kepala dan rambutmu. Hal ini karena katun yang sifatnya cepat menyerap air yang akan membuat rambutmu jadi kering tanpa membuatnya rusak.

5. Saat rambut masih basah, sisir rambutmu setiap lima menit sekali sambil mengeringkannya

Sering menyisirnya saat basah bisa bikin rambutmu jadi lurus setelah kering via www.hairfinder.com

Saat setelah mengeramas rambutmu, ada baiknya kamu pakai kondisioner untuk membuat rambutmu lebih mudah diatur. Karena kondisioner akan membuat rambutmu jadi semakin lembab dan kandungannya akan membuat rambutmu semakin sehat. Semakin berat dan kental kondisioner yang kamu pakai, maka rambutmu pun akan semakin lurus dan rapi.

Setelahnya, kamu bisa membuat rambutmu semakin lurus dan teratur dengan cara menyisirnya sering-sering atau bisa juga lima menit sekali saat kamu melakukan proses pengeringan. Tapi jika kamu mengeringkannya dengan hair dryer, arahkan ujung hair dryer kearah bawah dan keringkan rambutmu dari atas kepala sampai kebawah agar aliran angin searah dengan kutikula rambut. Gunakan juga sisir untuk menarik rambutmu supaya lebih rapi.

Cuk