Punya perut buncit selalu sukses bikin galau. Kamu yang tadinya udah percaya diri banget eh bisa langsung ngedrop pas lagi berkaca karena melihat bagian perut yang “menonjol”. Makanya, hasrat meratakan perut jadi membumbung tinggi nih. Tapi, karena aktivitas padat dan rasa ingin meratakan perut ini naik turun, mau nggak mau kamu jadi galau sendiri mewujudkannya deh.

Kamu pun memilih melakukan workout sendiri, misalnya sit up dan push up di kamar. Sebenarnya nggak masalah asalkan rutin melakukannya. Sayangnya karena niat yang nggak stabil ini, usahamu kemarin menjadi sia-sia. Kamu jadi capek sendiri tanpa ada hasilnya.

Nah, untungnya salah satu Illusionist kece kita – Demian Aditya – mau berbagi tips workout saat Hipwee menemuinya dalam acara Meet and Greet yang diselenggarakan oleh migme. Biar para pemula seperti kamu nggak bingung workout yang pas kayak gimana, langsung aja yuk simak tips dari Demian!

“Karena demi perut rata, latihan yang tertata pun perlu dilakukan!”

1. Jangan coba semua alat yang ada. Gunakanlah alat-alat yang gak terlalu berat, misalnya bola bosu untuk mengecilkan perut.

jangan langsung yang berat-berat ya via mig.me

Advertisement

Kamu yang sering galau mau berolahraga otodidak, memang sebaiknya pilih melakukannya di tempat fitness aja. Karena masih awam nih, kamu pasti bingung dengan berbagai alat-alat fitness yang belum tahu. Oleh karena itu, kamu bisa memilih alat yang nggak terlalu berat lho, misalnya bola bosu yang berguna mengecilkan perut.

“Soalnya beban berat biasanya untuk membentuk otot. Sedangkan untuk membentuk otot, harus dibakar dulu lemaknya dengan cara memakai bola bosu.” – Demian –

2. Lakukanlah gerakan-gerakan ringan yang aman untuk pemula agar terhindar dari cidera, seperti mengangkat bola bosu dengan kaki, planking, dan sit up.

kayak ini via mig.me

“Untuk pemula mencoba gerakan-gerakan yang mudah dulu biar gak cedera.”  – Demian –

Saat datang ke tempat gym, mungkin kamu akan terpana karena orang-orang di sana melakukan beragam gerakan yang belum pernah kamu lihat. Karena masih pemula, kamu jadi mencoba-coba aja dari yang mereka lakukan. Padahal, belum tentu gerakan mereka sesuai dengan kondisi kamu lho.

Oleh karena itu, Demian yang dari beberapa waktu lalu sering membagikan tips workout diakun migme-nya ini menganjurkan sebaiknya gerakan ringan aja terlebih dahulu. Sebab, dikhawatirkan menimbulkan cedera kalau kamu memaksa mencoba banyak gerakan, apalagi kalau kamu belum tahu setiap fungsinya. Biar perut buncitmu rata, kamu bisa mulai dari bola bosu dengan mengangkatnya menggunakan kaki, lalu planking dan sit up.

Agar hasilnya optimal, angkat bola bosu sebanyak 11-12 kali dan dilanjutkan dengan planking lalu sit up. Langsung 3 tahap begitu dilakukan? Tenang kok, kamu bisa mengambil waktu istirahat paling lama 1 menit hehe saat sedang jeda. ;D

3. Hasil yang baik memang perlu dilakukan secara maksimal. Atur jadwallatihan biar badanmu nggak ngos-ngosan

jangan setiap hari juga ya, yang penting rutin 😉 via mig.me

Semangat 45 memang harus tertanam agar tubuh impian terwujud. Tapi, nggak berarti kamu melakukannya setiap hari juga. Hey, cintailah tubuhmu dengan baik dan tolong ingat kalau badanmu ini seperti mesin yang bisa rusak. Latihan yang dipaksa berakibat pada kondisi tubuh menurun dan ini tentu nggak baik buat kamu ke depannya. Maka dari itu, atur jadwal latihan dengan baik ya. Jangan setiap hari melakukan agar ada selang sehari waktu untuk beristirahat. Bukan dari sering dan banyaknya, namun latihan sedikit-dikit yang rutinlah harus dilakukan. 😉

4. Jangan lupa mencatat workout yang sudah kamu lakukan. Misalnya berat beban dan kecepatan. Agar keesokannya ada perkembangan.

jangan lupa catat workout-mu! via www.getluciddreaming.com

Rasa malas yang menghantui seringkali menggodamu saat ingin latihan. Biar nggak terayu nih, kamu perlu banget mencatat setiap jenis latihan sehabis melakukannya lho Misalnya dari jenis latihannya apa, berat beban yang digunakan berapa, dan kecepatan waktunya. Dengan begitu, kamu jadi lebih bersemangat untuk latihan keesokan harinya. Kamu jadi tahu perkembangan diri dari waktu ke waktu dan tentu akan membuncahkan semangat juangmu demi perut rata. ;))))

5. Supaya workoutmu tertata, ikuti program latihan di tempat gym. Trainer di sana bisa memberikanmu hasil maksimal.

kamu butuh trainer biar hasil optimal via www.wellandgood.com

“Biar gak bingung dan apa yang dilakukan cepat berhasil, lebih baik ikut program latihan. Karena trainer pasti lebih tahu yang terbaik buat kita.” – Demian –

Kalau mau yang mudah dan hasilnya cepat terwujud ya memang sebaiknya mengikuti program latihan di tempat gym. Dengan ada program dan trainer yang siap mengarahkan, kamu nggak usah pusing lagi saat berlatih. Muai dari gerakannya, alat-alat, waktu yang diperlukan, hingga makanan yang dikonsumsi pun kamu dapatkan dari mereka. Belum lagi karena trainer bisa diibaratkan guru, kamu jadi merasa harus selalu menurut dong *misalnya kamu lagi bandel, eh ada yang menegur gitu*. Apa yang kamu lakukan ini jadi lebih tertata dan perut yang didam-idamkan pun akan rata juga. ;D

6. Konsumsi makanan dan minuman itu perlu. Kurangi yang mengandung bahan pengawet dan atur pola makan dengan baik ya!

perbanyak minum air mineral juga ya via www.dailymail.co.uk

Makanan yang enak memang semua ada di junk food kok. Nggak apa-apa kalau mau memakannya, asal jangan berlebihan ya. Dari sekarang kamu harus mau mengikhlaskan diri untuk katakan tidak terlalu banyak mengonsumsi junk food. Nggak hanya itu, makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet juga perlu dikurangi.

Meski kamu ingin mengecilkan perut, nggak berarti harus melakukan diet ketat. Demian sih bilang kalau mau mengecilkan perut juga harus tetap makan, tapi porsinya dikurangi (terutama saat makan malam). Nah saat lapar sedang menghadang nih, kamu boleh makan asal diganti dengan buah-buahan seperti pisang dan apel.

7. Layaknya mengejar gebetan, biasanya semangat mewujudkan tubuh ideal muncul di awal aja. Biar yang kamu lakukan gak sia-sia, konsistensi dan komitmen itu perlu!

percaya deh, ini bukan lagi tidur lho tapi serius ngegym ;D via mig.me

Namanya juga pemula, nggak heran kalau suatu saat rasa bosan bisa menyelimuti. Makanya, biar nggak gampang bosan dan akhirnya jadi malas melakukan workout, ada baiknya kamu tanamkan dengan mendalam konsistensi dan komitmen untuk mewujudkan perut rata.

Karena kalau bukan dari kamu sendiri, ya siapa lagi? Sayang banget dong kalau udah capek-capek berlatih, eh berhenti di tengah jalan gitu aja tanpa ada hasilnya. Huft

Meski masih pemula, nggak ada salahnya kamu berlatih ke tempat fitness. Biar perut ratamu menjadi kenyataan dan nggak ada galau-galau lagi yang menghampiri lho. Siap-siap hempaskan rasa bosan dan malasmu jauh-jauh ya, agar apa yang kamu lakukan nggak menjadi sia-sia. Selamat ber-workout gaaaeess!