Pentingnya olahraga dan menjaga tubuh semakin disadari oleh banyak orang. Saat ini, kamu bisa melihat ramainya tempat olahraga yang dipenuhi banyak orang untuk sekedar menjaga stamina, menurunkan berat badan, atau membentuk badan ideal bak artis Hollywood.

Tapi, tak semua orang rela mengalokasikan uang jajan mereka untuk jadi anggota gym. Apalagi anak kost yang harus mahir mengatur sirkulasi keuangan bulanannya. Jika kamu termasuk orang yang pikir-pikir dulu untuk join gym tertentu, mungkin kamu akan tertarik dengan tren street workout. Dengan melakukan ini, kamu bisa memiliki badan yang kencang, perut sixpack, serta jaringan pertemanan yang bertambah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya,

Di artikel kali ini, Hipwee akan memberitahu kamu apa sih Street Workout itu? dan beberapa jenis latihan mereka yang dapat kamu praktikkan di rumah/kost. Yuk, kita bedah satu persatu.

1. Street Workout terdiri dari berbagai gerakan sederhana dan berirama. Bisa kamu lakukan dimana saja, tanpa alat, bahkan di sekitar tempat tinggalmu.

Secara teknis, sebenarnya jenis latihan ini tidak berbeda jauh dengan aktivitas olahraga yang biasa kamu lakukan di gym atau tempat olahraga kebugaran lainnya, yaitu melatih kekuatan otot. Dasar dari olahraga ini adalah calisthenics: metode latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama, dan dilakukan tanpa menggunakan alat tertentu dengan tujuan memperkuat otot tubuh. Jika mereka yang di gym akan berlatih dengan barbel dan drumbel, kamu akan memaksimalkan berat badan sendiri sebagai beban dalam latihan.

2. Kamu bahkan bisa memanfaatkan taman bermain di perumahan atau pinggir jalan sebagai arena latihan

Advertisement

memakai bar di taman kota via ashotofadrenaline.net

Faktor yang satu ini adalah salah satu alasan mengapa street workout saat ini populer. Ya, street workout tidak dilakukan di dalam ruangan, melainkan outdoor, dengan memanfaatkan fasilitas umum yang terdapat di jalan dan sekitarnya — seperti di area taman bahkan di pinggir jalan. Semuanya dilakukan secara bebas, tanpa larangan, dan yang pasti, tanpa biaya.

Olahraga ini dipopulerkan pertama kali oleh kalangan warga kulit hitam di Amerika Serikat sebagai bentuk resistensi perlawanan terhadap kelas yang mampu membayar fasilitas gym untuk berolahraga. Dalam bahasa mereka: olahraga adalah hak semua orang, jadi buat apa mengeluarkan uang mahal?

Nah, buat kamu yang ingin mencoba Street Workout, Hipwee akan memberitahu kamu latihan-latihan dasar yang harus kamu kuasai atau minimal kamu pelajari. Semua ini bisa kamu lakukan di rumah/kost atau taman kota yang saat ini lengkap dengan fasilitas olahraga umum

1. Bagi kamu yang belum terbiasa berolahraga, mulailah sesimu dengan push up yang perlahan

Push up yang benar via glow.shoppersdrugmart.ca

Bagi kamu yang belum terbiasa dengan yang namanya olahraga, kamu bisa memulainya dengan membiasakan dirimu dengan gerakan push-up. Lakukan dengan posisi sempurna dan perlahan, agar hasil yang kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Lupakan gerakan push up palsu yang dulu biasa kamu lakukan ketika dihukum oleh guru.

Sebagai permulaan , lakukan 5 push up dalam setiap sesi, lakukan sebanyak 10 babak.

2. Setelah itu, gerakan lain yang harus kamu kuasai adalah pull up. Manfaatkan bar di taman kota untuk ini!

Pull up untuk memperkuat bagian atas otot via dailyburn.com

Pull up untuk melatih tubuh bagian atas http://dailyburn.com/life/fitness/how-to-do-pull-ups-add-reps/

Pull up penting untuk melatih otot bagian atas tubuhmu. Berbeda dengan push up, kali ini kamu akan mencoba menarik berat tubuhmu ke atas, kamu bisa bergantung ke bar yang tersedia di taman kota atau ventilasi pintu rumah jika tak dapat menemukan bar di sekitar tempat tinggalmu. Latihan ini berfungsi untuk menguatkan otot tubuh bagian atas.

Lakukan 3 kali pull up dalam satu sesi, lakukan sebanyak 5 set.

3. Bakar lemak di perut dengan Sit up

cara sit up yang benar via www.pinterest.com

Tak sedikit dari kalian yang membenci gerakan ini, karena terasa ngilu dan berat di bagian perut. Tapi, kamu harus mulai melakukan sit up agar perutmu yang kaku menjadi lebih fleksibel dan kuat. Lakukan dengan sempurna untuk hasil yang maksimal.

Lakukan 5 kali sit-up dalam satu set, ulangi sebanyak 10 babak.

4. Agar otot terbentuk rata di seluruh bagian tubuh, lakukan squat.

Squat untuk memaksimalkan latihanmu via pro-ana-story.blogspot.com

Demi kesempurnaan, jangan lupakan latihan untuk melatih bagian bawah tubuhmu. Squat sangat bagus untuk memperkuat otot bagian paha dan betis yang selama ini kamu gunakan untuk berjalan, selain itu squat berfungsi untuk menjaga mobilitas dan keseimbangan tubuh kamu loh.

Lakukan gerakan squat sebanyak 10 kali dalam setiap sesi, ulangi sebanyak 10 babak.

5. Setelah terbiasa dengan latihan dasar di atas, lakukan kombinasi latihan ini agar tubuh sixpack bisa terbentuk dalam waktu yang singkat dan gratis.

a. Full Body Routine, bagi kamu yang tidak punya banyak waktu berolahraga.

Pull up : 12 kali

Sit up : 30 kali

Dips dengan kursi : 20 kali

V- Sit up : 15

Push up : 15 kali

Chin up : 10 kali

Plank : 45 detik

Squat : 15 kali

Push Up dengan posisi kaki lebih tinggi : 15 kali

Lakukan sebanyak 4 sesi dengan 2 menit istirahat setiap sesinya dan 30 detik istirahat di setiap gerakan.

NB: Jika terasa berat, kamu bisa melakukan setengah porsi untuk setiap gerakan.

b. Upper Body Routine untuk menu latihan tubuh bagian atas.

menu latihan tubuh atas via www.barbrothersgroningen.com

Push up : 10 kali

Chin up : 6 kali

Dips : 3 kali

Pull up biasa : 6 kali

Dips : 6 kali

Lakukan sebanyak 3 sesi dengan 4 menit istirahat setiap sesinya dan 30 detik istirahat di setiap gerakan.

c. Untuk melatih kaki dan tubuh bagian bawah, lakukan menu Leg Routine.

Leg routine via www.hipwee.com

Squat : 10 kali

Lunges : 10 kali (tiap kaki)

Calf rise : 12 kali (tiap kaki)

Lunges : 10 kali (tiap kaki)

Squat jump : 10 kali

Duck Walk : 20 detik

Lakukan sebanyak 4 sesi dengan 3 menit istirahat setiap sesinya dan 30 detik istirahat di setiap gerakan.

d. Cardio exercise

Cardio untuk melatih ketahananmu via www.barbrothersgroningen.com

Lari biasa : 100 m

Dips : 5 kali

Jumping Jack : 45 detik

Push up : 8 kali

High Knees : 30 detik

Mountain Climbers : 30 detik

Plank : 15 detik

Lakukan sebanyak 4 sesi dengan 2 menit istirahat setiap sesinya dan 30 detik istirahat di setiap gerakan.

Nah, itu dia pengetahuan singkat tentang Street Workout dan jenis latihan mereka yang bisa kamu lakukan sendiri. Tapi, jika masih bingung melakukan beberapa gerakan dengan istilah yang masih asing di telingamu, kamu bisa gabung dengan komunitas street workout terdekat di tempatmu.

Saran dari Hipwee, bergabunglah dengan komunitas terdekat agar kamu tahu gerakan mana yang benar dan salah, serta meminimalisir cedera yang muncul akibat gerakanmu yang salah. Jika belum ada, kamu bisa melihat beberapa tutorial gerakan yang benar dari situs Youtube.

Tunggu apalagi? Mulailah bergerak sekarang!