Ada beberapa area tubuh yang selalu membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya bagian lipatan badan yang sering kurang enak dipandang mata. Area-area ini gampang banget terlihat hitam dan iyuuuh.

Lipatan-lipatan di leher, selangkangan, ketiak, paha, dan siku memang memerlukan perawatan ekstra. Oleh karena itu, Hipwee udah merangkum caranya nih agar area lipatan tersebut cerah dan membuat penampilanmu tetap stunning.

1. Campurkan jeruk nipis dan kapur sirih. Oleskan ke bagian lipatan tubuh yang gampang menghitam

jeruk nipis dan kapur sirih via www.brilio.net

Jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk menghilangkan noda. Hal ini karena vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu menjadikan kulit lebih cerah dan halus. Makanya, untuk mengurangi area hitam lipatan bisa kamu gunakan jeruk nipis yang dicampurkan dengan kapur siri. Kamu tinggal menggosokkannya ke area lipatan dan bilas dengan air hangat ya.

2. Campur mentimun dengan air jeruk, lalu oles ke selangkangan yang rawan berubah jadi gelap. Dijamin kamu nggak galau lagi

timunnya diparut dulu via www.buleipotan.com

Advertisement

Mentimun memang familiar dalam merawat wajah, tapi nggak ada salahnya digunakan juga untuk merawat bagian tubuh lainnya seperti lipatan. Untuk memakai mentimun caranya dengan memarutnya, lalu campurkan dengan air jeruk dan usapkan pada kulit lipatan (misalnya selangkangan). Sambil pijat pelan-pelan dan bilas menggunakan air hangat.

3. Pernah terpikir pakai kunyit yang ditumbuk bersama asam jawa, jeruk nipis, dan madu buat lipatan di tubuhmu?

tumbuh kunyitnya dahulu ya via www.gudangmanfaat.com

Sama seperti mentimun, kunyit juga dikenal khasiatnya untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu memanfaatkan kunyit untuk menghilangkan noda-noda hitam pada lipatan-lipatan tubuh. Caranya yaitu kunyit ditumbuk bersama asam jawa dan jeruk nipis, lalu taburi dengan madu. Tinggal kamu oleskan pada bagian lipatan yang ada noda hitamnya dan tunggu hingga kering. Setelah kering,kamu bilas dengan air hangat dan lakukan dengan rutin selama 2-3 minggu.

4. Kamu juga bisa memakai scrub yang mengandung bahan-bahan alami dan lakukan setiap 2 kali seminggu

gunakan scrub yang mengandung bahan alami via blog.tokopedia.com

Untuk mudahnya, scrub sangat membantumu dalam merawat lipatan tubuh. Namun, sebaiknya pilih yang mengandung bahan alami dan gunakan secara teratur 2 kali seminggu. Jangan pernah bosan melakukannya ya demi hasil yang sempurna.

5. Hindari menggunakan pakaian yang ketat. Jamur bisa muncul di area lipatan dan dampaknya jadi menghitam

hindari memakai pakaian ketat ya via www.sehatituharus.com

Jamur dapat muncul karena pakaian ketat yang sering digunakan. Mulai dari celana, baju, hingga dalaman pun membuat sirkulasi udara kurang, sehingga jjadi mudah berkeringat. Keringat ini akan melembabkan tubuh dan menimbulkan jamur. Selain itu, pakaian ketat menimbulkan iritasi yang tentu nggak baik bagi kulitmu.

6. Biar jamur nggak datang, cari bahan pakaian dari katun dan linen yang menyerap keringat

pilih yang berbahan katun atau linen ya via www.vemale.com

Dipilihnya busana dari bahan katun dan linen karena kedua jenis bahan ini mudah menyerap keringat sehingga nggak akan membuat lembab bagian tubuh. Kalau busanamu udah basah dengan keringat, kamu harus segera berganti pakaian agar terhindar dari masuk angin. Kamu pun sehat dan lipatan tubuh terawatt dengan baik.

7. Biasakan mengelap lipatan-lipatan tubuh sampai kering agar gak lembab dan menimbulkan jamur serta bau gak sedap

sering-sering mengelap keringat ya via www.monitorday.com

Karena jamur timbul dari area yang lembab, maka kamu harus banget menjaga area lipatan tubuh supaya tetap kering. Jangan sampai masih ada air-air yang membasahi area lipatan sehingga berpotensi munculnya jamur. Oleh karena itu, kamu harus sering mengelap bagian-bagian yang basah supaya selalu kering, terutama setelah mandi.

8. Setelah berolahraga jangan biarkan keringat menempel di tubuhmu lama. Jamur yang bikin menghitam bisa mampir karenanya

kalau udah istirahat, langsung mandi ya via herbal-id.com

Bagi kamu yang sering berolahraga, jangan lupa setelah beristirahat segera mandi dan berganti baju. Selain dapat menimbulkan jamur, baju yang basah karena keringat dapat menimbulkan bau yang nggak sedap dan tentu merusak penampilanmu.

Area lipatan selalu sukses bikin kamu jadi gak percaya diri di depan umum. Kulit yang agak menghitam pada area tersebut mampu menenggelamkan pesona yang udah kamu bangun sekian lama.

Makanya, kamu harus banget nih mulai sekarang merawat tubuh dengan baik terutama pada area lipatan. Jadi, jangan hanya wajah aja ya tapi juga lipatan-lipatan yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.