Menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah menjadi tantangan tersendiri bagi para cewek khususnya. Tak jarang, mereka rela mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan rutin di salon-salon kecantikan. Mengenakan kosmetik berbahan dasar kimia atau sintetik pun dilakoni demi tampilan kulit wajah yang halus dan bebas kusam. Padahal bahan kimia maupun sintetik belum tentu aman lho!

Beberapa dari kamu mungkin belum tahu kalau bumi ternyata telah menyediakan berbagai mineral alami yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Mau tau apa saja? Yuk, simak!

1. Nggak hanya berfungsi sebagai pelengkap rasa, garam laut ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah

Garam laut via www.popsugar.com

Garam laut mengandung potasium, magnesium, kalsium, serta zat-zat lain yang bermanfaat bagi kulit wajah. Potasium berfungsi untuk menjaga asupan cairan ke dalam sel-sel kulit. Magnesium berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Sedangkan kalsium membantu mencegah kerusakan pada kulit. Nah, kandungan zat-zat dalam garam laut ini juga terdapat dalam sel kulit dan diperlukan setiap saat. Makanya, garam laut bisa membantu menjaga dan menyeimbangkan kesehatan kulit dari luar dan dalam.

2. Tanah liat yang biasa kamu kenal sebagai bahan baku pembuatan keramik atau gerabah ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit

Advertisement

Tanah liat atau bentonit dapat membersihkan pori-pori sekaligus menyerap racun dari dalam kulit. Muatan negatif yang terkandung dalam bentonit digunakan untuk menyerap racun, pengelupasan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, serta mengencangkan kulit. Kamu mungkin pernah menemukan beberapa lempung bentonit yang diberi label ‘sodium bentonite clay‘ atau ‘calcium bentonite clay‘ yang mana keduanya direkomendasikan untuk perawatan wajah.

3. Abu vulkanik ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit yang nggak kalah dari garam laut

Abu vulkanik via geology.com

Abu yang diambil langsung dari gunung berapi atau yang keluar dari letusan gunung berapi ternyata punya manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Abu vulkanik mengandung sulfur dalam jumlah besar. Sulfur adalah zat yang berfungsi untuk melindungi kulit dengan membunuh bakteri dan melindungi kulit dari polusi yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

4. Lumpur yang kita anggap sebagai benda kotor dan menjijikan ternyata bisa bikin kulit tetap elastis dan awet muda

Berbeda dengan tanah liat yang membuat kulit menjadi kering dan kencang, lumpur memiliki khasiat untuk melembabkan sekaligus membuat kulit tetap elastis. Lumpur yang diambil dari tempat-tempat tertentu seperti Laut Mediterania yang kaya mineral seperti magnesium, kalsium, potasium, strontium, boron, dan zat besi, dan zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Awalnya, mineral-mineral tersebut berasal dari batuan yang mengelilingi Laut Mediterania. Seiring berjalannya waktu, batuan yang mengelilingi Laut Mediterania tersebut terkikis oleh air dan mengendap menjadi lumpur yang juga kaya mineral.

5. Selain kemampuannya untuk membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam, arang aktif juga dapat membasmi jerawat yang membandel

Arang aktif via www.health.com

Arang aktif atau activated charcoal punya manfaat kecantikan untuk kulit dengan menarik minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya dari pori-pori tersumbat karena adanya kekuatan dari adsorpsi atau proses penyerapan. Arang aktif mampu menarik bakteri, racun, bahan kimia, kotoran dan partikel mikro lainnya di permukaan kulit. Serbuk arang aktif terbukti menyerap ribuan zat berbahaya sehingga arang banyak dijadikan bahan dalam masker wajah.

6. Meski umumnya digunakan sebagai perhiasan, mutiara ternyata mengandung sederet zat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit

Mutiara mengandung antioksidan, asam amino, dan protein yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, serta mempertahankan elastisitas kulit. Bubuk mutiara sendiri telah digunakan sebagai bahan dasar kosmetik di daerah-daerah Asia sejak ratusan tahun lalu lho!

7. Ternyata emas juga punya manfaat bagi kulit untuk menstimulasi sel-sel kulit biar tetap ‘hidup’

Masker emas via www.manetti.com

Artinya, emas dapat memperlancar aliran darah dalam kulit, dan menjaga sel kulit tetap sehat. Emas juga dapat mengobati beberapa macam alergi, serta menjaga warna kulit asli dengan  menekan produksi melanin (zat yang membuat kulit menghitam karena sinar matahari). Nggak heran jika belakangan muncul tren terbaru masker wajah menggunakan bahan emas. Ih, mahal kali, ya?

8. Berlian dipercaya dapat mencerahkan dan membuat kulit wajah bersinar layaknya berlian itu sendiri

Selain emas, jenis karbon paling mahal di dunia ini juga berkhasiat untuk kulit wajah, antara lain adalah mengangkat sel kulit mati, membantu menyamakan warna kulit wajah, memperlancar aliran darah, menghilangkan keriput, dan yang paling penting, membuat proses perawatan kulit terasa lebih mewah. Iyalah mewah, perawatannya pakai berlian~

Sudah tahu kan sekarang, alam bukan hanya menyediakan makanan dan bahan-bahan lainya yang bisa digunakan untuk membangun sebuah tempat tinggal? Karena ternyata alam juga sudah menyediakan berbagai macam mineral alami yang khasiatnya bagus untuk memelihara kesehatan kulit wajah. Daripada menggunakan kosmetik berbahan dasar kimia atau sintetik yang berbahaya, mending kamu mulai menggunakan bahan-bahan alami yang minim risiko, ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya