Mendengar kata ‘kadaluarsa’, pasti kita langsung ingat akan makanan dan beberapa benda lain seperti obat-obatan dan produk kecantikan yang biasanya tertera tanggal kadaluarsanya. Produk-produk tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh jika digunakan saat sudah jatuh masa expired-nya. Makanan kadaluarsa misalnya, jika dikonsumsi maka akan menyebabkan keracunan.
Nggak banyak dari kita yang tahu, bahwa beberapa benda lain selain yang bisa dikonsumsi juga punya masa pakai. Beberapa benda ini biasanya nggak mencantumkan tanggal kadaluarsa tapi ketika dipakai akan mengalami penurunan fungsi. Sehingga, kalau tetap menggunakannya, justru kesehatan jadi taruhannya.
Ingin tahu benda apa saja yang kerap kita sepelekan itu? Yuk, simak bersama Hipwee Tips!

1. Adalah bantal, teman tidur setiamu yang ternyata bisa kadaluarsa setelah 2-3 tahun

Bantal yang kamu gunakan setiap hari itu ternyata harus kamu perhatikan masa pakainya. Hal ini karena bantal adalah salah satu benda yang nggak luput terkena debu dan kotoran. Selain itu, bantal yang dalam jangka panjang digunakan akan berubah bentuk dan membuat leher sakit ketika menggunakannya.

2. Colokan listrik memiliki batas masa pakai 1-2 tahun. Hati-hati, dampaknya bisa bikin kesetrum!

Advertisement

colokan listrik via importnusantara.com

Colokan listrik memiliki kapasitas pemakaiannya masing-masing. Terlalu lama memakainya akan mengakibatkan masalah yang serius. So, kamu harus hati-hati karena benda ini berhubungan dengan arus listrik yang nggak bisa disepelekan.

3. Walau kadang disayang-sayang, sandal jepit pun punya masa kadaluarsa sekitar 6 bulan-an

sandal jepit via www.cepatparamex.com

Mungkin ada di antara kamu yang menggunakan sandal jepit lebih dari 6 bulan. Sebenarnya nggak masalah, asalkan kamu rajin membersihkannya. Tapi kadang kamu terlalu mager untuk sekadar membersihkan sandal yang kamu pakai sehari-hari. Hasilnya sandalmu buluk, bau and you are proud of that.

Pelu diketahui, sandal jepit juga merupakan benda yang menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Karena itu kamu harus rajin menggantinya supaya kesehatan kakimu terjaga

4. Tempat penyangga payudara atau bra pun sama. 1-2 tahun adalah batas masa pemakaiannya

Payudara cewek terdiri dari jaringan lemak yang akan cepat mengendur jika nggak tersangga dengan baik. Meski masa pakai bra bisa bertahan sampai 1-2 tahun, namun sebaiknya gantilah bra setiap tiga bulan sekali. Khusus sport bra, kamu mesti menggantinya setelah dicuci 30 sampai 40 kali.

Mencucinya juga nggak bisa sembarangan. Jauhkan bahan deterjen dan pelembut karena akan merusak bahan lycra pada bra.

5. Inilah yang sering kamu sepelekan; sikat gigi yang cuma punya waktu 3 bulan

sikat gigi via fredtripodidds.com

Tahukah kamu kalau sikat gigi harus diganti secara berkala, agar kemampuan sikat dapat bekerja dengan baik? Apalagi ketika bulu-bulunya sudah mulai rusak, ‘mempertahankannya’ bisa membuat gusimu malah terluka dan berdarah.
Informasi pentingnya adalah; sikat gigi yang dipakai selama kita terserang flu atau penyakit karena virus lainnya harus diganti begitu kita sembuh. Karena jika tidak, kita akan kembali tertular penyakit tersebut.
Dan kabar baiknya, sikat gigi bekasmu tadi nggak perlu dibuang, lho. Ada banyak kegunaan lain yang mungkin sampai sekarang belum kamu sadari. Simak di sini, ya!

6. Sampaikan pada ibumu kalau talenan cuma layak dipakai dalam waktu 3 tahun

talenan via www.aliexpress.com

Talenan selain dari bahan kayu, hanya akan bertahan selama 3 tahun. Jika kamu menggunakan talenan kayu, gantilah setiap setahun sekali, apalagi jika setiap hari digunakan untuk memasak. Talenan rawan sekali tergores pisau dan menjadi sarang bakteri saat kamu memotong sayur, buah, terutama daging.

7. Spons kecantikan punya waktu kadaluarsa selama 2 minggu pemakaian. Untuk itu, rutinlah bersihkan!

spons mandi via www.dhgate.com

Spons, beauty blender, dan shower puff yang sering kita pakai bisa menjadi sarana penyebaran jamur dan kuman yang memicu jerawat. Cuci barang-barang ini 1 atau 2 minggu sekali dengan air hangat. Ganti dengan yang baru setelah 3 atau 4 bulan.

8. Kalau helm, masa pakai efektifnya cuma 3-5 tahun

helm via www.wired.com

Helm mengalami penurunan fungsi setelah 3-5 tahun. Baiknya cuci secara berkala terutama bagian spons di dalamnya sebulan sekali. Ganti helm jika umurnya sudah tua apalagi jika terdapat kerusakan-kerusakan di bagian totok-nya. Nggak mau ‘kan kamu mengalami hal-hal yang nggak diinginkan di jalan?

9. Handuk, adalah sarang bakteri yang sering kamu sepelekan kebersihannya. 1-3 tahun adalah masa kadaluarsanya

Coba ingat-ingat, berapa lama kamu menggunakan handuk dalam sekali pakai?

Handuk itu paling baik diganti setiap dua minggu sekali. Lebih dari itu, bisa-bisa kamu terkena masalah kulit, lho. Apalagi kalau kamu terbiasa berbagi handuk dengan orang lain.

Meskipun rajin dicuci, handuk tetap harus diganti setiap 1 sampai 3 tahun sekali. Pasalnya, proses pencucian biasa nggak bisa menghambat perkembangbiakan bakteri pada serat-serat handuk.

10. Menurut penelitian, sisir memiliki masa efektif pemakaian dalam waktu 1 tahun saja

sisir rambut via www.tokopedia.com

Sisir bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan ketombe karena jamur atau bahkan infeksi pada kulit. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Food and Drink Federation, Inggris, setiap satu milimeter folikel rambut terdapat 50.000 bakteri.

Selain dibersihkan setiap 1 minggu sekali dengan air hangat, kamu harus mengganti sisir setiap tahun. Sisir yang terbuat dari bulu sikat lembut memiliki masa pakai yang lebih pendek, yaitu sekitar 7 – 10 bulan.

Masih penasaran benda-benda apa saja yang pelru kamu perhatikan masa kadaluarsanya agar tidak berbahaya? Klik halaman selanjutnya ya!